Cara mengatasi sembelit dengan mudah

Advertisement
Cara mengatasi sembelit dengan mudah. Buang air besar setiap hari dapat menunjukkan bahwa kita memiliki sistem pencernaan yang sehat. Jika Anda mengalami masalah sembelit, berarti ada masalah di sistem pencernaan anda yang membutuhkan penanganan. Ada banyak faktor yang menyebabkan sembelit atau susah buang air besar, beberapa diantaranya adalah kurangnya asupan air putih, kurang berolahraga dan terlalu lama duduk. Hal ini juga diperparah dengan pola hidup yang tidak sehat dengan terlalu banyak mengkonsumsi makanan seperti daging, kue kering, dan juga gorengan. Untuk mengatasi sembelit
berikut beberapa tips yang bisa anda terapkan:
Cara mengatasi sembelit
Gambar: Cara mengatasi sembelit
  1. Mengkonsumsi makanan yang mengandung serat. Serat sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk memperlancar sistem pencernaan sekaligus menjaga kesehatan usus secara keseluruhan. Bagi anda yang memiliki masalah dengan buang air besar sangat disarankan untuk lebih banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi serat seperti buah pisang, gandum, dan kentang. 

  2. Olahraga yang cukup. Berolahraga walau hanya sekedar jalan pagi dapat menyebabkan kontraksi otot di usus yang dapat membantu memperlancar proses pencernaan makanan sekaligus dapat mengatasi sembelit. 

  3. Mengkonsumsi buah dan sayur. Buah san sayur sangat baik untuk melancarkan buang air besar karena mengandung tinggi serat dan juga vitamin. Pilihlah buah yang mengandung tinggi air seperti semangka, buah jeruk dan juga buah naga yang dapat dengan mudah untuk dicerna oleh tubuh sehingga mampu mengatasi sembelit. 

  4. Banyak mengkonsumsi air putih. Bagi anda yang memiliki masalah dengan pencernaan biasanya disebabkan karena kurang memenuhi kebutuhan air setiap harinya, setidaknya kita membutuhkan 8 gelas air setiap hari agar organ-organ tubuh kita bisa bekerja dengan optimal. Apabila kebutuhan cairan dalam tubuh kita terpenuhi, maka akan mempermudah proses pencernaan dalam tubuh sekaligus membantu penyerapan nutrisi yang juga berfungsi untuk membentuk massa kotoran manusia. 

  5. Mengkonsumsi yogurt. Yogurt merupakan makanan sumber prebiotik alami yang dapat menekan pertumbuhan bakteri jahat dalam usus dan membantu memproduksi bakteri baik sehingga dapat membantu proses pencernaan dalam tubuh dan membantu mengatasi sembelit. 

  6. Hindari duduk terlalu lama. Bagi anda yang memiliki masalah dengan buang air besar usahakan untuk tidak duduk terlalu lama, jika pekerjaan anda memang mengharuskan untuk duduk dalam waktu yang lama pastikan memenuhi kebutuhan olahraga anda. 

  7. Penuhi kebutuhan vitamin C. Kurangnya asupan vitamin C juga bisa menjadi pemicu munculnya sembelit, untuk itu cobalah memenuhi asupan vitamin C dengan banyak mengkonusmis buah-buahan seperti jeruk, strawberry dan juga buah kiwi. 

  8. Menggunakan Ramuan dari wortel. Wortel dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan mata karena mengandung tinggi vitamin A. Selain itu sayur yang satu ini juga dapat digunakan sebagai bahan alami untuk mengatasi sembelit. Caranya parut dua batang wortel kemudian tambahkan 2 sendok makan air. Setelah itu Peras dan tambahkan sedikit garam kemudian minum secara rutin 2 kali sehari untuk membantu mengatasi sembelit.

Share this

10 Cara mengatasi kulit kering

Advertisement
Cara mengatasi kulit kering yang lebih aman. Kondisi kulit kering pastinya sangat mengganggu anda dan mengurangi kepercayaan diri sekaligus kenyamanan, kulit kering bisa terjadi karena penggunaan cream wajah yang tidak sesuai, make up wajah yang terlalu tebal sampai dehidrasi yang terjadi pada kulit sehingga membuatnya menjadi kering.  Untuk mengembalikan kelembaban wajah  anda harus menutrisi kulit anda dari luar ataupun dari dalam dengan menggunakan bahan alami, berikut beberapa cara mengatasi kulit kering secara alami yang bisa anda coba di rumah:
Gambar: Cara mengatasi kulit kering
  1. Menggunakan lidah buaya. Tanaman lidah buaya memiliki manfaat yang sangat banyak untuk kesehatan sekaligus untuk kecantikan, menerapkan lidah buaya ke kulit wajah anda akan membantu untuk mengatasi kulit kering secara alami tanpa menggunakan produk pelembab. 

  2. Mengatasi kulit kering dengan madu. Madu mengandung berbagai macam vitamin seperti vitamin A, C, E dan K yang sangat baik untuk kulit wajah anda. Caranya adalah oleskan sekitar satu sendok madu murni dengan kuas ke bagian seluruh kulit wajah anda, tunggu sekitar 30 menit kemudian basuh dengan air hangat, cara tersebut selain dapat mengatasi kulit kering juga sangat efektif untuk mengatasi jerawat. 

  3. Masker minyak zaitun. Perawatan dengan minyak zaitun sekarang ini semakin populer dilakukan hal tersebut tidak terlepas dari kemampuannya mengatasi berbagai macam masalah kulit seperti kulit kering, jerawat dan juga membantu meremajakan kulit. Cara mengatasi kulit kering dengan minyak zaitun adalah: campur sekitar dua sendok minyak zaitun dengan buah alpukat kemudian tumbuk dan balurkan pada kulit wajah Anda. Diamkan sekitar 20-25 menit kemudian bilas dengan air bersih. 

  4. Kulit pisang. Kulit pisang mengandung nutrisi yang penting seperti kalium yang sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit. Menerapkan kulit pisang pada bgaian wajah anda akan membuatnya lebih kencang dan juga lembab alami. 

  5. Masker buah pepaya. Pepaya merupakan makanan untuk kulit yang alami, buah yang satu ini kaya akan kandungan vitamin A dan juga papain. Cara mengatasi kulit kering dengan buah pepaya adalah: Haluskan buah pepaya kemudian balurkan pada seluruh bagian kulit wajah anda dan diamkan selama kurang lebih 25 menit, setelah itu bilas dengan air bersih. 

  6. Mengatasi kulit kering dengan wortel. Wortel mengandung vitamin C yang membantu memproduksi kolagen dalam tubuh. Kolagen ini merupakan sejenis protein yang sangat penting untuk pemeliharaan elastisitas kulit. Selain itu wortel juga dapat membantu mencegah keriput sekaligus mengatasi kulit kering dengan cara mencegah kulit anda mengalami dehidrasi. 

  7. Alpukat. Selain sangat baik dikonsumsi secara langsung buah alpukat juga dapat digunakan menjadi masker wajah untuk mengatasi kulit kering.  Cara menggunakan alpukat sebagai masker adalah: Haluskan buah alpukat didalam mangkuk kemudian tambahkan dua sendok madu, gunakan kedua campuran bahan tadi untuk masker wajah anda. 

