7 Manfaat telur bagi kesehatan tubuh

Telur adalah salah satu makanan yang paling populer di masyarakat kita karena merupakan sumber gizi yang murah dan mudah didapat. Telur sangat terkenal di masyarakat Indonesia karena kandungan proteinnya yang tinggi. Saya teringat ketika masih kecil orang tua saya sering menganjurkan untuk makan telur dengan alasan setelah makan telur kita akan lebih kuat dan pintar. Walapun mungkin orang tua saya dulu tidak mengetahui secara pasti mengenai kandungan nutrisi dalam telur tetapi mereka yakin jika telur memiliki manfaat yang sangat banyak untuk kesehatan. Nah untuk sekedar memberikan informasi kepada para pembaca mari kita perhatikan manfaat telur bagi kesehatan tubuh: 
Manfaat telur bagi kesehatan
 Manfaat telur
  1. Memenuhi kebutuhan zat besi. Orang yang mengalami kekurangan zat besi biasanya ditandai dengan beberapa gejala seperti lemas, lelah, lesu dan juga pusing. Nah, untuk memenuhi kebutuhan zat besi tersebut anda dapat memulai dengan makan 1 butir telur karena makanan yang satu ini selain padat akan kandungan protein juga menyediakan beberapa kandungan zat besi yang dapat mencegah anemia (kekurangan sel darah merah). Fungsi zat besi ini sangat banyak untuk kesehatan beberapa diantaranya adalah membawa oksigen dalam darah, menjaga imunitas dan metabolisme energi. Zat Besi dalam kuning telur masuk dalam kategori besi heme, sehingga membuatnya mudah diserap oleh tubuh dibandingkan bentuk zat besi lain yang sebagian besar ditemui pada suplemen.  

  2. Mencegah stroke. Sebagian besar orang menganggap bahwa telur dapat menyebabkan penyakit jantung karena mengandung tinggi kolesterol, anggapan ini tidak benar meskipun telur memiliki sejumlah kolesterol akan tetapi selama tidak dikonsumsi secara berlebih maka tidak akan membahayakan kesehatan. Menurut sebuah studi oleh Harvard School of Public Health, tidak ada hubungan yang signifikan antara konsumsi telur dan penyakit jantung. Bahkan menurut sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi telur secara teratur dapat membantu mencegah penggumpalan darah yang dapat memicu stroke dan serangan jantung. 

  3. Untu kesehatan rambut. Telur memiliki kandungan sulfur, vitamin dan juga mineral yang bermanfaat mempromosikan kesehatan rambut dan kuku. Banyak orang menemukan bahwa rambut mereka bisa tumbuh lebih cepat setelah memasukkan telur ke dalam menu makanan sehat mereka. Terutama bagi mereka yang sebelumnya kurang memenuhi kebuthan sulfur atau Vitamin B12 ke dalam makanan mereka.  

  4. Mencegah kanker payudara. Tahukan anda bahwa mengkonsumsi telur ternyata dapat mencegah kanker payudara? Hal ini terungkap setelah diadakan penelitian di Universitas Harvard pada tahun 2003 yang menunjukkan bahwa remaja yang mengkonsumsi telur akan membantu mereka mencegah kanker payudara di saat dewasa. Dalam penelitan lain Pada tahun 2005 juga menunjukkan hasil yang tidak jauh berbeda, studi ini menunjukkan bahwa perempuan yang makan setidaknya enam butir telur perminggu memiliki risiko lebih rendah terkena kanker payudara hingga 44 persen dibandingkan wanita lain yang hanya mengkonsumsi lebih sedikit telur setiap minggu. 

  5. Menyediakan protein yang melimpah. Salah satu alasan kenapa telur masuk dalam superfood adalah karena telur mengandung sejumlah nutrisi penting yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita. Telur menyediakan kandungan protein yang sangat tinggi sehingga sangat baik untuk masa pertumbuhan anak. Selain baik dikonsumsi oleh anak-anak protein dalam telur juga sangat dibutuhkan orangg dewasa untuk membangun sel, pembentukan organ penting seperti rambut, pembuluh darah, dan tulang. 

  6. Membantu meningkatkan kesehatan otak. Kolin merupakan nutrisi utama yang mendukung perkembangan otak pada janin dan bayi serta meningkatkan fungsi memori bahkan sampai usia tua. Telur merupakan sumber yang baik dari kolin, karena dalam satu telur menyediakan sekitar 28% dari kebutuhan kolin bagi wanita hamil. Selain baik untuk wanita hamil telur juga sangat dibutuhkan oleh anak-anak untuk meningkatkan kecerdasan otak sehingga dapat membantu mereka dalam belajar. 

  7. Kegiatan Antioksidan. Sebagian besar orang menganggap bahwa makanan yang mengandung antioksidan hanya didominasi oleh buah dan sayur saja, padahal telur juga mengandung berbagai antioksidan, termasuk vitamin A, lutein, dan zeaxanthin. Vitamin A dalam telur bekerjasama dengan lutein dan zeaxanthin untuk melindungi mata dari degenerasi makula dan pengembangan penyakit katarak. Walaupun telur bukan sumber utama antioksidan akan tetapi paling tidak dengan mengkonsumsi 1 butir telur sudah memberikan manfaat kesehatan bagi anda.
Nah, jika selama ini anda sering mendapat informasi mengenai dampak negatif telur mungkin artikel yang berjudul 7 manfaat telur bagi kesehatan tubuh ini bisa menjadi penyeimbang persepsi anda mengenai telur. Selain memiliki manfaat untuk kesehatan tentunya saya juga tidak menampik jika dikonsumsi secara berlebih telur juga memiliki dampak yang kurang baik bagi kesehatan. Untuk itu konsumsilah telur dalam porsi yang pas dan tidak berlebihan. Jangan lupa baca juga informasi mengenai 5 manfaat putih telur untuk kesehatan dan kecantikan. Sampai jumpa ^_^. 
loading...