Kandungan nutrisi serta 7 manfaat ikan salmon

Ikan salmon adalah salah satu jenis ikan yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan karena kandungan nutrisinya yang lengkap. Ikan salmon merupakan ikan yang hidup di laut tapi lahir di perairan air tawar kemudian bermigrasi ke laut dan kembali lagi ke air tawar hanya untuk bereproduksi. Terdapat suatu kepercayaan bahwa saat bereproduksi ikan salmon selalu kembali ke tempat yang sama saat dia dilahirkan, walaupun alasan kenapa ikan salmon melakukan itu masih menjadi misteri akan tetapi Penelitian menunjukkan demikian.

Ikan salmon terkenal karena merupakan sumber yang sangat baik dari protein yang mudah dicerna atau asam amino dan asam lemak seperti Omega-3 dalam bentuk trigliserida, serta vitamin seperti vitamin-D, vitamin-A dan beberapa jenis vitamin B. Selain itu ikan salmon juga menyediakan beberapa jensi mineral penting diantaranya selenium, zinc, fosfor, kalsium dan zat besi.





Kandungan nutrisi serta manfaat ikan salmon
  1. Membantu mengatasi susah tidur. Tidak terpenuhinya kebutuhan tidur seseorang akan mengakibatkan banyak masalah kesehatan yang serius, seperti deprsei, penyakit jantung bahkan kanker. Ikan salmon dengan kandungan triptofan yang dimilikinya berperan sebagai obat penenang alami untuk mengatasi susah tidur. 

  2. Meningkatkan fungsi otak. Sudah tidak diragukan lagi jika ikan salmon merupakan sumber yang baik dari asam lemak omega-3. Asam lemak omega-3 ini adalah salah satu nutrisi penting untuk meningkatkan fungsi otak terutama pada anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan. Ikan salmon juga baik dikonsumsi oleh ibu hamil karena kecukupan asam lemak omega-3 selama masa kehamilan sangat diperlukan bagi sang bayi. 

  3. Mencegah penyakit alzheimer. Seiring manfaat ikan salmon dalam meningkatkan fungsi otak penelitian menunjukkan bahwa memenuhi kebutuhan asam lemak omega-3 juga diketahui dapat menurunkan risiko kematian akibat jantung koroner, stroke dan penyakit Alzheimer. Selain itu  asam lemak omega-3 dalam ikan salmon juga membantu mencegah degenerasi makula, penyebab utama kebutaan pada orang tua. 

  4. Menstabilkan kadar gula darah. Perpaduan antara asam lemak omega-3 vitamin D dan selenium dalam ikan salmon bermanfaat membantu mengelola kadar insulin dalam  tubuh, sehingga memfasilitasi penyerapan gula yang pada akhirnya akan menurunkan kadar gula darah.

  5.  Pencegahan kanker. Vitamin D telah terbukti memainkan peran penting dalam menurunkan risiko beberapa jenis kanker, termasuk kanker payudara, prostat, dan kanker kolorektal. Ikan Salmon mengandung tinggi vitamin D dan selenium yang menjadi senjata ampuh dalam melawan beberapa jenis kanker tersebut. 

  6. Menjaga kesehatan kulit dan rambut. Kandungan Omega-3 yang ditemukan dalam ikan salmon dapat mendorong kesehatan kulit dan rambut . Untuk kulit ikan salmon akan mendorong produksi kolagen dan elastin yang dapat membuat kulit menjadi lebih lembab alami sekaligus tampak lebih muda. Omega-3 juga telah lama dikenal memiliki kemampuan mengurangi peradangan pada kulit dan membuat rambut lebih sehat berkilau. Manfaat ikan almon untuk perawatan yang lain adalah membantu mengatasi kulit kering, menjaga kelembaban kulit, mengatasi rambut rontok  sekaligus mendorong pertumbuhan rambut. 

  7. Anti peradangan. Penelitian menunjukkan bahwa aam lemak omega-3 yang ditemukan pada ikan salmon dapat dikonversi oleh tubuh menjadi tiga jenis senyawa yang mencegah peradangan kronis. Selain itu Penelitian terbaru juga menunjukkan adanya peptida bioaktif dalam salmon yang dapat mendukung pertumbuhan tulang rawan dan sendi yang sehat
Perhatian : penelitian yang diterbitkan di Science melaporkan bahwa beberapa jenis ikan salmon mengandung tinggi bahan kimia penyebab kanker yang disebut PCB. Ini berasal dari makanan yang diberikan kepada ikan salmon dipertambakan. Untuk itu sebaiknya anda berhati-hati dalam memilih ikan salmon yang segar dan tidak mengandung bahan kimia tersebut jadi utamakan memilih ikan salmon liar karena memiliki kemungkinan tercemar bahan kimia lebih kecil.
loading...