10 Fakta Manfaat buah tomat untuk kesehatan

10 fakta mengenai manfaat buah tomat untuk kesehatan. Biasanya anda menyebut tomat buah atau sayur? Banyak orang yang menganggap tomat adalah sayur dan bukan buah, padahal kenyataannya tomat masuk dalam katagori buah tapi biasanya dibuat menjadi sayur sehingga lebih dikenal dengan sayur. Tapi dalam artikel kali ini kita tidak akan membahas hal tersebut melainkan kita akan mengungkap manfaat yang dimiliki oleh tomat. Berikut manfaat tomat untuk kesehatan tubuh kita:
manfaat buah tomat
Gambar: Tomat
  1. Memperbaiki kerusakan akibat merokok. Makan buah tomat mungkin tidak akan membuat anda berhenti merokok ataupun menghilangkan semua bahaya merokok akan tetapi paling tidak buah tomat dapat mengurangi jumlah krusakan organ yang diakibatkan oleh rokok. Tomat mengandung asam coumaric dan asam chlorogenic yang bekerja melindungi tubuh dari karsinogen yang dihasilkan dari asap rokok. 

  2. Menjaga kesehatan jantung. Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit yang menjadi penyebab kematian terbanyak di dunia, pola makan yang tidak sehat, kebiasaan buruk seperti merokok serta kurangnya asupan buah dan sayur menjadi penyebab terbesar munculnya penyakit jantung. Mengkonsumsi tomat dapat menjadi salah satu cara yang bisa anda lakukan untuk menghindarkan anda dari penyakit jantung karena tomat mengandung Vitamin B dan kalium yang bermanfaat mengurangi kadar kolesterol sekaligus menurunkan tekanan darah yang menjadi penyebab penyakit jantung. 

  3. Untuk kecantikan kulit. Kandungan Lycopene yang ditemukan dalam buah tomat bermanfaat untuk menghaluskan serta menjaga kesehatan kulit anda. Sebuah studi yang dilakukan oleh departemen dermatologi di Charite University Berlin, menemukan hubungan antara konsumsi suplemen lycopene dengan kulit halus dan berkurangnya keriput. 

  4. Menghambat perkembangan kanker prostat. Menurut sebuah penelitian Pria Amerika yang mengkonsumsi setidaknya empat porsi buah tomat perminggu mengalami penurunan risiko kanker prostat hingga 40 persen. Studi pada laki-laki yang baru didiagnosis kanker prostat menemukan bahwa peningkatan konsumsi produk tomat dipercaya dapat  menurunkan perkembangan kanker.  

  5. Sumber vitamin C. Di dalam buah tomat terdapat berbagai jenis vitamin dan yang paling terkenal adalah Vitamin C.  Vitamin C memiliki fungsi yang sangat vital untuk sistem kekebalan tubuh anda. Orang Dewasa membutuhkan setidaknya 75 mg vitamin C perhari dan 1 cangkir buah tomat mengandung lebih dari 25 g vitamin C yang itu artinya makan 1 cangkir tomat akan mencukupi 1/3 dari kebutuhan vitamin C anda. 

  6. Mencegah sariawan. Makan buah tomat mungkin tidak akan mengobati sariawan akan tetapi kandungan vitamin C yang dimilikinya mampu menghindarkan anda dari resiko sariawan. 

  7. Sumber gizi. Buah biasanya dibuat sayur ini memiliki  kandungan vitamin A yang cukup tinggi yang sangat baik untuk kesehatan mata anda. kandungan flavonoid dalam buah tomat juga berperan sebagai anti-oksidan yang akan membantu melindungi dari kanker paru-paru dan kanker rongga mulut. Selain itu tomat juga diperkaya dengan asam folat yang baik bagi ibu hamil. 

  8. Mencegah Osteoporosis. Kebanyakan orang menganggap untuk mendapatkan tulang yang sehat hanya perlu mencukupi kebutuhan kalsium dan vitamin D saja, padahal selain keduanya Likopen juga dibutuhkan untuk mempertahankan kepadatan massa tulang. 

  9. Mengurangi resiko batu ginjal. Dalam beberapa penelitian diketahui bahwa rutin mengkonsumsi buah tomat tanpa biji telah terbukti mengurangi risiko batu ginjal. 

  10. Baik untuk penderita diabetes. Penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang menderita diabetes tipe 2 mengalami penurunan tingkat penggumpalan dalam sel darah saat rutin minum jus tomat.
Ternyata manfaat tomat sangat banyak sekali untuk kesehatan, pastikan anda memilih tomat yang segar untuk mendapatkan manfaat yang maksimal.

