Sunday, November 9, 2014

7 Manfaat kacang almond bagi kesehatan

Kacang Almond merupakan bagian dari subkeluarga Prunoidae dari keluarga Rosaceae. Tumbuhan ini masih di klasifikasikan dengan persik dalam subgenus Amygdalus di dalam Prunus.  Kacang almond cukup terkenal di seluruh dunia dan sering digunakan sebagai bahan tambahan pembuatan coklat, pasta, kue dan es krim. Seiring terungkapnya manfaat kacang almond yang sangat banyak untuk kesehatan membuatnya semakin dikenal di seluruh dunia termasuk juga Indonesia. Langsung saja untuk mengetahui manfaat tersembunyi dari kacang almond mari kita simak:
gambar manfaat kacang almond
Kacang almond
 

7 Manfaat kacang almond bagi kesehatan

  1. Meningkatkan fungsi otak. Kacang Almond mengandung riboflavin dan L-carnitine, nutrisi yang bermanfaat meningkatkan fungsi  otak sekaligus mengurangi risiko penyakit Alzheimer (penyakit hilangnya ingatan pada lansia). 

  2. Anti-Peradangan. Kebanyakan orang mengira  bahwa lemak berarti buruk untuk kesehatan, padahal kenyataannya tidak demikain, tidak semua lemak itu merugikan untuk kesehatan. Asam lemak tertentu bahkan sangat penting dan bermanfaat bagi kesehatan secara keseluruhan. Tubuh kita tidak dapat menciptakan asam lemak sendiri, itulah sebabnya sangat penting bagi kita mendapatkannya dari makanan. Kacang Almond memiliki dua asam lemak sekaligus yang sangat penting, baik linoleat dan asam linolenat. Asam lemak dalam kacang almond dapat membantu mengurangi peradangan di seluruh tubuh. Selain itu Asam lemak tersebut juga membantu mengurangi kadar kolesterol "jahat" (LDL) sekaligus juga mendorong kesehatan kulit dan rambut. 

  3. Baik bagi wanita hamil. Kacang Almond mengandung sejumlah asam folat, yang membantu mengurangi resiko cacat lahir pada bayi. Asam folat berfungsi  merangsang pertumbuhan sel sehat dan pembentukan jaringan. Kekurangan asam folat selama masa kehamilan dapat memicu Cacat tabung saraf yang merupakan kondisi di mana tabung mengalami keterbelakangan. Kacang Almond memiliki asam folat yang cukup untuk memenuhi kebutuhan sang ibu selama masa kehamilan. 

  4. Menurunkan kolesterol jahat. Kacang almond adalah sumber yang baik dari lemak tak jenuh tunggal seperti oleat, dan asam palmitoleic yang membantu menurunkan LDL atau "kolesterol jahat" dan meningkatkan HDL atau "kolesterol baik" dalam tubuh manusia. Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi makanan yang mengandung asam lemak tak jenuh tunggal dapat membantu mencegah penyakit arteri koroner dan stroke dengan mendukung profil lipid darah yang sehat. 

  5. Sumber vitamin E. Vitamin E adalah nutrisi penting untuk menjaga kesehatan kulit anda. Beberapa jenis kacang-kacangan diketahui merupakan sumber vitamin E yang sangat baik terutama kacang almond. Saat kita mengkkonsumsi 100g kacang almond maka kita akan mendapatkan sekitar 25 g vitamin E, yang jumlah tersebut sudah melebihi kebutuhan vitamin E harian kita. 

  6. Tinggi kandungan serat. Serat adalah nutrisi yang sering ditemukan dalam beragam makanan nabati, termasuk kacang almond. Serat memiliki banyak fungsi di dalam tubuh kita seperti menjaga kesehatan pencernaan, mencegah kanker usus besar, menurunkan kadar kolesterol sampai memperpanjang usia. Sebuah penelitian telah membuktikan bahwa seseorang yang rutin memenuhi kebutuhan serat memiliki kemungkinan hidup hingga  9 tahun lebih panjang daripada mereka yang tidak memenuhi kebutuhan serat. 

  7. Menguatkan tulang. Ada banyak mineral penting yang dimiliki kacang almond diantaranya kalsium, magnesium dan fosfor. Nutrisi tersebut sangat dibutuhkan untuk menjaga kekuatan tulang dan gigi yang sehat. Dalam 1 ons kacang almond sudah memenuhi 8 persen dari kebutuhan kalium, 20 persen dari kebutuhan magnesium dan 14 persen kebutuhan fosfor. Kekurangan nutrisi tersebut bisa berakibat buruk bagi kesehatan tulang seperti menyebabkan osteoporosis.
loading...