  8. Tomat. Buah tomat kaya akan kandungan vitamin C dan juga Lycopene, Lycopene tersebut berguna dalam  meningkatkan kemampuan kulit untuk melindunginya dari sinar UV yang berbahaya. Untuk mengatasi kulit kering caranya tempelkan irisan tomat ke atas kulit wajah anda untuk membuatnya lembab alami. 

  9. Santan kelapa. Selain dapat digunakan sebagai bahan tambahan untuk memasak santan kelapa juga dapat dijadikan sebagai bahan alami untuk kecantikan. Bahan yang perlu anda siapkan adalah: santan kelapa dan juga bubuk cendana, Campur kedua bahan tersebut kemudian oleskan pada kulit wajah dan biarkan selama 20 menit. 

  10. Buah strwaberry. Strawberry mengandung tinggi antioksidan dan juga vitamin C yang sangat baik untuk kulit, mengkonsumsi jus buah strawberry selain dapat mengatasi kulit kering juga memberikan perlindungan kepada kesehatan jantung anda. Selain langsung dikonsumsi sebagai jus buah strawberry juga dapat dijadikan cream untuk wajah, campurkan beberapa bahan seperti 1 sendok teh madu, 2 sendok teh krim susu kemudian tambahkan buah strawberry yang sudah dihaluskan. Terapkan bahan tadi ke seluruh bagian wajah anda dan diamkan kira-kira 15-20 menit kemudian bilas dengan air bersih.
Ada banyak cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi kulit kering, mulai dari menggunakan produk pelembab yang praktis atau masker wajah yang bisa anda buat sendiri di rumah dengan bahan alami.

Share this

10 Cara mengatasi kulit berminyak

Advertisement
10 Cara mengatasi kulit berminyak yang cukup efektif untuk kulit wajah anda. Ada banyak faktor yang mempengaruhi kulit berminyak, mulai dari faktor genetik sampai kondisi kulit kering. Salah satu penyebab kulit berminyak yang umum dialami para remaja adalah perubahan kadar hormon, yang biasanya terjadi pada masa remaja dan akhir remaja, sehingga kondisi tersebut dapat menyebabkan kulit menjadi berminyak dan memicu jerawat. Kulit berminyak bukan hanya terjadi pada kalangan remaja saja melainkan kebanyakan orang yang kurang memperhatikan kebersihan kulit mereka. Untuk mengatasi kulit berminyak ada beberapa langkah yang harus anda lakukan diantaranya adalah:
Cara mengatasi kulit berminyak
Gambar: Cara mengatasi kulit berminyak
  1. Jaga kelembaban kulit wajah anda. Wajah anda memerlukan kelembaban alami untuk menjaganya tetap sehat, jadi saat anda tidak menjaga kelembaban kulit wajah anda maka kulit akan menjadi kering sehingga dengan sendirinya akan memproduksi minyak untuk membuatnya tetap lembab. Jadi salah satu cara untuk mengatasi kulit berminyak adalah dengan menjaga kelembabannya secara alami. 

  2. Masker Madu. Madu diketahui memang memiliki manfaat yang sangat luar biasa sekali untuk manusia. Madu kaya akan kandungan vitamin dan juga mineral yang akan menutrisi kulit anda dari luar. Ambil 1 atau 2 sendok madu kemudian balurkan ke seluruh bagian wajah anda hingga merata dan diamkan kira-kira 20-30 menit, kemudian bilas sampai bersih dengan air hangat. Cara tersebut akan membantu anda mengatasi kulit berminyak pada wajah anda sekaligus membuat kulit menjadi lebih kenyal dan sehat. 

  3. Masker buah alpukat. Buah alpukat sudah sangat dikenal sebagai masker wajah yang cukup ampuh mengatasi berbagai macam masalah kulit. Menerapkan buah alpukat yang sudah dihaluskan ke wajah anda akan membantu anda mendapatkan kulit wajah yang terbebas dari minyak dan juga lebih lembab alami. 

  4. Makan banyak buah dan sayuran. Selain melakukan perawatan dari luar untuk menjaga kesehatan kulit  dan mengatasi kelebihan minyak pada kulit wajah anda adalah dengan cara menutrisinya dari dalam, untuk itu perbanyak lah mengkonsumsi buah dan juga sayur yang kaya akan kandungan vitamin dan juga mineral yang sangat dibutuhkan untuk proses peremajaan kulit sekaligus mencegah dari penuaan. 

  5. Menggunakan Lidah buaya. Lidah buaya merupakan salah satu bahan perawatan kecantikan yang dapat mengatasi kulit berminyak, Terapkan Gel dari tanaman lidah buaya pada bagian wajah, maka anda akan mendapatkan sensasi dingin yang sangat menyegarkan. Selain untuk mengatasi kulit berminyak penggunaan lidah buaya pada wajah juga mampu mengatasi kulit kering. 

  6. Irisan Tomat. Selain cukup efektif untuk mengatasi jerawat Tomat juga sering digunakan sebagai salah satu bahan untuk mengatasi kulit berminyak. Caranya adalah: potong tomat hingga menjadi beberapa bagian kemudian tempelkan pada permukaaan kulit wajah anda. Tunggu kira-kira 20-30 menit kemudian cuci wajah anda dengan air bersih, irisan tomat tadi akan menyerap minyak berlebih pada kulit wajah anda sehingga membuatnya terlihat lebih segar alami. 

  7. Cukupi kebutuhan air. Mengkonsumsi banyak air putih memiliki peranan yang sangat penting untuk menjaga kesehatan anda secara keseluruahn tidak terkecuali untuk menjaga kesehatan kulit anda. Dengan anda mengkonsumsi banyak air putih maka akan mencegah kulit anda mengalami dehidrasi sehingga kulit tidak memerlukan minyak yang lebih untuk membuatnya lembab. 

  8. Kurangi makanan berminyak. Makanan berminyak seperti gorengan dan juga makanan yang diolah dengan santan akan meningkatkan produksi minyak pada kulit wajah anda, jadi untuk mengatasi sekaligus melakukan pencegahan kulit berminyak anda harus mengurangi asupan makanan tersebut. 

  9. Kulit pisang. Kulit dari buah pisang ini diketahui cukup ampuh untuk mengatasi kulit berminyak dan membuatnya lebih lembab alami. Penggunaan kulit pisang ini sudah mulai banyak dilakukan setelah banyak informasi yang berhasil mengungkap manfaat kulit pisang untuk perawatan dan juga mengatasi masalah kesehatan lainnya utamanya yang berkaitan dengan kulit seperti meringankan luka akibat  gigitan serangga. 

