5 Manfaat putih telur untuk kesehatan dan kecantikan

Advertisement
Telur merupakan makanan bergizi yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Telur terkenal karena mengandung berbagai macam nutrisi penting seperti protein, vitamin dan mineral yang kesemuanya sangat dibutuhkan oleh tubuh terutama bagi anak yang masih dalam masa pertumbuhan. Telur terdiri dari dua bagian kuning dan putih yang keduanya sama-sama memiliki nutrisi yang baik, akan tetapi sayangnya banyak orang yang tidak tau akan hal ini, kebanyakan orang menganggap bahwa hanya kuning telurlah yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan putih telur hanya merupakan sampah yang biasanya dibuang. Putih telur walaupun sering dianggap oleh beberapa orang tidak memiliki nutrisi ternyata menyimpan manfaat yang mungkin belum anda ketahui, Untuk mengetahui manfaat putih telur mari kita simak 5 kelebihan atau manfaat putih telur untuk kesehatan dan kecantikan: 
Manfaat putih telur untuk kesehatan
Gambar: Manfaat putih telur untuk kesehatan
  1. Rendah kolesterol. Telur mengandung tinggi kolesterol terutama pada bagian kuningnya, jadi untuk menghindari masuknya lebih banyak kolesterol di dalam tubuh mungkin anda bisa mencoba putih telur karena putih telur mengandung rendah kolesterol akan tetapi memiliki protein yang dibutuhkan oleh tubuh walaupun tidak sebanyak pada kuningnya.  

  2. Memiliki rendah lemak. Selain rendah akan kandungan kolesterolnya putih telur juga memiliki kandungan lemak yang sangat rendah sehingga tidak akan membuat anda menjadi gemuk, untuk itu putih telur bisa menjadi bahan campuran membuat kue pengganti kuning telur. 

  3. Sumber protein yang baik. walaupun putih telur tidak mengandung protein sebanyak kuningnya akan tetapi kandungan protein dalam putih telur lebih baik karena sangat rendah kalori. Selain itu putih telur juga mengandung semua asam amino esensial sehingga menjadi  salah satu sumber protein  yang berkualitas tinggi. 

  4. Membantu mengecilkan pori-pori kulit wajah. Manfaat putih telur yang bisa anda dapatkan adalah sebagai bahan perawatan wajah yang murah dan alami. Caranya adalah kocok 1 atau dua putih telur sampai berbusa. kemudian terapkan pada wajah anda, tunggu kira-kira 15 menit dan cuci wajah anda sampai bersih lakukan cara tersebut dua kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Cara tersebut juga bisa membantu anda mengatasi kulit berminyak secara alami. 

  5. Membantu mengatasi jerawat. Kandungan protein dalam putih telur mampu menyerap minyak berlebih pada kulit wajah anda yang menjadi biang keladi munculnya jerawat. Selain mengatasi jerawat putih telur juga bisa digunakan sebagai masker wajah untuk menghilangkan flek hitam di wajah secara alami. Manfaat lain dari putih telur untuk wajah anda diantaranya membersihkan kulit secara mendalam, mengencangkan pori-pori, dan mengurangi resiko timbulnya jerawat.
Walaupun dari jumlah nutrisi putih telur masih kalah dari pada kuningnya paling tidak sama kita ketahui bahwa putih telur ternyata juga memiliki kelebihan yang tidak bisa kita sepelekan. Terimakasih anda sudah membaca artikel yang berjudul 5 manfaat putih telur untuk kesehatan dan kecantikan.
loading...

Share this

10 Manfaat buah delima dan kandungan nutrisinya

Advertisement
Manfaat buah delima untuk kesehatan dan daftar kandungan nutrisinya. Buah delima atau yang dalam bahasa ilmiah disebut punica granatum merupakan salah satu buah yang memilki banyak manfaat untuk kesehatan dan dipercaya berasal dari daerah timur tengah tepatnya Iran.  Pohon delima dapat tumbuh sekitar lima sampai delapan meter. Buah yang satu ini dibudidayakan secara komersial di beberapa negara seperti India, Iran, kaukus, dan wilayah Mediterania. Buah delima memiliki kulit luar yang keras dan tekstur kasar dengan ukuran sekitar 6-10 cm dan berat hingga 200 gram. 
Manfaat buah delima dan kandungan nutrisinya
Gambar: Buah delima
Kandungan nutrisi buah delima

Energi 83 kkal 4%
Karbohidrat 18.70 g 14%
Protein 1.67 g 3%
Total Lemak 1.17 g 6%
Kolesterol 0 mg 0%
Dietary Fiber 4 g 11%
vitamin
Folat 38 mg 9,5%
Niacin 0.293 mg 2%
Asam pantotenat 0.135 mg 3%
Pyridoxine 0.075 mg 6%
Riboflavin 0.053 mg 4%
Thiamin 0.067 mg 5,5%
Vitamin A 0 IU 0%
Vitamin C 10,2 mg 17%
Vitamin E 0,60 mg 4%
Vitamin K 16,4 mg 14%
elektrolit
Sodium 3 mg 0%
Kalium 236 mg 5%
mineral
Kalsium 10 mg 1%
Tembaga 18% 0.158 mg
Besi 0.30 mg 4%
Magnesium 12 mg 3%
Mangan 0.119 mg 5%
Fosfor 36 mg 5%
Selenium 0,5 mg 1%
Zinc 0.35 mg 3%

