12 Manfaat berenang bagi kesehatan tubuh anda

Berenang merupakan salah satu olahraga yang menjadi pilihan banyak orang di dunia. Di Amerika sendiri berenang adalah olahraga paling populer ke 4 sehingga hampir semua rumah di sana menyediakan kolam renang untuk keluarga mereka. Hal ini  tentunya tidak terlepas dari manfaat berenang itu sendiri yang memang sangat banyak sekali untuk kesehatan.
12 Manfaat berenang bagi kesehatan
Gambar: Gambar berenang

12 manfaat berenang bagi kesehatan tubuh anda
  1. Memperbaiki kesehatan mental. Salah satu manfaat berenang yang menarik adalah kemampuannya dalam meningkatkan kesehatan mental. Hal ini terjadi karena berenang akan meningkatkan mood baik pada pria dan wanita. Berenang merupakan salah satu olahraga yang sangat dianjurkan bagi mereka yang memiliki masalah mental karena mengurangi tingkat kecemasan dan menurunkan depresi.  

  2. Menambah tinggi badan. Berenang memang sejak lama sering dikaitkan dengan bertambahnya tinggi badan seseorang. Hal tersebut dikarenakan Saat anda berenang tubuh anda akan lebih bebas melakukan gerakan di dalam air sehingga tubuh lebih fleksibel dan mempercepat proses pertumbuhan. 

  3. Menurunkan kolesterol. Berenang merupakan salah satu olahraga yang sempurna untuk menurunkan kolesterol. Saat kita berenang maka tubuh akan meningkatkan produksi HDL (kolesterol baik). Begitu sebaliknya akan menurunkan tingkat kolesterol jahat( LDL). Menjaga kestabilan kolesterol dalam darah sangat penting untuk menjaga kesehatan jantung anda karena setiap kenaikan satu persen kolesterol baik  akan mengurangi risiko penyakit jantung sebesar 3,5 persen. 

  4. Melawan diabetes.Olahraga yang membutuhkan banyak energi seperti berenang sangat dianjurkan bagi anda yang memiliki resiko terkena diabetes. Untuk mencegah diabetes anda membutuhkan latihan untuk membakar 500 kalori seminggu. Hal ini dapat dilakukan hanya dengan tiga puluh menit berenang gaya dada tiga kali seminggu karena akan membakar hingga 900 kalori. 

  5. Meningkatkan sirkulasi darah. Sirkulasi darah yang lancar merupakan salah satu kunci kesehatan anda secara keseluruhan. Berenang adalah latihan fisik yang sangat baik karena membantu menjaga kesehatan jantung dengan memperlancar aliran darah ke jantung. Selain itu Latihan aerobik seperti berenang juga telah terbukti dapat memerangi respon inflamasi tubuh yang menyebabkan penyakit jantung. 

  6. Meningkatkan kecerdasan pada anak. Penelitian telah menunjukkan bahwa anak-anak yang berenang memiliki tingkat kecerdasan lebih tinggi dibandingkan mereka yang tidak berenang, tentunya faktor lain juga berpengaruh dalam hal ini seperti nutrisi otak dll. Para peneliti dari Griffith Institute for Educational Research menemukan bahwa anak-anak yang berenang mencapai berbagai keterampilan lebih awal dari anak lainnya.  

  7. Membantu orang dengan arthritis. Bagi anda yang memiliki masalah dengan nyeri sendi ada baiknya mencoba olahraga yang satu ini karena Berenang diketahui cukup efektif untuk membantu meringankan nyeri sendi pada penderita arthritis. Selain itu berenang juga dapat mengurangi rasa sakit dari osteoarthritis. 

  8. Menurunkan berat badan. Manfaat berenang yang mungkin anda sukai adalah kemampuannya dalam menurunkan berat badan. Berenang sangat efektif dalam membakar kalori sehingga sangat baik bagi anda yang memiliki kelebihan berat badan. 

  9. Memberikan latihan pada semua otot. Manfaat berenang sangat banyak sekali untuk kesehatan tubuh anda karena dengan berenang maka anda akan melatih hampir semua otot pada tubuh secara bersamaan. Hal ini sangat penting untuk memastikan bahwa semua bagian tubuh anda mendapatkan latihan untuk meningkatkan fungsinya masing-masing. 

  10. Meningkatkan fleksibelitas tubuh. Berenang bermanfaat untuk melemaskan otot-otot sekaligus meningkatkan fleksibilitas tubuh anda. jadi berenang sangat baik untuk mencegah kekakuan otot dan nyeri. 

  11. Menjaga kesehatan jantung. Seperti yang sudah kita ketahui di atas bahwa manfaat berenang diantaranya adalah membakar kalori, menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan sirkulasi darah. Perlu kita ketahui bahwa kesemuanya merupakan salah satu faktor penting untuk menjaga kesehatan jantung anda yang itu artinya akan menjauhkan anda dari resiko penyakit jantung. 

  12. Baik untuk penderita asma. Jika Anda menderita penyakit asma, mungkin bisa mencoba olahraga yang satu ini. Udara lembab dalam air dapat memberikan paru-paru Anda kesempatan untuk bekerja dalam suasana yang lebih ramah. Teknik pernapasan yang tepat saat anda berenang juga akan membantu meringankan gejala asma. Walaupun secara umum berenang baik bagi penderita asma akan tetapi juga tidak boleh berlebihan karena mungkin itu akan memberikan efek yang kurang baik, jadi tetap pada porsi yang cukup. Selain itu mereka yang menderita asma sebaiknya didampingi untuk memastikan keamanannya. Baca juga informasi mengenai 20 manfaat olahraga bagi kesehatan tubuh
Penting: Usahakan tidak berenang sendirian  untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti keram, kambuhnya penyakit asma dan jantung secara mendadak. Selain itu pastikan anda tau teknik berenang dengan baik sebelum melakukannya.
loading...