  10. Mentimun. Ada dua cara yang bisa anda lukukan untuk mengatasi kulit berminyak dengan mentimun. Cara pertama adalah: haluskan mentimun dengan blander kemudian lulurkan pada permukaan kulit wajah anda hingga merata, diamkan sekitar 15-20 menit. Cara kedua: potong mentimun menjadi bagian yang tipis kemudian tempelkan pada beberapa titik di wajah anda dan tunggu kira-kira 20-30 menit, setelah selesai bilas denga air bersih. Kedua cara tersebut diketahui cukup ampuh mengatasi kulit berminyak.
Demikian tadi 10 cara mengatasi kulit berminyak yang bisa anda terapkan untuk membuat kulit wajah anda terbebas dari minyak berlebih.

Share this

10 Cara megatasi susah tidur

Advertisement
Cara mengatasi susah tidur dengan cara alami yang dapat anda terapkan dengan mudah. Susah tidur merupakan salah satu masalah yang sangat mengganggu dan cukup menyiksa bagi orang yang mengalaminya, banyak hal yang menyebabkan seseorang kesulitan untuk mendapatkan tidur yang nyenyak, mulai dari masalah ekonomi atau pun tekanan yang dialami oleh sipenderita. Susah tidur memiliki dampak kepada kurang semangatnya seseorang sekaligus juga gangguan kesehatan terutama kesehatan mental. Ada beberapa cara yang biasa dilakukan oleh beberapa orang untuk mengatasi susah tidur yang mereka alami, mulai dari mengkonsumsi obat-obatan sampai dengan menghitung benda-benda yang dipercaya dapat membuat cepat mengantuk karena cukup membosankan. Bagi anda yang memiliki masalah susah tidur berikut beberapa tips dan cara mengatasi susa tidur yang bisa anda lakukan:
Cara megatasi susah tidur
Gambar: Cara megatasi susah tidur
  1. Mengkonsumsi madu. Madu merupakan salah satu minuman yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan pengobatan, madu dipercaya dapat mengatasi susah tidur karena memiliki efek yang menenangkan sehingga membuat anda menjadi lebih rileks dan mudah tertidur, konsumsi 2 sendok madu murni di pagi dan juga malam hari untuk mengatasi masalah susah tidur anda. 

  2. Minum segelas susu. Selain madu susu juga diketahui dapat membuat anda mudah untuk tertidur, susu mengandung tinggi protein hewani dan juga kaya akan kandungan vitamin dan mineral yang sangat baik untuk kesehatan. Mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi protein diketahui dapat membuat anda menjadi lebih mudah untuk tertidur. Minum 1 gelas susu sebelum tidur malam merupakan cara yang bisa anda lakukan untuk membuat anda lebih mudah untuk tertidur. 

  3. Menkonsumsi lebih banyak air putih. Air merupakan sumber kehidupan yang memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehetan, air diketahui dapat mengeluarkan racun dari dalam tubuh, menjaga kesehatan jantung, mencegah penyakit asam urat, melancarkan peredaran darah sekaligus mengatasi susah tidur. Kita disarankan untuk minum setidaknya 8 gelas air setiap hari untuk mendapatkan tubuh yang sehat. 

  4. Matikan lampu kamar anda. Bagi anda yang terbiasa tidur dengan lampu menyala sebaiknya mulai dari sekarang untuk mematikannya karena banyak bahaya yang dapat ditimbulkan akibat lampu yang menyala saat tidur. Selain berbahaya bagi kesehatan lampu yang menyala juga akan membuat anda masih dapat melihat benda-benda di sekeliling anda sehingga akan membuat anda susah untuk tertidur. 

  5. Selesaikan masalah anda. Kebanyakan orang mengalami susah tidur karena sedang mengalami masalah sehingga membuatnya terbayang-bayang saat menjelang tidur, maka dari itu cobalah untuk segera menyelesaikan masalah anda agar tidak menjadi beban pikiran yang membuat anda susah tidur. 

  6. Olahraga pagi. Olahraga di pagi hari dan dilakuakan di tempat terbuka tentunya memiliki manfaat yang sangat banyak untuk kesehatan, olahraga bukan hanya untuk memperkuat fisik  akan tetapai juga mental anda, tentunya anda masih ingat kan dengan pepatah yang mengatakan “di dalam raga yang kuat terdapat jiwa yang sehat” selain untuk memperkuat mental olaharaga juga dapat memperlancar sirkulasi darah terutama di otak sehingga dapat mencegah stres yang menjadi masalah terbesar kebanyakan orang susah tidur. 

  7. Lakukan hal yang menurut anda membosankan. Kebanyakan dari kita akan lebih cepat mengantuk saat melakukan hal yang membosankan, cobalah untuk melakukan aktifitas yang menurut anda sangat tidak menarik seperti menonton acara tv yang tidak terlalu anda sukai, cara tersebut akan membuat anda bosan dan cepat mengantuk yang akan mengatasi masalah susah tidur anda.  Selain itu membaca buku sebelum tidur juga dapat membuat anda mengantuk dan mudah untuk tertidur. 

  8. Kosongkan pikiran anda saat menjelang tidur. Biasanya saat menjelang tidur kita akan terbayang oleh beberapa masalah atau hal-hal yang belum kita lakukan, seperti tugas yang belum kita selesaikan atau saat kita teringat dengan suatu perstiwa, jadi untuk mengatasi susah tidur sebaiknya kosongkan pikiran anda dan cobalah untuk rileks dan berfikir positif sehingga anda tidak akan terbebani oleh masalah tersebut. 

  9. Hindari menonton  film horror sebelum tidur. Menonton film horror akan membuat anda takut dan terbayang-bayang saat tidur, hal ini tentunya akan membuat anda menjadi sulit untuk tertidur. Selain film horror bebrapa film yang menjadi favorit anda usahakan untuk tidak menontonnya menjelang tidur karena saat menonton film tersebut otak kita akan benar-benar fokus dan biasanya akan tetap di bawa sampai kita tidur. 

  10. Perbanyak aktifitas di siang hari. Aktifitas yang padat tentunya akan menguras stamina dan membutuhkan banyak energi, dengan anda melakukan aktifitas yang banyak di siang hari akan membuat tenaga anda menjadi lebih sedikit pada malam hari, hal ini tentunya akan memebuat tubuh anda lelah sehingga membutuhkan waktu untuk istirahat. Jadi untuk mengatasi susah tidur anda dapat melakukan aktifitas yang menguras energi seperti olahraga dan juga hal-hal positif lainnya.
Demikian beberapa cara mengatasi susah tidur yang bisa anda lakukan, selain tips di atas tetntunya masih banyak cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi masalah susah tidur anda, jadi untuk itu teruslah mencari informasi yang bisa anda terapkan pastinya dengan cara yang aman dan tidak menimbulkan masalah kesehatan lainnya.

