Kandungan nutrisi dan Manfaat buah Sawo

Advertisement

Buah sawo merupakan buah yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. kandungan nutrisinya yang lengkap juga sangat baik dikonsumsi bagi anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan. Buah sawo merupakan buah dengan rasa manis dan tekstur yang lembut sehingga membuatanya digemari banyak orang di seluruh dunia.

Buah Sawo umumnya dapat tumbuh dengan baik di daerah Asia tenggara seperti Indonesia dengan iklim tropis. Buah ini banyak ditanam pada daerah yang memiliki dataran rendah, meskipun demikian buah sawo juga dapat tumbuh dengan baik pada ketinggian sekitar 2500 Untuk mengetahui manfaat dan kandungan nutrisi buah sawo mari kita simak:

Manfaat buah Sawo untuk kesehatan
Gambar: Manfaat buah Sawo
Kandungan nutrisi dan Manfaat buah Sawo
  1. Mencegah kanker. Kandungan Vitamin A dan B dalam buah sawo membantu dalam menjaga kesehatan lapisan lendir tubuh dan tekstur kulit. Buah sawo juga memiliki Antioksidan yang memberikan perlindungan tubuh dari serangan kanker. Buah ini juga tinggi serat yang berfungsi mengikat karsinogen (racun) untuk melindungi usus besar dari serangan kanker. 

  2. Membantu Mengatasi sembelit. Buah sawo memang kaya akan kandungan serat yang berfungsi menjaga kesehatan pencernaan dan mengatasi sembelit. Mengkonsumsi buah sawo dengan teratur juga dikaitkan dengan penurunan berat badan, akan tetapi walaupun demikian anda tetap tidak boleh mengkonsumsi buah yang  satu ini secara berlebihan karena kandungan gula dalam buah sawo jika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak maka akan memberikan efek yang sebaliknya. 

  3. Memperkuat tulang. Untuk mendapatkan tulang yang sehat dan kuat selain berolahraga anda juga memerlukan nutrisi dari makanan seperti buah dan sayur. Buah sawo menjadi pilihan yang baik untuk anda karena mengandung berbagai macam mineral yang dibutuhkan untuk tulang seperti zat besi, kalsium dan fosfor. Memenuhi nutrisi tulang dari makanan yang anda konsumsi juga dapat mencegah kerapuhan tulang sekaligus mencegah osteoporosis. 

  4. Memberikan pasokan energi. Buah sawo diperkaya dengan karbohidrat alami yang akan menyuplay tenaga bagi anda untuk beraktivitas. Buah sawo juga sangat baik dikonsumsi bagi para ibu hamil karena dapat membantu mengatasi mual saat hamil dan pusing yang biasanya dirasakan pada awal kehamilan. 

  5. Baik untuk kesehatan mata. Vitamin A dalam buah sawo bekerja dalam melindungi mata dari kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas, sehingga mencegahnya dari katarak dan juga degenerasi makula terkait usia. Selain itu vtamin A juga dapat membantu mempercepat proses penyembuhan luka.
loading...

Share this

10 Buah-buahan yang mengandung tinggi vitamin C

Advertisement
Buah-buahan umumnya mengandung banyak vitamin yang sangat baik untuk kesehatan seperti vitamin C. Vitamin C itu sendiri merupakan salah satu nutrisi penting yang berperan dalam mengatasi berbagai macam gangguan kesehatan seperti mencegah degenerasi makula, munculnya sel kanker serta membantu mengobati sariawan. Vitamin C adalah salah satu jenis vitamin yang larut dalam air dan memiliki peranan penting dalam menunjang kesehatan secara keseluruhan.
Buah-buahan yang mengandung tinggi vitamin C
Gambar: Buah yang mengandung vitamin C

Nah dalam artikel berikut saya akan menunjukkan beberapa jenis buah yang memiliki tinggi kandungan vitamin C yang sangat baik untuk kesehatan terutama untuk memperkuat daya tahan tubuh terhadap penyakit.

10 Buah yang mengandung tinggi vitamin C
  1. Buah jeruk. Mengenai kandungan vitamin C dalam buah jeruk saya rasa sudah tidak diragukan lagi, buah jeruk merupakan sumber vitamin C yang sangat baik. Selain vitamin C buah jeruk juga kaya akan kandungan mineral seperti zat besi, dan kalium dimana keduanya merupakan mineral penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Baca juga 10 manfaat buah jeruk untuk kesehatan 

  2. Buah strawberry. Buah yang menjadi favorit banyak orang di duania ini memang sangat terkenal karena kandungan vitamin C yang dimilikinya. satu porsi buah strawberry sudah dapat memenuhi sekitar setengah dari kebutuhan vitamin C harian Anda. 

  3. Buah kiwi. Buah kiwi memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi bahkan melebihi buah jeruk. Selain vitamin C keuntungan lain yang bisa anda dapatkan saat makan buah yang satu ini adalah kiwi mengandung tinggi flavonoid dan kalium seperti halnya buah pisang. Pada sebuah Penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang mengkonsumsi buah-buahan yang kaya vitamin C memiliki saluran pernapasan yang lebih kuat dibandingkan mereka yang tidak mendapatkan cukup vitamin C. 

  4. Buah tomat. Buah tomat merupakan sumber terbaik vitamin C. Mengkonsumsi buah tomat secara teratur dapat membantu anda memenuhi kebutuhan vitamin C harian anda. Dalam satu porsi buah tomat segar (sekitar 100 gram) mengandung lebih dari 100 mg vitamin C. Jumlah tersebut sudah melebihi dari kebutuhan Vitamin C yang direkomendasikan, yang itu artinya setidaknya anda membutuhkan sekitar 60 g buah tomat perhari. 

