12 Manfaat teh hijau bagi kesehatan

Minum teh merupakan kebiasaan yang banyak dilakukan masyarakat di Indonesia mulai dari kalangan bawah sampai atas.  Meskipun banyak kalangan yang menyukai minum teh akan tetapi belum tentu mereka tahu apa saja manfaat  teh itu sendiri. Manfaat teh terutama teh hijau memang sangat banyak sekali untuk kesehatan mulai dari mencegah penyakit sampai memberikan energi tambahan. Untuk mendapatkan manfaat darinya sebaiknya anda tidak menambahkan gula atau bahan pemanis lainnya karena  bisa mengurangi manfaat teh hijau. Jika anda penasaran apa saja manfaat teh hijau bagi kesehatan mari kita simak:

12 Manfaat teh hijau bagi kesehatan

Manfaat teh hijau bagi kesehatan
Teh hijau

  1. Meningkatan kerja otak. Mungkin mengkonsumsi teh hijau tidak akan serat merta menjadikan anda menjadi lebih pintar akan tetapi penelitian menunjukkan bahwa Senyawa dalam teh hijau dapat meningkatkan kerja Otak yang itu artinya akan membuat kemampuan otak dalam berfikir menjadi lebih baik. Salah satu alasan kenapa teh hijau dapat meningkatkan fungsi otak karena teh hijau mengandung kafein, berbeda dengan kopi kafein dalam teh hijau tidak akan membuat anda susah tidur atau merasa gelisah karena kandungannya tidak terlalau banyak, jadi cukup aman bila dikonsumsi selama tidak berlebihan. 

  2. Membantu menurunkan berat badan. Teh hijau memiliki manfaat untuk meningkatkan metabolisme tubuh sehingga akan membantu mengontrol berat badan anda. Kandungan Polifenol yang ditemukan dalam teh hijau juga memberikan manfaat tersendiri karena akan bekerja untuk mengintensifkan tingkat oksidasi lemak. 

  3. Menjaga kesehatan jantung. Manfaat teh hijau tentunya tidak terlepas dari kandungan nutrisi yang dimilikinya terutama antioksidan. Sebuah Studi menunjukkan bahwa minum teh hijau dapat memperkecil resiko penyakit jantung dan stroke. Hal ini disebabkan antioksidan dalam teh hijau secara signifikan meningkatkan kemampuan antioksidan yang melindungi partikel kolesterol LDL dari oksidasi, yang merupakan salah satu penyebab utama penyakit jantung. 

  4. Perawatan Kulit. Selain bermanfaat untuk kesehatan Teh hijau ternyata juga bisa memberikan keuntungan pada kesehatan kulit terutama mencegah kerutan di wajah. Hal ini dikarenakan teh hijau memiliki kandungan antioksidan dan aktivitas anti-inflamasi. Penelitian menunjukkan bahwa teh hijau dapat mengurangi kerusakan akibat sinar matahari sehingga sangat cocok dijadikan bahan perawatan. 

  5. Menguatkan tulang. Teh hijau sudah lama dikenal sebagai sumber antioksidan terbaik. Antioksidan itu sendiri merupakan zat yang mampu memperlambat atau mencegah proses oksidasi. Konsumsi teh hijau secara rutin terutama selama lebih dari 10 tahun telah dikaitkan dengan penurunan risiko patah tulang akibat osteoporosis. Diperkirakan teh hijau membantu mengurangi pengeroposan tulang melalui aktivitas antioksidan dan anti-inflamasi.  Selain itu Teh hijau juga telah ditemukan untuk meningkatkan kepadatan mineral tulang 

  6. Mencegah penyakit kanker. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa teh hijau dapat membantu melawan kanker paru-paru. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan di Cancer Prevention Research pada April 2010 lalu  menemukan jika teh hijau dapat menekan pertumbuhan sel kanker paru-paru. Karena kandungan antioksidannya yang tinggi mungkin juga akan bermanfaat mencegah jenis kanker lain seperti kanker prostat.

  7.  Detoksifikasi. Lagi-lagi kandungan antioksidan dalam teh hijau memberikan manfaat bagi kesehatan anda. Antioksidan bermanfaat membersihkan racun dan zat-zat yang tidak dibutuhkan dari dalam tubuh anda. Terlebih lagi, teh hijau juga meningkatkan imunitas dan stamina. 

  8. Menjaga Kesehatan Mulut. Kandungan fluoride alami yang terdapat dalam teh hijau benar-benar bermanfaat bagi kesehatan mulut. Polifenol katekin bekerja dalam membunuh bakteri yang menyebabkan kerusakan gigi, bau mulut, dan penyakit-gusi. Sebuah studi yang diterbitkan oleh European Journal of Nutrition menemukan bahwa megkonsumsi satu cangkir atau lebih teh hijau sehari secara rutin ditemukan dapat penurunan risiko kerusakan pada gigi, pastikan anda tidak menambahkan gula atau pemanis buatan dalam teh hijau karena manfaat tersebut mungkin tidak akan anda dapatkan. 

  9. Meningkatkan imunitas tubuh. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang secara teratur minum teh hijau memiliki daya taha tubuh yang lebih kuat terutama untuk melawan infeksi bakteri dan virus dibandingkan mereka yang tidak secara rutin minum teh hijau. Teh hijau memiliki sifat antibakteri dan antivirus sehingga akan mencegah dari berbagai penyakit seperti flu, diare, disentri dan bau mulut. 

  10. Menurunkan kadar gula darah. Teh hijau juga bisa membantu menjaga kestabilan kadar gula darah pada orang yang menderita diabetes. Senyawa polifenol dan polisakarida yang ditemukan dalam teh hijau bermanfaat untuk kedua jenis diabetes. Pada pasien diabetes tipe 1 Teh hijau akan merangsang produksi insulin di pankreas, mengatur kadar gula darah dan menyerap glukosa, sedangkan Pada pasien diabetes tipe 2, teh hijau membantu mengurangi lonjakan gula darah yang menjadi penyebab komplikasi pada mata, jantung dan ginjal. Selengkapnya anda bisa baca di 11 makanan yang dapat menurunkan gula darah. 

  11. Menurunkan Tekanan Darah. Minum teh hijau di pagi hari secara teratur dipercaya bermanfaat mengurangi risiko tekanan darah tinggi. Teh hijau menurunkan tekanan darah dengan menekan angiotensin, yang menyebabkan tekanan darah tinggi. Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam Archives of Internal Medicine, orang yang rutin mengkonsumsi 1 ½  sampai 2 ½  cangkir teh hijau secara teratur selama setidaknya satu tahun memiliki resiko lebih kecil tekanan hipertensi hingga 46% dibandingkan dengan mereka yang tidak minum teh hijau setiap hari. 

  12. Menangkal radikal bebas. Efek buruk yang ditimbulkan oleh radikal bebas sangat banyak sekali seperti mempercepat proses penuaan, memperbesar resiko penyakit kanker sampai mengakibatkan kerusakan DNA. Oleh sebab itu anda perlu melawan efek buruk tersebut dengan banyak mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung tinggi antioksidan seperti teh hijau.
Demikian tadi daftar 12 manfaat teh hijau bagi kesehatan, semoga bisa memberikan manfaat bagi para pembaca.
loading...