Share this

10 Cara mengatasi mual saat hamil

Advertisement
10 Cara mengatasi mual saat hamil yang mudah dan cukup efektif. Morning sickness (mual saat hamil) disebut demikian karena lebih sering dialami pada pagi hari walaupun sebenarnya tidak hanya terjadi pada waktu pagi saja. Menurut Dr Marjorie Greenfieldada sekitar 70 persen wanita mengalami mual di awal kehamilan dan sekitar 50 persen dari mereka mengalami muntah. Sebenarnya Mual saat hamil merupakan hal yang biasa dialami oleh para wanita, walaupun hal tersebut sudah biasa akan tetapi pastinya akan membuat anda tidak nyaman dan berusaha untuk meminimalisir atau mengurangi frekuensinya. Berikut bebrapa tips atau cara mengatasi mual saat hamil:
Cara mengatasi mual saat hamil
Gambar: Cara mengatasi mual saat hamil
  1. Mengkonsumsi Jahe. Jahe merupakan bahan alami yang dapat anda gunakan untuk mengatasi mual saat hamil. Minum segelas wedang jahe pada pagi hari akan membuat anda lebih rileks dan juga dapat mencegah mual saat hamil. 

  2. Mengkonsumsi makanan yang kaya akan kandungan magnesium. Biasanya wanita hamil akan membutuhkan lebih banyak asupan magnesium karena pada masa kehamilan seorang wanita lebih cenderung untuk kekurangan magnesium. Kekurangan magnesium ini dapat memicu terjadinya mual saat hamil atau yang biasa disebut morning sickness. Sayuran yang berdaun hijau merupakan pilihan yang sangat tepat untuk memenuhi kebutuhan magnesium anda saat masa kehamilan. 

  3. Mencoba akupresur. Akupresur merupakan terapi untuk mencegah terjadinya mual saat hamil dengan cara menekan titik pada area sekitar dua inci di atas lipatan pada bagian dalam dari pergelangan tangan yang jika dirangsang, bisa menghilangkan mual dan muntah yang biasanya dialami pada masa kehamilan, selain itu akupresur juga dapat mengatasi mabuk kendaraan pada sebagian orang. 

  4. Menghirup aroma terapi. Menggunakan minyak aroma terapi atau beberapa bahan yang memberikan aroma menyegarkan seperti lemon aroma peppermint, spearmint, jahe, dan lavender merupakan cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi mual saat hamil. Anda juga dapat berkonsultasi  dengan ahli aromaterapi, karena ada bebrapa produk aroma terapi yang mungkin tidak aman untuk digunakan. 

  5. Hindari stres. Stres juga dapat memperparah mual saat hamil, jadi untuk itu usahakan untuk tetap menjaga kestabilan mental dan melakukan hal-hal yang membuat anda menjadi lebih rileks dan nyaman seperti olahraga ringan di pagi hari atau pergi jalan-jalan dengan suami atau keluarga anda. selain itu anda juga dapat mencoba terapi akupuntur untuk mengatasi mual saat hamil karena dapat membantu menyeimbangkan hormon, mengurangi stres dan kelelahan  yang merupakan pemicu utama morning sickness. 

  6. Ubah posisi tidur anda. posisi tidur yang salah juga dapat memicu mual saat hamil, seperti posisi tidur terlentang akan membuat morning sickness semakin parah, sebaliknya posisi miring ke kanan saat tidur sangat direkomendasikan karena akan membuat perut menjadi lebih nyaman. 

  7. Penuhi kebutuhan karbohidrat dan protein. makanan yang kaya akan kandungan protein dan juga karbohidrat sangat diperlukan selama masa kehamilan, kedua nutrisi tersebut dapat memberikan tenaga pada sang ibu selama masa kehamilan sekaligus mencegah mual. Mengkonsumsi makanan seperti sereal gandum, telur, beras merah dan juga kentang dapat menjadi pilihan untuk mengatasi mual saat hamil. 

  8. Konsumsi vitamin B6. Konsumsi Vitamin B6 dengan dosis 25 miligram, untuk diminum tiga kali sehari dapat menjadi cara yang efektif untuk mengatasi dan mencegah mual pada masa kehamilan. 

  9. Hindari makanan pemicu mual. Bagi beberapa orang sering merasa mual saat mengkonsumsi makanan seperti gorengan, ayam goreng, keju dan juga ikan goreng. Untuk itu anda harus memperhatikan asupan makanan yang anda konsumsi dengan menghindari beberapa makanan tersebut atau paling tidak menguranginya. 

  10. Konsumsi buah dan sayur. Buah dan sayur merupakan makanan yang sangat baik untuk ibu hamil karena mengandung berbagai macam nutrisi penting seperti vitamin, mineral dan juga antioksidan alami. Kandungan gula alami yang terdapat pada buah juga dapat memberikan energi tambahan kepada anda sehingga membuat anda menjadi lebih berenergi selama masa kehamilan. Selain itu mengkonsumsi buah di pagi hari juga dapat mencegah mual saat hamil.
Selain informasi mengenai 10 cara mengatasi mual saat hamil di atas pastinya masih banyak hal lain yang bisa anda lakukan untuk membantu mengatasi masalah mual selama masa kehamilan. Untuk itu jangan berhenti mencarai informasi, semoga membantu.

Share this

Cara mengatasi mabuk kendaraan

Advertisement
Cara mengatasi mabuk kendaraan dengan efektif. Mabuk kendaraan biasanya dialami oleh beberapa orang saat mengendarai kendaraan dalam jarak yang jauh. Mabuk kendaraan bisa terjadi ketika otak dan telinga anda melihat/mendengar gerakan saat anda berkendara. Untuk mengatasi mabuk kendaraan salah satu hal bisa anda coba adalah dengan cara mengarhkan pandangan anda pada satu titik di bagian depan mobil, jadi untuk itu hindari juga melihat ke samping atau keluar kendaraan karena akan membuat anda pusing dan memperbesar resiko mengalami mabuk.  
Cara mengatasi mabuk kendaraan
Gambar: Cara mengatasi mabuk kendaraan
  1. Hindari duduk dengan menghadap ke belakang. Untuk menghindarkan anda dari mabuk kendaraan ada baiknya anda tidak memilih duduk yang menghadapa ke arah yang berlawanan karena akan memperbesar resiko anda mengalami mabuk kendaraan, atau bagi anda yang terbiasa mabuk kendaraan akan semakin parah. 

  2. Terapi Akupresur. Akupresur adalah terapi pijat yang dilakukan dengan menekan titik pada area sekitar dua inci di atas lipatan pada bagian dalam dari pergelangan tangan. Menurut pengobatan cina, akupresur dapat menyeimbangkan aliran energi dalam tubuh, atau chi, dan mual merupakan salah satu tanda ketidak seimbangan energi dalam tubuh tersebut. Dalam sebuah studi yang diterbitkan oleh jurnal Aviation pada tahun 1995 lalu berhasil mengungkap bahwa orang yang melakukan terapi akupresur pada pergelangan tangan mereka megalami tingkat penurunan mabuk kendaraan yang mereka alami. Selain itu terapi akupresur juga dapat membantu mengatasi mual saat hamil

  3. Mengkonsumsi jahe. Jahe merupakan salah satu rempah yang memiliki aroma terapi yang menenangkan dan juga menghangatkan tubuh anda terutama perut. Minum segelas wedang jahe sebelum berkendara mungkin bisa menjadi cara yang bisa anda coba untuk membantu mengatasi mabuk kendaraan. Dalam sebuah studi yang diterbitkan dalam American Journal of Physiology-gastrointestinal pada tahun 2003 lalu berhasil mengungkap bahwa orang yang mengkonsumsi suplemen jahe termasuk wedang jahe memiliki tingkat penurunan mual dibandingkan mereka yang tidak.  