Share this

17 Manfaat mentimun dan kandungan nutrisinya

17 Manfaat mentimun dan nutrisi yang dikandunganya. Ada kabar gembira Bagi anda yang suka menjadikan mentimun sebagai lalapan, pasalnya sayur yang menyegarkan ini memiliki manfaat yang sangat mengagumkan untuk kesehatan. Selain bisa digunakan sebagai lalapan Kelebihan mentimun adalah harganya yang cukup terjangkau dan mudah didapatkan karena tersedia di berbagai supermarket dan pasar-pasar tradisional. Untuk tau lebih banyak mengenai apa saja manfaat dari sayur yang satu ini mari kita simak:
17 Manfaat mentimun dan kandungan nutrisinya
Gambar: mentimun

17 Manfaat mentimun dan kandungan nutrisinya
  1. Mencegah dehidrasi. Mentimun mengandung 95% air sehingga dapat mencegah kekurangan cairan dalam tubuh atau yang biasa disebut dehidrasi. Mencukupi kebuthan air dalam tubuh sangat penting karena kekurangan air akan menyebabkan masalah kesehatan seperti sembelit, menurunnya konsentrasi sampai dengan kegemukan. Anda bisa mencegah dehidrasi tubuh melalui air yang anda minum sampai mengkonsumsi buah atau sayur yang memiliki tinggi kandungan air seperti mentimun. 

  2. Dapat menurunkan berat badan. Anda tidak pelu khawatir jika mengkonsumsi mentimun akan membuat anda menjadi gemuk karena Menetimun sangat rendah kalori dan mengandung tinggi serat yang sangat dibutuhkan selama anda menjalani diet. Selain itu mengkonsumsi mentimun juga akan membuat anda merasa kenyang sehingga anda akan menjauhi kebiasaan ngemil. 

  3. Mengurangi minyak berlebih. Sayur yang satu ini juga dapat digunakan sebagai bahan perawatan wajah, caranya adalah: tempelkan mentimun pada permukaan kulit anda selama 15 menit kemudian angkat. Cara tersebut sangat efektif untuk mengatasi kulit berminyak yang menjadi penyebab jerawat. 

  4. Agen anti kanker. Siapa sangkan jika mentimun yang biasanya hanya dibuat sebagai lalapan ini ternyata dapat melawan kanker, anda ingin tau bagaimana hal tersebut bisa terjadi? jawabannya adalah mentimun mengandung lariciresinol, pinoresinol, dan secoisolariciresinol yang diketahui dapat memerangi beberapa jenis kanker seperti kanker payudara, kanker ovarium, kanker rahim dan kanker prostat. 

  5. Baik untuk penderita hipertensi. Ada banyak orang yang mengatakan bahwa mengkonsumsi mentimun dapat menurunkan tekanan darah tinggi, anda percaya? Faktanya mentimun memang mengandung berbagai macam nutrisi penting yang bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi seperti kalium dan serat. Dalam sebuah penelitian baru-baru ini berhasil mengungkap bahwa  mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi kalium, magnesium dan serat dapat mengurangi tekanan darah.  untuk itu bagi penderita hipertensi tidak ada salahnya mulai dari sekarang rutin mengkonsumsi mentimun.  

  6. Manfaat mentimun untuk Mencegah Alzheimer. Anda tau Alzheimer  itu apa? Alzheimer  adalah penyakit hilangnya ingatan yang disebabkan oleh sindrom dengan apoptosis sel-sel otak pada saat yang hampir bersamaan,  sehingga otak tampak mengerut dan mengecil. Salah satu Manfaat mengkonsumsi mentimun  adalah anda akan terhindar dari peyakit tersebut karena mentimun  mengandung flavonol yang disebut fisetin sebagai anti-inflamasi yang memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan otak. Selain mencegah penyakit Alzheimer mengkonsumsi mentimun juga mampu meningkatkan daya ingat dan melindungi sel-sel saraf anda yang terjadi akibat bertambahnya usia. 

  7. Menghilangkan bau mulut. Mengoleskan mentimun pada langit-langit mulut anda selama beberapa menit akan membantu membunuh bakteri penyebab bau mulut sehingga nafas anda menjadi lebih segar. Selain  bakteri Bau mulut juga bisa disebabkan karena kelebihan panas di perut, kabar baiknya adalah mentimun dapat mendinginkan perut secara alami karena mengandung tinggi air sehingga dapat menghilangkan bau mulut.  

  8. Meningkatkan kesehatan pencernaan. Kombinasi antara kandungan air dan serat dalam mentimun sangat efektif untuk melancarkan buang air besar sehingga dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan anda. 

  9. Manfaat mentimun untuk Mencegah asam urat. Makan mentimun secara rutin ternyata juga dapat Meningkatkan kesehatan sendi anda sehingga mengurangi asam urat dan rematik. Mentimun diperkaya dengan vitamin A, B1, B6, C & D, Folat, Kalsium, Magnesium, dan Kalium yang berkontribusi besar terhadap pencegahan penyakit asam urat. Selain itu mengkonsumsi mentimun dengan dicampur wortel secara rutin juga sangat baik untuk meringankan rasa sakit bagi penderita asam urat. 

