9 Tips menjaga kesehatan mata anda

Mata adalah salah satu organ tubuh yang memiliki fungsi sangat penting bagi kehidupan manusia dan perlu dijaga kesehatannya. Menurut data dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia pada tahun 1996, ada sekitar 1,5 juta penduduk di Indonesia mengalami kebutaan, jumlah ini merupakan yang tertinggi di kawasan Asia tenggara. Di Amerika sendiri yang merupakan negara maju Lebih dari 8 juta penduduknya mengalami masalah penglihatan seperti degenerasi makula terkait usia. Degenerasi makula adalah penyebab utama kebutaan pada orang di atas usia 60 tahun yang tanda-tanda awalnya sangat sulit diketahui.

gambar mata sehat
mata sehat
9 Tips menjaga kesehatan mata anda
  1. Mengkonsumsi makanan sehat untuk mata. Salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk menjaga agar mata kita tetap sehat adalah dengan banyak mengkonsumsi makanan sehat terutama yang mengandung tinggi vitamin A dan antioksidan. Beberapa makanan tersebut diantaranya wortel, buah naga, buah anggur, blueberry dan buah jeruk. 

  2. Berhenti merokok. Bagi anda yang ingin menjaga kesehatan mata sebaiknya mulai dari sekarang berhenti merokok, pasalnya Merokok menempatkan seseorang pada resiko tinggi untuk mengalami katarak, kerusakan saraf optik, dan degenerasi makula. Selain itu rokok juga memiliki dampak buruk yang sangat banyak bagi kesehatan seperti memicu penyakit jantung dan kanker. 

  3. Jaga jarak pandang. Saat anda membaca buku sebaiknya perhatikan jarak ideal antara mata dan buku, ini sangat penting untuk menghindari mata dari kerusakan. Jarak ideal antara mata dan buku kurang lebih sekitar  30cm terlalu dekat atau pun terlalu jauh akan mengakibatkan mata anda sakit dan menimbulkan masalah kesehatam pada mata seperti rabun dekat. Selain memperhatikan jarak pandang hindari juga membaca buku sambil tidur. 

  4. Hati-hati memakai lensa kontak. Bagi anda yang memakai lensa kontak sebaiknya berhati-hati dan mulai memperhatiakn pemakaiannya. Lensa kontak pada asalanya memiliki fungsi yang sama dengan kaca mata konvensional yaitu untuk membantu mereka yang memiliki masalah penglihatan, berbeda dengan kacamata lensa kontak lebih praktis dan juga tidak mengganggu penampilan. Walaupun demikian Pemakaian lensa kontak sebenarnya memiliki risiko yang lebih tinggi terkena penyakit mata dibandingkan dengan pemakai kacamata. Salah satu penyebabnya adalah kurangnya suplay oksigen pada mata yang dapat mengakibatkan rusaknya pada jaringan permukaan mata. Untuk mengetahui cara yang benar menggunakan lensa kontak silahkan baca cara menggunakan dan merawat lensa kontak

  5. Istirahatkan mata anda. Setiap bagian dalam tubuh manusia pasti membutuhkan waktu istirahat tidak terkecuali mata kita. Jika anda adalah seorang pekerja yang mengharuskan berada di depan komputer dalam waktu yang lama pastikan mata anda mendapatkan waktu istirahat yang cukup seperti berhenti sejenak selama 20 menit sekali selama kurang lebih 1 menit, hal ini bertujuan menghindari ketegangan pada mata saat di depan komputer. Selain itu mengatur tingkat keredupan layar LCD/monitor juga sangat diperlukan untuk mengurangi cahaya berlebihan yang dapat merusak mata. 

  6. Rutin pergi ke dokter mata. Kebanyakan orang termasuk saya mungkin akan malas pergi ke dokter mata karena kita merasa tidak memiliki masalah penglihatan. Padahal  Pemeriksaan mata bukan hanya untuk orang-orang yang mengalami gangguan penglihatan saja melainkan bagi orang dengan penglihatan normal pun dianjurkan untuk pergi ke dokter mata secara rutin. Tujuannya adalah mendeteksi perubahan kesehatan mata yang mungkin tidak kita sadari dan lama-kelamaan akan menimbulkan penyakit.  

  7. Gunakan pelindung mata. Pelindung mata sangat diperluakan saat kita melakukan aktivitas yang dirasa membahayakan mata kita seperti bekerja dibengkel las. Selain itu penggunaan helem saat berkendara juga bisa dilakukan agar mata kita terhindar dari debu dan serangga yang mungkin masuk ke mata kita. 

  8. Jaga kebersihan mata anda. Mata yang bersih adalah mata yang sehat untuk itu menjaga kebersihan mata adalah cara terbaik agar mata tetap sehat dan berfungsi optimal. Gunakan bahan pembersih yang aman bagi mata, anda bisa berkonsultasi dengan dokter mengenai cara aman untuk membersihkan mata atau memilih penggunaan bahan yang boleh dipakai membersihkan mata. 

  9. Hindari mengucek mata. Saat mata terasa gatal jangan mengucek mata anda kerena itu akan mengakibatkan mata perih dan memerah yang bisa memicu iritasi pada mata. Jika kemasukan kotoran atau serangga bersihkan dengan bahan yang aman seperti menggunakan air daun sirih.
Demikian tadi beberapa tips menjaga kesehatan mata yang bisa anda lakukan, mengingat mata adalah organ yang sangat sensitif pastikan anda benar-benar berhati-hati dalam melakukan perawatan.
loading...