Khasiat dan Manfaat propolis bagi manusia

Propolis adalah zat yang dikumpulkan oleh lebah untuk melekatkan dan menambal sarang mereka. Propolis selain berfungsi sebagai pelekat ternyata juga digunakan sebagai bahan pertahanan lebah terhadap serangan virus dan bakteri yang berasal dari luar sarang. Seiring berkembangya teknologi dan ilmu pengetahuan moderen ada banyak penelitian yang mencoba mengungkap manfaat propolis bagi manusia, termasuk juga menjawab pertanyaan mengapa propolis sudah digunakan oleh beberapa bangsa kuno seperti mesir sebagai obat. Untuk mengetahui berbagai penelitian terkait manfaat propolis bagi manusia mari kita perhatikan:
Manfaat propolis
Manfaat propolis
5 Manfaat propolis bagi manusia
  1. Melawan infeksi. Propolis mengandung antibakteri dan antivirus sehingga membuatnya sangat efektif untuk mengobati infeksi dan meredakan nyeri. Propolis bisa digunakan pada luka, memar, sakit tenggorokan, sakit perut dan lecet. Penggunaan propolis secara teratur dapat membantu mengatasi masalah kesehatan kronis dan gangguan alergi persisten.

  2. Mengobati sariawan. Sariawan adalah kondisi di mana terdapat bercak putih pada daerah sekitar mulut yang dibarengi dengan rasa sakit. Penyebab utama sariawan adalah bakteri yang umumnya dikarenakan kita kurang memperhatikan kebersihan mulut. Propolis adalah salah satu obat yang cukup ampuh untuk mengatasi sariawan karena memiliki kemampuan membunuh bakteri penyebab sariawan. Caranya anda bisa mencampurkan propolis dengan air dan menggunakan sebagai obat kumur. 

  3. Kaya antioksidan. Propolis mengandung berbagai macam zat-zat yang sangat menguntungkan bagi kesehatan seperti asam amino, bioflavonoid, mineral dan vitamin. Bioflavonoid ini adalah antioksidan kuat yang bermanfaat bagi kesehatan terutama dalam meningkatkan sistem imun tubuh untuk membantu melawan radikal bebas yang merusak sel-sel darah merah.  

  4. Anti-inflamasi. Hasil dari sebuah penelitian yang diterbitkan dalam PubMed.gov, menyimpulkan bahwa propolis bermanfaat mempercepat penyembuhan luka pada diabetes, penelitian ini didasarkan pada percobaan dengan hewan tikus. Apa sebenarnya yang membuat propolis bisa melakukannya? Hal ini dikarenakan Propolis kaya akan bioflavenoids yang telah terbukti memiliki sifat anti-inflamasi. Menurut Medline Plus, propolis dapat menjadi bahan pengobatan untuk peradangan vagina, namun penelitian lebih lanjut perlu dilakukan untuk mengklaim hal ini. 

  5. Menghilangkan kutil. Pada sebuah penelitian yang menguji tingkat efektivitas Propolis dan Echinacea dalam mengobati berbagai jenis kutil mengungkap bahwa propolis ternyata lebih efektif dalam menjadi obat kutil. Dalam penelitian tersebut, yang dilakukan secara acak 3-bulan percobaan, 135 pasien dengan berbagai jenis kutil mendapatkan pengobatan Propolis, Echinacea, atau plasebo. Pada pasien dengan kutil  yang diobati dengan Propolis memiliki hasil jauh lebih baik daripada pengobatan menggunakan Echinacea atau plasebo.
loading...