  10. Menangkal radikal bebas. Mentimun memiliki kandungan Flavonoid dan tanin yang merupakan antioksidan penting dalam menangkal radikal bebas. Keduanya juga dapat bekerja sebagai penghilang rasa sakit sehingga mentimun sering digunakan sebagai obat tradisional untuk sakit kepala. 

  11. Meningkatkan energi. Jika anda ingin mendapatkan energi yang banyak tidak ada salahnya untuk rutin mengkonsumsi mentimun. Kandungan Vitamin B dan Karbohidrat dalam mentimun akan memberikan energi bagi kebutuhan tubuh anda tanpa harus mengkonsumsi minuman berenergi. 

  12. Menghilangkan kantung mata. Memiliki kantung mata pastinya sangat mengganggu penampilan karena membuat anda terlihat lesu dan kurang bersemangat. Untuk menghilangkan kantung mata anda tidak perlu susah-susah membeli produk perawatan yang harganya mahal karena mentimun dapat melakukannya. Caranya adalah: iris mentimun menjadi bagian yang tipis kemudian tempelkan pada kedua mata anda, tunggu sekitar 20 menit kemudian angkat. 

  13. Meringankan stres. Kandungan  Vitamin B dalam mentimun bermanfaat membantu mengatur fungsi kelenjar adrenal yang mengurangi tingkta stres. 

  14. Untuk ginjal yang sehat. Penyakit asam urat selain sangat menyiksa ternyata juga bisa berbahaya bagi ginjal anda karena memicu terbentuknya batu ginjal. Seperti yang sudah kita ketahui bersama jika mentimun dapat meringankan penyakit asam urat yang itu artinya juga dapat mencegah penyakit ginjal. 

  15. Baik untuk penderita diabetes. Pasien diabetes dianjurkan untuk memasukkan mentimun ke dalam menu hariannya karena  mentimun mengandung hormon yang dibutuhkan oleh sel-sel pankreas untuk memproduksi insulin yang sangat bermanfaat bagi para pasien diabetes.  

  16. Menurunkan kolesterol. Para peneliti telah menemukan bahwa senyawa yang disebut sterol dalam mentimun dapat membantu mengurangi kadar kolesterol sehingga bermanfaat bagi kesehatan jantung anda. 

  17. Mengeluarkan racun. Kandungan air yang melimpah dalam mentimun memiliki manfaat mengeluarkan racun dari dalam tubuh anda. selain itu mengkonsumsi mentimun juga dapat melarutkan batu ginjal.
Bagaimana,,setelah membaca artikel mengenai 17 manfaat mentimun dan kandungan nutrisinya di atas apakah anda tertarik untuk membeli mentimun?

Share this

Kandungan nutrisi dan manfaat bayam

Bayam merupakan salah satu sayur yang memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Mengkonsumsi sayur-sayuran yang berdaun hijau seperti bayam sangat penting karena mengandung tinggi antioksidan, vitamin dan mineral yang sangat diperlukan untuk menunjang kesehatan anda secara keseluruhan. Berikut beberapa manfaat bayam untuk kesehatan:
Kandungan nutrisi dan manfaat bayam
Gambar: Kandungan nutrisi dan manfaat bayam

  1. Sumber zat besi. Bayam menjadi salah satu sumber zat besi terbaik karena dalam 100 g bayam Segar menyediakan sekitar 25% dari kebutuhan zat besi harian anda. Bayam yang berwarna hijau gelap menunjukkan semakin tingginya kandungan zat besi yang dimilikinya. Zat Besi merupakan mineral penting yang dibutuhkan oleh tubuh untuk memproduksi sel darah merah sekaligus sebagai enzim oksidasi selama metabolisme sel.  

  2. Rendah kalori dan bebas kolesterol. Bayam memiliki kandungan kalori yang sangat rendah dan juga bebas Kolesterol sehingga menjadikannya sebagai menu yang sangat sempurna untuk diet. Makan bayam dalam jumlah yang banyakpun tidak akan membuat anda menjadi lebih gemuk sehingga bayam baik dikonsmsi secara rutin. 

  3. Penuh dengan nutrisi. Mengkonsumsi bayam artinya anda memasukkan lebih banyak nutrisi ke dalam tubuh. Bayam dikenal memiliki nutrisi yang sangat melimpah meliputi Vitamin K, Vitamin A, magnesium, folat (yaitu Iron), kalsium, Vitamin C, Vitamin B2, potasium, dan Vitamin B6. Selain itu bayam juga diperkaya dengan protein, fosfor, vitamin E, zinc, serat makanan dan tembaga.  

  4. Pencegahan terhadap kanker. Flavonoid adalah salah satu antioksidan yang terdapat dalam bayam yang bermanfaat sebagai anti-kanker dengan cara memperlambat pembelahan sel dalam perut dan kanker kulit. Selain itu, bayam diketahui juga bermanfaat melindungi tubuh dari terjadinya kanker prostat. 