  5. Jambu biji. Saat anda tau kandungan vitamin C yang dimiliki jambu biji mungkin anda akan sedikit terkejut, buah yang memiliki warna terang ini memiliki kandungan vitmain C empat kali lipat lebih banyak dari pada buah jeruk. Dalam satu buah jambu biji ukuran besar anda akan mendapatkan sekitar 250 mg vitamin C, jumlah tersebut memenuhi dua kali lipat kebutuhan vitamin C harian anda. 

  6. Buah nanas. Manfaat buah nanas untuk kesehatan sangat banyak sekali, hal itu tidak terlepas dari kandungan vitamin C yang dimilikinya. Dalam satu cangkirnya mengandung 78 mg Vitamin C. Buah ini juga memiliki tinggi serat yang sangat baik untuk kesehatan pencernaan anda. 

  7. Buah melon. Melon merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan nutrisi sangat lengkap. Dalam buah melon terkandung nutrisi penting seperti Vitamin C, Vitamin A, kalium, magnesium, Vitamin B1, B3, B6 dan folat. Buah melon juga memiliki rendah lemak sehingga aman dikonsumsi orang yang memiliki kelebihan berat badan. Selain itu bagi para ibu hamil juga sangat baik mengkonsumsi buah yang satu ini karena memiliki kandungan folat yang dibutuhkan selama masa kehamilan. Untuk tau lebih banyak mengenai manfaat buah melon anda bisa membaca artikel yang berjudul 7 Manfaat buah melon untuk kesehatan. 

  8. Buah pepaya. umumnya orang mengenal buah pepaya merupakan sumber vitamin A saja, akan tetapi banyak yang tidak mengetahui jika buah yang satu ini juga mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Satu porsi buah pepaya bahkan sudah dapat memenuhi 100 % kebutuhan vitamin C harian anda. 

  9. Buah Markisa. Buah yang satu ini memang sangat lezat jika dibuat jus apalagi saat cuaca sedang panas. 1 buah markisa ukuran sedang sudah mampu memberikan 50% dari kebutuhan vitamin C bagi tubuh anda. buah markisa juga diperkaya dengan zat besi yang sangat baik untuk penderita anemia. 

  10. Buah sirsak. Rasa asam yang dimiliki buah sirsak sudah dapat menunjukkan tingginya kandungan vitamin C yang dimilikinya. Buah sirsak mengandung vitamin C sekitar 20 mg per 100g buahnya. Vitamin C ini dapat berperan sebagai agen anti-penuaan sehingga membuat anda tetap terlihat awet muda.
loading...

Share this

7 Manfaat buah melon untuk kesehatan

Advertisement
Bagi anda para pecinta buah melon tampaknya akan semakin menggemari buah yang satu ini karena manfaatnya yang sangat banyak untuk kesehatan dan pencegahan dari berbagai macam penyakit. Diet buah-buahan memang sangat dianjurkan untuk menjaga kesehatan organ-organ vital di dalam tubuh anda sekaligus memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral yang umumnya banyak dikandung oleh buah-buahan.
Manfaat buah melon untuk kesehatan
Gambar: Manfaat buah melon

7 Manfaat buah melon untuk kesehatan
  1. Meningkatkan kekebalam tubuh. buah melon merupakan sumber vitamin  yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh dengan cara merangsang sel darah putih sehingga mampu melawan berbagai macam ancaman kesehatan dari luar seperti virus. Vitamin C juga berperan sebagai antioksidan kuat yang cukup efektif memerangi efek buruk radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas merupakan salah satu pemicu masalah kesehatan yang serius, bahkan penyakit berbahaya seperti kanker dan katarak diketahui bisa dipicu oleh radikal bebas. 

  2. Mampu mengontrol tekanan darah. Buah yang satu ini kaya akan kandungan kalium yang bekerja mengontrol tekanan darah agar tetap stabil, makan beberapa potong buah melon dapat membantu anda mendapatkan jantung yang sehat. Selain itu kalium juga dapat mencegah hipertensi dan stres.  

  3. Menjaga kesehatan paru-paru. Dalam Sebuah penelitian baru-baru ini berhasil mengungkap bahwa konsumsi makanan atau buah yang mengandung tinggi vitamin A seperti buah melon dapat menjaga kesehatan paru-paru bagi para perokok. Selain itu vitamin A merupakan nutrisi penting untuk menjaga kesehatan mata anda dan mencegahnya dari degenerasi makula terkait usia. 

  4. Rendah kalori. Buah melon merupakan salah satu buah yang sangat cocok untuk mendukung program diet anda karena mengandung kalori yang rendah.  Buah melon berukuran besar hanya memiliki sekitar 265 kalori, dan kalori dalam 5 cangkir melon yang sudah dipotong setara dengan 2 butir telur rebus dan 2 iris roti gandum. Jadi anda tidak perlu khawatir jika mengkonsumsi buah melon akan membuat berat badan anda menjadi naik. 

  5. Padat nutrisi. Dibalik kandungan kalorinya yang rendah ternyata buah yang satu ini memiliki banyak nutrisi yang penting bagi tubuh. Buah melon menyediakan  34% Omega 3, 8,3% protein, Vitamin A, Vitamin C,  tembaga, Magnesium, Kalium, Vitamin B1, B3, B6, dan folat.  Sangat luar baisa bukan, hanya dengan mengkonsumsi beberapa potong buah melon anda sudah mendapatkan semua nutrisi tersebut. 

