Wednesday, December 3, 2014

10 makanan yang harus dihindari saat diet

Menurunkan berat badan dapat menjadi perjuangan yang sulit jika tidak diringi dengan mengatur pola makan, mengubah gaya hidup serta mengkonsumsi makanan sehat. Banyak orang berfikir jika menurunkan berat badan hanya dilakukan dengan cara mengurangi porsi makan, walaupun hal ini benar tapi yang sebaiknya harus benar-benar anda perhatikan adalah makanan apa yang sebaiknya anda konsumsi. Mengurangi porsi makan dengan tetap mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi lemak serta rendah nutrisi hanya akan membuat program diet anda sia-sia dan malah akan berdampak buruk bagi kesehatan. Berikut beberapa daftar makanan yang sebaiknya anda hindari saat diet:
gambar makanan yang harus di hindari
makanan tinggi lemak

10 makanan yang harus anda hindari saat diet
  1. Hamburger. Makanan yang satu ini memang harus dihindari atau paling tidak anda kurangi saat menjalankan program diet, atau jika tidak program diet anda akan berantakan. Hamburger memang mengandung tinggi kalori dan juga lemak yang sudah seharusnya dikurangi konsumsinya. 

  2. Es krim. Anda suka es krim? Jika ya, sepertinya anda harus mengurangi mengkonsumsinya, kebanyakan jenis es krim walaupun tidak semua mengandung tinggi lemak jahat atau LDL yang dapat menempatkan anda pada resiko yang tinggi terkena penyakit jantung. Es krim sangat perlu anda Hindari terutama jika dalam menjalankan diet, kandungan gulanya yang tinggi juga menjadi alasan utama kenapa anda harus mengurangi makanan ini. 

  3. Kentang goreng. Kentang adalah makanan yang mengandung tinggi serat, mineral dan juga karbohidrat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, tapi sayangnya penyajian kentang dalam bentuk digoreng ini akan membuat kandungan lemak dalam kentang semakin tinggi sehingga anda perlu waspada dalam mengkonsumsinya. Pada dasarnya makanan dengan tinggi karbohidrat kurang baik disajikan dalam bentuk digoreng. 

  4. Cokelat. Mungkin bagi anda penggemar cokelat tidak akan setuju jika makanan ini masuk dalam daftar makanan yang harus dihindari saat diet, tapi kenyataannya memang demikian. Cokelat memang harus anda singkirkan dari daftar menu camilan terutama saat diet karena mengandung tinggi kalori terutama tambahan gula dan susu di dalamnya. Jika tidak ingin menghindarinya pilihlah cokelat hitam yang masih belum tercampur dengan gula atau pemanis buatan. 

  5. Saus tomat. Saus tomat sering dikemas dengan tambahan gula yang dihaluskan sehingga akan menambah lonjakan berat badan dan meningkatkan risiko diabetes. Sayangnya Banyak orang tidak tahu tentang hal ini dan mengira bahwa saus tomat hanya terbuat dari buah tomat saja. Jika ingin terhindar dari tambahan gula saus tomat anda bisa membuatnya sendiri di rumah. 

  6. Jeroan ayam. Seperti kebanyakan hewan lainnya, jeroan ayam merupakan bagian yang paling berlemak. Untuk itu sebaiknya anda mengurangi konsumsi makanan yang satu ini. 1 ons hati ayam mengandung 2 gram lemak dan sekitar 50 kalori setelah dimasak. Selain jeroan bagian yang sebaiknya anda hindari dari ayam adalah kulit. 

  7. Mie instan. Mie instan dikemas dengan karbohidrat yang tinggi tapi rendah nutrisi. Dalam proses pembuatan, mie instan yang mempunyai bentuk sangat panjang dilipat, digoreng, kemudian dikeringkan dengan oven panas. Proses ini akan membuat mie mengandung tinggi lemak. Sebenarnya kandungan lemak yang tinggi bukan satu-satunya alasan kenapa anda harus menghindari mie instan melainkan ada bahaya lain yang mengintai seperti pengawet dan bahan berbahaya lainnya. 

  8. Kue donat. Ada sekitar 133 kalori dalam Donat yang dilapisi Coklat. Rincian Kalori: 58% lemak, 38% karb, 4% prot. Sumber fatsecret.co.id. Selain tinggi kalori kandungan gula yang ada di dalamnya juga dapat memicu diabetes dan lonjakan berat badan. 

  9. Nasi goreng. Senada dengan kentang goreng, nasi juga merupakan sumber karbohidrat yang tidak dianjurkan disajikan dalam bentuk digoreng. Selain itu tambahan bumbu seperti saus tomat dalam nasi goreng juga akan menambah tinggi kandungan kalori makanan yang satu ini. Diperkirakan ada sekitar 600 lebih kalori yang terdapat dalam 1 porsi nasi goreng. 

  10. Minuman energi. Ada begitu banyak minuman energi di pasaran yang memberikan komposisi vitamin dan mineral sehingga membuat anda menjadi lebih bertenaga dalam waktu singkat. Minuman tersebut mungkin mengandung sejumlah nutrisi tapi juga memberikan dampak yang kurang baik bagi kesehatan. Kandungan gula dan kafein yang tinggi dalam minuman terebut jika dikonsumsi dalam waktu yang lama akan berbahaya bagi kesehatan terutama dapat memicu obesitas.
Baca juga artikel lainnya:
Selain di atas tentunya masih banyak lagi  makanan dan minuman yang harus anda kurangi dalam mengkonsumsinya, untuk itu pastikan anda lebih selektif dalam memilih makanan yang akan anda konsumsi agar program diet yang sudah anda jalankan dengan susah payah tidak berakhir sia-sia.
loading...