7 Manfaat coklat hitam untuk kesehatan

Beragam manfaat coklat hitam bagi kesehatan tubuh anda. Coklat merupakan salah satu makanan yang menjadi favorit banyak orang di dunia terutama anak-anak, hal ini dikarenakan coklat identik dengan rasa manis dan tekstur yang lembut. Sayangnya reputasi coklat ini ternyata tidak semanis rasanya, coklat diklaim dapat memicu obesitas, penyakit diabetes, jantung dan stroke. Coklat sebenarnya memiliki manfaat sangat banyak sekali untuk kesehatan akan tetapi campuran yang biasa digunakan sebagai bahan untuk membuat produk coklat itulah yang sebenarnya merugikan untuk kesehatan.  Selama ini banyak coklat yang memiliki kandungan kakao sangat sedikit sekali akan tetapi dengan kandungan gula dan susu yang tinggi, maka tidak heran jika coklat dikatakan sebagai pemicu penyakit seperti di atas. Untuk mengetahui lebih banyak mengenai manfaat coklat mari kita simak: 
Gambar Manfaat coklat hitam
Gambar: Coklat Hitam
 

7 Manfaat coklat hitam untuk kesehatan
  1. Sumber antioksidan. Coklat hitam memiliki kandungan senyawa organik yang secara biologis berfungsi sebagai antioksidan alami seperti polifenol, flavanol, dan catechin. Coklat hitam memiliki kandungan antioksidan yang jauh lebih tinggi dibandingkan coklat putih karena coklat hitam memiliki 65 persen kakao yang lebih tinggi. 

  2. Energi yang melimpah. Coklat hitam tergolong sebagai makanan yang mengandung tinggi kalori sehingga dapat dengan cepat menyediakan energi bagi anda. para peneliti merekomendasikan untuk mengkonsumsi tidak lebih dari 100 gram atau sekitar 3,5 ons coklat hitam perhari untuk mendapatkan manfaatnya, karena jika berlebihan coklat akan memberikan dampak yang kurang baik untuk kesehatan. 

  3. Untuk jantung yang sehat. Salah satu Manfaat coklat hitam adalah baik untuk kesehatan jantung Anda. Ada dua hal yang membuat coklat bermanfaat untuk jantung yaitu:  Menyeimbangkan Tekanan Darah : Penelitian telah menunjukkan bahwa mengkonsumsi coklat hitam setiap hari dengan porsi yang cukup dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggiTurunkan Kolesterol: coklat hitam diketahui juga telah terbukti mengurangi kadar kolesterol hingga 10 persen. 

  4. Melancarkan sirkulasi darah. Kakao dalam coklat memiliki sifat anti-pembekuan dan pengencer darah yang berfungsi dalam meningkatkan sirkulasi darah. Ini sangat penting untuk memastikan organ-organ penting dalam tubuh bisa bekerja dengan baik seperti jantung dan otak. 

  5. Mengandung mineral penting. Ada sejumlah mineral yang ditemukan dalam coklat seperti Tembaga dan kalium yang dapat membantu mencegah stroke dan penyakit kardiovaskular. Selain itu coklat juga mengandung zat Besi yang membantu tubuh untuk memproduksi sel darah merah dan mencegah anemia. 

  6. Meningkatkan konsentrasi. Coklat dapat meningkatkan aliran darah ke otak sehingga akan membuat anda mudah  menjaga konsentrasi. Dalam sebuah penelitian di Inggris juga berhasil mengungkap bahwa konsumsi coklat hitam akan meningkatkan kemampuan menghitung seseorang. 

  7. Membantu mengontrol  gula darah. Kebanyakan orang akan berfikir jika mengkonsumsi coklat akan menaikkan gula darah, akan tetapi kenyataannya malah sebaliknya mengkonsumsi coklat hitam akan melindungi anda dari diabetes tipe 2. Selain itu kandungan Flavonoid dalam coklat hitam juga membantu mengurangi resistensi insulin dengan cara membantu sel-sel untuk berfungsi secara normal denga mengembalikan kemampuan untuk menggunakan insulin tubuh secara efisien. Coklat hitam juga memiliki indeks glikemik yang lebih rendah, yang itu artinya tidak akan menyebabkan lonjakan pada kadar gula darah anda.  Perlu anda ingat bahwa coklat yang beredar di pasaran biasanya sudah dicampur dengan gula dan susu, inilah yang membuat coklat tidak lagi baik untuk kesehatan dan bahkan menyebabkan banyak masalah kesehatan seperti obesitas dan diabetes.
Setelah anda tau mengenai manfaat coklat di atas apakah anda masih takut untuk mengkonsumsi makanan yang satu ini, selama anda mengkonsumsi dalam jumlah yang tidak berlebihan insya Allah anda akan mendapatkan manfaat yang banyak darinya. Artikel yang mungkin anda ingin baca 10 manfaat kentang bagi kesehatan anda
loading...