Saturday, October 11, 2014

7 Manfaat susu bagi kesehatan tubuh

Susu merupakan cairan putih yang dihasilkan oleh mamalia yang diperuntukkan sebagai makanan anak-anak mereka. Salah satu yang membuat mamalia menghasilkan susu adalah sebagai pengganti makanan bagi anak-anak mereka sampai cukup besar hingga dapat mengkonsumsi makanan dari luar, karena susu merupakan pengganti makanan tentunya di dalam susu terdapat berbagai nutrisi penting yang bermanfaat bagi makhluk hidup. Untuk tau lebih banyak apa saja kandungan nutrisi dan manfaat susu bagi kesehatan mari kita simak:
Manfaat susu
Manfaat susu

7 Manfaat susu bagi kesehatan tubuh
  1. Pemulihan stamina yang cepat. Susu memiliki kandungan nutrisi yang sangat lengkap sehingga akan dengan cepat menggantikan tenaga yang habis terbuang setelah aktivitas fisik yang melelahkan. Salah satu yang paling mencolok dari manfaat susu setelah latihan fisik adalah bahwa susu memiliki kemampuan pemulihan cairan yang ideal karena menyediakan tinggi karbohidrat. Selain karbohidrat susu juga mengandung sejumlah protein yang sangat diperlukan tubuh setelah lelah beraktivitas fisik.  

  2. Baik untuk tulang dan gigi. Sudah kita ketahui bersama bahwa susu merupakan sumber terbaik dari kalsium, kalsium merupakan salah satu komponen utama untuk pembentuka tulang dan gigi sehingga mencukupi kebutuhan mineral yang satu ini akan membuat anda mendapatkan tulang dan gigi yang kuat. Bagi anak-anak sangat disarankan untuk mencukupi kebutuhan kalsium mereka dengan minum 2 gelas susu perhari karena anak-anak masih dalam masa pertumbuhan tulang sehingga membutuhkan lebih banyak kalsium. Akan tetapi itu bukan berarti orang dewasa tidak membutuhkannya, setidaknya orang dewasa memerlukan asupan kalsium dari susu untuk mempertahankan kepadatan tulang mereka yang akan mencegah osteoporosis di masa tua. Selain kalisum susu juga mengandung vitamin D yang membantu tubuh dalam penyerapan kalsium sehingga bagus untuk kesehatan gigi anda, memenuhi kebutuhan vitamin D juga sering  dikaitkan dengan pencegahan gigi berlubang dan mencegah dari kerusakan secara keseluruhan. 

  3. Membantu menghilangkan stres. Susu disebut sebagai salah satu minuman padat yang bermanfaat untuk menghilangkan stres. Tentunya hal ini bukan berarti ketika anda mengkonsumsi segelas susu maka stres akan langsung hilang, akan tetapi paling tidak susu dapat membantu mengendurkan ketegangan pada otot sehingga akan menenangkan saraf. Susu juga telah terbukti mengurangi gejala PMS dan meningkatkan energi.  

  4. Nutrisi yang melimpah. Susu merupakan salah satu minuman yang memiliki kandungan gizi sangat lengkap karena mengandung sejumlah mineral dan vitamin yang dibutuhan tubuh. Dalam segelas susu terdapat setidaknya kalsium, fosfor, selenium, magnesium, protein, seng dan riboflavin, vitamin D, vitamin B12 dan vitamin A.  

  5. Menjaga Kesehatan Jantung. Kalsium dalam susu bukan hanya berfokus pada manfaatnya untuk tulang melainkan telah terbukti mengurangi penyakit jantung dan kemungkinan stroke. Hal ini telah terbukti melalui Dua studi jangka panjang di Jepang yang menunjukkan ada hubungan yang positif antara terpenuhinya kebutuhan kalsium dan penurunan stroke, aterosklerosis, dan penyakit kardiovaskular. Selain itu, magnesium dan kalium yang terdapat dalam susu juga baik untuk mengurangi tekanan darah dan meningkatkan aliran darah ke organ-organ vital. Walaupun demikain anda juga perlu waspada dengan kandungan lemak yang dimilikinya, oleh sebab itu jangan berlebihan mengkonsumsinya dan usahakan untuk memilih susu yang rendah lemak seperti susu kambing.  

  6. Meningkatkan kesehatan kulit. Susu diketahui sudah digunakan oleh wanita pada zaman mesir kuno sebagai bahan perawatan kulit, hal ini dikarenakan mereka percaya bahwa susu dapat membuat kulit mereka lebih sehat dan cantik. Di dunia moderen susu juga sering digunakan sebagai bahan tambahan produk perwatan karena dapat memelihara dan menghaluskan kulit secara alami. Kehadiran asam laktat dalam susu dikenal untuk membantu dalam menghilangkan sel-sel kulit mati, sehingga meremajakan kulit dan menjaganya agar tetap segar.

  7. Mengontrol berat badan. Sebuah Studi menunjukkan bahwa perempuan yang minum susu rendah lemak memiliki penurunan berat badan lebih baik dibandingkan mereka yang tidak memasukkan susu ke dalam diet mereka. Susu juga padat akan nutrisi yang akan membuat anda kenyang lebih lama sehingga akan membantu anda mengontrol berat badan sekaligus mengurangi kebiasaan mengmil anda.
Demikian tadi sedikit ulasan dan informasi mengenai 7 manfaat susu bagi kesehatan tubuh kita, semoga bermanfaat bagi para pembaca. Artikel terkait 7 manfaat keju bagi kesehatan
loading...