8 Dampak buruk kurang tidur bagi kesehatan

Anda suka begadang? Sebaiknya mulai dari sekarang menghindari kebiasaan buruk ini jika tidak terpaksa, karena telah banyak penelitian yang berhasil mengungkap dampak buruk begadang bagi kesehatan. Kualitas dan kuantitas tidur menjadi faktor yang sangat penting bagi kesehatan seseorang karena tubuh membutuhkan waktu isirahat khususnya pada malam hari. Tidak terpenuhinya waktu tidur akan berdampak negatif bukan hanya pada kesehatan tapi juga aktivitas kita di siang harinya. Berikut beberapa alasan kenapa anda harus mendapatkan waktu tidur yang cukup:
 
Bahaya kurang tidur
kurang tidur
  1. Memicu stres. Kurangnya istirahat selain berdampak negatif pada kesehatan tubuh ternyata juga dapat memicu menurunnya kesehatan mental seseorang.  Bagaimanapun juga kurangnya  waktu tidur terutama di malam hari akan  membuat sesorang tersebut menjadi lebih mudah emosi dan mengalami depresi. 

  2. Memicu naiknya berat badan. Kebanyakan orang yang suka begadang di malam hari akan mendapatkan resiko yang tinggi mengalami obesitas, hal ini dikarenakan saat mereka terjaga di malam hari tubuh mereka akan terus beraktivitas sehingga membutuhkan suplai energi dari makanan, maka tidak heran jika orang akan menjadi lebih mudah merasa lapar saat begadang yang ujung-ujunganya akan membuat orang negmil di malam hari. 

  3. Memperbesar resiko mengalami serangan jantung. Kurangnya tidur ternyata bisa berdampak pada resiko serangan jantung, hal ini dibuktikan dengan penelitian yang mengungkap bahwa beberapa orang dengan waktu tidur yang kurang memliki kemungkinan terkena penyakit jantung lebih tinggi dibandingkan mereka yang mendapatkan cukup tidur. 

  4. Menaikkan tekanan darah. Banyak penelitian mengungkap bahwa ada kaitan antara tidak terpenuhinya waktu tidur dengan penyakit hipertensi (darah tinggi). Penelitian pada tahun 2009 menemukan bahwa orang yang kurang mendapatkan tidur pada pertengahan malam sekitar jam 11 ke atas dapat memicu penyakit hipertensi. 

  5. Menurunnya daya pikir. Pagi para pelajar sebaiknya benar-benar menghindari begadang, pasalnya kurang tidur di malam hari dapat menurunkan kinerja otak sehingga menjadi lebih sulit untuk konsentrasi. Selain itu pada waktu istirahat di malam hari otak akan menyimpan setiap informasi yang di direkam saat beraktivitas di siang harinya, jadi jika melewatkan tidur pada waktu tersebut akan membuat informasi yang dikumpulkan saat belajar di kelas menjadi tidak tersimpan maksimal. 

  6. Menyebabkan kantung mata. Mata panda atau kantung mata bisa menjadi indikasi bahwa orang tersebut kuarang tidur di malam hari. Salah satu penyebab mata panda adalah kendurnya kulit di bagian bawah mata yang dipicu kurangnya waktu tidur. Selain mengganggu, mata panda ini juga sangat sulit untuk dihilangkan terutama jika sudah terjadi dalam jangka waktu yang lama. 

  7. Menururunkan kekebalan tubuh.  Saat kita tidur tubuh akan memproduksi hormon yang akan memperkuat sistem imun untuk melawan infeksi dan virus dalam tubuh. Sebaliknya kurang tidur akan mengakibatkan sistem imun tidak memiliki kesempatan untuk membangun kekuatan sehingga akan berakibat lemahnya kemampuan sistem imun dalam melawan bakteri dan virus. 

  8. Melemahkan fisik. Mesin saja membutuhkan waktu istirahat untuk bisa bekerja lebih optimal, apalagi tubuh manusia yang pastinya membutuhkan waktu istirahat lebih banyak. Tidur adalah waktu di mana tubuh anda menegembalikan tenaganya saat lelah beraktivitas di siang harinya. Maka tidak heran jika setelah begadang di malam hari anda akan merasa sangat capek dan lesu di siang harinya karena tubuh tidak mendapatkan jatah istirahat yang cukp. Selain itu faktor lain yang menjadi penyebab melemahnya fisik akibat kurang tidur adalah berkurangnya kuantitas darah merah atau biasa disebut anemia
Jika kurangnya waktu tidur anda diakibatkan insomnia atau susah tidur silahkan baca 10 cara mengatasi susah tidur yang semoga dapat membantu mengatasi masalah insomnia anda.
loading...