  4. Gunakan minyak aroma terapi. Minyak aroma terapi memiliki aroma yang menenangkan sehingga dapat mencegah anda dari mabuk kendaraan, ada beberapa minyak aroma terapi yang bisa anda gunakan seperti minyak kayu putih, minyak lavender dan minyak lemon. Usahakan untuk tidak menghirup aroma wangi-wangian yang tidak anda sukai seperti parfum yang mungkin memiliki aroma menyengak dan tajam. 

  5. Jangan makan terlalu banyak saat anda hendak berkendara. Makan teralau banyak juga dapat memicu terjadinya mabuk kendaraan karena akan mengakibatkan sesak dan tidak nyaman pada perut  jadi untuk itu usahakan makan secukupnya saja, sebaliknya membiarkan perut kosong juga dapat mengakibatkan mabuk kendaraan karena kita juga membutuhkan energi. Sebaiknya anda mengkonsumsi makanan yang manis dan juga dapat memberikan anda energi dengan cepat. Minum dua sendok madu juga dapat menjadi cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi mabuk kendaraan.
Demikian Cara mengatasi mabuk kendaraan yang bisa blog Cara hidup sehat bagi untuk pembaca, semoga dapat membantu.

Share this

Cara mengatasi perut kembung secara alami

Advertisement
Cara mengatasi perut kembung secara alami. Perut kembung atau perut bergas biasanya terjadi saat kita mengkonsumsi makanan tertentu seperti minuman bersoda atau gorengan. Perut kembung sangat mengganggu karena membuat perut sangat tidak nyaman dan membuat kita kehilangan selera makan. Berikut beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi perut kembung:
Cara mengatasi perut kembung
Gambar: Cara mengatasi perut kembung
  1. Minum wedang jahe. Jahe merupakan bahan alami yang dapat menghangatkan perut anda sehingga dapat mengatasi perut kembung. Selain itu jahe memiliki manfaat yang sangat banyak sekali untuk kesehatan seperti menjaga kesehatan pencernaan dan juga menambah nafsu makan. 

  2. Tanaman adas. Tanaman adas memiliki manfaat yang sangat banyak sekali untuk kesehatan dan pengobatan berbagai macam penyakit, hal tersebut tidak terlepas dari kandungan kimia yang dimilikinya. Cara penggunaannya dalah: Cukup mengunyah perlahan-lahan sejumlah biji adas atau rebus dengan air  selama kurang lebih 3-5 menit kemudian minum air rebusan tersebut. 

  3. Hindari mengunyah permen karet. Bagi anda yang gemar mengunyah permen karet sebaiknya berhati-hati karena permen karet dapat memicu perut ber gas karena mengandung bahan seperti sorbitol dan xylitol yang akan difermentasi oleh bakteri di dalam perut sehingga dapat memicu terjadinya perut kembung. Selain itu saat anda mengunyah permen karet ada banyak udara yang masuk ke dalam perut anda sehingga semakin memperbesar resiko untuk mengalami perut kembung. 

  4. Jaga kesehatan pencernaan anda. Pencernaan yang tidak sehat juga dapat memicu terjadinya perut kembung karena akan membuat makanan tidak  dapat dicerna dengan baik sehingga akan berpindah ke dalam usus besar yang akan membuat perut bergas. Untuk itu selalu perhatikan kesehatan pencernaan anda dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi serat. 

  5. Hindari stres. Ada banyak gangguan kesehatan dan penyakit yang dapat dipicu oleh stres, termasuk perut kembung. Ketika kita dalam keadaan stres maka kita akan menelan lebih banyak udara. Selain itu Stres yang berlebihan juga dapat menyebabkan peningkatan asam klorida di dalam usus dan perut. Peningkatan asal lambung tersebut lah yang dapat memicu munculnya gas di dalam usus sehingga menyebabkan perut kembung. 

  6. Daun mint. Daun mint juga dapat digunkan untuk mengatasi perut kembung dengan cara: masukkan beberapa daun mint ke dalam air panas kemudian tunggu hingga menjadi lebih hangat dan minum dua kali sehari.  Cara alternatif anda dapat menambahkan dua tetes minyak dari daun mint ke dalam setangah cangkir air dingin kemudian minum seperti cara di atas. 

  7. Menggunakan Kunyit.  Kunyit dapat mengatasi berbagai macam masalah pencernaan seperti perut kembung dan mual. Cara mengatasi perut kembung dengan kunyit adalah: ambil 15-20 gram kunyit kemudian rebus dan ambil airnya untuk diminum dua kali sehari. 

  8. Menggunakan bawang putih. Seperti halnya kunyit bawang putih juga sangat efektif untuk mengatasi perut kembung. Bawang putih juga dikenal dapat merangsang panas lambung dalam perut sehingga dapat membantu untuk meringankan gas di perut. Anda dapat menambahkan lebih banyak bawang putih ke dalam bumbu masak anda untuk mengatasi perut kembung secara alami. 

  9. Cuka Sari Apel. Cuka sari apel merupakan salah satu obet alami untuk mengatasi berbagai macam masalah yang terkait dengan pencernaan termasuk perut kembung. Campur satu sendok makan cuka sari apel ke dalam 1 gelas air hangat kemudian minum perlahan-lahan sambil merasakan kehangatnnya cara tersebut cukup efektif untuk mengatasi masalah perut kembung. 

  10. Minum segelas air hangat. Ada cara yang lebih mudah untuk mengatasi perut kembung tanpa menggunakan obat yaitu dengan minum segelas air hangat. Air hangat sangat baik dikonsumsi terutama di pagi hari karena akan menghangatkan perut anda secara alami dan juga dapat mencegah perut kembung.
Untuk mengatasi perut kembung dianjurkan untuk menggunakan bahan-bahan alami yang aman dan lebih kecil untuk menimbulkan efek samping berbahaya walaupun kadang memrlukan waktu dan tidak secara instan. Semoga info di atas bermanfaat.

Share this

Cara menghilangkan kutil dengan mudah

Advertisement

Cara menghilangkan kutil dengan mudah. Kutil merupakan daging tumbuh pada kulit yang biasanya berukuran kecil memiliki bentuk bulat, keras, yang umumnya disebabkan oleh virus. Kutil dapat ditularkan melalui kontak langsung dengan virus melalui kulit-ke-kulit, Misalnya melalui jabat tangan.  Selain itu kutil dapat menyebar ke berbagai bagian kulit anda saat anda menggaruk, menyentuh, mencukur, atau bahkan menggigit kuku Anda.

