7 Manfaat buah kelengkeng dan kandungan nutrisinya

Apa yang anda pikirkan saat pertama kali melihat buah kelengkeng? Mungkin kebanyakan dari kita hanya akan melihat bahwa buah ini kecil dan menyegarkan. Buah yang memiliki ukuran tidak terlalu besar ini memang kurang dikenal di masyarakat kita memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, setidaknya masih kalah tenar dengan beberapa buah seperti pisang, anggur dan apel. Walaupun mungkin tidak terlalu banyak orang yang tau mengenai manfaat buah kelengkeng untuk kesehatan, akan tetapi sebenarnya telah banyak penelitian yang berhasil mengungkap manfaat tersembunyi dari buah mungil ini. Untuk tau lebih lanjut mengenai manfaat buah kelengkeng mari simak:
Manfaat buah kelengkeng
Kelengkeng

7 Manfaat buah kelengkeng dan kandungan nutrisinya
  1. Sumber vitamin C. Dengan kandungan vitamin C yang dimilikinya membuat buah kelengkeng dipercaya dapat membantu sistem imun tubuh untuk  melawan flu dan gangguan kesehatan yang berhubungan dengan menurunnya sistem imun. Manfaat lain dari vitamin C ini juga membantu tubuh dalam penyerapan zat besi, menjaga kesehatan kulit dan membantu mempercepat penyembuhan luka. Informasi terkait 10 manfaat buah delima dan kandungan nutrisinya

  2. Sebagai agen anti-penuaan. Seperti halnya buah-buahan lainnya yang mengandung tinggi vitamin C seperti bua strawberry, buah jeruk dan kiwi. Buah kelengkeng diketahui sangat baik untuk kesehatan kulit kita. Buah kelengkeng bahkan juga dikenal sebagai buah anti-penuaan dan meningkatkan kesehatan kulit. Manfaat buah kelengkeng yang utama adalah menghilangkan kerutan pada mata yang menjadi salah satu tanda-tanda penuaan. 

  3. Meningkatkan energi. Buah Kelengkeng menjadi salah satu sumber energi yang sangat baik untuk tubuh. Buah yang satu ini merupakan tonik yang luar biasa yang menyediakan energi jangka panjang sehingga akan membuat anda tetap merasa fit, hal ini tentunya akan membantu dalam menjalani semua aktivitas harian anda. 

  4. Anti-depresan. Buah yang memiliki ukuran kecil ini ternyata memiliki manfaat yang sangat luar biasa untuk tubuh kita. Mengkonsumsi buah Kelengkeng diketahui dapat memberikan efek relaksasi pada saraf dan terbukti meningkatkan fungsi saraf, sehingga tidak akan membuat anda menjadi lebih cepat marah dan depresi. 

  5. Mencegah osteoporosis. Manfaat buah kelengkeng yang selanjutnya adalah kemampuannya dalam mencegah osteoporosis sekaligus menjaga kepadatan tulang, hal ini diperkuat dengan Sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 2013 lalu dalam "Maturitas" melaporkan bahwa wanita yang mengalami menopause dan memiliki tingkat asupan mineral seperti tembaga lebih rendah memiliki resiko lebih besar mengalami osteoporosis. untuk mencegah hal tersebut anda perlu memenuhi kebutuhan mineral seperti tembaga. Dalam 3,5 ons buah kelengkeng kering mengandung sekitar 805 mikrogram tembaga, jumlah tersebut sudah memenuhi sekitar 90 persen dari kebutuhan tembaga harian anda. 

  6. Aktivitas antioksidan. Buah yang memiliki ukuran kecil ini memiliki kandungan polifenol yang merupakan antioksidan untuk membantu dalam melawan efek buruk radikal bebas yang merusak sel dan menyebabkan kanker. Selain itu polifenol tersebut juga melindungi kita dari serangan jantung yang diakibatkan kerusakan arteri. Dalam rangka mengklaim temuan ini sebuah studi masih berlanjut untuk mengetahui sejauh mana tingkat keefektivitasan dari antioksidan dalam buah kelengkeng. 

  7. Rendah lemak. Ini merupakan kabar baik bagi anda yang memiliki kelebihan berat badan karena buah kelengkeng memiliki rendah lemak sehingga sangat baik untuk diet. Bagi anda yang sedang memulai program diet mungkin perlu mencoba buah ini karena selain rendah lemak kelengkeng juga mengandung karbohidrat kompleks (sukrosa) dan glukosa yang meningkatkan energi sehingga akan mendongkrak stamina anda walaupun sedang menjalani diet. Baca juga artikel yang berjudul 10 manfaat-buah mengkudu yang luar biasa
Kandungan nutrisi dalam 100 gram buah kelengkeng

Kalori 60 66
Total Lemak 0,1 g 0,4 g
Serat  1,1 g 1,3 g
Kalium 266 mg 171 mg
Kalsium 1 mg 5 mg
Kolesterol 0 0
Sodium 0 mg 1
Karbohidrat 15 g 17 g
Protein 1,3 g 0,8 g
Magnesium 10 mg 10 mg
Kalsium 1 mg 5 mg
zat Besi 0,1 mg 0,3 mg
Vitamin C  84 mg 71,5 mg

Bagaimana setelah anda mengetahui kandungan nutrisi dan manfaat buah kelengkeng apakah anda ingin mulai mengkonsumsinya ? pastikan anda memilih buah kelengkeng yang masih segar untuk medapatkan manfaat yang maksimal
loading...