Manfaat buah delima untuk kesehatan
  1. Melawan Kanker. Dalam Berbagai penelitian telah diketahui bahwa kandungan antioksidan dan polifenol yang terdapat dalam buah delima dapat membunuh sel-sel kanker sekaligus membantu mencegah penyebarannya. Selain itu antioksidan dalam buah delima juga baik untuk melindungi kulit dari kerusakan. 

  2. Sebagai buah untuk diet. Buah delima diperkaya dengan serat dan vitamin sekaligus rendah kalori yang membuatnya sangat cocok dijadikan sebagai buah untuk diet sehat. mengkonsumsi Makanan yang kaya akan kandungan serat seperti buah delima dapat membantu menjaga kestabilan berat badan sekaligus mengurangi risiko penyakit kronis yang diakibatkan oleh obesitas. 

  3. Sumber vitamin C. Buah yang satu ini merupakan sumber vitamin-C, yang menyediakan sekitar 17% kebutuhan harian anda per 100 gram daging buahnya. Memenuhi kebutuhan vitamin C sangat penting untuk menjaga kekebalan tubuh anda dalam melawan infeksi dan gangguan kesehatan dari luar. Buah lainnya yang mengandung tinggi vitamin C 7 Manfaat buah markisa untuk kesehatan

  4. Mencegah penyakit jantung. Kandungan antioksidan dalam buah delima sangat tinggi bahkan lebih tinggi jika dibandingkan dengan kandungan antioksidan dalam teh hijau dan anggur merah. Antioksidan tersebut selain dapat melawan sel kanker ternyata juga sangat baik untuk kesehatan jantung anda. Buah yang memiliki warna merah ini juga diperkaya dengan serat makanan dan senyawa punicalagins, keduanya bermanfaat untuk mengurangi kadar kolesterol sehingga memperkecil resiko penyakit jantung. 

  5. Mengurangi tingkat stres. Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh Queen Margaret University, mengkonsumsi  jus delima dapat membantu anda mengurangi tingkat stres secara signifikan. Hal ini dikarenakan orang yang makan buah delima memiliki kortisol yang juga dikenal sebagai hormon stres. 

  6. Memperlambat penuaan. Pengobatan herbal di cina telah mengutip bahwa jus delima digunakan sebagai pengobatan penuaan, ini tentunya juga bisa dikatakan bahwa mengkonsumsi  buah delima dapat memperpanjang usia seseorang. Ilmu pengetahuan moderen dan industri kosmetik juga setuju klaim ini, pasalnya penerapan produk yang mengandung ruby buah merah dapat mengurangi keriput sehingga membuat anda terlihat awet muda. 

  7. Menjaga kestabilan tekanan darah. Buah Delima dikenal dapat mengurangi tekanan darah tinggi. Jus buah delima diketahui dapat mengurangi peradangan di pembuluh darah pada pasien penyakit jantung. Buah delima bisa dikatakan sebagai aspirin alami karena dapat mencegah pembekuan pada darah untuk membentuk gumpalan. 

  8. Manfaat buah delima untuk Mencegah Anemia. Anemina merupakan penyakit yang disebabkan oleh kekurangan sel darah merah dalam tubuh. untuk mambantu mengobatinya anda memerlukan makanan yang mengandung tinggi zat besi seperti buah delima.  

  9. Mencegah osteoporosis. Sebagai langkah pencegahan osteoporosis anda dapat minum jus buah delima secara rutin. Hal tersebut dikarenakan sari buah delima dapat mencegah kerusakan yangt terjadi pada tulang rawan. Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam The Journal of Nutrition, mengungkap bahwa ekstrak dari buah delima bermanfaat menurunkan tingkat bahan kimia yang disebut interleukin-1b (IL-1b) yang dapat mengikis tulang rawan sehingga dapat memperbesar resiko osteoporosis. 

  10. Mencegah penyakit alzheimer. Penyakit Alzheimer adalah kondisi dimana terjadi penurunan daya ingat secara bertahap, yang biasanya juga dibarengi dengan perubahan kepribadian dan kemampuan untuk mengekspresikan diri. Hingga saat ini tindakan medis tidak ada yang dapat menyembuhkan penyakit tersebut, tetapi dapat dicegah salah satunya dengan banyak mengkonsumsi buah-buahan yang mengandung tinggi antioksidan.  Menurut penelitian yang dilakukan oleh Richard Hartman dari Loma Linda University, minum segelas jus buah delima yang kaya dengan kandungan antioksidan dapat membantu mengurangi penumpukan protein yang menjadi penyebab penyakit Alzheimer.
Manfaat buah delima yang belum dibahas dalam artikel ini tentunya masih banyak lagi, akan tetapi hanya ini informasi yang bisa saya berikan, semoga bisa menambah wawasan anda. baca juga 10 manfaat buah mengkudu yang luar biasa
loading...

