Tuesday, December 9, 2014

5 manfaat dan kelebihan susu kambing

Pada dasarnya susu sapi ataupun susu kambing memiliki kelebihan tersendiri dan juga memiliki masing-masing manfaat, akan tetapi dalam artikel berikut kita akan membahas kelebihan susu kambing dibandingkan susu sapi ditinjau dari jumlah nutrisi dan manfaat bagi kesehatan. 

Alasan 1

Salah satu alasan mengapa anda harus mencoba mengkonsumsi susu kambing dibandingkan susu sapi adalah susu kambing jauh lebih mudah dicerna sehingga bagi mereka yang memiliki pencernaan sensitif tidak akan mengalami masalah saat minum susu kambing. Studi yang dilakukan di USDA dan Prairie View A & M University menemukan bahwa susu kambing dapat meningkatan kemampuan metabolisme zat besi dan tembaga, terutama bagi orang-orang yang memiliki masalah dengan pencernaan.
 kelebihan susu kambing
susu kambing vs susu sapi
Alasan ke 2

Susu sapi mengandung  Alpha s1 Kasein yang lebih tinggi dibandingkan susu kambing sehingga dapat menyebabkan alergi teruatam pada anak-anak di bawah usia 3 tahun. Susu kambing memiliki kandungan Alpha s1 Kasein lebih sedikit sekitar 89%  sehingga orang-orang yang alergi dengan susu sapi dapat menjadikan susu kambing sebagai alternatif.

Alasan ke 3

Susu kambing merupakan sumber protein yang sangat baik sekaligus memiliki kandungan gula yang sedikit. Susu kambing memiliki sekitar  13% kalsium, 25% vitamin B6, 47% vitamin A, dan 134% kalium yang lebih banyak dibandingkan susu sapi, hal ini tentunya menjadi kelebihan tersendiri bagi susu kambing. Kalium sangat dibutuhkan sekali bagi tubuh terutama untuk menjaga kesehatan tulang dan mencegah stroke. Dalam sebuah studi menunjukkan ada hubungan positif antara terpenuhinya kebutuhan kalium dengan kesehatan tulang. Selain itu Konsumsi makanan yang mengandung tinggi kalium akan menghindarkan seseorang dari osteoporosis.

Alasan ke 4

Susu kambing memiliki kandungan riboflavin lebih tinggi jika dibandingkan susu sapi. Riboflavin ini juga dikenal sebagai vitamin B2, yang merupakan vitamin penting untuk membantu metabolisme mineral lain seperti protein dan karbohidrat. Selain itu nutrisi tersebut juga bermanfaat dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh dengan merangsang produksi antibodi.

Alsan ke 5

Susu kambing memiliki kandungan lemak yang lebih sedikit sehingga bisa menjadi pilihan bagi anda yang ingin menurunkan berat badan. Meskipun rendah lemak susu kambing  memiliki asam amino esensial yang lebih tinggi dari pada susu sapi. Alasan lain mengapa susu kambing lebih baik dari susu sapi adalah kenyataan bahwa susu kambing mengandung jumlah yang lebih tinggi protein dan juga kalsium sehingga sangat baik dikonsumsi oleh anak-anak yang dalam masa pertumbuhan.
loading...