11 makanan yang dapat menurunkan kadar gula darah

Bagi para penderita diabetes memilih makanan yang sehat merupakan salah satu keharusan yang tidak bisa ditawar mengingat penyakit diabetes sangat erat kaitannya dengan makanan yang mereka konsumsi. Ada orang yang mengatakan jika ingin memulai Hidup Sehat mulailah dari makanan, pernyataan ini memang sangat masuk akal karena berbagai penyakit bisa hinggap di tubuh seseorang disebabkan kurangnya perhatian dalam memilih makanan yang sehat, hal ini tentunya juga berlaku pada penyakit diabetes. Penyakit diabetes merupakan salah satu penyakit yang disebabkan tingginya kadar gula dalam darah yang biasanya terjadi akibat terlalu banyak mengkonsumsi makanan manis dan karbohidrat dengan kualitas rendah, selain itu diabetes juga bisa terjadi karena kurangnya insulin, insulin merupakan zat yang dihasilkan pankreas untuk mengolah zat gula darah (glukosa) sehingga dapat menjadi energi. Walaupun makanan bukan satu-satunya penyebab penyakit diabetes tapi ada baiknya kita mulai memperhatikannya untuk pencegahan.
makanan bagi penderita diabetes
makanan sehat
 
11 makanan yang dapat menurunkan gula darah
  1. Kacang-kacangan. Jika anda menginginkan diet sehat untuk mengontrol  kadar gula darah sebaiknya hindari makanan yang mengandung karbohidrat tinggi tapi berkualitas rendah seperti makanan manis, kue kering dan makanan berlemak dengan tinggi kandungan susu. Sebaliknya pilihlah makanan dengan karbohidrat berkualitas tinggi yang tersedia pada beberapa jenis kacang-kacangan seperti pinto, garbanzo, dan kacang kedelai merupakan makanan yang baik bagi penderita diabetes karena menyediakan karbohidrat berkualitas tinggi, protein yang bebas lemak, dan serat larut yang membantu mengontrol kadar gula darah sekaligus membuat anda tetap kenyang.   

  2. Oatmeal. Dalam sebuah studi telah menunjukkan bahwa mengkonsumsi makanan yang kaya serat seperti oatmeal dapat mengurangi risiko diabetes hingga 42 persen. Oatmeal dikemas dengan serat larut, yang memperlambat penyerapan glukosa dari makanan di perut sehingga akan menjaga kestabilan kadar gula darah anda. Selain itu oatmeal juga sangat baik untuk dikonsumsi bagi mereka yang memiliki resiko tinggi  terkena penyakit jantung karena serat dalam oatmeal dapat membantu menurunkan kolesterol dalam darah. 

  3. Ikan segar. Ikan merupakan makanan yang mengandung tinggi protein dan baik untuk masa pertumbuhan anak. Selain baik dikonsumsi anak-anak Kandungan protein dalam ikan ini juga membantu menurunkan kadar gula darah  sehingga menjadi pilihan yang baik bagi penderita diabetes, cobalah beberapa jenis ikan seperti lele, cod, atau nila yang memiliki rasa enak dan daging putih yang sehat. 

  4. Buah lemon. Buah yang memiliki rasa asam menyegarkan ini merupakan sumber yang baik dari vitamin C. manfaat vitamin C selain untuk memperkuat sisitem kekebalan tubuh juga dapat menurunkan indeks glikemik pada makanan. Minum segelas jus lemon setiap selesai makan dapat membantu menurunkan kadar gula darah anda. Ingat, Jangan menambahkan gula di dalamnya karena itu mungkin akan berefek sebaliknya. 

  5. Green tea (teh hijau). Teh hijau adalah salah satu minuman yang memiliki manfaat sangat banyak sekali untuk kesehatan, hal ini dikarenakan teh hijau mengandung antioksidan tinggi, dan bebebrapa jenis mineral diantaranya mangan dan kalium. Cobalah rutin minum teh hijau tanpa gula untuk membantu mengurangi kadar glukosa dalam darah. 

