9 Manfaat kayu manis untuk kesehatan

Kayu manis merupakan salah satu bahan yang digunakan sebagai rempah oleh bangsa kuno seperti mesir. Selain sebagai bumbu, kayu manis juga bisa digunakan sebagai obat untuk mengatasi berbagai macam penyakit dan gangguan kesehatan lainnya. Hal tersebut dikarenakan kayu manis memiliki manfaat yang sangat banyak dan kandungan nutrisinya pun juga cukup lengkap.
Manfaat kayu manis untuk kesehatan
Gambar: Kayu manis
9 Manfaat kayu manis untuk kesehatan
  1. Manfaat kayu manis sebagai Antibakteri. Kayu manis dapat digunakan sebagai obat untuk mengatasi Keracunan Makanan karena memiliki kemampuan untuk membunuh beberapa jenis bakteri, termasuk E.coli. 

  2. Meningkatkan daya ingat. Kayu manis mengandung  beberapa jenis minyak esensial yang bermanfaat merangsang fungsi kognitif, fokus, dan kewaspadaan otak kita. Ini tentunya sangat bermanfaat bagi anak-anak yang dalam masa pertumbuhan dimana mereka sangat membutuhkan nutrisi untuk otak. 

  3. Manfaat kayu manis untuk Melawan sel kanker. Penelitian yang dilakukan di University of Texas Amerika serikat, yang diterbitkan dalam jurnal Nutrition and Cancer, menemukan bahwa kayu manis memiliki kemampuan dalam mengurangi proliferasi sel kanker sehinga dapat  mencegah dari penyakit kanker. 

  4. Menurunkan kadar gula darah. Walaupun kayu manis memiliki rasa manis seperti namanya akan tetapi tidak akan berbahaya bagi penderita diabetes, malah sebaliknya kayu manis diketahui telah terbukti dapat menormalkan kadar gula darah pada penderita diabetes tipe 2 dengan cara meningkatkan kemampuan untuk merespon insulin. Mengkonsumsi  kayu manis juga dikaitkan dengan penurunan kadar gula darah secara signifikan. 

  5. Sumber mineral penting. Ada banyak kandungan mineral yang terdapat dalam kayu manis seperti mangan dan kalsium, yang keduanya sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang dan kulit. Selain itu Kayu manis juga diperkaya dengan serat yang berkombinasi dengan kalsium untuk mendukung kesehatan usus dan jantung. 

  6. Sumber antioksidan alami. Kandungan antioksidan dalam kayu manis cukup tinggi bahkan lebih tinggi dari blueberry. Antioksidan dalam 1 sendok kayu manis setara dengan ½ cangkir blueberry. Kita tau bahwa antioksidan memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga kesehatan kita secara keseluruhan termasuk untuk memperlambat proses penuaan dan pencegahan penyakit kanker. 

  7. Membantu megatasi flu. Perpaduan antara kayu manis dan madu dapat digunakan sebagai bahan untuk mengatasi flu secara alami. Caranya dalah: ambil satu sendok makan madu. 1/4 sendok teh bubuk kayu manis. Campur keduanya dengan setangah gelas air hangat dan minum dua kali sehari pagi dan malam. Ramuan tersebut juga dapat menyembuhkan batuk kronis dan membersihkan sinus. 

  8. Menurunkan kolesterol. Bagi anda yang memiliki kadar kolesterol tinggi harus mencoba ramuan penurun kolesterol dari kayu manis ini.  Siapkan : Dua sendok makan madu dan tiga sendok teh bubuk kayu manis. Kemudian campur kedua bahan tadi dalam 1 gelas air teh. Minum selagi masih hangat untuk mengurangi tingkat kolesterol dalam darah hingga 10 persen hanya dalam waktu dua jam. 

  9. Mengatasi gangguan perut. Dalam kayu manis ada senyawa yang yang disebut catechin. Senyawa ini memiliki manfaat membantu meredakan mual. Selain itu Minyak atsiri dalam kulit kayu manis juga dapat membantu tubuh memproses makanan dengan memecah lemak selama proses pencernaan, hal ini tentunya dapat menjaga kesehatan pencernaan anda.
Sekian info yang bisa blog Cara hidup sehat bagi mengenai 9 manfaat kayu manis semoga bermanfaat.mungkin anda juga ingin megetahui 17 Manfaat mentimun dan kandungan nutrisinya.
loading...