  6. Mengurangi resiko penyakit jantung. Adenosin merupakan kimia antikoagulan yang terdapat dalam buah melon, Adenosin memiliki efek pengencer darah sehingga memperkecil resiko serangan jantung dan stroke, selain itu buah Melon juga kaya akan kandungan kaliumnya yang mengontrol tekanan darah, sehingga menjaga jantung anda tetap sehat. 

  7. Sumber antioksidan yang kuat. likopen merupakan salah satu antioksidan terkuat yang ditemukan dalam buah melon, likopen ini berfungsi untuk mencegah kerusakan sel. Mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi likopen dapat membantu mencegah penyakit kanker tertentu sekaligus mengurangi risiko serangan jantung.  Dalam 1/2 cangkir buah  melon mengandung sekitar 9 sampai 13 mg likopen. baca juga 7 manfaat buah semangka untuk kesehatan
loading...

Share this

7 Manfaat buah pir untuk kesehatan

Advertisement
Buah pir merupakan buah yang memiliki segudang manfaat untuk kesehatan karena kandungan nutrisinya yang lengkap berupa vitamin, serat dan mineral yang kesemuanya sangat dibutuhkan untuk menjaga keseimbangan organ-organ dalam tubuh. Untuk tau banyak mengenai manfaat buah pir berikut:
Manfaat buah pir untuk kesehatan
Gambar: Manfaat buah pir

7 Manfaat buah pir untuk kesehatan
  1. Menjaga kesehatan jantung. Buah Pir mengandung tinggi serat yang baik untuk kesehatan jantung. Sebuah penelitian telah menemukan bahwa serat dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dengan cara mengikat garam empedu yang terbuat dari kolesterol dan mengeluarkannya dari dalam tubuh. selain itu mengkonsumsi buah pir diketahui juga dapat mengurangi risiko stroke hingga 50 persen. 

  2. Kaya akan kandungan antioksidan. Buah pir diperkaya dengan vitamin C dan vitamin E yang merupakan antioksidan yang sangat kuat. Pir memiliki antioksidan dan anti-karsinogen glutathione sehingga membuatnya dapat meringankan tekanan darah tinggi dan stroke. Dengan demikian buah pir sangat bermanfaat bagi orang yang menderita penyakit jantung. 

  3. Untuk pencernaan yang sehat. Salah satu manfaat dari kandungan serat yang dimiliki buah yang satu ini adalah kemampuanya dalam membantu proses pencernaan makanan. Buah pir memiliki sekitar 14% serat pada setiap buahnya, makanan yang mengandung tinggi serat selain bermanfaat untuk pencernaan juga baik untuk anda yang sedang menjalankan program diet karena akan sangat membantu sekali dalam penurunan berat badan.   

  4. Meningkatkan Imunitas. Sistem imun yang kuat akan memungkinkan tubuh anda dalam melawan berbagai virus dan penyakit sehingga meningkatkan Imunitas menjadi snagat penting. Untuk meningkatkan sistem imun tersebut salah satunya anda memerlukan makanan yang kaya akan kandungan nutrisi penting seperti vitamin, dan buah pir menjadi salah satu buah dengan kandungan vitamin yang baik. Buah Pir mengandung vitamin C, Vitamin A, Vitamin K, zat besi, mangan, tembaga dan banyak lagi nutrisi penting lainnya yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. 

  5. Pencegahan kanker. Salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk mencegah penyakit kanker adalah dengan menerapkan pola hidup sehat dengan menghindari rokok, meninggalkan minuman beralkohol, olahraga secara teratur dan mengkonsumsi buah dan sayuran yang tinggi antioksidan alami. Buah pir memiliki kandungan vitamin C  yang merupakan antioksidan kuat untuk melawan sel kanker dalam tubuh. selain itu kandungan serat dalam buah pir juga berperan melindungi usus besar untuk mengembangkan kanker. 

  6. Mencegah anemia. Bagi penderita anemia sangat baik mengkonsumsi buah pir secara teratur karena mengandung zat besi. Zat besi merupakan nutrisi penting untuk meningkatkan sel darah merah sehingga dapat mencegah anemia. Selain itu kandungan mineral lain seperti tembaga dapat memfasilitasi dan meningkatkan penyerapan mineral dalam tubuh. fungsi lain dari zat besi dan mangan adalah: mencegah kelelahan, kelemahan otot, dan kerusakan organ. 

  7. Menurunkan kolesterol. Manfaat buah pir memang sangat banyak sekali untuk kesehatan selain untuk mencegah kanker, kandungan Pektin dalam buah ini sangat membantu dalam mengurangi kolesterol dalam pembuluh darah.
loading...

Share this

10 Manfaat buah jeruk untuk kesehatan

Advertisement
Anda suka makan buah jeruk? Buah yang memiliki rasa manis ini memang sudah menjadi favorit banyak orang di dunia hal tersebut tidak terlepas dari manfaat buah jeruk yang sangat banyak untuk kesehatan. Untuk memastikan anda mendapatkan manfaat dari buah jeruk pastikan anda memilih jeruk yang masih segar sehingga nutrisi yang dikandungnya masih terjaga dengan baik.
Manfaat buah jeruk untuk kesehatan
Gambar: Manfaat buah jeruk

10 manfaat buah jeruk untuk kesehatan
  1. Sumber vitamin C. Sudah tidak asing lagi bagi kita jika buah jeruk merupakan sumber vitamin C yang sangat baik sehingga buah yang satu ini dapat mengobati sariawan dan masalah kekurangan vitamin C lainnya. 