Share this

7 Manfaat coklat hitam untuk kesehatan

Advertisement
Beragam manfaat coklat hitam bagi kesehatan tubuh anda. Coklat merupakan salah satu makanan yang menjadi favorit banyak orang di dunia terutama anak-anak, hal ini dikarenakan coklat identik dengan rasa manis dan tekstur yang lembut. Sayangnya reputasi coklat ini ternyata tidak semanis rasanya, coklat diklaim dapat memicu obesitas, penyakit diabetes, jantung dan stroke. Coklat sebenarnya memiliki manfaat sangat banyak sekali untuk kesehatan akan tetapi campuran yang biasa digunakan sebagai bahan untuk membuat produk coklat itulah yang sebenarnya merugikan untuk kesehatan.  Selama ini banyak coklat yang memiliki kandungan kakao sangat sedikit sekali akan tetapi dengan kandungan gula dan susu yang tinggi, maka tidak heran jika coklat dikatakan sebagai pemicu penyakit seperti di atas. Untuk mengetahui lebih banyak mengenai manfaat coklat mari kita simak: 
Gambar Manfaat coklat hitam
Gambar: Coklat Hitam
 

7 Manfaat coklat hitam untuk kesehatan
  1. Sumber antioksidan. Coklat hitam memiliki kandungan senyawa organik yang secara biologis berfungsi sebagai antioksidan alami seperti polifenol, flavanol, dan catechin. Coklat hitam memiliki kandungan antioksidan yang jauh lebih tinggi dibandingkan coklat putih karena coklat hitam memiliki 65 persen kakao yang lebih tinggi. 

  2. Energi yang melimpah. Coklat hitam tergolong sebagai makanan yang mengandung tinggi kalori sehingga dapat dengan cepat menyediakan energi bagi anda. para peneliti merekomendasikan untuk mengkonsumsi tidak lebih dari 100 gram atau sekitar 3,5 ons coklat hitam perhari untuk mendapatkan manfaatnya, karena jika berlebihan coklat akan memberikan dampak yang kurang baik untuk kesehatan. 

  3. Untuk jantung yang sehat. Salah satu Manfaat coklat hitam adalah baik untuk kesehatan jantung Anda. Ada dua hal yang membuat coklat bermanfaat untuk jantung yaitu:  Menyeimbangkan Tekanan Darah : Penelitian telah menunjukkan bahwa mengkonsumsi coklat hitam setiap hari dengan porsi yang cukup dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggiTurunkan Kolesterol: coklat hitam diketahui juga telah terbukti mengurangi kadar kolesterol hingga 10 persen. 

  4. Melancarkan sirkulasi darah. Kakao dalam coklat memiliki sifat anti-pembekuan dan pengencer darah yang berfungsi dalam meningkatkan sirkulasi darah. Ini sangat penting untuk memastikan organ-organ penting dalam tubuh bisa bekerja dengan baik seperti jantung dan otak. 

  5. Mengandung mineral penting. Ada sejumlah mineral yang ditemukan dalam coklat seperti Tembaga dan kalium yang dapat membantu mencegah stroke dan penyakit kardiovaskular. Selain itu coklat juga mengandung zat Besi yang membantu tubuh untuk memproduksi sel darah merah dan mencegah anemia. 

  6. Meningkatkan konsentrasi. Coklat dapat meningkatkan aliran darah ke otak sehingga akan membuat anda mudah  menjaga konsentrasi. Dalam sebuah penelitian di Inggris juga berhasil mengungkap bahwa konsumsi coklat hitam akan meningkatkan kemampuan menghitung seseorang. 

  7. Membantu mengontrol  gula darah. Kebanyakan orang akan berfikir jika mengkonsumsi coklat akan menaikkan gula darah, akan tetapi kenyataannya malah sebaliknya mengkonsumsi coklat hitam akan melindungi anda dari diabetes tipe 2. Selain itu kandungan Flavonoid dalam coklat hitam juga membantu mengurangi resistensi insulin dengan cara membantu sel-sel untuk berfungsi secara normal denga mengembalikan kemampuan untuk menggunakan insulin tubuh secara efisien. Coklat hitam juga memiliki indeks glikemik yang lebih rendah, yang itu artinya tidak akan menyebabkan lonjakan pada kadar gula darah anda.  Perlu anda ingat bahwa coklat yang beredar di pasaran biasanya sudah dicampur dengan gula dan susu, inilah yang membuat coklat tidak lagi baik untuk kesehatan dan bahkan menyebabkan banyak masalah kesehatan seperti obesitas dan diabetes.
Setelah anda tau mengenai manfaat coklat di atas apakah anda masih takut untuk mengkonsumsi makanan yang satu ini, selama anda mengkonsumsi dalam jumlah yang tidak berlebihan insya Allah anda akan mendapatkan manfaat yang banyak darinya. Artikel yang mungkin anda ingin baca 10 manfaat kentang bagi kesehatan anda
loading...