Cara menghilangkan kutil
Gambar: Cara menghilangkan kutil
Ada bebrapa cara yang bisa anda lakukan untuk menghilangkan kutil dan kebnayakan orang akan memilih menghilangkan kutil dengan menggunakan obat-obatan dari dokter atau prosedur medis lainnya. selain menggunakan obat-obatan atau prosedur medis lainnya anda dapat menghilangkan kutil dengan cara alami tentunya dengan bahan alami pula.
  1. Cuka apel. Bahan peratama yang bisa anda gunakan untuk menghilangkan kutil adalah cuka sari apel. Cuka sari apel memiliki sifat penyembuhan dan telah terhadapa virus dan juga telah digunakan sebagai obat tradisional selama berabad-abad yang lalu. Cara penggunaannya adalah: celupkan kapas ke dalam cuka sari apel kemudian oleskan pada bagian kulit yang ditumbuhi kutil, lakukan cara tersebut berkelanjutan samapi kutil anda benar-benar hilang. Mungkin cara tersebut akan membutuhkan waktu yang cukup lama. cuka apel juga dapat digunakan sebagai bahan untuk menghilangkan bau mulut. baca 7 cara menghilangkan bau mulut yang efektif

  2. Menggunakan minyak jarak. Minyak jarak diketahui sebagai obat kulit alami yang dapat digunakan untuk mengobati kutil dan masalah kulit lainnya. cara penggunaannya cukp mudah yaitu cukup Oleskan minyak jarak pada bagian kutil sekitar 3 kali sehari. Minyak jarak akan menggerogoti kulit yang berlebihan yang membentuk kutil. 

  3. Tanaman lidah buaya. lidah buaya diketahui juga cukup efektif dalam menghilangkan kutil. Caranya adalah: rendam bola kapas kecil ke dalam gel lidah buaya. Setelah itu tunggu hingga beberapa menit kemudian anda dapat mengoleskan pada bagian kulit yang ditumbuhi kutil. 

  4. Kulit pisang. Kulit pisang diketahui dapat membantu menghilangkan kutil dengan cukup efektif. Gosokkan  kulit pisang pada kutil anda secara teratur selama beberapa minggu untuk memberikan bantuan obat dalam menghilangkan kutil. 

  5. Jus lemon. Penerapan Vitamin C langsung pada kutil diketahui dapat membunuh virus yang menjadi penyebab kutil. Jus lemon merupakan bahan yang sangat tepat untuk menghilangkan kutil karena memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi. 

  6. Wortel dan minyak zaitun. Caranya adalalah:. Haluskan wortel dengan parut atau blender, tambahkan minyak zaitun yang secukupnya  kemudian oleskan campuran bahan tadi pada kutil anda dua kali sehari selama 30 menit. Lakukan cara tersebut kurang lebih selama dua sampai tiga minggu untuk membantu menghilangkan kutil.
Nah,,demikian beberapa cara yang bisa anda lakukan utntuk menghilangkan kutil dengan cara yang mudah dan juga aman, selamat mencoba.

Share this

7 Cara menghilangkan bau mulut yang efektif

Advertisement
7 Cara menghilangkan bau mulut yang cukup efektif. Memiliki nafas yang bau pastinya sangat mengganggu bagi anda dan pastinya juga dapat menurunkan kepercayaan diri.  Salah satu penyebab munculnya bau mulut adalah adanya Bakteri yang menyebabkan penyakit gusi yang menghasilkan senyawa belerang yang mudah menguap, hal ini lah yang mengakibatkan bau mulut. Bakteri tersebut juga dapat menyebabkan peradangan yang menimbulkan beberapa masalah kesehatan mulut seperti sariawan. Baca 10 Cara mengobati sariawan
Cara menghilangkan bau mulut
Gambar:  bau mulut
7 Cara Menghilangakan bau mulut
  1. Menykit gigi secara rutin. Jika anda ingin mendapatkan nafas yang segar dan terbebas dari bau mulut maka jangan pernah malas untuk menggosok gigi. menggosok gigi selain secara otomatis dapat membersihkan gigi anda juga dapat membunuh kuman pada area sekitar mulut sekaligus menjaganya tetap segar. 

  2. Hindari makanan seperti pete dan bawang. Kedua makanan tersebut memang menjadi salah satu dari penyebab bau mulut yang sudah sangat terkenal, bau yang dihasilkan bawang dan pete sangat sulit dihilangkan meski sudah menyikat gigi sekalipun, untuk itu sebaiknya anda jangan mengkonsumsinya saat ingin keluar rumah atau saat anda melakukan aktifitas di luar yang berinteraksi dengan banyak orang. 

  3. Konsumsi lebih banyak buah dan sayur.  Buah san sayur merupakan makanan sehat yang ramah lingkungan dan juga bagi tubuh anda, makan beberapa buah seperti strawberry, anggur dan juga jeruk dapat menghilangkan bau mulut anda secara alami. Selain itu mengkonsumsi lebih banyak buah dan sayur juga dapat membantu anda untuk menghilangkan bau badan. 

  4. Berkumur dengan cuka sari apel. Cuka dari sari buah apel dapat membunuh kuman yang menjadi salah satu penyebab utama munculnya bau mulut, cara penggunaan cuka apel sebagai obat kumur alami adalah: Campur kan 1 sendok cuka sari apel dengan 1 cangkir air hangat kemudian  gunakan berkumur selama kurang lebih 30 detik, lakukan cara tersebut setidaknya 2 kali sehari untuk membantu anda menghilangkan bau mulut secara alami tanpa menggunakan obat kumur yang kadang menimbulkan efek terbakar pada mulut. 

  5. Minum jus lemon. Jus lemon kaya akan kandungan vitamin C yang dapat mencegah sariawan seklaigus membunuh kuman, minum segelas jus lemon dapat menghindarkan anda dari bau mulut yang mengganggu sekaligus membantu anda mendapatkan nafas yang segar. 

  6. Mengunyah Permen karet. Cara yang lebih praktis untuk menghilangkan bau mulut adalah dengan mengunyah permen karet. Banyak permen karet yang memiliki fariasi rasa dan juga aroma yang dapat membuat mulut anda tetap segar dan pastinya dapat menaikkan kepercayaan diri anda. Selain itu permen karet juga relatif lebih mudah dan tidak merepotkan karena bisa anda bawa kemana-mana dan pastinya penggunaannya pun juga cukup mudah. 

  7. Berkumur dengan daun sirih. Daun sirih diketahui memiliki manfaat yang sangat banyak sekali untuk kesehatan dan juga perawatan tubuh, berkumur dengan air daun sirih cukup efektif untuk menghilangkan bau mulut yang mengganggu, bukan hanya itu saja daun sirih diketahui juga dapat menghilangkan bau badan secara alami.
Selain menerapkan cara menghilangkan bau mulut di atas anda juga harus memperhatikan penyebab munculnya bau mulut sehingga anda dapat melakukan pencegahan, berikut beberapa cara untuk mencegah munculnya bau mulut:
  • Jaga kebersiahn  mulut anda. Untuk membantu menghilangkan bau mulut di rumah, pastikan anda rutin mengecek kesehatan mulut anda termasuk menyikat gig setidaknya dua kali sehari. Para dokter gigi juga menyarankan anda agar selalu membersihkan lidah dan daerah sekitarnya untuk membantu mencegah bau mulut. 

