Tuesday, November 4, 2014

7 Manfaat biji bunga matahari bagi kesehatan

Biji bunga matahari biasanya sering digunakan sebagai makanan hewan seperti hamster dan kurang banyak yang tahu jika Manfaat biji bunga matahari ternyata sangat besar untuk kesehatan, tidak seperti ukurannya yang kecil.  Biji bunga matahari sudah digunakan oleh penduduk asli Amerika selama lebih dari 5.000 tahun yang lalu. Orang - orang Spanyol membawa biji bunga matahari ke Spanyol, dan diperkenalkan ke negara-negara Eropa tetangga. Saat ini, produsen utama dari biji bunga matahari adalah Rusia, Peru, Argentina, Spanyol, Prancis dan China.

Bungan matahari dapat berkembang dengan baik pada tanah yang kering atau lembab. Tanaman ini akan tumbuh optimal jika terkena lebih banyak sinar matahari. Beberapa variasi dari bunga matahari  memiliki kepala tunggal dengan bunga yang besar di bagian atas. Tidak seperti jenis kultivar nasionalnya, tanaman bunga matahari liar memiliki beberapa cabang dengan masing-masing cabang yang membawa kepala bunga tersendiri. Kepala bunga matahari terdiri dari dua jenis bunga. Sementara perimeter terdiri dari steril, besar, kelopak kuning (bunga ray), disk pusat terdiri dari banyak bunga kecil
 
Manfaat biji bunga
Bunga Matahari

  1. Perlindungan terhadap kanker. Biji bunga matahari merupakan sumber selenium. Penelitian menunjukkan adanya hubungan yang erat antara kurangnya asupan selenium dan timbulnya kanker. Selenium telah terbukti menginduksi perbaikan DNA dan sintesis dalam sel yang rusak, untuk menghambat proliferasi sel kanker. 

  2. Memperbaiki mood kita. Dalam sebuah studi menemukan biji bunga matahari dapat memberikan efek menenangkan pada otak dan juga membantu mememperbaiki suasana hati. kandungan triptofan yang terdapat dalam biji bunga matahari lah yang menjadi salah satu penyebabnya. Saat anda mengkonsumsi makanan yang mengandung tryptophan maka secara efisien akan meningkatkan fabrikasi serotonin otak Anda. Serotonin merupakan hormon penting dalam memperbaiki suasana hati seseorang. Serotonin juga efektif mengurangi ketegangan, sehingga membuat anda menjadi lebih rileks. 

  3. Anti-inflamasi. Biji bunga matahari mengandung sejumlah  vitamin E yang merupakan antioksidan  larut dalam lemak tubuh. Vitamin E bekerja di dalam tubuh untuk menetralkan racun yang diakibatkan radikal bebas. Vitamin E memiliki efek anti-inflamasi yang signifikan sehingga akan mengurangi  gejala asma, osteoarthritis, dan rheumatoid arthritis, kondisi di mana radikal bebas dan peradangan yang menjadi penyebab utamanya. 

  4. Sumber asam folat. Biji bunga matahari adalah salah satu makanan sumber asam folat yang baik karena dalam 100 gram mengandung 227 mg asam folat, yaitu sekitar 37% dari kebutuhan harian yang direkomendasikan. Asam folat merupakan nutrisi penting untuk sintesis DNA. Seorang wanita hamil harus memenuhi kebutuhan asam folat ini untuk mencegah cacat tabung saraf pada bayi. 

  5. Kaya akan kandungan mineral. Beberapa jenis mineral diantarnya Kalsium, zat besi, mangan, seng, magnesium, selenium, dan tembaga diketahui terdapat dalam biji bunga matahari. Manfaat mineral sangat banyak sekali untuk kesehatan seperti  mineralisasi tulang, produksi sel darah merah, sekresi enzim, produksi hormon, serta mengatur kegiatan otot jantung. 

  6. Mengandung tinggi protein. Bagi anda yang menginginkan mendapat asupan protein nabati biji bunga matahari mungkin bisa menjadi pilihan yang baik karena Hanya ¾ cangkir biji bunga matahari yang sudah dikupas setara dengan kandungan protein dalam telur.

  7. Melindungai kulit. Kandungan tembaga yang terdapat dalam biji bunga matahari bermanfaat menjaga kesehatan kulit anda. Tembaga digunakan oleh tubuh untuk memproduksi melanin (merupakan pigmen yang bertanggung jawab pembentukan warna pada kulit). Selain itu biji bunga matahari juga apat melindungi kulit Anda dari kerusakan yang diakibatkan radiasi sinar ultraviolet.
Demikian tadi ulasan mengenai manfaat biji bunga matahari untuk kesehatan. Bagaiamana tertarik untuk mengkonumsi biji bunga matahari?
loading...