7 Manfaat keju bagi kesehatan

Keju merupakan salah satu makanan yang berasal dari olahan susu yang melalui proses pengentalan dengan cara memisahkan zat-zat padat dalam susu. Karena berasal dari olahan susu keju memiliki hampir semua nutrisi yang dimiliki oleh susu, jadi manfaat keju sangat banyak untuk kesehatan seperti halnya susu.
Manfaat keju bagi kesehatan
  1. Melindungi gigi. Keju diketahui memiliki sifat antikariogenik yang dapat melindungi gigi dari kerusakan. Dalam hal ini keju dianggap sebagai salah satu makanan yang memiliki sifat antikariogenik paling baik. selain sifat tersebut Keju juga mengandung sejumlah besar kalsium dan fosfor yang membantu menggantikan mineral yang hilang melalui kerusakan asam (demineralisasi). Sehingga mengkonsumsi keju disebut-sebut dapat menjaga kesehatan dan kekuatan gigi anda. 

  2. Pencegahan Kanker. Tahukah anda bahwa keju ternyata memiliki manfaat untuk mecegah kanker? Keju mengandung konjugasi Asam Linoleic dan Sphingolipid yang memainkan peran penting dalam pencegahan penyakit kanker. Selain itu keju juga mengandung vitamin B yang bermanfaat melindungi tubuh dari serangan penyakit. 

  3. Kaya akan gizi. Keju mengandung berbagai macam nutrisi yang sangat penting untuk menunjang kesehatan anda secara keseluruhan. Keju diperkaya  berbagai macam vitamin seperti vitamin C, B-6, B-12, A, D, E dan vitamin K. selain vitamin keju juga memiliki sejumlah mineral penting seperti kalsium, natrium, seng, fosfor, kalium dan zat besi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia. Karena nutrisinya tersebut pulalah yang membuat keju sangat baik dikonsumsi terutama bagi anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan. 

  4. Baik untuk masa pertumbuhan anak. Selain kalsium, keju juga merupakan sumber protein berkualitas tinggi. Protein selain sangat diperlukan selama masa pertumbuhan juga disebut-sebut memiliki kemampuan mengendalikan berat badan. Penelitian juga menunjukkan bahwa kandungan protein dalam olahan susu seperti keju dapat mengurangi tingkat tekanan darah dan melindungi tubuh terhadap racun, bakteri dan virus. 

  5. Mencegah berbagai macam penyakit. Keju memiliki kandungan vitamin A yang sangat penting untuk meningkatkan fungsi penglihatan, menjaga kesehatan jantung, paru-paru dan fungsi ginjal. Untuk meningkatkan Sistem kekebalan tubuh kita vitamin A juga sangat diperlukan. Selain vitamin A nutrisi lainnya dalam keju seperti vitamin B12 sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga fungsi saraf dan memperoduksi sel darah merah. 

  6. Mencegah Osteoporosis. Osteoporosis merupakan salah satu penyakit yang banyak dialami oleh para lansia terutama mereka yang kurang memenuhi kebutuhan kalsium selama masa muda. Osteoporosis ini dapat dicegah dengan banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi mineral seperti kalsium yang biasanya ditemukan dalam susu dan beberapa olahan susu seperti keju. Selain keju buah-buahan juga sangat diperlukan untuk mencegah osteoporosis karena mengandung tinggi antioksidan. 

  7. Untuk kesehatan kulit. Memiliki kulit yang sehat bersinar tentunya menjadi idaman banyak orang khususnya kaum wanita. Dan keju mungkin dapat membantu anda untuk mendapatkannnya karena keju diketahu memiliki sejumlah Vitamin B yang membantu metabolisme sel dan pertumbuhan sel kulit, sehingga akan memberikan anda kulit yang bersinar sekaligus menyingkirkan noda di wajah. Baca juga 10 cara menghilangkan flek hitam di wajah.
Banyak produk keju yang memiliki kualitas rendah dan tentunya memiliki nutrisi yang lebih sedikit, selain itu beberapa keju mungkin juga memiliki lemak yang tinggi tergantung dari pengolahan dan jenis keju itu sendiri. Jadi Pastikan anda memilih keju yang berkualitas untuk mendapatkan manfaat yang banyak darinya.
loading...