Share this

10 Manfaat kentang bagi kesehatan anda

Advertisement
Manfaat kentang yang mengejutkan untuk kesehatan tubuh anda. Kentang merupakan salah satu makanan padat yang kaya akan nutrisi penting seperti Vitamin, mineral, dan karbohidrat. Pada awalnya tanaman kentang berasal dari kawasan Amerika Selatan dan telah dibudidayakan oleh penduduk lokal selama ribuan tahun. Kentang dapat dinikmati dengan cara dimasak seperti biasa atau dijus dengan manfaat yang tidak jauh berbeda. Usahakan tidak menyajikan kentang dalam bentuk digoreng karena akan menambah tinggi kandungan lemak yang dapat memicu naiknya kadar kolesterol dan kegemukan.
gambar manfaat kentang untuk kesehatan
Gambar: kentang
 
10 Manfaat kentang bagi kesehatan anda
  1. Sebagai anti-inflamasi. Kentang dapat mengatasi beberapa penyakit seperti radang dan nyeri, terutama nyeri sendi dan sakit punggung. Selain memiliki manfaat untuk meredakan nyeri manfaat kentang yang lain adalah meningkatkan sirkulasi darah ke setiap area tubuh. 

  2. Mengeluarkan racun.  Kentang juga sering dikenal sebagai agen detoksifikasi karena kemmapuannya dalam membantu tubuh mengeluarkan racun. Ini sangat penting untuk meringankan kerja hati dan kantong empedu. Di jepang kentang telah digunakan untuk mengobati hepatitis dengan tingkat keberhasilan yang baik.  

  3. Penangkal radikal bebas. Mungkin anda berfikir jika buah-buahan saja yang menyediakan vitamin, kentang walaupun tidak masuk dalam kategori buah dan merupakan makanan padat  akan tetapi memiliki kandungan vitamin C yang tidak bisa kita anggap remeh. Seperti halnya vitamin C dalam buah, Vitamin C dalam kentang sangat penting dalam menurunkan kerusakan kardiovaskular. Vitamin C menetralkan radikal bebas dalam tubuh sehingga dapat mengurangi kerusakan yang terjadi akibat radikal bebas tersbeut. Ada banyak bahaya yang dapat ditimbulkan dari radikal bebas diantaranya merusak pembuluh darah dan menyebabkan penumpukan kolesterol pada dinding arteri. Baca juga 10 buah-buahan yang mengandung tinggi vitamin C untuk menangkal radikal bebas. 

  4. Mencegah kanker usus. Kentang diperkaya dengan serat makanan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan sistem pencernaan anda. serat membantu mengurangi risiko kanker usus dan masalah pencernaan lainnya. Selain itu kentang juga mengandung vitamin B6 yang akan membantu mencegah gangguan neurologis. 

  5. Sumber mineral penting. Kentang merupakan salah satu makanan yang kaya akan kandungan mineral penting karena kentang berasal dari akar yang dekat dengan tanah. Mineral sangat penting untuk membantu membangun tulang yang kuat dan meningkatkan fungsi saraf dan otot. Sebuah kentang berukuran besar yang direbus beserta kulitnya menyediakan 1,1 gram kalium, jumlah tersebut merupakan seperempat dari kebutuhan kalium anda setiap hari. Selain kalium kentang juga menyediakan sekitar seperlima dari magnesium dan fosfor yang anda butuhkan setiap hari. 

  6. Meningkatkan fungsi otak. Untuk meningatkan fungsi otak ada banyak faktor yang mempengaruhi seperti kadar glukosa, suplai oksigen, asupan vitamin B, asam amino dan asam lemak seperti omega-3. Kabar baiknya adalah Kentang hampir memenuhi semua kebutuhan yang disebutkan di atas. Kandungan karbohidrat yang tinggi dalam kentang akan mempertahankan tingkat glukosa dalam darah. Hal ini sangat diperlukan untuk memberikan tenaga  setelah lelah karena aktivitas kognitif. Kentang  juga mengandung sejumlah zat besi yang merupakan komponen penting dalam pembentukan hemoglobin/sel darah merah yang membawa oksigen ke otak. Jadi kentang merupakan makanan yang sangat baik untuk anak-anak karena membantu mereka memenuhi nutrisi otak mereka.  

  7. Meringankan stres. Kentang selain sebagai makanan untuk otak juga berperan dalam mengurangi tingkat stres seseorang karena mengandung tinggi  vitamin B6. Selain itu kentang juga memproduksi GABA (Gamma Amino Butyric Acid), yang merupakan hormon untuk mengurangi tingkat stres sekaligus membantu relaksasi otak sehingga membantu para penderita insomnia mendapatkan tidur yang nyenyak. 