  5. Sumber antioksidan alami. Sayur Bayam merupakan sumber Vitamin C, vitamin E, beta-karoten, mangan, seng dan selenium yang kesemuanya berfungsi sebagai antioksidan kuat yang melawan terjadinya osteoporosis, aterosklerosis dan tekanan darah tinggi. Selain itu antioksidan juga berperan sebagai antikanker sekaligus memperlambat proses penuaan. 

  6. Menjaga kesehatan tulang. Satu cangkir bayam rebus memenuhi sekitar 1000% dari kebutuhan vitamin K harian anda. Vitamin K berfungsi mencegah kelebihan osteoklas (sel-sel yang memecah tulang), serta mempromosikan sintesis osteocalcin yang merupakan protein penting untuk mempertahankan kepadatan tulang. 

  7. Kesehatan Otak dan fungsi Saraf. Untuk meningkatkan fungsi otak dan saraf yang sehat anda bisa memulainya dengan rutin makan sayur bayam setiap hari, hal ini penting karena kandungan vitamin K yang melimpah dalam sayur bayam memberikan kontribusi besar terhadap sistem saraf yang sehat dan meningkatnya fungsi otak dengan menyediakan sintesis sphingolipids yang merupakan lemak penting untuk membentuk selubung myelin di sekitar saraf kita. 

  8. Meningkatkan fungsi mata. Perlu kita ketahui bahwa sayur bayam mengandung vitamin A yang merupakan komponen penting untuk menjaga kesehatan mata kita.
Orang yang memiliki masalah ginjal dan kandung empedu sebaiknya berhati-hati makan bayam karena kandungan oksalat yang dimilikinya sangat mungkin mengganggu penyerapan kalsium.

Share this

12 Manfaat buah alpukat yang luar biasa

Buah alpukat merupakan salah satu buah yang menjadi favorit banyak orang karena memiliki manfaat yang sangat banyak untuk kesehatan. Buah alpukat mungkin tidak memiliki rasa yang manis seperti buah anggur atupun buah-buahan lainnya tapi memiliki nutrisi yang bahkan lebih unggul dari kebanyakan buah-buahan. saya sendiri sebenarnya tidak terlalu menyukai buah alpukat karena rasanya tapi mulai belajar untuk meyukainya setelah tau manfaatnya sangat luar biasa untuk kesehatan. Mari kita simak:
Manfaat buah alpukat yang luar biasa
Gambar: Manfaat buah alpukat

12 Manfaat buah alpukat yang luar biasa
  1. Bermanfaat untuk menurunkan kolesterol. Buah Alpukat kaya akan senyawa yang disebut beta-sitosterol yang telah terbukti cukup efektif dalam menurunkan kadar kolesterol darah. Dalam sebuah penelitian berhasil mengungkap bahwa pasien hiperkolesterolemia mengkonsumsi buah alpukat selama 7 hari memiliki penurunan kadar kolesterol hingga 17 persen sekaligus peningkatan 11 persen HDL (kolesterol baik). Penelitian tersebut tentunya menunjukkan bahwa buah alpukat memiliki manfaat untuk menurunkan kolesterol. 

  2. Baik untuk kesehatan jantung. Ada banyak nutrisi penting dalam buah alpukat yang diketahui memiliki manfaat untuk kesehatan jantung seperti vitamin B6 dan asam folat, yang membantu mengatur kadar homocysteine​​. Peningkatan homosistein yang tidak terkontrol dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung, jadi dengan mengatur kestabilan kadar homosistein akan membantu anda memperkecil resiko terserang penyakit jantung. Selain itu buah alpukat juga mengandung vitamin E, glutathione, dan lemak tak jenuh tunggal yang membantu menjaga kesehatan jantung.  

  3. Melawan serangan kanker. Kandungan  glutathione yang ditemukan dalam buah alpukat telah diketahui dapat membantu mencegah munculnya beberapa jenis kanker. Para peneliti juga menemukan bahwa ekstrak dari alpukat Hass mampu membunuh atau menghentikan pertumbuhan sel-sel kanker yang menyebabkan kanker mulut. 

  4. Menghilangkan Bau mulut. Siapa sangka jika buah yang satu ini dapat menghilangkan bau mulut yang mengganggu, hal tersebut bukanlah suatu yang aneh karena buah alpukat dapat membersihkan  lapisan lidah yang menjadi penyebab bau mulut. 

  5. Membantu menurunkan Tekanan darah. Kandungan Kalium yang tinggi dalam buah alpukat bermanfaat mengatur kestabilan tekanan darah, sehingga menjauhkan anda dari beberapa penyakit seperti hiprtensi, gangguan jantung dan stroke. 

