7 Manfaat jogging bagi kesehatan

Hampir semua orang sepakat bahwa lari atau jogging merupakan cara paling evektif untuk mendapatkan tubuh yang ideal, tapi tahukah anda jika manfaat jogging bukan hanya terbatas itu saja melainkan ada banyak manfaat lain dari olahraga jenis ini yang mungkin tidak banyak diketahui orang.
Manfaat jogging
Jogging

7 Manfaat jogging bagi kesehatan
  1. Menguatkan fungsi jantung. Lari kecil atau jogging memiliki manfaat yang sangat banyak sekali untuk kesehatan jantung anda. Membiasakan diri dengan aktivitas fisik seperti lari kecil atau jalan cepat akan membuat fungsi jantung anda menjadi lebih baik dan mencegahya dari serangan jantung. Nah, bagaimana dengan orang yang tiba-tiba meninggal saat melakukan aktivitas olahraga seperti lari dan sepakbola karena serangan jantung? Hal ini tentunya berbeda karena bagi para pasien serangan jantung  memang tidak dianjurkan untuk melaukan olahraga berat atau dengan durasi yang lama, jadi yang harus diperhatiakan adalah porsi dari latihan itu sendiri. 

  2. Meningkatkan sirkulasi darah. Aktivitas fisik seperti lari memang memiliki banyak keuntungan bagi kesehatan organ-organ dalam anda, hal ini dikarenakan saat kita melakukan lari atau aktivitas fisik lainnya maka aliran darah dalam tubuh kita lebih lancar sehingga organ dalam tubuh bisa bekerja lebih optimal seperti otak dan jantung. 

  3. Membantu menurunkan berat badan. Meningkatnya angka obesitas khsusunya dinegara maju seperti Amerika disebabkan kurangnya aktivitas fisik seperti jogging. Saat kita melakukan jogging ada banyak lemak yang akan dibakar sehingga membantu kita menurunkan berat badan. Selain itu aktivitas fisik seperti jogging juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh yang akan menstabilkan berat badan. 

  4. Memperkuat tulang. Bagi anda yang ingin terhindar dari penyakit osteoporosis sebaiknya mencoba olahraga seperti jogging, selain dapat meningkatkan kesehatan tulang jogging juga memiliki banyak manfaat seperti memperkuat otot jantung. Saat anda jogging maka tulang yang menjadi tumpuhan akan dengan sendirinya menjadi lebih padat sehingga akan memperkecil resiko patah tulang. 

  5. Meningkatkan daya ingat. Penyakit alzheimer menjadi salah satu ancaman tersendiri bagi para lansia karena penyakit ini memang sangat sulit disembuhkan secara medis akan tetapi bisa dilakukan pencegahan dengan cara banyak mengkonsumsi buah-buahan, sayur dan mencukupi kebutuhan olahraga. Sebuah studi pada Desember 2012  lalu telah menunjukkan olahraga teratur membantu mencegah penurunan mental yang berkaitan dengan usia, terutama fungsi memori dan konsentrasi. 

  6. Menigkatkan kepercayaan diri. Jogging selain baik bagi kesehatan tubuh diketahui juga  dapat memberikan dorongan yang nyata untuk kepercayaan diri Anda. Hal tersebut dikarenakan Jogging akan membuat anda lebih bahagia, rileks dan merasa selalu vit. 

  7. Mencegah penyakit kanker. Para ahli sepakat  bahwa olahraga teratur dapat mengurangi risiko berbagai jenis kanker, termasuk beberapa jenis kanker  paling berbahaya seperti  kanker  usus besar, kanker payudara, endometrium, dan kanker paru-paru. Dalam studi terbaru di British Journal of Cancer menyimpulkan bahwa orang yang aktif berolahraga seperti  jogging 5-6 jam / minggu memiliki resiko 24 persen lebih kecil mengembangkan kanker usus besar dari pada mereka yang hanya berolahrga 30 menit/minggu.
loading...