10 makanan sehat untuk jantung

Penyakit jantung merupakan penyakit yang paling ditakuti oleh banyak orang di dunia karena merupakan salah satu penyebab tertinggi dari angka kematian yang diakibatkan oleh penyakit.  Salah satu penyebab utama penyakit jantung adalah pola makan yang tidak sehat dengan banyak mengkonsumsi makanan berlemak dengan tidak diimbangi konsumsi buah dan sayur.  Beberapa makanan di bawah ini diketahui dapat memberikan bantuan kepada anda untuk memperkecil resiko penyakit jantung:
makanan sehat untuk jantung
makanan sehat untuk jantung

 10 makanan sehat untuk jantung

  1. Anggur Merah. Manfaat buah Anggur sangat banyak sekali untuk kesehatan terutama untuk kesehatan jantung. Buah anggur berperan sebagai pengencer darah, yang akan mencegah pembentukan bekuan darah. Anggur juga mengandung tanin yang merupakan senyawa polifenol kuat untuk mengurangi peradangan dan melindungi tubuh dari stres. Selain itu buah anggur juga memiliki kandungan alkohol yang akan meningkatkan jumlah estrogen dalam tubuh. Kekurangan tingkat estrogen telah dikaitkan dengan resiko penyakit jantung pada wanita terutama pasca-menopause.  

  2. Coklat hitam. Senada dengan buah anggur coklat hitam memiliki kemampuan mencegah pembekuan darah sehingga mengurangi resiko stroke, hal ini dikarenakan coklat hitam kaya akan flavonol. Selain itu kandungan epicatechin ditemukan dalam cokelat hitam mampu menurunkan tekanan darah sekaligus meningkatkan kesehatan pembuluh darah dengan meningkatkan kadar oksida nitrat, sebuah senyawa yang sangat penting bagi sistem kesehatan jantung. Selengkapnya baca 7 manfaat coklat hitam untuk kesehatan. 

  3. Oatmeal. Untuk mencegah penyakit jantung makanan yang satu ini bisa menjadi pilihan yang baik bagi anda. Oatmeal mengandung tinggi serat dan asam lemak omega-3 yang membantu menurunkan kolesterol jahat atau LDL. Sudah kita ketahui bersama bahwa tingginya kandungan kolesterol dalam darah merupakan faktor utama serangan jantung. 

  4. Ikan salmon. Ikan Salmon adalah salah satu ikan yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan karena mengandung asam lemak omega-3. Mengkonsumsi  ikan salmon secara teratur diketahui cukup efektif dalam mengurangi tekanan darah dan mengurangi risiko kematian akibat serangan jantung hingga 30%. Ahli jantung Stephen T. Mengatakan bahwa ikan salmon mengandung astaxanthin karotenoid, yang merupakan antioksidan kuat untuk melawan penyakit jantung. Pastikan anda memilih ikan salmon liar dan bukan yang berasal dari tambak untuk mengantisipasi pencemaran logam berat dan pestisida pada ikan salmon. 

  5. Buah alpukat. Jika kita bicara tentang makanan sehat untuk jantung pasti kita tidak akan terlepas dari makanan yang dapat menurunkan kolesterol. Buah alpukat adalah buah yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan karena dapat miengkatkan HDL (lemak sehat) plus juga menurunkan LDL(lemak jahat). Selain itu buah alpukat  memungkinkan penyerapan karotenoid terutama  betakaroten dan lycopene yang penting untuk kesehatan jantung. 

  6. Kacang-kacangan. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition menyarankan mengkonsumsi hanya 1/2 cangkir kacang pinto dimasak setiap hari untuk menurunkan kolesterol. Seperti halnya semua makanan yang kaya serat larut, kacang membantu menurunkan kolesterol serta mengikat dan menjaga agar tidak diserap oleh usus. Kacang mengandung berbagai senyawa kimia termasuk flavonoid yang juga ditemukan dalam buah anggur dan cokelat. Senyawa tersebut  mampu menghambat adhesi trombosit dalam darah sehingga akan membantu menurunkan risiko serangan jantung dan stroke. 

  7. Sayur-sayuran. Beberapa sayur seperti Bayam, brokoli dan kale merupakan sumber nutrisi terbaik yang menyediakan berbagai macam mineral dan vitamin, termasuk potasium, vitamin B, kalsium, serta serat makanan dan berbagai senyawa antioksidan. Kombinasi dari nutrisia tersebut cukup ampuh membantu menurunkan tekanan darah, mengurangi peradangan, dan melindungi dari stres oksidatif. 

  8. Minyak zaitun. Sebuah studi yang dilakukan di Spanyol menemukan bahwa minyak zaitun membantu melawan faktor-faktor penyebab penyakit jantung. Para peneliti menyimpulkan bahwa mengkonsumsi minyak zaitun dapat memberikan efek yang menguntungkan pada pasien dengan penyakit jantung koroner sebagai  tambahan untuk pengobatan farmakologis. 

  9. Buah delima. Michael Aviram, profesor biokimia di Technion Israel Institute of Technology di Haifa, menemukan bahwa jus buah delima, dengan antioksidan unik yang dimilikinya dapat memblokir perkembangan plak pada dinding arteri. Bagaimana buah delima melakukannya? Dalam studi lanjutan, Dr. Aviram menemukan bahwa buah delima mengaktifkan enzim yang memecah kolesterol teroksidasi. Selengkapnya anda bisa membaca 10 manfaat buah delima dan kandungan nutrisinya 

  10. Teh hijau. Senyawa  flavonol yang ditemukan dalam teh hijau bekerja sebagai antioksidan yang baik untuk mengurangi penyakit kronis dan meningkatkan metabolisme tubuhsehingga akan berefek pada meningkatnya kesehatan jantung anda. Penelitian juga menunjukkan bahwa tingginya konsumsi teh hijau dalam diet dapat mengurangi kemungkinan bagi seseorang untuk mengalami serangan jantung hingga 50%.

Dalam rangkan mencegah penyakit jantung Selain mengkonsumsi makanan sehat di atas, menghindari kebiasaan buruk seperti merokok dan minuman beralkohol serta meningkatkan frekuensi aktivitas fisik juga sangat penting.
loading...