  2. Baik untuk pencernaan. Buah Jeruk membantu perut Anda merangsang cairan pencernaan sehingga mempermudah BAB. mengkonsumsi 25-35 gram serat setiap hari dapat membantu anda mendapatkan pencernaan yang sehat dan makan buah buah jeruk akan membantu anda memenuhi kebutuhan serat harian tersebut. 

  3. Menurunkan kolesterol. Buah jeruk diperkaya dengan kandungan flavonoid yang dapat menurunkan kolesterol dalam darah. bagi anda yang ingin menurunkan kolesterol jangan ragu untuk makan setidaknya 1 buah jeruk setiap harinya. 

  4. Mencegah kanker. Dalam sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa buah jeruk cukup efektif dalam mencegah beberapa jenis kanker. Buah jeruk memiliki kandungan limonene yang mampu melawan beberapa jenis kanker seperti  kanker kulit, kanker payudara, kanker mulut, kanker usus besar dan kanker paru-paru. Selain itu, kehadiran vitamin C sebagai antioksidan juga berperan penting untuk menangkal radikal bebas yang menjadi salah satu penyebab kanker. 

  5. Menjaga kesehatan jantung. Buah jeruk mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan jantung  seperti kalium, mineral, elektrolit yang bertanggung jawab dalam membantu fungsi jantung untuk bekerja dengan baik. Mengkonsumsi makanan yang kaya akan kandungan kalium sangat penting untuk menstabilkan irama jantung. 

  6. Mencegah anemia. Buah jeruk mengandung tinggi zat besi yang dapat mencegah  anemia atau kekurangan sel darah merah.  Kandungan vitamin C dalam buah jeruk juga memiliki peran penting dalam penyerapan zat besi ke dalam aliran darah.  maka dari itu bagi anda yang memiliki anemia tidak ada salahnya makan 1 buah jeruk setiap hari secara rutin. 

  7. Baik untuk kesehatan kulit. Vitamin C dalam buah jeruk selain dapat memutihkan kulit secara alami juga membantu  menangkal radikal bebas yang menjadi penyebab penuaan pada kulit. Minum 1 gelas jus jeruk bisa menjadi pilihan bagi anda yang ingin mendapatkan kulit sehat bersinar. 

  8. Menyediakan energi. Gula alami yang dimiliki buah Jeruk akan menyediakan pasokan energi untuk anda. walaupun buah yang satu ini memiliki kandungan gula tapi tidak akan menyebabkan naiknya berat badan anda karena buah jeruk hanya memiliki indeks glikemik dari 40-55 yang dianggap masih cukup rendah.  Walaupun demikian anda tetap tidak boleh mengkonsumsinya dalam jumlah yang berlebihan karena akan berefek tidak baik juga bagi kesehatan. 

  9. Buah jeruk sebagai detoksifikasi. Jus jeruk  dapat menjadi  antiseptik yang dapat membersihkan darah dari racun luar, Sehingga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan nafsu makan. 

  10. Memiliki kandungan vitamin B6. Vitamin B6 memiliki banyak fungsi di dalam tubuh kita diantaranya membantu menjaga keseimbangan air dalam tubuh, membantu memproduksi bahan kimia penting seperti hormon Serotonin yang memperbaiki suasana hati sekaligus meningkatkan sistem saraf yang sehat.
Banyaknya Manfaat buah jeruk untuk kesehatan di atas tidak terlepas dari kandungan nutrisi yang dimilikinya. Jadi jangan ragu untuk makan buah jeruk secara rutin.
loading...

Share this

10 manfaat buah nanas untuk kesehatan

Advertisement
10 manfaat buah nanas untuk kesehatan yang sangat mengagumkan. Buah nanas merupakan salah satu buah yang menjadi favorit banyak orang karena memiliki rasa manis dan menyegarkan. Buah nanas segar memiliki jumlah vitamin, enzim dan mineral yang tepat untuk membantu anda menjaga keseimbangan nutrisi dalam tubuh. Ada banyak manfaat yang anda dapatkan saat mengkonsumsi buah nanas diantaranya adalah, mampu mengatasi sembelit, gangguan pencernaan, radang sendi dan sinusitis. Untuk tau lebih banyak mengenai manfaat buah nanas mari kita simak:
manfaat buah nanas untuk kesehatan
Gambar: Manfaat buah nanas
 10 Manfaat buah nanas untuk kesehatan
  1. Mengatasi mual saat hamil. Buah nanas dapat anda jadikan sebagai obat alami untuk mengatasi mual saat hamil atau yang biasa dikenal dengan morning sickness. Selain itu buah nanas juga cukup efektif untuk membantu anda mengatasi mabuk kendaraan, jadi anda dapat membawa beberapa potong buah nanas saat bepergian untuk mencegah mual. 

  2. Bermanfaat untuk Mengatasi flu. Sudah kita ketahui bersama bahwa buah nanas kaya akan kandungan vitamin C yang berperan melawan virus yang menjadi penyebab flu. Buah nanas jika dikonsumsi secara teratur dengan porsi yang pas juga dapat mencegah flu dan mampu memperkuat sistem imun anda sehingga tidak mudah terserang penyakit.  

