10 fungsi dan manfaat vitamin C

Vitamin C adalah salah satu nutrisi yang ditemukan dalam makanan terutama buah dan sayur. Vitamin C adalah salah satu jenis vitamin yang larut dalam air dan memiliki peranan penting dalam menangkal berbagai penyakit ringan hingga berat seperti kanker, serangan jantung, diabetes hingga sariawan . Vitamin C bisa juga dikenal dengan nama kimia dari bentuk utamanya yaitu asam askorbat. Sumber utama dari vitamin C tentunya dari makanan yang kita konsumsi seperti buah jeruk, Anggur, Strawberry, paprika merah, buah kiwi dsb. 
gambar manfaat vitamin C
Vitamin C
 
10 manfaat dan fungsi vitamin C
  1. Menjaga kesehatan jantung. Manfaat vitamin C yang paling sering dipelajari adalah dalam bidang kesehatan jantung. Para peneliti menemukan bahwa manfat vitamin C mencakup beberapa aspek seperti kesehatan jantung, mulai dari tekanan darah endotel kesehatan. Penelitian lebih lanjut Mungkin masih akan terus dilakukan untuk mengetahui kemampuan vitamin C dalam  mencegah kerusakan oksidatif, inflamasi, dan aterosklerosis. Penelitian tambahan menemukan bahwa vitamin C dapat membantu dalam mencegah penyakit asma. 

  2. Memperkuat rambut. Manfaat lain dari vitamin C adalah sebagai ramuan alami penumbuh rambut. Vitamin C merupakan salah satu nutrisi yang paling efektif untuk membantu mempercepat pertumbuhkan rambut. Sangat penting bagi anda untuk memenuhi nutrisi yang satu ini dari makanan yang anda konsumsi karena tubuh yang jelas tidak akan memproduksi vitamin C.  Ada banyak makanan yang mengandung tinggi vitamin C seperti buah strawberry, blueberry dan juga buah kiwi. 

  3. Mencegah tanda-tanda penuaan. Tua merupakan proses alami yang hampir semua orang pasti akan mengalaminya, akan tetapi tanda-tanda penuaan seperti keriput bisa dicegah atau diperlambat dengan banyak mengkonsumsi makanan sehat seperti buah segar. Sebuah studi pada 2007 lalu yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa wanita paruh baya yang mengkonsumsi makanan  tinggi vitamin C memiliki tingkat keriput lebih sedikit dibandingkan mereka yang tidak. Para ahli menyarankan untuk mencukupi kebutuhan vitamin C sebagai langkah untuk menunda tanda-tanda penuaan akibat kerusakan radikal bebas. 

  4. Melawan kanker. Kanker adalah salah satu penyakit yang paling ditakuti di Indonesia terutama kanker rahim dan kanker payudara. Walaupun penyakit ini cukup sulit untuk disembuhkan akan tetapi sebenarnya kita bisa mencegahnya dengan banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi antioksidan termasuk vitamin C. Sangat disarankan bagi anda memilih sumber vitamin C dari makanan atau buah-buahan dan bukan dari suplemen. 

  5. Mempercepat penyembuhan luka. Vitamin C merupakan nutrisi yang diperlukan untuk memproduksi kolagen( protein dalam jaringan ikat tubuh seperti kulit, tendon, otot, ligamen dll). Oleh karena itu, mencukupi kebutuhan vitamin C akan sangat membantu proses penyembuhan luka termasuk mungkin juga membantu menghilangkan bekas luka. 

  6. Menurunkan kadar kolesterol. Untuk menjaga kesehatan jantung hal yang perlu anda perhatikan adalah menjaga kestabilan kadar kolesterol dalam darah. Vitamin C memainkan peran penting dalam mengurangi tingkat kolesterol dalam darah dengan cara meningkatkan konversi kolesterol menjadi garam empedu yang dapat dengan mudah dikeluarkan dari tubuh. 

  7. Membantu mencegah stres. Ada hubungan positif antara terpenuhinya kebutuhan vitamin C dan menurunnya tingkat stres. Hal ini disebabkan vitamin C dapat membantu menigkatkan mood seseorang termasuk juga  mempengaruhi suasana hati. Orang-orang yang memiliki kekurangan vitamin C sering merasa lelah atau tertekan, Jadi cukup masuk akal jika terpenuhinya kebutuhan vitamin C dalam tubuh dapat mencegah stres. 

  8. Mencegah katarak. Salah satu penyebab Penyakit katarak adalah efek buruk dari radikal bebas yang tidak terkontrol. Vitamin C merupakan salah satu bentuk lain dari antioksidan yang dapat melawan efek buruk radikal bebas tersebut. Selain itu Penurunan tingkat vitamin C dalam lensa mata diketahui dapat menyebabkan penyakit katarak, Sebaliknya  terpenuhinya kebutuhan vitamin C akan meningkatkan suplai darah ke daerah mata. 

  9. Meningkatkan imunitas tubuh. Melemahnya sistem imun menjadi salah satu cikal bakal hinggapnya beberapa penyakit dalam tubuh sehingga sangat penting untuk menjaga agar sistem imun bisa bekerja secara optimal. Sebuah dosis yang cukup dari Vitamin C akan melindungi tubuh kita dari infeksi sekaligus mempertahankan kesehatan tulang dan gigi. Vitamin C juga bermanfaat  meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan bakteri, virus dan infeksi. 

  10. Mencegah diabetes. Manfaat vitamin C juga bisa dirasakan oleh pasien diabetes, hal ini disebabkan Vitamin C membantu tubuh mengatur kadar gula sehingga mengurangi risiko diabetes.
loading...