  6. Sumber serat makanan. Buah Alpukat sudah dari dulu terkenal karena memiliki kandungan serat yang bermanfaat untuk kesehatan. Serat berfungsi membantu mengurangi kadar kolesterol, membantu menjaga fungsi usus dan menjaga kestabilan gula darah. 

  7. Baik untuk otak. Menrurut Dr Daniel G. Amin Buah alpukat merupakan makanan untuk otak yang sangat baik karena membantu mengurangi risiko penyakit Alzheimer (penyakit lupa ingatan). Buah alpukat memang kaya akan kandungan asam lemak Omega 3 serta vitamin E yang keduanya telah terbukti secara klinis mampu menghentikan penyakit Alzheimer. 

  8. Manfaat buah alpukat untuk kesehatan mata. Dengan anda mengkonsumsi buah alpukat akan meningkatkan Lutein yang bekerja melindungi mata dari degenerasi makula dan katarak. Tapi Penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk mengetahui sejauh mana peran buah alpukat dalam mencegah kedua penyakit tersebut. 

  9. Kaya akan nutrisi penting. Manfaat buah alpukat memang sangat banyak sekali untuk kesehatan tentunya hal tersebut tidak terlepas dari kandungan nutrisi yang dimilikinya. Buah alpukat mengandung vitamin B 12, kalsium, zinc serat makanan,kalium, tembaga dan omega-3 yang kesemuanya sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tubuh kita. 

  10. Sumber asam folat. Asam folat merupakan nutrisi yang sangat diperlukan selama masa kehamilan. Kurangnya asupan asam folat pada ibu hamil dapat mengakibatkan kecacatan pada bayi. Mengkonsumsi satu buah alpukat sudah memenuhi sekitar sepertiga dari asupan asam folat harian yang direkomendasikan. 

  11. Meningkatkan berat badan. Bagi anda yang memiliki tubuh kurang berisi dan ingin menaikkan berat badan secara alami bisa mencoba buah alpukat karena mengandung kalori dan nutrisi yang cukup lengkap yang membantu menaikkan berat badan.  

  12. Untuk perawatan kulit. Asam amino glutamin yang terdapat dalam buah alpukat membantu membersihkan kulit dan memberikan perlindungan terhadap kotoran dari luar. Selain itu kandungan Asam amino tertentu dan karotenoid anti-oksidan bermanfaat menghilangkan flek hitam di wajah secara alami sekaligus mebantu menghilangkan bekas luka.
Demikian 12 manfaat buah alpukat yang perlu anda ketahui semoga bermanfaat bagi para pembaca.

Share this

5 Tips mudah menjaga kesehatan tubuh

Setiap orang pasti menginginkan memiliki tubuh yang sehat dan terbebeas dari penyakit, akan tetapi tidak semua orang mau untuk memulai hidup sehat, padahal kita tau bahwa untuk mendapatkan tubuh yang sehat perlu kerja keras dengan cara mengatur pola makan, menghindari kebiasaan buruk yang dapat mengancam kesehatan dsb. Berikut:
gambar menjaga kesehatan
Gambar: Hidup sehat

5 tips mudah menjaga kesehatan tubuh
  1. Penuhi kebutuhan olahraga. Olahraga merupakan aktivitas fisik yang menyehatkan tetapi kurang diminati oleh banyak orang karena dinilai membutuhkan banyak waktu. Sebenarnya anda tidak perlu meluangkan waktu yang banyak untuk berolahrga cukup dengan 15 menit perhari secara rutin untuk mendapatkan manfaat darinya. Manfaat olahraga bagi kesehatan tubuh sangat banyak sekali mulai dari menguatka tulang, mencegah penyakit jantung, meningkatkan vitalitas sampai memperpanjang umur. 

  2. Istirahat yang cukup. Mendapatkan istirahat yang cukup merupakan salah satu kunci meraih tubuh yang sehat. Mencukupi kebutuhan Istirahat menjadi faktor yang sangat penting karena tubuh kita bukanlah robot yang bisa bekerja tanpa istirahat. Istirahat khususnya tidur selain untuk memulihkan tenaga juga memiliki manfaat yang sangat banyak untuk kesehatan diantaranya mengeluarkan racun dalam tubuh, menjaga kesehatan mental, meningkatkan fungsi otak sampai mencegah penyakit jantung. 

  3. Mengatur pola makan. Untuk menjaga kesehatan tubuh tidak bisa kita pungkiri bahwa mengatur pola makan merupakan hal yang wajib anda lakukan. Pola makan yang buruk dengan banyak mengkonsumsi makanan berlemak dan kurang memenuhi kebutuhan vitamin dari buah dan sayur-sayuran merupakan faktor terbesar pemicu munculnya penyakit berbahaya. Sayur dan buah mengandung tinggi antioksidan alami yang berperan memerangi efek berbahaya radikal bebas. Bukan hanya itu saja, buah juga merupakan sumber serat yang dapat membantu anda mendapatkan pencernaan yang sehat. Sebagai contoh saja Menurut hasil penelitian dari University of Massachusetts menerangkan bahwa manfaat buah apel bagi otak kita meliputi mempertajam otak, meningkatkan memori, dan mengurangi resiko penyakit Alzheimer.  