  3. Pencernaan yang sehat. Nanas dapat menetralkan cairan dalam lambung sehingga sangat membantu dalam proses pencernaan. Selain itu, karena kandungan bromelain yang dimilikinya membuatnya menjadi lebih mudah mencerna protein yang biasanya membutuhkan waktu cukup lama. Walaupun buah nanas memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, bagi para ibu hamil sebaiknya menghindari buah yang satu ini karena diketahui tidak baik dikonsumsi selama masa kehamilan. 

  4. Meringankan nyeri sendi. Buah nanas memiliki efek anti-inflamasi sehingga dapat meredakan nyeri sendi dengan perlahan. Buah nanas diketahui juga mampu mengurangi sakit akibat asam urat sehingga buah ini baik dikonsumsi bagi penderita asam urat. 

  5. Sumber antioksidan alami. Buah nanas memiliki tinggi kandungan vitamin C yang menjadi antioksidan untuk melawan penyakit berbahaya seperti kanker. Bagi anda yang hidup di daerah kota besar yang mau tidak mau harus menghirup polusi secara terus menerus sehingga akan memperbesar resiko terkena penyakit kanker. Mengkonsumsi buah nanas menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk membantu anda memperkecil resiko terkena kanker karena dapat melawan efek buruk dari radikal bebas tersebut. 

  6. Sumber energi. Bagi anda yang memiliki aktivitas fisik yang padat di luar rumah tidak ada salahnya memasukkan buah nanas sebagai salah satu menu harian anda, pasalnya buah yang satu ini kaya akan kandungan tiamin dan vitamin B6 yang mampu mengubah karbohidrat menjadi energi. Jadi bisa dikatakan buah nanas merupakan bahan bakar yang baik untuk tubuh anda. 

  7. Baik untuk penderita hipertensi. Buah nanas menjadi salah satu menu pilihan yang sangat baik bagi para penderita tekanan darah tinggi karena mengandung kalium yang dapat menstabilkan tekanan darah bagi si penderita. Dalam Secangkir jus nanas mengandung sekitar 1 miligram natrium dan 195 miligram kalium. Sehingga sangat disarankan bagi para penderita hipertensi untuk minum jus nanas secara teratur. Selain dibuat jus buah nanas juga bisa dikonsumsi secara langsung dengan manfaat yang sama. 

  8. Baik untuk kesehatan mata. Kandungan  vitamin A dalam buah nanas sangat baik untuk mata anda. mengkonsumsi vitamin A dalam jumlah sedang memiliki manfaat untuk mencegah munculnya masalah pada penglihatan anda. mengkonsumsi buah nanas secara teratur diketahui juga mampu memperkecil resiko mengalami degenerasi makula sekitar 36 persen. Degenerasi makula sendiri merupakan penyakit yang menjadi penyebab utama kebutaan pada orang dewasa yang disebabkan oleh kerusakan pada retina mata. 

  9. Baik untuk kesehatan kulit anda. Buah Nanas mengandung enzim yang bermanfaat untuk menjaga keelastisitasan kulit,  meningkatkan kelembaban  kulit secara alami, dan mengangkat sel-sel kulit mati. Enzim dalam buah nanas juga dapat menghilangkan flek hitam di wajah sehingga membuatnya lebih bersih. 

  10. Menurunkan berat badan. Bagi anda yang memiliki kelebihan berat badan ada baiknya mencoba segelas jus nanas untuk membantu menurunkan berat badan. Walaupun buah yang satu ini memiliki rasa manis tapi anda tidak perlu khawatir karena rasa manis yang dihasilkan merupakan gula alami yang tidak menyebabkan kegemukan. Buah ini juga membuat anda tetap merasa kenyang sehingga dapat mengurangi kebiasaan ngemil.
10 manfaat buah nanas bagi kesehatan di atas mungkin hanya sebagian kecil dari manfaat yang dimiliki oleh buah yang lezat ini. Jadi jangan ragu untuk mengkonsumsi buah nanas karena anda akan mendapatkan manfaat yang banyak darinya selama anda tidak mengkonsumsinya dalam jumlah yang berlebihan.
loading...

Share this

7 Manfaat buah semangka untuk kesehatan

Advertisement
7 Manfaat buah semangka untuk kesehatan. Semua orang saya rasa sudah mengenal buah semangka, buah yang terkanal karena memiliki rasa manis dan juga menyegarkan ini memang sangat cocok dijadikan sebagai menu pembuka disaat buka puasa karena bisa dengan cepat menggantikan cairan tubuh yang hilang.

Semangka masih satu kerabat dengan bangsa mentimun yang merupakan tanaman merambat. Buah ini berasal dari daerah setengah gurun di Afrika bagian selatan. Tanaman ini masih sekerabat dengan labu-labuan dan juga buah melon maka tidak heran jika dalam bahasa inggris semangka disebut juga watermelon. Semangka biasa dipanen buahnya untuk dimakan segar atau dibuat jus. Selain buahnya Biji semangka yang sudah dikeringkan dan disangrai juga dapat dimakan isinya sebagai kuaci yang memiliki manfaat untuk kesehatan.
Manfaat buah semangka untuk kesehatan
Gambar: Manfaat buah semangka
  1. Menjaga kesehatan mata. Buah semangka memiliki kandungan betakaroten yang cukup tinggi sehingga sangat baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan mata anda. betakaroten biasanya ditemukan dalam beberapa buah dan sayur yang memiliki warna merah dan orange menyala seperi wortel, tomat, buah naga termasuk semangka. Betakaroten dalam buah semangka akan dikonversi untuk diubah menjadi vitamin A. Konsumsi vitamin A dengan porsi yang cukup dapat mencegah dari katarak. 