  8. Manfaat kentang untuk ginjal. Sebenarnya kentang mengandung zat besi dan kalsium yang berkontribusi pembentukan batu, karena sebab itulah mungkin kita akan berfikir kentang tidak baik untuk pencegahan batu ginjal, akan tetapi perlu kita ketahui pula bahwa kentang mengandung magnesium yang dapat menghambat akumulasi kalsium (kalsifikasi) di ginjal, sehingga bermanfaat untuk pengobatan batu ginjal. 

  9. Menjaga kestabilan berat badan. Walaupun kentang mengandung tinggi karbohidrat akan tetapi tidak akan membuat anda menjadi gemuk selama tidak mengkonsumsinya secara berlebih dan dengan penyajian yang tepat. Kentang mengandung tinggi serat yang akan membuat anda kenyang lebih lama sehingga akan mengurangi kebiasaan ngemil anda. Selain itu serat juga berperan dalam menjaga kesehatan pencernaan yang merupakan faktor penting untuk penuruan berat badan. 

  10. Perawatan kulit. Kentang selain untuk dikonsumsi ternyata juga bisa digunakan sebagai bahan perawatan, hal tersebut tidak mengherankan mengingat kentang mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan kulit anda diantaranya kalium, magnesium, fosfor, seng Vitamin C dan B-kompleks. Manfaat yang bisa anda dapatkan saat menggunakan masker dari kentang adalah mencerahkan kulit, mengangkat sel kulit mati dan mencegah penuaan pada kulit.
Demikian tadi 10 manfaat kentang untuk kesehatan tubuh anda, semoga bermanfaat bagi para pembaca. Jangan lupa untuk memilih makanan yang kaya nutrisi untuk membantu anda mendapatkan tubuh yang sehat.
loading...

Share this

10 Manfaat buah mengkudu yang luar biasa

Advertisement
Manfaat buah mengkudu yang sangat mengagumkan untuk kesehatan. Buah mengkudu sudah lama dikenal sebagai obat tradisional untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit dan gangguan kesehatan. Bahkan Bangsa Polinesia telah menggunakan buah mengkudu selama ribuan tahun untuk membantu mengobati berbagai masalah kesehatan seperti diabetes, tekanan darah tinggi, luka bakar, radang sendi, tumor dan infeksi. Hal ini tidak terlepas dari manfaat buah mengkudu yang sangat mengagumkan untuk kesehatan.
Manfaat buah mengkudu
Gambar: Buah mengkudu
10 Manfaat buah mengkudu yang luar biasa
  1. Antidepresi/sedatif. Buah mengkudu dapat merangsang seratonin dan melatoning yang merupakan hormon penting. Seratonin bermanfaat mempengaruhi suasana hati, mebantu mengendalikan dan emosi. ketidakseimbangan hormon ini dalam tubuh akan mengakibatkan depresi dan gangguan mental. Melatonin yang terdapat dalam buah mengkudu juga dapat mengatur ritme Circadian, yang membantu mengatasi susah tidur, dan juga meningkatkan mood anda.  

  2. Agen anti kanker. Buah mengkudu diketahui mampu merangsang produksi oksida nitrat. Nitrat oksida adalah zat yang sangat berguna untuk mengurangi pertumbuhan tumor dan membantu tubuh melawan replikasi sel kanker. Selain itu buah mengkudu mengandung zat yang kaya polisakarida imunomodulator yang juga dikenal sebagai noni-ppt yang akan melawan kanker.  

  3. Menurunkan kadar Gula Darah. Pada sebuah penelitian di University of the West Indies yang menjadikan hewan sebagai objek penelitian telah menunjukkan bahwa buah mengkudu dapat mengendalikan kadar glukosa dalam darah. Dalam penelitian tersebut para peneliti memberikan obat dari buah mengkudu pada tikus yang menderita kelebihan kadar gula selama 20 hari. Hasil dari penelitian tersebut berhasil mengungkap bahwa buah mengkudu  sangat efektif untuk menurunkan gula darah. 

  4. Mencegah alergi. Dalam Buah mengkudu terdapat scopoletin yang bertindak sebagai antihistamin. Scopoletin  tersebut telah terbukti efektif digunakan sebagai bahan pengobatan banyak gejala alergi seperti ruam pada kulit, gatal-gatal, asma, hidung tersumbat, mata merah berair, dan demam. Jadi, bagi anda yang memiliki masalah dengan alergi dapat mengambil obat yang terbuat dari buah mengkudu setiap hari. 

  5. Sebagai anti-inflamasi. Salah satu keuntungan yang anda dapatkan dari mengkonsumsi buah mengkudu adalah mengatasi nyeri saat haid. Hal ini dikarenakan buah mengkudu mengandung  enzim anti-inflamasi yang cukup efektif membantu dalam mengatasi gejala nyeri yang dialami saat haid dan endometriosis pada wanita. Buah mengkudu juga sangat baik bagi wanita  yang dalam masa menstruasi karena akan membantu meningkatkan mood dengan merangsang produksi serotonin. 