  4. Banyak minum air putih. Sebagai sumber kehidupan air memainkan peranan penting dalam menjaga kesehatan tubuh kita, banyak penyakit yang hadir disebabkan karena kurangnya asupan air seperti penyakit jantung, ginjal dan diabetes. Untuk itu mulai dari sekarang perbanyaklah konsumsi air putih agar anda terhindar dari penyakit berbahaya. 

  5. Hindari kebiasaan buruk.  Merokok dan minum-minuman beralkohol merupakan dua dari kebiasaan buruk kebanyakan masyarakat kita. Padahal sama kita ketahui keduanya tidak memiliki manfaat sama sekali untuk kehidupan kita. Selain menguras uang merokok dan minuman keras bahkan bisa membuat kita dihinggapi berbagai penyakit berbahaya.
Banyak orang yang sudah mengetahui bagaimana cara menjaga kesehatan mereka akan tetapi tidak banyak yang mau melakukannya, untuk itu mulailah hidup sehat dari sekarang agar kita tidak menyesal di kemudian hari.

Share this

17 manfaat buah apel yang luar biasa

17 manfaat buah apel yang sangat mengagumkan untuk kesehatan. Ada banyak orang yang menyukai buah apel karena rasanya akan tetapi tidak banyak yang tau jika buah apel memiliki manfaat yang mungkin tidak terbayangkan oleh anda. Buah apel memiliki kandungan berbagai macam nutrisi penting yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Telah ada banyak penelitian yang telah berhasil mengungkap manfaat tersembunyi dari buah apel ini, mulai dari mencegah tumbuhnya sel kanker, meningkatkan sistem imun sampai mencerdaskan otak. Untuk tau lebih banyak mari simak:
manfaat buah apel yang luar biasa
Gambar: manfaat buah apel
17 manfaat buah apel yang luar biasa
  1. Mencegah penyakit jantung. Sebuah penelitian telah mengungkap adanya hubungan antara tingginya asupan serat dengan melambatnya penumpukan plak pada dinding arteri. Senyawa yang disebut fenolik yang ditemukan dalam kulit buah apel diketahui sangat bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung. Artikel terkait 18 Manfaat buah naga dan kandungan nutrisinya

  2. Mencerdaskan otak. Mengkonsumsi buah apel menjadi salah satu pilihan yang bisa anda coba untuk membantu mengoptimalkan kerja otak, pasalnya Buah apel diketahui dapat meningkatkan produksi asetilkolin, yang merupakan zat kimia untuk mentransmisikan pesan antara sel-sel saraf otak yang itu artinya akan meningkatkan kinerja otak kita. Menurut hasil penelitian dari University of Massachusetts menerangkan bahwa manfaat buah apel bagi otak kita meliputi mempertajam otak, meningkatkan memori, dan mengurangi resiko penyakit Alzheimer.   

  3. Melawan sel kanker. Hasil dari sebuah penelitian menunjukkan bahwa beberapa senyawa yang hadir dalam buah apel dapat mengekang pertumbuhan sel kanker. Bahkan Pada sebuah penelitian di italiya menemukan Makan buah apel dapat menghindarkan seseorang dari resiko beberapa jenis kanker seperti kanker mulut, esofagus, usus besar, payudara, ovarium dan kanker prostat sampai 42 persen. 

  4. Menurunkan resiko diabetes. Wanita yang mengkonsumsi setidaknya satu buah apel perhari memiliki resiko 28 persen lebih kecil untuk mengembangkan diabetes tipe 2 dibandingkan mereka yang tidak mengkonsumsi buah apel.  Hal tersebut dikarenakan buah Apel mengandung serat larut yang dapat mengendalikan lonjakan kadar gula darah. 

  5. Menjaga kesehatan pencernaan. Buah Apel merupakan pencahar alami yang dapat mencegah sembelit dan gangguan pencernaan lainnya. untuk mendaptkan pencernaan yang sehat anda dapat minun jus buah apel yang dicampur denga wortel di pagi hari. Karena kandungan seratnya yang tinggi membuat makan buah apel secara teratur akan membantu melancarkan buang air besar sekaligus memperkecil resiko kanker usus besar. 

  6. Mempercepat pemulihan. Bagi anda yang memiliki aktivitas padat tidak ada salahnya mulai rutin mengkonsumsi buah apel di pagi hari. Buah apel mengandung  asam malat yang memainkan peran penting dalam meningkatkan kinerja otot, memulihkan otot yang lelah setelah beraktivitas dan mencegah kekakuan pada otot. Buah yang satu ini juga dapat meningkatkan energi anda sehingga sangat baik dikonsumsi bagi para atlet. 