  2. Sumber antioksidan yang baik. Perpaduan antara vitamin A dan E dalam buah semangka menjadikannya sebagai salah satu sumber antioksidan yang baik.  Antioksidan bekerja dalam menangkal radikal bebas yang merupakan penyebab munculnya berbagai macam penyakit seperti kanker, selain itu antioksidan  dalam buah semangka memiliki manfaat untuk memperlambat proses penuaan. 

  3. Mencegah hipertensi. Buah Semangka dapat sangat bermanfaat bagi orang yang menderita hipertensi karena buah semangkan dapat menstabilkan tekanan darah melalui kandungan kalium dan mangan yang dimilikinya.  Dalam sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa buah semangka jika dikonsumsi oleh orang dengan hipertensi dapat memberikan dampak yang positif pada tekanan darah mereka. 

  4. Menjaga kesehatan ginjal. Semangka dapat memberikan bantuan dalam meningkatkan aliran urin untuk ekskresi. Selain itu buah semangka juga dapat membantu menyingkirkan kelebihan cairan sehingga dapat mengurangi ketegangan pada ginjal. 

  5. Baik untuk sariawan. Buah yang satu ini juga dapat membantu anda mengobati sariawan karena merupakan sumber vitamin C yang cukup baik walaupun Kandungan vitamin C dalam buah semangka mungkin tidak setinggi buah jeruk. Selain itu mengkonsumsi buah yang kaya akan kandungan air ini juga dapat melembabkan mulut anda secara alami sehingga dapat mencegah munculnya sariawan dan mampu mengatasi bibir kering. 

  6. Mencegah kanker. Kandungan antioksidan dalam buah semangka selain dapat memperlambat proses penuaan ternyata juga cukup efektif untuk mencegah tumbuhnya sel kanker. Kandungan vitamin  C dan A dalam buah semangka berperan aktif dalam melawan beberapa jenis kanker seperti kanker payudara, kanker prostat, kanker rahim dan kanker paru-paru. Sebuah Studi di China pada tahun 2009 lalu menunjukkan bahwa senyawa yang ditemukan dalam semangka, bekerja untuk mengurangi tingkat kematian pada wanita yang diakibatkan kanker payudara. 

  7. Mendapatkan tulang yang sehat. Buah semangka adalah sumber likopen yang sangat baik. Para ahli menyatakan bahwa likopen merupakan komponen penting untuk mempromosikan kesehatan tulang anda. jadi saat anda mengkonsumsi buah yang memiliki rasa manis ini akan membantu anda mendapatkan tulang yang sehat.
Demikian tadi mengenai 7 manfaat buah semangka untuk kesehatan semoga informasi tersebut bermanfaat bagi para pembaca.
loading...

Share this

20 Manfaat olahraga bagi kesehatan tubuh

Advertisement
20 Manfaat olahraga bagi kesehatan tubuh. Saya rasa hampir semua orang sepakat bahwa olahraga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita sekaligus mencegah dari berbagai macam penyakit. Akan tetapi masih banyak orang yang malas berolahraga dengan alasan kurangnya waktu. Untuk melakukan Olahraga sebenarnya anda tidak perlu meluangkan banyak waktu jika anda tidak memilikinya. Cukup luangkan selama 10 menit perhari untuk beolahraga pada sela-sela jam kerja atau di pagi  hari sebelum memulai aktivitas harian. Untuk mengetahui apa saja manfaat olahraga bagi tubuh kita berikut:
Manfaat olahraga bagi kesehatan tubuh
Gambar: Manfaat olahraga
10 manfaat olahraga bagi kesehatan tubuh
  1. Menurunkan berat badan. Olahraga merupakan aktivitas fisik yang diketahui cukup efektif untuk membakar lemak sehingga membantu menurunkan berat badan dengan cepat. Olahraga seperti lari, sit up dan juga push up merupakan beberapa jenis olahraga yang menguras energi sehingga mampu membakar kalori. 

  2. Menjaga kesehatan jantung. Siapa yang tidak ingin memiliki jantung yang sehat? saya rasa semua orang menginginkannya. Jantung merupakan salah satu organ yang sangat vital di dalam tubuh kita. Ada cara mudah untuk menjaga kesehatan jantung anda akan tetapi sering dilupakan orang yaitu olahraga. Dengan berolahraga sekitar 30 menit minimal dua kali seminggu dapat membantu anda memperkecil resiko terserang penyakit jantung. 

  3. Menjaga kesehatan tulang. Tulang memiliki fungsi yang sangat penting sekali untuk menunjang aktivitas kita sehari-hari maka dari itu menjaga kesehatannya merupakan hal yang mutlak kita lakukan. Berolahraga diketahui memiliki manfaat untuk menjaga kepadatan tulang tetap terjaga sehingga menjauhkan anda dari resiko osteoporosis di masa tua. Ada beberapa jenis olahraga yang sangat baik untuk tulang di antaranya lari, push up dan senam. 

  4. Mencegah penyakit diabetes. Diabetes merupakan penyakit yang diakibatkan oleh tingginya kadar gula dalam darah sehingga penggunaan insulin dalam tubuh tidak bisa bekerja dengan baik. Ada banyak faktor yang menyebabkan penyakit diabetes diantaranya pola makan yang tidak seimbang (terlalu banyak mengkonsumsi makanan dengan kadar karbohidrat tinggi sekaligus  tidak diimbangi dengan asupan vitamin dan mineral), kurangnya akitivtas fisik, stres dan juga kebiasaan merokok. Untuk memperkecil resiko penyakit diabetes anda dapat melakukan olahraga secara teratur. 