  6. Sebagai obat untuk banyak penyakit. Beberapa studi menunjukkan bahwa buah mengkudu dapat membantu regenerasi sel dengan merangsang kelenjar pineal. Studi ini juga menunjukkan bahwa regenerasi sel dari substansia nigra dapat membalikkan banyak gejala serius yang disebabkan oleh penyakit saraf. Buah mengkudu dikenal untuk merangsang kelenjar pineal dan mempromosikan pelepasan hormon serotonin dan melatonin yang dipercaya bermanfaat untuk banyak penyakit seperti penyakit Alzheimer, Multiple Sclerosis, Penyakit Parkinson, hepatitis autoimun dan Penyakit usus. Akan tetapi Untuk penggunaan buah mengkudu sebagai obat bagi beberapa penyakit tersebut ada baiknya anda berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. 

  7. Menstabilkan tekanan darah tinggi. Buah mengkudu memiliki kandungan kalium yang bermanfaat bagi penderita hipertensi, kalium bekerja untuk menjaga irama jantung tetap stabil dan bekerja dengan baik. Dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa meningkatnya asupan kalium dapat mengurangi risiko kematian akibat penyakit kardiovaskular.  

  8. Sebagai obat demam. Manfaat buah mengkudu ternyaat juga dapat dijadikan sebagai obat menurunkan demam. Caranya adalah: Ambil satu buah mengkudu kemudian rebus dengan kencur secukupnya. Tunggu sampai mendidih dan air tersisa setengahnya. Setelah dingin, saring air rebusan tersebut kemudian minum dua kali sehari. 

  9. Untuk kulit yang sehat. Jus dari buah mengkudu dianggap sebagai bahan alami yang baik untuk perawatan kulit. Buah mengkudu memiliki kandungan antrakuinon yang memberi efek kolagen untuk merangsang dan mencegah pembentukan kerutan pada permukaan kulit wajah. Selain itu buah mengkudu juga memiliki sifat Anti-bakteri, anti-inflamasi yang berguna dalam menyembuhkan berbagai gangguan kulit termasuk jerawat, luka bakar, reaksi alergi pada kulit dan gatal-gatal secara holistik. 

  10. Memabantu mengobati sakit kepala. Buah mengkudu kaya akan kandungan kalium yang dikenal untuk membantu meringankan gejala sakit kepala seperti migrain serta sakit kepala biasa. Dosis yang bisa anda gunakan adalah 1 kapsul obat mengkudu.
Catatan: bagi anda yang memiliki masalah pada ginjal sebaiknya Hindari buah mengkudu karena memiliki kandungan kalium yang harus dihindari bagi penderita penyakit ginjal. Buah mengkudu sebaiknya juga dihindari bagi mereka yang memiliki masalah dengan fungsi hati. Selain itu buah mengkudu juga dapat berinteraksi negatif dengan obat-obatan tertentu seperti obat kemoterapi dan darah tipis coumadin, untuk itu selalu konsultasikan dengan dokter saat mengkonsumsi obat dari buah mengkudu.
loading...

Share this

10 Manfaat cuka apel bagi kesehatan dan kecantikan

Advertisement
Ini dia 10 Manfaat cuka sari apel untuk kesehatan dan kecantikan. Cuka sari apel adalah jenis cuka yang terbuat dari ekstrak buah apel yang memiliki warna kuning pucat. Cuka sari apel biasanya digunakan dalam salad, bumbu dan pengawet makanan. Cuka sari apel diperoleh dengan cara menghancurkan buah apel kemudian diambil airnya untuk difermentasi.  Manfaat cuka sari apel sangat banyak sekali untuk kesehatan diantaranya: mengobati sariawan, mengobati sakit tenggorokan dan menghilangkan bau mulut. Untuk tau lebih banyak mari kita perhatikan:
Manfaat cuka apel
Gambar: Apel dan Cuka sari apel
10 Manfaat cuka sari epel untuk kesehatan dan kecantikan
  1. Melancarkan sistem pencernaan. Minum cuka sari apel yang dicampur dengan air secara alami dapat membantu meningkatkan pencernaan anda sehingga akan menghindarkan anda dari masalah sembelit. Caranya: Ambil satu sendok makan cuka sari apel kemudian masukkan ke dalam segelas air, minum sekitar 15 menit sebelum makan untuk merangsang pencernaan dalam mengurai makanan.  

  2. Untuk detoksifikasi. Cuka sari apel yang masih alami dan belum melalui proses filter diyakini bermanfaat membantu detoksifikasi sekaligus  membersihkan hati anda. Untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh, anda bisa mencoba resep cuka sari apel yang dicampur dengan segelas air dan diminum sebelum makan.  