  6. Asparagus. Apakah anda menyukai makanan yang satu ini? Jika jawabannya ”ya” mungkin anda adalah salah satu orang yang beruntung karena  asparagus memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Dalam asparagus hanya mengandung 5 gram karbohidrat, 20 kalori, dan hampir 2 gram serat makanan per porsi. Selain kaya serat dan rendah lemak asparagus juga  sangat tinggi antioksidan yang disebut glutathione, yang memainkan peran penting dalam mengurangi efek penuaan dan pencegahan banyak penyakit termasuk diabetes, penyakit jantung, dan kanker. 

  7. Buah apel. Walaupun buah apel memiliki rasa manis tetapi anda tidak perlu khawatir untuk mengkonsumsinya, karena buah apel tidak akan membuat kadar gula darah anda naik. Bahkan buah apel diketahui sangat berguna untuk menurunkan kadar gula darah, hal ini tidak mengherankan karena buah apel mengandung serat larut sehingga baik bagi penderita diabetes. Dalam sebuah penelitian juga menunjukkan Wanita yang makan setidaknya satu buah apel perhari memiliki resiko 28 persen lebih kecil terkena penyakit diabetes tipe 2 dibandingkan wanita yang tidak mengkonsumsi buah apel. Baca informasi terkait mengenai 17 manfaat buah apel yang luar biasa

  8. Buah alpukat. Ada hubungan positif antara makan buah alpukat dan penurunan resiko diabetes. The American Journal of Clinical Nutrition telah menerbitkan sebuah studi pada tahun 2008 lalu menemukan bahwa konsumsi makanan yang mengandung lemak baik pada wanita seperti yang ditemukan dalam buah alpukat dapat menurunkan resiko terkena diabetes tipe 2 hingga 25 persen. 

  9. Buah Blueberry. Blueberry termasuk dari keluarga buah-buahan yang mengandung tinggi flavonoid, yang juga dikenal karena manfaat mereka bagi kesehatan termasuk kesehatan jantung. Selain itu, kandungan serat yang tinggi dalam buah blueberry dapat mengurangi risiko diabetes dan membantu mengontrol gula darah anda tetap stabil. Joanne M. Gallivan, MS, RD, direktur Program Diabetes Pendidikan Nasional di National Institutes of Health mengatakan bahwa buah blueberry memiliki efek antikanker dengan cara menghambat pertumbuhan tumor dan mengurangi peradangan. 12 manfaat buah blueberry yang mengagumkan

  10. Ikan salmon. Memenuhi kebutuhan asam lemak Omega-3 dari makanan yang anda konsumsi dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan  diabetes tipe 2.  Ikan salmon merupakan salah satu makanan yang menyediakan Omega-3 dan protein yang memperlambat proses penyerapan karbohidrat  dalam tubuh sehingga dapat menjadi pilihan yang sempurna untuk program diet anda. 

  11. Jus wortel. Wortel adalah makanan yang dapat menurunkan kadar kolesterol selanjutnya, Menurut sebuah studi yang diterbitkan di Stanford University School of Medicine pada tahun 2013 lalu, berhasil mengungkap bahwa beta-karoten selain baik untuk mata ternyata juga dapat membantu menurunkan risiko pengembangan diabetes tipe 2 di antara orang-orang yang memiliki kecenderungan genetik untuk penyakit tersebut. Tapi mungkin itu bukan satu-satunya alasan kenapa anda harus mengkonsumsi jus wortel karena kandungan vitamin A yang cukup tinggi dalam wortel sangat diperlukan untuk meningkatkan fungsi mata, sistem kekebalan tubuh sekaligus membantu mencegah perkembangan beberapa jenis kanker.
Demikian tadi daftar 11 makanan yang dapat menurunkan kadar gula darah, semoga bisa memberikan informasi bagi anda yang membutuhkan.
loading...