  5. Membantu mengatasi stres. Manfaat olaharaga bukan hanya terbatas pada tubuh saja melainkan juga kesehatan psikis. Berolahraga teruatama di pagi hari akan memberikan efek yang sangat positif pada kesehatan tubuh dan juga mental anda. Ada Beberapa jenis olahraga yang diketahui secara khusus dapat melepaskan hormon serotonin yang membuat anda merasa senang dan rileks, beberapa diantaranya adalah: berenang, jalan sehat dan lompat tali. 

  6. Mencegah asma. Menurut sebuah penelitian yang di lakukan oleh Carson dan rekan-rekannya mengenai efek aktivitas fisik pada penderita asma. Dalam penelitian tersebut mereka menemukan bahwa pasien dengan asma yang melakukan aktivitas fisik dengan minimal 20 menit selama kurang lebih dua kali seminggu dapat meringankan penyakit asma mereka. Selain itu olahraga seperti berenang juga dapat mengurangi intensitas gejala asma. 

  7. Mencegah stroke. Untuk melakukan pencegahan penyakit stroke anda dapat melakukan olahraga secara rutin walaupun hanya 10 menit perhari. Dalam sebuah studi berhasil mengungkap bahwa manfaat olahraga dapat mencegah stroke pada pria dan wanita yang berusia 45 tahun. para peneliti juga mengatakan bahwa olahraga sedang seperti berjalan kaki pada wanita cukup efektif dalam mencegah stroke. 

  8. Menigkatkan kekebalan tubuh anda. Berolahraga di pagi hari seperti Lari kecil dapat membantu tubuh melawan serangan bakteri dan infeksi dengan cara memperkuat sistem imun. 

  9. Mencegah kanker. Sel yang tidak mendapatkan pasokan oksigen yang cukup dapat memicu penyakit kanker. Dan Jogging dapat menjadi pilihan untuk meningkatkan pasokan oksigen ke seluruh bagian tubuh, sehingga membantu mencegah beberapa jenis kanker. 

  10. Mendapatkan tinggi badan yang ideal. Tentunya anda tidak asing bukan mengenai manfaat olahraga seperti basket dan lompat tali dapat membuat tubuh anda menjadi lebih tinggi.  Hal tersebut dikarenakan saat anda melakukan Lompat tali/basket dapat meningkatkan suplai darah dan mengerahkan tekanan pada tulang panjang tubuh untuk tumbuh lebih tinggi. 
Selain di atas berikut manfaat lain olahraga bagi kesehatan tubuh kita
  • Mencegah penuaan dan membuat anda menjadi terlihat lebih awet muda 
  • Membantu mengatasi flu dengan meningkatkan sistem imun tubuh dalam melawan virus.
  • Mengatasi susah tidur sehingga membuat anda mendapatkan tidur yang berkualitas 
  • Meningkatkan kepercayaan diri 
  • Menjaga kesehatan kulit 
  • Mencegah impotensi pada pria 
  • Mempermudah tubuh untuk menyerap nutrisi 
  • Memaksimalkan fungsi sendi dan mencegah nyeri sendi 
  • Meningkatkan kemampuan otak
Setelah anda tau mengenai manfaat olahraga bagi kesehatan tubuh kita apakah anda masih malas berolahraga?
loading...

Share this

7 Manfaat buah markisa untuk kesehatan

Advertisement
Beragam manfaat buah markisa untuk kesehatan. Markisa merupakan buah yang menyegarkan dan kaya akan kandungan vitamin  C yang baik untuk kesehatan. Buah markisa diketahui mampu Meringankan penyakit Asma sekaligus mencegahnya. Mengkonsumsi buah markisa secara rutin dapat mengurangi dampak dari histamin, yang merupakan komponen biokimia yang menjadi penyebab penyakit asma.  Selain kemampuannya dalam meringankan gejala asma berikut beberapa manfaat buah markisa yang perlu anda ketahui.:

Manfaat buah markisa
Gambar: Manfaat buah markisa
  1. Mengatasi sembelit. Buah markisa  merupakan makanan yang dapat membantu sisitem pencernaan bekerja lebih baik sehingga dapat mencegah sembelit dan masalah pencernaan lainnya.  buah markisa dapat digunakan sebagai obat alami untuk mengatasi masalah lambung dan ulkus duodenum. Walaupun buah markisa sangat baik untuk kesehatan akan tetapi anda tidak boleh mengkonsumsinya secara berlebihan karena  akan memberikan efek yang kurang baik untuk lambung. 

  2. Kaya akan kandungan vitamin A. Kandungan vitamin A yang terdapat dalam buah markisa sangat bermanfaat untuk kesehatan mata anda sekaligus  mengurangi risiko arthritis, penyakit Parkinson, kemandulan dan depresi. Terlalau banyak mengkonsumsi makanan atau buah yang mengandung tinggi vitamin A akan menjadi racun dalam tubuh, untuk itu jangan teralalu banyak mengkonsumsi buah yang satu ini. 

  3. Mengandung tinggi zat besi. Karena kandungan zat besinya yang cukup tinggi membuat buah markisa dapat dengan cepat meningkatkan produksi darah sehingga mampu mengatasi anemia. Buah markisa mengandung tinggi zat besi yang dapat memenuhi sekitar 20% dari kebutuhan zat besi harian anda. jadi sangat dianjurkan bagi anda yang mengalami kekurangan darah untuk makan buah markisa secara rutin dengan porsi yang seimbang. 

