12 manfaat buah blueberry yang mengagumkan

12 manfaat buah blueberry yang sangat mengagumkan untuk kesehatan dan pencegahan penyakit yang wajib anda ketahui. Blueberry merupakan tanaman berbunga dalam genus Vaccinium, bagian Cyanococcus. Spesies ini biasanya tumbuh di kawasan Amerika Utara. Blueberry merupakan salah satu buah yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan karena mengandung rendah kalori, memilki banyak nilai gizi meliputi vitamin, mineral serat dan senyawa penting untuk menjaga kesehatan tubuh anda dan mengatasi berbagai macam masalah kesehatan.
 
manfaat buah blueberry yang mengagumkan
Buah blueberry

12 manfaat buah blueberry yang sangat mengagumkan
  1. Menurunkan berat badan. Kandungan atechin pada buah blueberry dapat mengaktifkan gen yang berfungsi pembakar lemak dalam sel-sel lemak perut sehingga akan membantu penurunan berat badan, hal ini akan menghilangkan timbunan lemak terutama pada bagian perut. Pada sebuah studi yang dilakuan di Tufts University menemukan bahwa makan buah memenuhi kebutuhan catechin dapat menghilangkan lemak di perut hingga 77 persen  yang itu artinya mengkonsumsi buah blueberry dapat membantu anda dalam program diet sehat. 

  2. Sebagai sumber antioksidan. Bersama strawberry Blueberry dikenal sebagai buah-buahan yang mengandung tinggi antioksidan yang disebut anthocyanin yang juga terkandung dalam beberapa buah seperti apel, anggur dan blackberry. Beberapa studi telah menunjukkan bahwa anthocyanin bermanfaat untuk mencegah gumpalan darah sehingga akan mengurangi resiko serangan jantung. Selain itu senyawa tersebut juga sangat baik untuk mempertajam penglihatan anda di malam hari sekaligus mencegah degenerasi makula. 

  3. Kaya akan kandungan vitamin C. Jus Blueberry adalah sumber yang sangat baik dari vitamin C. Manfaat vitamin C sangat banyak sekali untuk tubuh kita diantaraya memperkuat imunitas, membantu penyembuhan luka, menjaga kesehatan tulang dan mencegah sariawan. Vitamin C juga membantu tubuh untuk memproduksi kolagen yang merupakan protein penting bagi kesehatan kulit, tulang rawan, tendon ligamen dan pembuluh darah. Baca juga 10 buah-buahan yang mengandung tinggi vitamin C. 

  4. Untuk tulang yang sehat. Anda ingin mendapatkan tulang yang sehat? mungkin mengkonsumsi buah blueberry salah satu jawabannya. Buah yang satu ini diketahui memiliki kandungan mangan yang cukup tinggi yang memainkan peran penting dalam perkembangan tulang yang sehat. Dalam Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Bone pada tahun 2010 lalu berhasil menemukan bahwa hewan yang diberi ransum yang mengandung 10 persen blueberry bubuk memiliki tingkat kepadatan tulang yang lebih baik. Untuk mempertahankan kepadatan tulang dan mencegah osteoporosis selain aktivitas fisik sangat penting bagi anda untuk banyak mengkonsumsi buah dan sayur terutama yang kaya kandungan mineral.  

  5. Meningkatkan Fungsi Otak. Banyaknya Manfaat buah blueberry tidak terlepas dari kandungan antioksidan yang melimpah di dalamnya, hal ini karena memang antioksidan itu sendiri memiliki peran yang sangat penting untuk kesehatan, salah satunya mencegah penyakit alzheimer. Selain itu buah yang berwarna biru gelap ini juga meyediakan beberapa nutrisi penting seperti vitamin A, B kompleks, C dan E, seng, natrium, kalium, tembaga, magnesium, fosfor dan mangan yang kesemuanya bermanfaat mencegah dan melindungi braincells untuk memulihkan kesehatan sistem saraf pusat. Buah blueberry bahkan disebut-sebut dapat memperbaiki sel-sel otak yang rusak sehingga dapat mempertajam ingatan anda.  

  6. Mencegah kanker. Kombinasi antara vitamin C dan beberapa senyawa seperti asam ellagic, pterostilbene dalam buah blueberry dipercaya sangat ampuh dalam melawan sel-sel kanker terutama kanker hati dan kanker usus. 

  7. Meningkatkan imunitas. Buah Blueberry merupakan sumber vitamin yang sangat melimpah. Dalam buah yang memiliki ukuran kecil ini terdapat beberapa vitamin seperti vitamin C, B kompleks, vitamin E, vitamin A. Dikombinasikan dengan mineral (tembaga, seng, dan zat besi) vitamin tersebut dapat membangun sistem imun yang sangat kuat untuk membantu tubuh melawan virus dan bakteri. Sistem imun yang kuat sangat penting untuk mengatasi gangguan kesehatan seperti pilek, demam, cacar dan penyakit menular lainnya. 

  8. Menjaga kesehatan jantung. Dalam Sebuah studi baru-baru ini menunjukkan bahwa konsumsi buah-buahan yang masuk dalam keleuarga berry, termasuk strawberry dan blueberry dapat mengurangi risiko penyakit jantung pada wanita, karena mengandung tinggi anthocyanin. Anthocyanin merupakan bagian dari flavonoid yang berfungsi membantu mencegah penumpukan plak pada dinding arteri sehingga akan meningkatkan kesehatan jantung. Kesimpulan dari penelitian tersebut menunjukkan bahwa wanita yang makan tiga porsi blueberry dapat mengurangi risiko penyakit jantung. 

  9. Tinggi serat dan Rendah lemak. Buah blueberry hanya mengandung sekitar 80 kalori per cangkir dan memiliki bebas lemak sehingga sangat baik dikonsumsi bagi anda yang ingin memulai program diet sehat. Blueberry juga mengandung tinggi serat untuk membuat Anda kenyang lebih lama sehingga akan mengontrol kebiasaan ngemil anda.  

  10. Sumber energi yang sempurna. Walaupun buah Blueberry mengandung rendah kalori bukan berarti buah yang satu ini tidak dapat menyediakan energi bagi anda, kandungan mangan dalam blueberry memiliki manfaat mengubah karbohidrat dan lemak menjadi energi.  

  11. Mencegah sembelit. Kandungan serat dalam buah blueberry selain bermanfaat untuk mengontrol berat badan, juga dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan sehingga akan membantu mengatasi sembelit. Baca juga cara mengatasi sembelit dengan mudah. 

  12. Mengatasi kulit kering. Manfaat buah blueberry ternyata tidak terbatas pada kemampuannya dalam mengatasi masalah kesehatan saja, melainkan juga buah blueberry dapat digunakan sebagai bahan perawatan kulit dengan cara campurkan dua sendok teh blueberry dengan gula merah dan tiga sendok jus lemon. Kemudian terapkan pada wajah anda hingga merata. Campuran bahan tersebut cukup ampuh untuk mengatasi kondisi kulit kering. Informasi terkait 10 cara mengatasi kulit kering.
Demikian tadi daftar 12 manfaat buah blueberry bagi kesehatan tubuh anda, semoga bermanfaat bagi para pembaca blog cara hidup sehat.
loading...