10 Manfaat brokoli bagi kesehatan

Ada beragam jenis sayur-sayuran yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan karena mengandung sejumlah antioksidan, vitamin, mineral dan sedikit dari protein. Kita tahu bahwa keseimbangan nutrisi sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan organ-organ dalam tubuh kita sekaligus mencegah munculnya berbagai macam penyakit berbahaya yang umumnya diakibatkan kurangnya asupan nutrisi. Brokoli adalah tanaman jenis sayuran yang termasuk dalam keluarga Brassicaceae. Brokoli berasal dari daerah Laut Tengah dan sudah dibudidayakan  sejak zaman Yunani Kuno. Sayuran ini pertama kali masuk ke Indonesia  sekitar tahun 1970-an, dan kini sudah cukup populer sebagai bahan pangan. Wikipedia Brokoli
Manfaat brokoli
Manfaat brokoli

10 Manfaat Brokoli Bagi Kesehatan
  1. Mencegah kanker. Mengkonsumsi brokoli disinyalir dapat mengahambat pertumbuhan kanker payudara, leher rahim dan kanker prostat, hal ini dikarenakan brokoli mengandung indole-3-carbinol yang merupakan senyawa antioksidan kuat dan anti-karsinogen, selain mencegah kanker makan brokoli juga dapat meningkatkan fungsi hati. 

  2. Detoksifikasi tubuh. Diantara kandungan brokoli adalah Glucoraphanin, gluconasturtiin dan glucobrassicin yang mendukung proses detoksifikasi dalam tubuh, termasuk netralisasi dan membuang zat-zat merugikan yang tidak diinginkan. Brokoli juga mengandung isothiocyanates yang membantu mengendalikan proses detox pada tingkat genetik. 

  3. Mengurangi alergi dan peradangan. Penelitian telah menunjukkan brokoli memiliki kemampuan kaempferol untuk mengurangi dampak buruk dari  zat alergi yang berhubungan pada tubuh kita. Selain itu kandungan asam lemak omega-3 dalam sayur yang satu ini diketahui  menjadi agen anti-inflamasi. 

  4. Memperlambat proses penuaan. Kita tahu bahwa brokoli merupakan sumber yang baik dari Sulforaphane yang dapat mengurangi stres dan oksidatif sehingga akan memperkuat sistem imun kita. Hal ini tentunya bisa dikatakan bahwa brokoli dapat memperlambat proses penuaan secara langsung karena salah satu penyebab tanda-tanda penuaan seperti keriput adalah stres.  

  5. Sumber vitamin. Vitamin merupakan salah satu nutrisi yang tidak dapat dipisahkan dari kebutuhan kita karena memiliki peran yang sangat penting dan banyak dalam menjaga kesehatan kita secara keseluruhan. Kabar baiknya brokoli adalah salah satu sayur yang memiliki kandungan vitamin cukup baik. Dalam 100 gram brokoli segar menyediakan sekitar 623 IU atau 21% dari kebutuhan Vitamin A harian yang direkomendasikan. Bersama beta-karoten, alfa-karoten, dan zea-xanthin, vitamin A membantu menjaga integritas kulit dan membran lendir. Selain itu sudah kita ketahui bersama bahwa Vitamin A sangat penting untuk meningkatkan fungsi mata dan mencegah degenerasi makula terkait usia. 

  6. Sumber serat makanan. Serat merupakan nutrisi yang berkaitan dengan kesehatan pencernaan termasuk mencegah sembelit sekaligus mencegah kanker usus. Brokoli memenuhi dua jenis serat yaitu serat larut dan tidak larut sehingga ini memberikan keuntungan tersendiri bagi anda. 

  7. Baik untuk tulang. Kandungan vitamin K dan kalsium dalam brokoli memberikan dorongan yang nyata untuk kesehatan tulang dan mencegahnya dari pengeroposan di masa tua atau yang biasa dikenal dengan osteoporosis. 

  8. Membantu menurukan berat badan. Brokoli mengandung sejumlah karbohidrat, sekaligus tinggi serat yang membantu sistem pencernan anda bekerja lebih baik dan efisien. Jadi kesimpulan dari manfaat brokoli adalah mencegah sembelit, menstabilkan gula darah, dan mencegah anda makan berlebih sehingga akan membantu menurunkan berat badan. 

  9. Baik untuk ibu hamil. Brokoli padat akan nilai gizi dan penuh dengan nutrisi penting yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil, seperti protein, kalsium, vitamin, antioksidan, pendetoks, dan zat besi. Selain itu serat yang dimiliki brokoli juga membantu menghilangkan sembelit yang umumny dialami selama masa kehamilan. Kandungan folat dalam brokoli akan membantu menghindarkan bayi dari cacat, seperti cacat tabung saraf, yang merupakan masalah utama bagi ibu hamil. 

  10. Memberikan bantuan pernapasan. Menurut hasil penelitian yang diterbitkan dalam edisi Maret 2009 dari jurnal "Clinical Immunology," sulforaphane, bahan kimia yang ditemukan dalam brokoli dan kecambah brokoli  bermanfaat membantu melindungi terhadap peradangan pernapasan yang menyebabkan paru obstruktif kronik, asma dan rhinitis alergi. Senyawa sulforaphane juga memberikan perlindungan tambahan dengan memperbanyak produksi enzim antioksidan dalam saluran pernapasan, yang akan melindungi dari serangan radikal bebas seperti  asap roko, asap knalpot dan pencemaran udara lainnya. sayur lainnya yang memiliki banyak manfaat: 8 manfaat kubis bagi kesehatan tubuh
Ada banyak manfaat Brokoli yang mungkin belum terungkap oleh penelitian ataupun belum terbahas dalam artikel ini, jadi jangan ragu untuk banyak mengkonsumsi brokoli termasuk juga jenis sayur-sayuran lainnya.
loading...