  7. Menjaga kestabilan berat badan. Banyak masalah kesehatan yang berhubungan dengan kelebihan berat badan, di antaranya seperti penyakit jantung, stroke, tekanan darah tinggi, dan diabetes. Untungnya mengkonsumsi buah apel dapat membantu menjaga kestabilan berat badan sehingga dapat menghindarkan anda dari obesitas. Dalam memulai program diet salah satu hal yang harus anda lakukan adalah banyak  meningkatkan asupan serat melalui makanan atau buah-bauahan karena buah umumnya mengandung rendah kalori dan tinggi nutrisi. 

  8. Detoksifikasi. Disadari atau tidak setiap hari kita memasukkan racun ke dalam tubuh kita entah itu dari makanan ataupun dari polusi udara  yang setiap hari kita hirup. Menumpuknya racun di dalam tubuh menjadi salah penyebab terbesar munculnya berbagai macam penyakit berbahaya seperti kanker dan serangan jantung. Untuk itu sangat penting bagi anda mengkonsumsi makanan sehat seperti buah dan sayur yang dapat membantu anda mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Buah apel bisa menjadi salah satu pilihan bagi anda karena buah yang satu ini diketahui memiliki kandungan antioksidan tinggi yang dapat menangkal radikal bebeas. 

  9. Sumber zat besi. Zat besi merupakan nutrisi penting yang dibutuhkan untuk memproduksi sel darah merah. Zat besi dapat ditemukan pada daging, beberapa jenis buah-buahan dan sayur. Buah apel menyediakan kandungan zat besi yang bermanfaat untuk mencegah anemia. Selain itu Zat besi juga sangat dibutuhkan selama masa kehamilan sehingga bagi para ibu hamil sangat baik mengkonsumsi buah apel. 

  10. Mencegah batu empedu. Batu empedu bisa terbentuk ketika ada terlalu banyak kolesterol dalam empedu dan mengeras. Kondisi ini biasanya dialami bagi para penderita obesitas karena mereka memiliki timbunan lemak di dalam tubuhnya. Untuk membantu mengurangi resiko batu empedu anda dapat mengkonsumsi buah apel karena mengandung tinggi serat. Serat berperan dalam mengendalikan kadar kolesterol dalam tubuh sehinggan membantu dalam mengurangi penyerapan LDL (kolesterol jahat). 

  11. Mencegah Katarak. Dalam sebuah Studi menerangkan orang yang makan lebih banyak buah-buahan yang mengandung antioksidan seperti buah apel memiliki resiko 10 sampai 15 persen lebih kecil untuk terkena katarak. 

  12. Meningkatkan sistem imun. Antioksidan dalam buah apel selain dapat mencegah kanker juga berperan sebagai perisai bagi tubuh anda untuk melawan berbagai serangan penyakit sehingga mengkonsumsi buah apel sering dikaitkan dengan peningkatan daya tahan tubuh. Artikel terkait

  13. Manfaat buah apel untuk memutihkan gigi. Buah apel bekerja seperti layaknya sikat gigi alami yang dapat memutihkan gigi sekaligus menjaganya dari kerusakan. 

  14. Menjaga kesehatan kulit. Buah apel dapat mencerahkan sekaligus menjadikan kulit anda lebih sehat karena memiliki kandungan kolagen. 

  15. Mencegah asma. Peneliti di Inggris baru-baru ini menunjukkan bahwa konsumsi buah apel dapat melindungi paru-paru orang dewasa sehingga menurunkan resiko asma dan kanker paru-paru.

  16. Mengatasi rambut rontok. Kandungan biotin dalam buah apel bermanfaat dalam merangsang pertumbuhan rambut sekaligus membuatnya lebih kuat dan lebat sehingga dengan mengkonsumsi buah apel akan menghindarkan anda dari kebotakan. 

  17. Manfaat buah apel untuk mencegah dehidrasi. Buah apel memiliki kandungan air dan berbagai macam vitamin yang dengan cepat menggantikan cairan tubuh yang hilang setelah beraktivitas.

Share this

18 Manfaat buah naga dan kandungan nutrisinya


Manfaat buah naga sangat banyak sekali untuk kesehatan dan pencegahan penyakit berbahaya karena memiliki berbagai macam nutrisi yang sangat diperlukan untuk keseimbangan organ-organ penting di dalam tubuh kita. Buah naga adalah tanaman sejenis kaktus dari keluarga Hylocereus dan Selenicereus yang memiliki bentuk daun segitiga dengan duri di sepanjang daunnya. Manfaat buah naga yang paling terkenal adalah untuk menjaga kesehatan mata karena mengandung tinggi vitamin A. Ada banyak manfaat lain dari buah naga yang perlu anda ketahui di antaranya adalah:
Manfaat buah naga dan kandungan nutrisinya
Gambar: Manfaat buah naga
18 Manfaat buah naga dan kandungan nutrisinya
  1. Sebagai Antibakteri. Buah naga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena bermanfaat sebagai antijamur dan antibakteri. Karena kemampuannya itu pulalah yang membuat buah naga dapat membantu meningkatkan jumlah sel darah putih dalam tubuh yang berfungsi melawan racun dan menghambat pertumbuhan jamur atau bakteri dalam tubuh. 