  3. Menurunkan kolesterol. Kandungan pektin dalam cuka sari apel yang merupakan jenis serat larut diketahui dapat membantu mengeluarkan kolesterol dari dalam tubuh. 

  4. Sebagai antibakteri alami. Cuka sari epel memiliki kemampuan Membunuh Beberapa jenis bakteri dan jamur. Secara tradisional cuka sari apel sering digunakan untuk mengobati jamur kuku, kutu, kutil dan infeksi telinga. Hippocrates yang merupakan bapak kedokteran modern diketahui juga menggunakan cuka apel untuk membersihkan luka lebih dari dua ribu tahun yang lalu. Karena kemampuannya sebagai antibakteri itu pulalah yang membuat Cuka sari apel sering digunakan sebagai pengawet makanan, karena dapat menghambat pertumbuhan bakteri seperti E. coli yang biasanya tumbuh dalam makanan dan membuatnya cepat basi.  

  5. Baik bagi penderita diabetes. Salah satu manfaat cuka sari apel adalah untuk membantu pasien penderita diabetes tipe 2. Diabetes tipe 2 ini ditandai dengan tingginya kadar gula darah, baik dalam resistensi insulin ataupun ketidakmampuan untuk memproduksi insulin. Mengkonsumsi dua sendok makan cuka sari apel sebelum tidur dapat mengurangi kadar gula darah sebesar 4 persen. 

  6. Membantu pelepasan zat besi. Kandungan Asam yang ditemukan dalam cuka sari apel membantu pelepasan zat besi dari makanan yang anda makan, sehingga dapat memperkecil hilangnya zat besi dari dalam makanan. Hal ini penting karena zat besi adalah komponen kunci dari hemoglobin dan mioglobin. Keduanya bertanggung jawab membawa oksigen ke sel-sel di seluruh tubuh. 

  7. Menyeimbangkan pH. Cuka sari apel membantu tubuh menjaga tingkat pH yang sehat. Penelitian telah menunjukkan bahwa kadar asam tinggi (pH rendah) akan menyebabkan kurangnya energi dan mudahnya tubuh untuk terkena infeksi. Untuk itu mengkonsumsi cuka sari apel sangat baik untuk mengatasi masalah kesehatan anda. 

  8. Menghilangkan flek hitam di wajah. Cuka sari apel sering digunakan sebagai bahan alami untuk perawatan kecantikan seperti  menghilangkan flek hitam dan meremajakan kulit. Caranya: celupkan kapas bersih ke dalam cuka sari apel  kemudian sapukan perlahan di semua bagian wajah anda. cara tersebut sangat efektif  dalam mengatasi jerawat sekaligus mengurangi perubahan warna dan bintik-bintik hitam pada kulit wajah anda. 

  9. Mengabati sakit tenggorokan. Bagi anda yang menderita sakit tenggorokan tidak usah membeli obat kumur karena cuka sari apel diketahui cukup efektik mengatasi sakit tenggorokan. Caranya cukup mudah yaitu: masukkan 1 sendok makan cuka sari apel ke dalam 1 gelas air hangat  kemudian gunakan air tadi untuk berkumur. Cuka sari apel akan membunuh bakteri yang menjadi penyebab sakit tenggorokan. 

  10. Manfaat cuka apel untuk rambut. Untuk anda yang menginginkan rambut sehat bersinar bisa mencoba Cuka sari apel sebagai bahan perawatan.  Caranya campurkan 1/2 sendok makan cuka sari apel ke dalam segelas air kemudian gunakan untuk membilas rambut anda setelah keramas. Cari tau 8 Cara mengatasi rambut bercabang.
Demikian tadi ulasan mengenai 10 manfaat cuka sari apel untuk kesehatan dan kecantikan yang semoga dapat memberikan informasi bagi anda yang membutuhkan
loading...

Share this

9 Manfaat kayu manis untuk kesehatan

Advertisement
Kayu manis merupakan salah satu bahan yang digunakan sebagai rempah oleh bangsa kuno seperti mesir. Selain sebagai bumbu, kayu manis juga bisa digunakan sebagai obat untuk mengatasi berbagai macam penyakit dan gangguan kesehatan lainnya. Hal tersebut dikarenakan kayu manis memiliki manfaat yang sangat banyak dan kandungan nutrisinya pun juga cukup lengkap.
Manfaat kayu manis untuk kesehatan
Gambar: Kayu manis
9 Manfaat kayu manis untuk kesehatan
  1. Manfaat kayu manis sebagai Antibakteri. Kayu manis dapat digunakan sebagai obat untuk mengatasi Keracunan Makanan karena memiliki kemampuan untuk membunuh beberapa jenis bakteri, termasuk E.coli. 

  2. Meningkatkan daya ingat. Kayu manis mengandung  beberapa jenis minyak esensial yang bermanfaat merangsang fungsi kognitif, fokus, dan kewaspadaan otak kita. Ini tentunya sangat bermanfaat bagi anak-anak yang dalam masa pertumbuhan dimana mereka sangat membutuhkan nutrisi untuk otak. 