  • Hindari rokok dan juga minuman beralkohol. Merokok diketahui dapat mengakibatkan munculnya berbagai macam masalah serius pada kesehatan mulut anda salah satunya adalah kanker rongga mulut, dalam sebuah penelitian berhasil mengungkap bahwa mengkonsumsi alkohol dibarengi dengan merokok dapat meningkatkan resiko kanker rongga mulut, hingga 75-90%. Selain itu merokok juga dapat mengakibatkan gigi anda menjadi kuning dan nafas menjadi bau, senada dengan rokok alkohol juga dapat memicu munculnya bau mulut yang sangat menyengak. 

  • Jaga kesehatan pencernaan anda. Saluran pencernaan yang buruk yang berakibat pada masalah usus, dapat menghasilkan gas yang tertinggal di rongga mulut. Keasaman klorida yang tidak mencukupi dalam perut juga dapat menyebabkan pencernaan yang buruk sehingga makanan ke dalam saluran usus  membusuk kemudian menghasilkan gas yang tidak enak yang naik dan menyebabkan bau mulut. Jadi selain menerapkan cara menghilangkan bau mulut merupakan hal yang sangat penti bagi anda untuk menjaga kesehatan penernaan.
Cara menghilangkan bau mulut di atas akan berhasil jika anda memperhatikan semua faktor yang menjadi penyebab bau mulut yang anda alami, jadi jangan berhenti untuk mencarai informasi. Semoga membantu.

Share this

Cara menghilangkan bau badan dengan mudah

Advertisement
Cara menghilangkan bau badan dengan mudah dan efektif. Bau badan merupakan masalah kebanyakan orang dan cukup sulit untuk dihilangkan, bau badan memiliki banyak penyebab diantaranya produksi keringat yang berlebih, bakteri, jamur  dan juga makanan yang anda konsumsi. Mengurangi konsumsi makanan yang berlemak dan perbanyak makan buah dan sayur merupakan salah satu cara yang bisa anda lakukan untuk menghindarkan anda dari bau badan.
Cara menghilangkan bau badan
Gambar: Cara menghilangkan bau badan

Cara Menghilangkan bau badan dengan mudah
  1. Kurangi makan seafood. Makanan dari laut memang dapat memicu munculnya bau badan yang tidak sedap, jadi anda harus mengurangi konsumsi hewan laut seperti ikan dan juga kerang-kerangan secara berlebihan. 

  2. Memakai deodorant. Salah satu cara yang bisa anda lakukan untuk menghilangkan bau badan adalah dengan cara memakai deodorant, penggunaan deodorant sebenarnya memang tidak akan menghilangkan bau badan anda secara total, karena deodoran hanya akan membuat bau badan anda tidak tercium. Yaa Bisa dikatakan penggunaan cara ini sebagai langkah terakhir. 

  3. Ganti pakaian anda. Ya bagi anda yang tidak memiliki masalah dengan bau badan mungkin tidak masalah jika memakai pakaian hari ini untuk dipakai besok. J tapi bagi anda yang memiliki masalah dengan bau badan sebaiknya jangan berani untuk melakukannya, jadi ganti baju anda sesering mungkin saat anda merasa sudah tidak nyaman lagi memakainya. 

  4. Perbanyak konsumsi buah dan sayur. Mengatur pola makan dengan cara mengurangi makanan berlemak dan menggantinya dengan sayur-syuran dan buah-buahan merupakan salah satu cara yang bisa anda lakukan untuk menghilangkan bau badan. Buah dan sayur selain dapat menghilangkan bau badan juga memiliki banyak kandungan vitamin dan mineral yang sangat baik untuk kesehatan anda. 

  5. Hindari alkohol. Minuman beralkohol selain memiliki dampak yang sangat buruk untuk kesehatan juga dapat memciu munculnya bau badan yang pastinya sangat mengganggu, jadi anda benar-benar harus menghindari untuk mengkonsumsinya. 

  6. Hindari mengkonsumsi bawang. Walaupun bawang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, akan tetapi bagi sebagian orang sebaiknya menghidnarinya, bawang selain dapat memicu bau mulut yang tidak sedap ternyata juga dapat menyebabkan bau badan yang pastinya akan membuat anda merasa tidak nyaman. 

  7. Tingkatkan frekuensi mandi. Mandi merupakan salah satu cara untuk membersihkan tubuh anda dari kuman dan juga pastinya dapat menghilangkan bau badan,  bagi anda yang memiliki masalah dengan bau badan sebaiknya harus sering mandi untuk menghindarkan anda dari bau badan.  Selain meningkatkan ferkuensi mandi anda juga dapat menggunakan air yang dicampur dengan lemon untuk membuat anda lebih fresh dan terbebas dari bau badan. 

  8. Ramuan dari  jahe. Jahe merupakan salah satu rempah yang memiliki aroma terapi yang sangat menyegarkan. Mengkonsumsi jahe secara teratur diketahui juga dapat menghilangkan bau badan anda secara alami, jahe dapat dioleh menjadi berebagai macam makanan atupun minuman yang menyegarkan dan memiliki banyak manfaat. 

  9. Daun sirih. Selain lemon air dari daun sirih juga cukup ampuh untuk menghilnagkan bau badan anda. Daun sirih diketahui dapat membunuh kuman dan merupakan antiseptik alami. Rebus beberapa lembar daun sirih kemudian gunakan sebagai air untuk mandi, cara tersebut dapat menghilangkan bau badan anda. 

  10. Menghilangkan bau badan dengan daun kemangi. Daun kemangi memiliki beberapa Zat aktif yang berfungsi sebagai antiseptik alami yang dapat menghilangkan bau badan. Anda dapat membuatnya mnjadi jus untuk diminum setiap pagi, atau jika anda suka mengkonsumsinya secara langsung daun kemangi bisa anda jadikan sebagai lalapan untuk teman makan siang anda. 

  11. Temulawak. Temulawak merupakan bahan yang dapat menghilangkan bau badan selanjutnya, temulawak mengandung  zat-zat  yang dapat menghilangkan bau badan seperti sapomin, flavoinoida. Cara penggunaanya adalah dengan cara menghaluskan temulawak kemdian menerapkan ke bagian tubuh anda. Anda juga dapat membuatnya menjadi ramuan dengan cara menghaluskan temulawak kemudian ambil airnya untuk  diminum, jika anda tidak menyukai rasa temulawak anda bisa menambahkan bahan yang lain seperti madu sebagai pemanis alami cara tersebut dapat anda gunakan untuk menghilangka bau badan. 

  12. Menggunakan  mentimun. Mentimun merupakan salah satu bahan alami yang bisa anda buat di rumah untuk menghilangkan bau badan. Ambil beberapa potong mentimun kemudian terapkan pada ketiak anda, mentimun dapat menyerap keringat dan juga memberikan sensasi dingin sehingga membuat kulit daerah ketiak anda terasa lebih segar.
Nah demikian beberapa tips dan cara yang bisa anda coba di rumah untuk menghilangkan bau badan. Selain tips di atas mungkin masih banyak cara yang bisa anda lakukan untuk menghilangkan bau badan, teruslah mencari informasi.