  2. Mencegah sembelit. Tingginya kandungan serat dalam buah naga berperan dalam meningkatkan sistem pencernaan anda sehingga dapat mencegah sembelit. Pencernaan yang sehat juga menjadi salah satu kunci kesehatan anda secara keseluruhan karena dengan pencernaan yang bekerja optimal akan membuat tubuh lebih mudah menyerap nutrisi. 

  3. Mencegah diabetes. Selain bermanfaat untuk pencernaan serat juga berperan dalam membantu mengatur kadar gula darah yang pada akhirnya akan menghindarkan anda dari resiko diabetes. Akan tetapi konsumsi buah naga secara berlebihan akan memberikan efek yang sebaliknya karena buah ini juga memiliki kandungan gula, oleh karena itu tetap makan buah naga dalam jumlah yang normal. 

  4. Jantung yang sehat. Buah naga memiliki manfaat untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah sehingga dapat mencegah penyakit jantung. Kelebihan kolesterol dalam darah juga menimbulkan masalah kesehatan yang serius karena akan membentuk plak di pembuluh darah dan jika kondisi tersebut dibiarkan maka pembuluh darah akan pecah dan menyebabkan stroke. 

  5. Mengandung tinggi antioksidan. Buah naga merupakan sumber antioksidan alami untuk mencegah bahaya radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker. Pada sebuah penelitian menunjukkan bahwa buah naga merah memiliki kandungan antioksidan tinggi seperti lypopene, flavanoid dan phytoalbumins yang bermanfat  untuk mencegah kanker dan efek buruk lainnya yang diebabkan oleh radikal bebas. 

  6. Baik untuk ibu hamil. Manfaat buah naga ternyata juga bisa dirasakan oleh ibu hamil kerena buah yang atu ini memiliki  sejumlah zat besi dan asam folat, keduanya merupakan nutrisi penting yang sangat dibutuhkan selama masa kehamilan. Dengan mengkonsumsi buah naga akan membantu sang calon ibu untuk mengalami kekurangan sel darah merah. 

  7. Sumber vitamin C. Vitamin C memiliki manfaat yang sangat banyak untuk kesehatan salah satunya mencegah asma. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa para penderita asma lebih sering mereka yang memiliki asupan vitamin C yang kurang di dalam tubuh mereka. Maka dari itu cobalah untuk makan lebih banyak buah naga untuk menghindarkan anda dari berbagai macam penyakit. 

  8. Baik untuk kesehatan mata. Meningkatkan asupan vitamin A dalam  menu harian akan membantu anda mendapatkan mata yang sehat. Buah naga mengandung vitamin A dalam bentuk karoten yang dibutuhkan oleh retina mata untuk bekerja lebih optimal. Selain itu konsumsi buah-buahan yang tinggi kandungan Vitamin A akan mencegah dari Rabun senja dan degenerasi makula.  Mungkin anda ingin membaca 12 manfaat buah anggur dan kandungan nutrisinya.

  9. Meningkatkan sistem imun. Buah yang memiliki rasa asam manis ini memang kaya akan kandungan nutrisi yang meliputi vitamin: C, B1, B2, B3, dan mineral : kalsium, fosfor, zat besi, protein, niasin dan serat yang membuatnya dapat  meningkatkan sistem kekebalan tubuh anda. Mencukupi asupan vitamin dan mineral dalam menu harian anda akan membantu melawan bakteri dan virus dalam tubuh. 

  10. Mengatasi jerawat. Mungkin anda tidak menyangka bahwa buah yang satu ini dapat digunakan sebagai bahan penghilang jerawat secara alami. Caranya adalah: Buatlah pasta dari buah naga dengan menggunakan blender. Kemudian oleskan pasta tadi pada bagian wajah yang berjerawat, setelah selesai bilas wajah anda dengan air hangat sampai bersih.
Manfaat buah naga yang lain adalah:
  • Menguatkan tulang dan gigi
  • Menjaga kesehatan kulit
  • Mencegah asma
  • Mencegah sariawan
  • Memberikan pasokan energi
  • Memperlambat proses penuaan
  • Menurunkan kolesterol
  • Menurunkan berat badan
Demikian pembahasan mengenai 18 manfaat buah naga untuk kesehatan dan pencegahan penyakit, semoga bisa menjadi referensi bagi anda untuk memulai hidup sehat. Baca juga 12 manfaat buah pepaya dan kandungan nutrisinya.

Share this