Cara mengobati penyakit malaria dengan cara tradisional

Advertisement
Cara mengobati penyakit malaria dengan cara tradisional. Penyakit malaria disebabkan oleh suatu kuman atau parasit yang dibawa oleh sejenis nyamuk yang disebut Anopheles, saat nyamuk tersebut menggigit seseorang, maka kuman yang dibawanya akan langsung masuk ke dalam tubuh melalui darah sehingga dengan cepat akan menimbulkan rasa panas dingin. Disamping demam, penderita penyakit malaria biasanya merasakan beberapa gejala diantaranya seperti pusing kepala yang diseratai dengan muntah kadang-kadang demam ini juga menyerang hingga dua hari, jika si penderita telah banyak mengeluarkan keringat, maka badan akan terasa seperti segar kembali, begitu terus berulang-ulang kadang setiap 3 atau empat hari sekali akan kambuh kembali.

Jika kondisi ini dibiarkan dan tidak segera mendapatkan perawatan maka akan sangat berbahaya bagi penderitanya, teruatama untuk jenis malaria Tropica yang semakin lama dapat merusak limpa si penderita, yakni limpa mengalami pembengkakan sehingga dapat mengakibatkan kematian karena limpa pecah.

Bagi para penderita malaria membutuhkan perawatan dengan cara: usahakan bagi penderita malaria untuk banyak beristirahat dan tidak melakukan aktifitas yang berat, selain itu penderita penyakit ini juga disarankan untuk  banyak mengkonsumsi buah dan sayur yang memiliki banyak kandungan vitamin dan mineral. Penderita juga harus dijauhkan dari tempat yang menjadi sarang nyamuk karena dikhawatirkan akan menular melalui gigitan nyamuk. Salah satu akibat dari penyakit malaria ini adalah penderitanya mengalami kekurangan darah, jadi untuk itu cukupilah kebutuhan makanan  yang mengandung tinggi zat besi dan juga vitamin B12 yang dapat dengan cepat menambah darah anda.

Cara pengobatan penyakit malaria bisa dilakukan dengan cara: ambil satu lembar daun pepaya haluskan dan campur dengan satu sendok teh meniran, tambahkan dua gelas air air yang sudah direbus hingga mendidih selama kurang lebih 15 menit kemudian disaring. Setelah dingin lalu minum bersama sedikit gula batu sehari dua gelas.

Pencegahan penyakit malaria
  1. Hindari tempat-tempat yang biasanya dijadikan sebagai sarang nyamuk.
  2. Jaga kebersihan lingkungan, lingkungan yang sehat dan juga bersih akan memberikan dampak yang positif dan juga dapat mencegah munculnya nyamuk yang membawa penyakit seperti penyakit malaria dan juga demam berdarah.
  3. Selalu jaga kesehatan anda, orang akan sangat mudah terjangkit penyakit saat dia kurang memperhatiakn kesehatan, konsumsi lebih banyak vitamin dan juga mineral untuk memperkuat sisitem imun agar anda tidak mudah terserang penyakit seperti malaria.
  4. Kuras bak mandi anda secara rutin, selain menguras bak mandi anda juga harus mengeringkan tempat-tempat yang dapat dijadikan nyamuk untuk bertelur
loading...

Share this

Pencegahan penyakit jantung

Advertisement

Penyakit jantung merupakan penyakit yang banyak diderita oleh masyarakat di dunia. Pola hidup yang tidak sehat seperti merokok, kurang berolahraga sampai mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi kolesterol merupakan penyebab tingginya jumlah penderita penyakit jantung di dunia sendiri ada sekitar Menurut badan kesehatan dunia atau WHO ada sekitar  17,5 juta dari 58 juta kematian di dunia disebabkan oleh penyakit jantung dan pembuluh darah pada tahun 2005, pada tahun 2011 lalu di indonesia sendiri ada sekitar 243.048 kematian akibat penyakit jantung dan merupakan 17,05 persen dari total kematian di Indonesia.
  1. Hindari makanan yang mengandung tinggi kolesterol. Salah satu penyebab paling utama penyakit jantung adalah asupan mkanan yang tidak sehat, seperti makanan berlemak yang mengandung tinggi kolesterol. Kolesterol tinggi dapat memicu pembentukan plak di pembuluh darah yang berakibat pada terganggunya suplau darah tubuh sehingga menyebabkan gagal jantung. Untuk itu Kurangi makanan yang disajikan dengan cara digoreng seperti kentang, pisang dan juga ubi yang mengandung tinggi lemak.

  2. Jaga kestabilan berat badan. Memiliki berat badan yang berlebih akan menempatkan anda pada resiko tinggi terkena penyakit jantung, tumpukan lemak pada tubuh anda akan membuat kerja jantung menjadi lebih berat sehingga akan mempengaruhi terjadinya hipertropi ventrikel.

  3. Mengkonsumsi banyak air putih. Minum banyak air putih memiliki manfaat yang sangat banyak sekali untuk kesehatan, utamaya adalah untuk mencegah penyakit jantung dan stroke. Minum banyak air putih akan membantu dalam melancarkan peredaran darah di otak dan juga jantung sehingga dapat memperkecil resiko penyakit jantung.