Share this

Cara menurunkan demam secara alami

Advertisement
Cara menurunkan demam secara alami. Demam atau panas merupakan penyakit umum yang hampir semua orang pernah mengalamainya. Beberapa jenis demam tidak menimbulkan masalah bagi kesehatan anda dan merupakan hal yang wajar sebagai proses tubuh anda melawan infeksi. akan tetapi walaupun demikian kebanyakan orang akan langsung mencari cara untuk menurnkan demam karena rasa tidak nyaman yang akan dialami saat demam.
Cara menurunkan demam
Gambar: Cara menurunkan demam
Demam secara alami adalah hasil dari respon sistem imun tubuh anda untuk melawan serangan dari luar berupa virus, bakteri, jamur, obat-obatan atau racun lainnya. Ada beberapa jenis demam yang pelru anda waspadai karena bisa jadi itu merupakan petanda penyakit berbahaya seperti demam berdarah, tipes, bahakan serangan flu mematikan seperti flu burung dan flu babi juga diawalai dari demam yang tinggi. Jadi untk itu anda harus segera memriksakan ke dokter saat demam anda mulai memasuki hari ketiga atau dengan suhu diatas 39o C.
  1. Mandi air hangat. Saat anak anda panas jangan memandikannya dengan air dingin, air dingin dapat membuatnya kaget sehingga membuat badan menjadi meriang dan juga menambah panas lebih tinggi sesaat setelah mandi atau malam harinya. Untuk itu cobalah dengan mandi dengan air hangat, air hangat akan membuat badan menjadi lebih ringan dan juga nyaman sehingga dapat membantu menurunkan panas. 

  2. Minum banyak air putih. Saat anak anda demam usahakan untuk menuruhnya banyak minum air putih, air putih akan membantu menurunkan demam walaupun mungkin dia akan sering ke kamar mandi untuk buang air kecil. 

  3. Kompres dengan handuk. Untuk menurunkan demam anak hal yang biasa dilakukan orang tua adalah dengan mengkompresnya. Mengkompres anak dengan kain atau handuk yang dibasahkan akan membantu menurunkan demam anak dari luar, akan tetapi biasanya cara ini hanya bersifat sementara dan membutuhkan penanganan lain. 

  4. Menggunaka cuka sari apel. Dari dulu cuka sari apel sudah digunakan untuk menurunkan demam anak secara alami.  Cuka sari apel dapat dijadikan sebagai obat kompres pada anak dengan cara menambahkan beberapa tetes cuka sari apel ke dalam air untuk kompres demam. Selain itu cuka sari apel juga dapat ditambahkan pada air yang digunkan mandi anak anda untuk membantu menrunkan demam. 

  5. Menggunakan bawang putih. Hancurkan beberapa siung bawang putih segar kemudian Campurkan dengan sedikit  minyak zaitun atau minyak kelapa untuk diterapkan pada kaki anda. cara tersebut sebaiknya jangan anda terapkan pada buah hati anda karena panas dari campuran bahan tersebut dapat membakar kaki si kecil. Jadi ramuan ini mungkin hanya cocok untuk orang dewasa saja.
Demikian 5 langkah mudah untuk menurunkan panas yang bisa anda terapkan di rumah, jika panas tidak kunjung turun selama 3 hari maka anda harus memeriksakan ke dokter untuk melihat jika ada penyakit berbahaya sehingga dapat segera dilakukan penanganan. Semoga dapat membantu.

Share this

Cara menghilangkan bau kaki dengan mudah

Advertisement
Beberapa Cara menghilangkan bau kaki yang bisa anda terapkan di rumah. Ada beberapa faktor yang mendjadi penyebab kaki berbau mulai dari pemakaian sepatu dalam waktu yang lama sehingga kaki berkeringat dan mengakibatkan bau yang tidak sedap. Selain itu bisa juga kaki yang berbau  diakibatkan oleh adanya bakteri pada kaki yang menimbulkan bau yang sangat tidak enak. Berikut beberapa tips dan cara menghilangkan bau kaki dengan mudah:
Cara menghilangkan bau kaki
Gambar: Cara menghilangkan bau kaki
  1. Air garam. Air garam memang memiliki banyak manfaat dan kegunaan untuk mengatasi berbagai macam masalah yang ditimbulkan bakteri seperti cantengan pada kaki, sariawan, bau kaki dan juga bau mulut.  Cara penggunaanya cukup mudah, persiapkan air hangat dalam wadah untuk merendam kaki seperti ember, setengah cangkir garam, kemudian masukkan garam tersebut  ke dalam ember yang berisi air hangat dan anda dapat menggunakan air garam tersebut untuk merendam kaki selama beberapa menit. 

  2. Cuka apel. Penggunaan cuka sari apel Tidak jauh beda dengan air garam caranya adalah: campur air hangat dalam ember dengan 1 ½ cangkir cuka sari apel kemudian rendam kaki anda selama kurang lebih 20 menit sambil bersantai. Cuka sari epel akan menghambat perkembangan bakteri di kaki anda sehingga dapat menghilangkan bau kaki secara alami 

  3. Menghilangkan bau kaki dengan baking soda. Sodium bikarbonat, atau yang biasa disebut baking soda, merupakan bahan alami yang efektif untuk menghilangkan bau kaki anda. Baking soda bekerja untuk menetralkan pH keringat dan mengurangi bakteri pada daerah sekitar kaki anda. cara penggunaannya adalah: Tambahkan baking soda dalam air hangat (satu sendok makan untuk setiap liter air) dan rendam kaki Anda di dalamnya selama kurang lebih 15 menit setiap menjelang tidur. Baca juga cara menghilangkan bau badan. 

  4. Menggunakan Minyak lavender. Minyak lavender dapat mengatasi bau kaki dengan cara membantu membunuh bakteri. Selain itu ia memiliki sifat antijamur yang cukup efektif dalam menghilang bau kaki. Masukan beberapa tetes minyak esensial lavender dalam air hangat kemudian rendam kaki anda di dalamnya selama kurang lebih 20 menit. Lakukan cara tersebut dua kali sehari selama kurang lebih 1 minggu. 

  5. Menghilngkan bau kaki dengan Jahe. Haluskan 15 gram jahe kemudian tambahkan sedikit air hangat Gunakan campuran tersebut untuk memijat kaki anda secara perlahan pada setiap menjelang tidur. Lakukan cara tersebut setiap hari selama dua minggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal. 

  6. Gunakan kaus kaki berbahan khusus. Ada beberapa jenis kaus kaki yang memiliki bahan khusus seperti yang dipakai para atlet yang memiliki kemampuan untuk menyerap keringat dan membunuh bakteri di kaki anda karena mengandung bahan kimia dan juga dapat membuat kaki anda tetap nyaman.
Demikian beberapa cara sederhana yang bisa anda terapkan untuk menghilangkan bau kaki anda. masalah kecil jika tidak segera diatasi akan menimbulkan masalah yang lebih besar seperti bakteri pada kaki jika dibiarkan akan mengakibatkan bau dan juga cantengan yang tentunya anda tidak ingin mengalaminya bukan, jadi untuk itu selalu jaga kebersihan mulai dari sekarang. Semoga artikel di atas dapat membantu.

Share this