  4. Kaya kandungan vitamin C. Mengkonsumsi buah markisa akan membantu anda untuk memenuhi kebutuhan vitamin C harian anda. vitamin C merupakan jenis antioksidan kuat  yang dapat mencegah berbagai macam penyakit berbahaya seperti kanker. Mengkonsumsi 1 buah markisa dapat mencukupi sekitar 50% kebutuhan Vitamin C harian anda. 

  5. Membantu mengatasi stres. Mungkin mengkonsumsi 1 buah markisa tidak akan menghilangkan stres anda secara seketika, akan tetapi paling tidak dapat membantu anda menjadi lebih rileks. Buah marikisa diketahui dapat  membantu menenagkan saraf dan membuat pikiran anda menjadi lebih rileks. 

  6. Membantu mengatasi susah tidur. Seperti yang telah disinggung di atas buah markisa dapat menenangkan saraf sehingga membuat anda menjadi lebih mudah untuk tertidur. Selain itu buah ini juga memiliki efek mengantuk, tentunya hal ini dapat membantu bagi para penderita insomnia untuk mendapatkan tidur yang nyenyak. 

  7. Sebagai buah untuk diet. Buah markisa kaya akan kandungan serat dan juga vitamin serta rendah lemak sehingga sangat baik dijadikan buah untuk diet. Diet buah-buahan sangat dianjurkan untuk memberikan keseimbangan nutrisi dalam tubuh anda.
loading...

Share this

7 Cara mengatasi gigi berlubang

Advertisement
7 Cara mengatasi gigi berlubang yang efektif. Gigi berlubang sebenarnya bukan merupakan penyakit yang berbahaya akan tetapi harus segera diatasi karena akan menimbulkan rasa sakit yang sangat menyiksa. Gigi berlubang biasanya disebabkan saat anda mengkonsumsi makanan manis yang meninggalkan sisa sehingga sisa makanan tersebut bergabung dengan air liur dan bakteri di mulut yang menjadi plak kemudian menempel pada gigi sehingga mengakibatkan gigi berlubang. Kondisi gigi berlubang dapat dicegah jika anda memperhatikan kesehatan gigi dan mulut anda dengan cara rutin meyikat gigi dibarengi makan buah-buahan seperti buah apel, strawberry dan pear. Berikut beberapa cara mengatasi gigi berlubang sekaligus pencegahannya: 
Cara mengatasi gigi berlubang
Gambar: Cara mengatasi gigi berlubang
  1. Penuhi kebutuhan kalsium dan vitamin D. Gigi berlubang bisa dipicu akibat rapuhnya gigi anda yang disebabkan karena kurangnya asupan kalsium dan Vitamin D. Jadi untuk membantu anda mendapatkan gigi yang kuat sekaligus mencegah dari gigi berlubang cukupi kebutuhan kedua nutrisi tersebut. 

  2. Minyak kelapa. Minyak kelapa dapat dijadikan sebagai bahan alami untuk mengatasi gigi berlubang. Oleskan minyak kelapa pada bagian gigi yang berlubang sambil menggosoknya akan membantu menyembuhkan gigi berlubang secara alami. 

  3. Bawang merah. Penggunaan bawang merah juga dapat mengatasi gigi berlubang secara alami, terapkan bawang merah pada bagian gigi yang berlubang dan diamkan sesaat. Bawang merah mengandung antibakteri alami yang akan membunuh kuman pada gigi. 

  4. Garam. Garam selain dapat digunakan untuk mengobati sariawan ternyata juga bisa mengatasi gigi berlubang. Garam mengandung antibakteri yang dapat mengatasi berbagai macam gangguan kesehatan pada mulut termasuk baum mulut. Terapkan garam pada bagian gigi yang berlubang kemudian biarkan beberapa saat setelah itu bersihkan dengan cara berkumur. 

  5. Hindari makanan manis secara berlebihan. Makanan manis seperti coklat dan juga permen dapat memicu terjadinya gigi berlubang. Makanan manis merupakan makanan yang sangat ideal untuk bakteri sehingga apabila dikonsumsi dan tersisa di gigi anda akan menjadikan gigi menjadi berlubang, bukan hanya itu saja makanan manis juga dapat memicu masalah mulut lainnya seperti sariawan dan bau mulut. 

  6. Akar kangkung. Kangkung selain dapat dijadikan sebagai sayur mayur, akarnya ternyata juga bisa digunakan sebagai bahan untuk mengatasi gigi berlubang. Cara penggunaanya adalah: ambil kira-kira 1 cangkir akar kangkung dan tambahkan 1/2 sdt cuka, kemudian rebus dengan 1 gelas air hingga mendidih. Gunakan air rebusan dari akar kangkung tersebut untuk berkumur. 

  7. Bawang putih. Selain bawang merah bawang putih juga diketahui dapat mengobati gigi berlubang, lumatkan satu siung bawang putih kemudian tempelkan pada bagian gigi berlubang anda, diamkan kira-kira selama 10 menit untuk membantu mengatasi gigi berlubang.
Demikian tadi 7 cara yang bisa anda terapkan untuk mengatasi gigi berlubang seacar alami, jika cara tersebut tidak dapat mengatasi masalah gigi berlubang anda cobalah untuk berkonsultasi dengan dokter gigi untuk mengetahui pengobatan yang cocok dan lebih efektif.
loading...

Share this