8 Manfaat rumput laut serta kandungan nutrisinya

Manfaat rumput laut sangat banyak sekali bagi kesehatan karena mengandung sejumlah nutrisi penting yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Rumput laut bisa dikatakan sebagai makanan paling menguntugkan di Bumi ini, dan mineral merupakan salah satu nutrisi utama yang paling banyak dikandung oleh rumput laut seperti kalsium, kalium, magnesium, zat besi  tembaga dan selenium.
Gambar Manfaat rumput laut
 Rumput laut

  1. Kaya akan kandungan mineral. Para ilmuwan baru-baru ini menyimpulkan bahwa rumput laut merupakan salah satu makanan yang mengandung mineral paling tinggi dari semua jenis makanan yang ditemukan. Orang-orang barat baru-baru ini mulai memasukkan rumput laut ke dalam menu harian mreka karena kandungan nutrisinya yang sangat menguntungkan untuk kesehatan. Senada dengan orang-orang barat orang jepang bahkan sudah mengkonsumsi rumput laut selama berabad-abad yang lalu. 

  2. Sumber serat alami. Serat alami yang ditemukan pada beberapa jenis rumput laut seperti kelp, dapat membantu anda mendapatkan pencernaan yang sehat dan mengurangi penyerapan lemak di tubuh. Sebuah studi yang dipimpin oleh Dr Iain Brownlee dan Profesor Jeff Pearson di Newcastle University menemukan bahwa mengkonsumsi rumput laut dapat mengurangi lemak lebih dari 75 persen. Serat juga membantu merasa kenyang lebih cepat sehingga akan mencegah anda mengkonsumsi karbohidrat berlebihan. Temuan ini tentunya bisa menjadi pertimbangan bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan agar memasukkan rumput laut ke dalam menu diet sehat meraka.  

  3. Sumber Omega-3. Tubuh membutuhkan asupan makanan yang mengandung lemak sehat untuk keseimbangan. Rumput laut mengandung asam lemak Omega-3 yang memberikan dorongan kesehatan jantung anda. Dr. Oz Show mencatat bahwa selembar rumput laut nori memiliki kandungan Omega-3 setara dengan 2 buah alpukat. Bertolak belakang dengan lemak jahat atau LDL lemak sehat ini akan membantu meningkatkan kadar kolesterol baik atau yang biasa dikenal sebagai HDL sekaligus menurunkan kadar kolesterol LDL yang merupakan jenis kolesterol jahat dan berbahaya terutama bagi kesehatan jantung kita. Selain itu Asam lemak Omega-3 juga bermanfaat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh. 

  4. Sumber yang baik dari Vitamin K. Rumput laut adalah salah satu tumbuhan yang menjadi sumber vitamin K ( nutrisi yang larut dalam lemak). Vitamin K ini memiliki fungsi yang sangat vital di dalam tubuh kita salah satunya adalah mencegah pendarahan pada luka. Vitamin K akan bekerjasama dengan trombosit (jenis sel yang membentuk bekuan darah) ketika anda terluka, maka vitamin K akan membantu mengirim sinyal kimia yang memberitahu trombosit untuk membentuk bekuan darah, sehingga tubuh akan menghentikan aliran darah dari luka. Secangkir rumput laut jenis wakame mengandung  sekitar 2,1 mikrogram Vitamin K per cangkir, sedangkan jika dalam keadaan kering mengandung 1,8 mikrogram per sendok makannya.  

  5. Berkontribusi dalam melawan kanker. Rumput laut mengandung sejumlah nutrisi yang memiliki manfaat melawan beberapa jenis kanker seperti kanker usus dan kanker darah. Dalam sebuah studi mengenai efektivitas rumput laut pada kanker payudara telah menunjukkan hasil yang cukup menggembirakan dalam mengurangi produksi hormon pemicu kanker, termasuk estrogen, dan yang memiliki kemampuan untuk menghambat proliferasi sel kanker ganas. 

  6. Menjaga kesehatan jantung. Menurut sebuah laporan ari  Journal Of Nutrition Rumput laut jenis Wakame telah terbukti dapat mencegah tekanan darah tinggi pada hewan. Senada dengan temuan tersebut, penelitian yang dilakukan pada hewan di Kyoto University telah menunjukkan bahwa serat dalam rumput laut mampu menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko stroke. 

  7. Mencegah katarak. Efek anti inflamasi-okular yang diberikan oleh fucoxanthin dalam rumput laut, telah menunjukkan hasil yang menjanjikan dalam melindungi mata anda dari katarak. Komplikasi ini juga dikenal sebagai kapsul posterior kekeruhan yang dapat terjadi setelah operasi katarak. Fucoxanthin biasanya digunakan sebagai bahan produk yang digunakan dalam implan mata pada operasi katarak untuk menghindari risiko kerusakan pada mata.  

  8. Mencegah kecacatan pada bayi. Asam folat yang hadir dalam rumput laut bermanfaat untuk mengurangi resiko kecacatan pada bayi. Studi telah menunjukkan bahwa memenuhi asupan asam folat bagi ibu hamil sangat penting dalam mencegah cacat lahir termasuk spina bifida. Asam folat ini juga dibutuhkan untuk memecah bahan kimia berbahaya yang disebut Homosistein. Homosistein tersebut merupakan bahan kimia yang dapat langsung merusak dinding pembuluh darah yang akan meningkatan risiko penyakit jantung dan stroke.
Perhatian: Rumput laut dapat berinteraksi dengan obat-obatan tertentu seperti anti-tiroid dan anti-koagulan, yang dapat menyebabkan berbagai komplikasi medis sehingga anda harus berhati-hati dalam mengkonsumsinya.
loading...