Friday, November 7, 2014

10 manfaat jus wortel bagi kesehatan

10 manfaat jus wortel yang mengagumkan untuk kesehatan anda. Wortel merupakan salah satu tanaman yang memiliki banyak khasiat untuk penyembuhan. Sayuran yang memiliki warna orange ini memang terkenal karena kandungan betakarotennya yang cukup tinggi sehinga sangat baik dikonsumsi untuk meningkatkan fungsi mata. Selain vitamin A ada banyak nutrisi lain yang dikandung oleh wortel antara lain vitamin B1, B2, B3, B6, B9, dan C, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, dan sodium.  Untuk mengetahui lebih banyak mengenai manfaat jus wortel mari kita perhatikan:
manfaat jus wortel
Jus Wortel

10 manfaat jus wortel bagi kesehatan
  1. Menstabilkan gula darah. Jus wortel mengandung gula alami yang mudah berasimilasi. Jus wortel segar memiliki jumlah indeks glikemik 80 yang masih pada batas normal. Selain itu Kandungan karotenoid dalam jus wortel juga dapat membantu keseimbangan gula darah anda. 

  2. Pencegahan kanker. Kandungan karetenoid dalam wortel selain dapat menyeimbangkan kadar gula darah juga bermanfaat  mengurangi resiko beberapa jenis kanker mematikan seperti kanekr prostat, kanker usus besar dan kanker payudara. Penelitian di University of Newcastle telah menunjukkan bahwa kandungan falcarinol dalam  jus wortel bermanfaat menghancurkan sel-sel pra-kanker pada tumor. 

  3. Baik untuk kesehatan mata. Kandungan vitamin A yang tinggi dalam jus wortel merupakan alasan nyata mengapa jus wortel sangat baik dikonsumsi untuk meningkatkan fungsi mata. Vitamin A juga merupakan antioksidan untuk melawan radikal bebas yang dapat mengakibatkan penyakit kebutaan seperti katarak dan degenerasi makula. 

  4. Memperlambat penuaan. Penuaan merupakan proses alami dan pasti terjadi akan tetapi bisa diperlambat dengan cara banyak mengkonsumsi buah dan sayur yang mengandung tinggi vitamin. Beta-karotenoid dalam jus wortel yang masuk dalam tubuh kita akan berubah menjadi vitamin A dan mengurangi degenerasi sel dengan demikian memperlambat penuaan tubuh. Hal tersebut akan meningkatkan jumlah kolagen di kulit dan membantu dalam menjaga elastisitas sehingga mengurangi tanda-tanda penuaan seperti kulit kendur dan keriput. 

  5. Menjaga kesehatan Ginjal. Jus wortel memiliki sifat penyembuhan untuk membantu membersihkan dan menyaring ginjal. Meskipun ahli jus banyak mengatakan bahwa orang-orang dengan gagal ginjal tidak boleh minum jus paling tidak jus wortel bisa anda konsumsi sebagai langkah pencegahan. 

  6. Menurunkan tekanan darah tinggi. Banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi kalium seperti wortel merupakan cara efektif untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Jus wortel bekerja mengurangi ketegangan pada pembuluh darah dan arteri, sehingga memperlancar aliran darah dan meningkatkan fungsi organ di seluruh tubuh. Hal ini penting untuk mengurangi stres pada sistem kardiovaskular. Tekanan darah tinggi juga dapat memicu stroke dan serangan jantung, jadi ini merupakan satu lagi dari manfaat jus wortel bagi kesehatan jantung anda. 

  7. Sumber vitamin C dan B-6. Minum segelas jus wortel akan meningkatkan asupan vitamin C dan B-6. Kedua nutrisi tersebut sangat penting untuk membantu Anda menghasilkan neurotransmiter ( bahan kimia penting untuk fungsi otak). Selain itu Vitamin C juga membantu menjaga kesehatan pembuluh darah, gigi dan tulang, sedangkan vitamin B-6 memiliki manfaat mendukung sintesis hormon dan fungsi sel darah merah. Dalam satu porsi jus wortel mengandung setidaknya 20 miligram vitamin C dan 0,5 miligram vitamin B-6, yang itu artinya akan memenuhi sekitar 38 persen kebutuhan vitamin B-6 harian anda, serta 27 persen kebutuhan vitamin C. 

  8. Menurunkan kadar kolesterol. Tingginya kandungan Kolesterol dalam tubuh merupakan faktor utama pemicu penyakit jantung. Para ilmuwan Swedia menemukan bahwa sayuran yang berasal dari akar seperti wortel dapat mengurangi resiko serangan jantung. Sebuah studi yang dilakukan di Mario Negri Institut di Italia menemukan bahwa orang yang rajin minum jus wortel memiliki resiko 1/3 lebih kecil mengalami serangan jantung dibandingkan orang yang tidak minum jus wortel. 

  9. Menjaga kesehatan kulit. Nutrisi berupa vitamin sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan kulit anda termasuk mencegahnya dari penuaan. Jus wortel dapat membantu anda mengatasi kulit kering dan membuatnya lebih lembab alami. Bukan hanya itu saja, karena kandungan nutrisinya yang melimpah jus wortel juga dapat membantu menghilangkan bekas luka, dan mencegah garis-garis halus dan kerutan pada kulit wajah. 

  10. Meningkatkan sistem kekebalan. Jus Wortel mengandung antiseptik dan antibakteri yang membuatnya sangat baik dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Bukan hanya itu saja kandungan vitamin C dalam jus wortel juga akan merangsang aktivitas sel-sel darah putih sehingga akan membantu mempercepat penyembuhan luka.
Demikian pembahasan mengenai 10 manfaat jus wortel bagi kesehatan. Selain dibuat jus anda juga dapat menikmati wortel dengan memakannya secara langsung atau menambahkannya ke dalam masakan. Semoga bermanfaat.
loading...