3 Cara membersihkan telinga yang aman

Membersihkan telingan mungkin merupakan satu hal yang mudah bagi beberapa orang tapi mungkin ini juga sangat berbahaya jika kita salah dalam melakukannya, untuk itu butuh kehati-hatian, pastikan bahan yang anda gunakan bersih dan halus sehingga tidak akan melukai telinga.

Untuk membersihkan telingan langkah yang harus anda lakukan pertama kali adalah memastikan bahwa tidak ada infeksi ataupun masalah dengan telinga anda, karena membersihkan telingan dalam keadaan seperti ini bisa sangat berbahaya . Sebaiknya periksakan ke dokter jika disinyalir ada infeksi atau telinga anda terasa sakit. 
Cara membersihkan telinga
cara membersihkan telinga
  1. Salah satu cara yang bisa anda lakukan untuk membersihkan telinga adalah dengan menggunakan bahan pelunak kotoran, karena dalam keadaan kering dan menumpuk kotoran akan sangat sulit untuk dihilingan. Nah,,untuk bahannya sendiri anda bisa menggunakan pembersih carbamide peroksida yang tersedia di toko obat terdekat. Untuk menggunakannya campurkan larutan carbamide peroksida dengan air hangat kemudian tambahkan sedikit mineral oil.  

  2. Bahan lain yang bisa anda coba adalah minyak zaitun, minyak zaitun bekerja dengan cara melunakkan dan melembutkan kotoran telinga, sehingga membuatnya lebih mudah untuk dikeluar tanpa melukai telinga. Masukkan 2-3 tetes minyak zaitun ke dalam telinga anda kemudian bersihkan secara perlahan dengan cutton bud.   

  3. Dengan menggunakan cuka dan alkohol, cuka merupakan bahan alami yang sangat bermanfaat untuk perawatan Caranya: campurkan cuka dengan alkohol (perbandingan yang sama) kedalam mangkuk atau cangkir. Teteskan kedua campuran bahan tadi ke dalam telinga. Solusi ini sangat membantu dalam menyingkirkan kotoran di dalam telinga.  
Usahakan menggunakan bahan yang lunak dan steril untuk membersihkan telinga, karena jika tidak, dapat melukai bahkan mengakibatkan infeksi yang sangat berbahaya. Sebaiknya anda berhati-hati menggunakan Pembersih manual seperti cotton bud karena diketahui kurang baik bagi kesehatan telinga anda. Walaupun demikian jika anda terpaksa harus menggunakan cotton bud sebaiknya pilih cotton bud yang pentulnya kecil, halus namun kuat agar kapas yang terdapat dalam catton bud tadi tidak tertinggal di telinga.
loading...