9 makanan pencegah penyakit kanker

Ada banyak faktor yang dapat memicu penyakit kanker dan yang paling utama adalah gaya hidup, meliputi pola makan, kebiasaan buruk, kurangnya aktivitas fisik dsb. Walaupun penyakit kanker sering dipicu oleh makanan akan tetapi beberapa makanan justru diketahui dapat mencegah penyakit  kanker seperti buah dan sayur. Nah, dari pada penasaran mari kita simak makanan yang dapat mencegah pneyakit kanker:
makanan pencegah kanker
makanan pencegah kanker
  1. Brokoli. Brokoli selain lezat saat dijadikan sayur ternyata juga memiliki manfaat untuk mencegah kanker. Brokoli ditemukan mengandung indole-3-carbinol yang bermanfaat mencegah kanker. Senyawa tersebut bekerja sebagai anti-oksidan  untuk melawan sel kanker di dalam tubuh. Untuk informasi selangkapnya anda bisa simak di 10 manfaat brokoli bagi kesehatan

  2. Bawang putih. Garlic atau bawang putih mengandung senyawa sulfur yang dapat merangsang  sistem kekebalan tubuh terhadap serangan kanker, dan mungkin memiliki potensi untuk mengurangi pertumbuhan tumor. Anda dapat memanfaatkan bawang putih sebagai bumbu masakan atau tambahan bahan membuat sambal, jika anda menginginkan yang lebih praktis kapsul bawang putih mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat. 

  3. Buah blueberrry. Buah yang satu ini memnag cukup terkenal karena kandungan antioksidannya yang sangat tinggi sehingga dipercaya cukup ampuh sebagai makanan untuk mencegah kanker.  Antioksidan dalam buah blueberry bekerja menangkal efek buruk radikal bebas, yang merupakan senyawa tidak stabil yang dapat merusak sel dan menyebabkan berbagai macam penyakit termasuk kanker. Usahakan Carilah buah blueberry organic yang tidak tercemar oleh pestisida, jika sulit menemukan pastikan anda mencucinya sampai benar-benar bersih sebelum dikonsumsi untuk meminimalisir kandungan pestisida di dalam buah blueberry tersebut. 

  4. Sayur Wortel. Wortel menyediakan sejumlah antioksidan kuat yang mendorong sistem kekebalan tubuh anda bekerja lebih baik. Konsumsilah wortel selagi masih mentah untuk menjaga kandungan vitamin yang dimilikinya, cara termudah menyajikan wortel adalah dengan cara dijus, tapi pastikan juga anda menghindari  penambahan pemanis atau gula.  Selain antioksidan wortel juga mengandung sejumlah mineral dan serat  yang kesemuanya dibutuhkan untuk pencegahan kanker. 

  5. Ikan salmon. 1 ons ikan Salmon mengandung setidaknya lebih dari 100IU vitamin D. Vitamin D telah terbukti menjadi faktor penting dalam mencegah peradangan seklaigus menurunkan risiko beberapa jenis kanker, termasuk kanker payudara, kanker  prostat, dan kanker kolorektal. Selain vitamin D kandungan asam lemak omega 3 dalam ikan salmon juga membantu menghindarkan anda dari resiko penyakit kanker. 

  6. Buah delima. Manfaat buah delima sangat luar biasa untuk kesehatan, mulai dari mencegah osteoporosis, menurunkan  tekanan darah sampai pencegahan penyakit kanker. Dalam studi laboratorium asam ellagic dalam buah delima telah terbukti dapat menghambat pertumbuhan sel kanker dan menonaktifkan senyawa penyebab kanker. Buah-buahan lain yang kaya akan asam ellagic diantaranya blackberry, strawberry dan anggur. 

  7. Ubi jalar. Salah satu kandungan nutrisi yang dimiliki ubi jalar adalah Beta-karoten. Penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang mengkonsumsi makanan yang menagndung tinggi beta-karoten meliputi sayuran berwarna oranye dan sayuran hijau memiliki penurunan risiko kanker, terutama paru-paru, usus besar, dan perut dibandingkan mereka yang tidak. Ternyata bukan hanya betakaroten saja nutrisi dalam ubi jalar yang dapat mencegah kanker, studi menunjukkan wanita yang dalam premenopause ketika makan lebih banyak makanan dengan tinggi beta-karoten, folat, vitamin C, dan serat seperti ubi jalar akan mengurangi risiko kanker payudara hingga 50%. 

  8. Buah anggur. Resveratrol adalah salah satu anti-oksidan kuat yang terdapat dalam buah anggur. Antioksidan ini bekerja dalam melindungi tubuh tdari beberapa jenis penyakit seperti kanker usus besar, kanker prostat, penyakit jantung koroner, penyakit saraf degeneratif dan penyakit Alzheimer. Bukan hanya itu saja buah anggur juga mengandung beberapa serat dan vitamin yang berperan dalam mencegah penyakit kanker. 

  9. Makanan dengan tinggi vitamin C. Beberapa jenis buah seperti jeruk, markisa, kiwi dan strawberry diketahui cukup ampuh dalam mencegah penyakit kanker karena kandungan vitamin C yang dimilikinya. Vitamin C adalah anti-oksidan kuat untuk melawan sel kanker dan meningkatkan sistem imun tubuh.
loading...