12 Makanan sehat untuk kulit cerah alami

Pasti semua orang terutama wanita menginginkan memiliki kulit yang sehat, akan tetapi untuk mendapatkannya tentunya bukanlah perkara yang mudah, apalagi jika kita tidak menjaga pola makan. Makanan menjadi salah satu hal yang sangat pokok untuk mendapatkan kulit sehat karena makanan adalah nutrisi utama bagi kulit, dalam hal ini kita harus memperhatikan kualitas makanan yang kita konsumsi seperti mempertimbangkan jumlah vitamin, mineral dan protein.
Makanan sehat untuk kulit
Makanan sehat untuk kulit

12 Makanan sehat untuk kulit cerah alami
  1. Paprika merah. Paprika merupakan sumber vitamin C yang sangat baik, sayur berwarna merah cerah ini jika dikonsumsi secara rutin akan membantu anda memperlambat proses penuaan.  Penelitian di Inggris menemukan 4.025 wanita yang mencukupi kebutuhan vitamin C memiliki tingkat kerutan pada kulit wajah mereka lebih sedikit dibandingkan mereka yang tidak. Sebagai sumber vitamin C paprika bisa menjadi pilihan yang sangat baik karena dalam setengah cangkir paprika cincang sudah cukup untuk membantu anda mencegah kerutan. 

  2. Buah blueberry. Manfaat buah blueberry sangat banyak sekali bagi kesehatan terutama kesehatan kulit, karena mengandung tinggi antioksidan. Antioksidan berperan aktif dalam melawan efek buruk radikal bebas yang menjadi pemicu utama penuaan dini. Dalam sebuah studi menemukan bahwa kandungan vitamin dan mineral dalam buah blueberry dapat mempercepat proses pergantian sel sekaligus melindungi kulit dari sinar matahari yang merusak. 

  3. Ikan salmon. Manafaat Ikan salmon sudah dikenal sejak lama karena mengandung tinggi asam lemak omgea-3.  Omega-3 mengandung alpha-linolenic acid yang membantu mengatasi kulit kering sekaligus membuatnya lebih halus, lembut, dan kenyal. Makanan yang mengandung lemak sehat seperti  salmon juga bermanfaat mengurangi peradangan dan membantu meringankan masalah kulit kronis. 

  4. Kacang-kacangan. Kandungan Lemak sehat termasuk omega-3 menjadi salah satu alasan kenapa jenis kacang-kacangan masuk dalam daftar makanan sehat untuk kulit. Selain itu kacang-kacangan juga memiliki kandungan vitamin E yang sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit. 

  5. Buah alpukat. Vitamin E adalah nutrisi terbaik untuk kulit yang bisa anda dapatkan dari berbagai macam makanan dan buah-buahan termasuk buah alpukat. Vitamin E bermanfaat untuk membantu meringankan kondisi  kulit kering dan menjaga kesehatan kulit secara keseluruhan. Studi  menunjukkan terpenuhinya asupan vitamin E akan mengurangi efek buruk radikal bebas dan melindungi dari sinar UV yang dapat merusak kulit. 

  6. Buah jeruk. Buah jeruk mengandung tinggi vitamin C dan juga air sehingga mampu melembabkan kulit secara alami. Satu buah jeruk berukuran besar yang anda konsumsi akan membantu tubuh dalam memproduksi kolagen sehingga dapat menjaga elastisitas dan kesehatan kulit. 

  7. Coklat hitam. Siapa yang tidak suka dengan makanan yang satu ini, coklat adalah salah satu makanan yang paling populer di dunia, hampir semua kalangan tahu dan menyukai makanan yang satu ini. Coklat banyak digemari bukan hanya karena rasanya tapi juga manfaatnya yang banyak bagi kesehatan termasuk kesehatan kulit.  Coklat hitam diketahui mengandung tinggi antioksidan untuk melawan oksidasi yang diakibatkan oleh radikal bebas. Selain itu coklat hitam juga dapat menjadi obat stres karena dapat memperbaiki suasana hati seseorang. Perlu kita ketahui bahwa stres menjadi salah satu pemicu utama kerutan di wajah. 

  8. Buah anggur. Tidak berbeda jauh dengan blueberry anggur adalah sumber terbaik dari antioksidan yang sangat bermanfaat untuk menunda proses penuaan kulit.  Selain itu kandungan Resveratrol yang berasal dari kulit anggur akan memperlambat proses penuaan dan  melindungi kulit dari efek buruk sinar UV, tentunya ini menjadi kelebihan tersendiri bagi buah yang satu ini. 

  9. Yogurt. Makanan hasil dari fermentasi susu ini memang semakin digemari di Indonesia karena mengandung tinggi nutrisi terutama protein. Protein selain dapat membantu pertumbuhan otot juga dapat meningkatkan elastisitas kulit sehingga membuatnya menjadi lebih kencang. Mengkonsumsi satu porsi yogurt setiap hari bisa anda coba sebagai langkah untuk memenuhi kebutuhan nutrisi kulit. 

  10. Buah delima. Pernah membaca manfaat buah delima? Jika belum simak 10 manfaat buah delima dan kandungan nutrisinya. Buah dengan warna merah ini memang memiliki tampilan yang sangat menarik dan rasa yang lezat, tapi itu bukan menjadi alasan  utama kenapa buah delima begitu istimewa.  Sebenarnya buah yang berasal dari kawasan timur tengah ini dikemas dengan antioksidan polifenol untuk melawan radikal bebas dan memperlancar aliran darah ke kulit.  Dr. Bank mengatakan Antioksidan dalam buah delima dapat membantu mencegah munculnya garis-garis halus pada kulit. 

  11. Tomat. Tomat mengandung lebih banyak likopen dan karotenoid yang membuatnya dapat melindungi kulit anda dari sengatan matahari.  

  12. Sayur bayam. Sayur Berdaun hijau gelap ini memiliki kandungan beta-karoten dan antioksidan yang membantu memperbaiki  sel-sel kulit dan memperlambat tumbuhnya sel kanker kulit. Keuntungan lain mengkonsumsi sayur bayam adalah dapat membantu mencerahkan kulit.
loading...