Wednesday, September 3, 2014

8 Manfaat kubis bagi kesehatan tubuh

8 Manfaat kubis bagi kesehatan tubuh anda. Kubis adalah sayuran yang masuk dalam keluarga Brassica termasuk juga brokoli, kale, dan kembang kol. Pada umumnya kubis dapat tumbuh pada daerah yang memiliki tanah subur dan pada suhu udara sekitar 10-24 derajat C dengan suhu optimum 17 derajat C. Sayuran yang satu ini biasanya dibuat menjadi soup atau lalapan sebagai teman makan nasi. Untuk tau lebih banyak mengenai manfaat kubis mari perhatikan:
Gambar Manfaat kubis
Gambar: Kubis
8 Manfaat Kubis bagi kesehatan tubuh
  1. Nutrisi untuk otak. Mengkonsumsi kubis juga sering dikaitkan dengan meningkatnya kerja otak karena kubis mengandung tinggi vitamin K dan antosianin yang membantu meningkatkan  konsentrasi. Kedua nutrisi tersebut juga dapat mencegah kerusakan pada saraf, mengurangi resiko penyakit Alzheimer, dan demensia. Pilihlah kubis yang berwarna ungu karena  memiliki jumlah nutrisi yang lebih tinggi. 

  2. Untuk daya tahan tubuh yang kuat. Vitamin E yang terdapat dalam kubis bermanfaat untuk memperlancar metabolisme dan meningkatkan lebih banyak antibodi. Selain itu kandungan vitamin E dalam kubis juga merupakan elemen penting untuk memperbaiki kerusakan sel dan jaringan dalam tubuh. 

  3. Membuat awet muda. Memperbanyak Konsumsi sayur dan buah-buahan merupakan cara yang baik untuk membuat anda menjadi lebih awet muda.  kubis adalah salah satu diantara sayur yang memiliki manfaat cukup banyak untuk kesehatan karena mengandung banyak nutrisi. Seperti kebanyakan sayur lainnya kubis memiliki manfaat anti-penuaan pada kulit. Jumlah kaya vitamin C dalam sayuran ini membuat kulit awet muda dan menunda proses penuaan. Selain itu, vitamin A dalam kubis bekerja sama dengan vitamin D untuk membuat kulit Anda lebih sehat sekaligus melindungi  kerusakan sel-sel kulit akibat sinar ultraviolet. 

  4. Merangsang pertumbuhan rambut. Selain baik untuk mata Vitamin A dalam kubis bekerja sebagai  antioksidan yang merangsang pertumbuhan rambut, yang itu artinya dapat membantu anda mengatasi rambut rontok. Cara pembuatannya adalah:  ambil ½ cangkir kubis rebus dan 1/8 cangkir jus lemon segar. Blender sampai kedua bahan tadi benar-benar halus. Kemudian Pijatkan ramuan yang sudah anda buat tadi pada kulit kepala Anda, biarkan selama 30 menit setelah itu bersihkan seperti saat anda keramas. 

  5. Sebagai agen Anti-inflamasi. Kubis dikenal kaya akan kadmium yang merupakan salah satu komponen utama glutamin. Glutamin adalah agen anti-inflamasi yang kuat, sehingga mengkonsumsi kubis dapat mengurangi efek dari berbagai jenis peradangan, iritasi, alergi, nyeri sendi, demam, dan berbagai gangguan kulit. 

  6. Membantu mengeluarkan racun. Kubis juga bisa dikatakan sebagai makanan pembersih racun dalam tubuh karena mengandung vitamin C dan sulfur yang berfungsi untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh anda. untuk itu mengkonsumsi kubis secara rutin juga bisa dikaitkan dengan pencegahan penyakit asam urat, rematik, radang sendi, batu ginjal, penyakit kulit, dan eksim. 

  7. Baik untuk penderita maag. Bagi anda yang memiliki masalah dengan penyakit maag tidak ada salahnya mencoba mengkonsumsi kubis karena pada sebuah penelitian di Stanford University School of Medicine menemukan bahwa minum jus kubis segar sangat efektif untuk mengobati maag. Hal tersebut dikarenakan kubis memiliki kandungan glutamine yang bersifat anti-radang. 

  8. Bermanfaat untuk mata. Semakin banyak anda mengkonsumsi kubis semakin baik pula kesehatan mata anda. Kubis diperkaya dengan beta-karoten yang sangat baik untuk mata. Kubis dapat mengurangi resiko degenerasi makula terkait usia, degenerasi makula merupakan penyakit kebutaan yang biasanya dialami pada seseorang yang memasuki usia senja.
loading...