8 Manfaat buah belimbing untuk kesehatan

8 Manfaat buah belimbing untuk kesehatan beserta kandungan nutrisi yang dimilikinya. Buah belimbing atau yang dalam bahasa inggris disebut starfruit merupakan buah tropis dengan bentuk menyerupai bintang. Buah ini berasal dari kawasan Asia tenggara dengan warna hijau ketika mentah dan kuning pucat ketika sudah masak. Buah belimbing memiliki kandungan air yang cukup tinggi sehingga sangat cocok dikonsumsi saat cuaca panas. Buah ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan karena mengandung berbagai nutrisi penting yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Berikut 8 Manfaat buah belimbing:
Manfaat buah belimbing untuk kesehatan
Gambar: Buah Belimbing

  1. Meningkatkan Imunitas. Buah Belimbing kaya akan kandungan vitamin C yang sangat bermanfaat bagi sistem kekbalan tubuh. Dalam buah belimbing segar menyediakan 34,5 mg vitamin C yang itu artinya anda sudah memenuhi sekitar 57% dari kebutuhan harian anda. Vitamin C adalah antioksidan yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan utamanya untuk meningkatkan  sistem kekebalan tubuh dan melawan penyakit seperti kanker. Selain itu konsumsi Vitamin C juga akan melindungi tubuh dari infeksi. 

  2. Mencegah kanker usus. Belimbing mengandung sejumlah serat makanan yang bermanfaat membersihkan racun dari dalam usus besar. Penyimpanan racun dalam usus besar dapat meningkatkan risiko kanker usus besar, Oleh karena itu mengkonsumsi buah belimbing akan menghindarkan anda dari kanker usus besar. 

  3. Sebagai buah untuk diet. Buah yang menyegarkan ini memang mengandung rendah kalori  dan memiliki tinggi serat sehingga sangat baik dijadikan sebagai buah untuk diet. Kandungan karbohidratnya juga membantu lebih kenyang tanpa membuat anda menjadi lebih gemuk. Untuk itu Bagi anda yang ingin menurunkan berat badan tidak ada salahnya rutin mengkonsumsi buah belimbing. 

  4. Menjaga metabolisme tubuh. Buah Belimbing atau yang biasa disebut starfruit ini juga mengandung tiamin, riboflavin, dan niasin. Nutrisi  tersebut walaupun dalam jumlah yang kecil dapat membantu menjaga kestabilan dan kekuatan metabolisme tubuh. Selain itu ketiganya juga dibutuhkan Rambut untuk melanjutkan proses pertumbuhan folikel. 

  5. Kaya nutrisi. Buah belimbing mengandung sejumlah kecil kalium yang membantu mengatur kestabilan tekanan darah, zat besi untuk pembentukan sel darah merah, kalsium dan magnesium membantu dalam memperkuat tulang sehingga akan memperkecil resiko osteoporosis. 

  6. Mengatasi masalah kulit. Kandungan Seng yang ditemukan dalam buah belimbing juga dikatakan sebagai obat alami untuk membersihkan jerawat dan mengatasi kulit berminyak ketika dioleskan pada kulit. 

  7. Menurunkan kolesterol. The Linus Pauling Institute melaporkan bahwa Asam pantotenat, yang dikenal sebagai vitamin B5, dapat membantu memerangi kolesterol dan mempercepat penyembuhan luka. Kandungan  Folat dalam buah belimbing juga diperlukan untuk mencegah cacat pada bayi saat dikonsumsi selama masa kehamilan. 

  8. Menurunkan demam. Orang india biasanya menggunakan buah belimbing yang sudah masak sebagai obat tradisional untuk menurunkan demam. Buah belimbing yang dikeringkan juga bisa digunakan untuk menurunkan demam karena memiliki sifat antiscorbutic. Bahkan  di India sendiri buah belimbing dianggap sebagai salah satu obat pendingin yang terbaik.
Perlu diperhatikan: Orang yang memiliki masalah pada ginjalnya sebaiknya menghindari buah belimbing ini karena diketahui mengandung asam oxalat. Selain itu Orang yang menderita diabetes juga harus menghindari buah ini, karena kandungan gulanya yang cukup  tinggi.  Tapi bagi anda yang tidak memiliki masalah pada kesehatan tidak perlu khawatir untuk mengkonsumsi buah belimbing selama tidak berlebihan.
loading...