  4. Hindari stres. Stres merupakan salah satu penyabab penyakit jantung dalam Sebuah penelitian menyebutkan bahwa  orang yang memiliki tekanan dalam bekerja beresiko 23 persen lebih besar untuk mengalami serangan jantung dibandingkan mereka yang tidak tertekan atau memiliki kebebasan. Selain itu stres juga dapat menimbulkan perangsangan saraf simpatis yang mempengaruhi  Irama detak jantung tak teratur sehingga menimbulkan gangguan pembuluh darah jantung.

  5. Cukupi kebutuhan olahraga. Olahraga merupakan salah satu hal yang positif yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan mental maupun fisik. Olahraga dapat memperlancar perderan darah, mengurangi tumpukan lemak sampai mengutakan kerja jantung. Untuk, pencegahan penyakit  jantung setidaknya lakukan olahraga secara teratur 2 kali seminggu.

  6. Perbanayak makan buah dan sayur. Sudah tidak diragukan lagi jika buah dan sayur merupakan makanan sehat yang kaya akan kandungan nutrisi penting. Buah dan sayur mengandung tinggi antioksidan yang dapat mencegah penaykit jantung, selain itu buah dan sayur juga dikemas dengan vitamin dan mineral yang membantu anda memnuhi kebutuhan nutrisi harian.
Mengingat begitu berbahayanya penyakit jantung maka sudah seharusnya kita mulai melakukan pencegahan dengan memulai pola hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan sehat, menjauhi kebiasaan buruk seperti merokok, minuman beralkohol dan juga begadang.
loading...

Share this

Cara mengatasi sakit maag dengan bahan alami

Advertisement
Cara mengatasi sakit maag dengan bahan alami. Sakit maag merupakan salah satu penyakit yang cukup sulit untuk diobati, karena walaupun sipenderita terlihat sembuh setelah melakukan pengobatan akan tetapi masih harus menjaga asupan makanan. Bahkan untuk orang yang dinyatakan sembuh sekalipun benar-benar harus tetap menghindari beberapa makanan yang dapat memicu penyakit maag ini. Berikut beberapa tips dan cara mengatasi sakit maag:

Ramuan dari kunyit. Kunyit merupakan salah satu bahan alami yang dapat mengatasi berbagai macam masalah kesehatan tremasuk juga sakit maag. Cara membuat ramuan dari kunyit ini cukup mudah, persiapkan beberapa kunyit  yang sudah dicucui bersih kemudian parut hingga halus dan ambil airnya untuk diminum. Cara tersebut dapat menjadi obat tradisional untuk mengatasi sakit maag yang bisa dengan mudah anda buat sendiri di rumah. Untuk beberapa orang yang alergi dengan kunyit sebaiknya konsultasi dulu ke dokter untuk menghindari efek samping yang ditimbulkan setelah mengkonsumsinya.

Ramuan dari Kulit manggis. Selain buahnya kulit manggis ternyata juga memiliki manfaat yang sangat banyak sekali untuk kesehatan, kulit manggis memang sudah dikenal dari dulu memiliki khasiat yang sangat banyak untuk pengobatan termasuk mengatasi sakit maag. Rebus beberapa kulit manggis yang sudah deibersihkan terlebih dahulu kemudian tunggu saampai air rebusan tersebut dingin. Setelah dingin anda dapat langsung meminumnya untuk mengatasi sakit maag.
Selain cara tersebut ada beberapa tips yang harus anda ketahui untuk mencegah munculnya sakit maag.
  1. Hindari makanan pedas. Makanan pedas memang diketahui merupakan salah satu penyebab munculnya penyakit maag, jadi bagi anda yang baru sembuh atau memiliki riwayat penyakit maag sebaiknya harus benar-benar menghindari makan yang pedas. 

  2. Banyak mengkonsumsi makanan berserat. Makanan berserat memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan, selain dapat mencegah munculnya peyakit berbahaya seperti kanker usus dan masalah pencernaan lainnya makanan berserat juga dapat mencegah penyakit maag, beberapa makanan yang mengandung tinggi serat antara lain seperti gandum, kentang dan juga pisang. 

  3. Hindari makanan asam. Makanan asam dapat memicu nainya asama lambung sehingga dapat menjadi penyebab munculnya penyakit maag, untuk itu anda juga harus menghindari makanan yang asam seperti buah-buahan yang belum terlalu masak ataupun cuka. 

  4. Hindari stres. Penyakit maaag juga dapat dipicu karena tekanan psikis atau stress, saat tubuh anda dalam keadaan stres makan daya tahan tubuh anda kan menurun dan memungkinkan beberapa penyakit dengan mudah hinggap di tubuh anda. selain dapat memicu penyakit jantung stres ternyata juga dapat menjadi salah satu peyebab munculnya penyakit maag. 

  5. Hindari telat makan. Menjaga pola makan merupakan hal yang harus anda lakukan untuk mencegah munculnya penyakit maag, selain itu makan yang tidka teratur juga dapat memicu naiknya asam lambung karena lambung anda dalam keadaan kosong.
loading...

Share this