  3. Manfaat kayu manis untuk Melawan sel kanker. Penelitian yang dilakukan di University of Texas Amerika serikat, yang diterbitkan dalam jurnal Nutrition and Cancer, menemukan bahwa kayu manis memiliki kemampuan dalam mengurangi proliferasi sel kanker sehinga dapat  mencegah dari penyakit kanker. 

  4. Menurunkan kadar gula darah. Walaupun kayu manis memiliki rasa manis seperti namanya akan tetapi tidak akan berbahaya bagi penderita diabetes, malah sebaliknya kayu manis diketahui telah terbukti dapat menormalkan kadar gula darah pada penderita diabetes tipe 2 dengan cara meningkatkan kemampuan untuk merespon insulin. Mengkonsumsi  kayu manis juga dikaitkan dengan penurunan kadar gula darah secara signifikan. 

  5. Sumber mineral penting. Ada banyak kandungan mineral yang terdapat dalam kayu manis seperti mangan dan kalsium, yang keduanya sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang dan kulit. Selain itu Kayu manis juga diperkaya dengan serat yang berkombinasi dengan kalsium untuk mendukung kesehatan usus dan jantung. 

  6. Sumber antioksidan alami. Kandungan antioksidan dalam kayu manis cukup tinggi bahkan lebih tinggi dari blueberry. Antioksidan dalam 1 sendok kayu manis setara dengan ½ cangkir blueberry. Kita tau bahwa antioksidan memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga kesehatan kita secara keseluruhan termasuk untuk memperlambat proses penuaan dan pencegahan penyakit kanker. 

  7. Membantu megatasi flu. Perpaduan antara kayu manis dan madu dapat digunakan sebagai bahan untuk mengatasi flu secara alami. Caranya dalah: ambil satu sendok makan madu. 1/4 sendok teh bubuk kayu manis. Campur keduanya dengan setangah gelas air hangat dan minum dua kali sehari pagi dan malam. Ramuan tersebut juga dapat menyembuhkan batuk kronis dan membersihkan sinus. 

  8. Menurunkan kolesterol. Bagi anda yang memiliki kadar kolesterol tinggi harus mencoba ramuan penurun kolesterol dari kayu manis ini.  Siapkan : Dua sendok makan madu dan tiga sendok teh bubuk kayu manis. Kemudian campur kedua bahan tadi dalam 1 gelas air teh. Minum selagi masih hangat untuk mengurangi tingkat kolesterol dalam darah hingga 10 persen hanya dalam waktu dua jam. 

  9. Mengatasi gangguan perut. Dalam kayu manis ada senyawa yang yang disebut catechin. Senyawa ini memiliki manfaat membantu meredakan mual. Selain itu Minyak atsiri dalam kulit kayu manis juga dapat membantu tubuh memproses makanan dengan memecah lemak selama proses pencernaan, hal ini tentunya dapat menjaga kesehatan pencernaan anda.
Sekian info yang bisa blog Cara hidup sehat bagi mengenai 9 manfaat kayu manis semoga bermanfaat.mungkin anda juga ingin megetahui 17 Manfaat mentimun dan kandungan nutrisinya.
loading...

Share this

8 Manfaat buah belimbing untuk kesehatan

Advertisement
8 Manfaat buah belimbing untuk kesehatan beserta kandungan nutrisi yang dimilikinya. Buah belimbing atau yang dalam bahasa inggris disebut starfruit merupakan buah tropis dengan bentuk menyerupai bintang. Buah ini berasal dari kawasan Asia tenggara dengan warna hijau ketika mentah dan kuning pucat ketika sudah masak. Buah belimbing memiliki kandungan air yang cukup tinggi sehingga sangat cocok dikonsumsi saat cuaca panas. Buah ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan karena mengandung berbagai nutrisi penting yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Berikut 8 Manfaat buah belimbing:
Manfaat buah belimbing untuk kesehatan
Gambar: Buah Belimbing

  1. Meningkatkan Imunitas. Buah Belimbing kaya akan kandungan vitamin C yang sangat bermanfaat bagi sistem kekbalan tubuh. Dalam buah belimbing segar menyediakan 34,5 mg vitamin C yang itu artinya anda sudah memenuhi sekitar 57% dari kebutuhan harian anda. Vitamin C adalah antioksidan yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan utamanya untuk meningkatkan  sistem kekebalan tubuh dan melawan penyakit seperti kanker. Selain itu konsumsi Vitamin C juga akan melindungi tubuh dari infeksi. 

  2. Mencegah kanker usus. Belimbing mengandung sejumlah serat makanan yang bermanfaat membersihkan racun dari dalam usus besar. Penyimpanan racun dalam usus besar dapat meningkatkan risiko kanker usus besar, Oleh karena itu mengkonsumsi buah belimbing akan menghindarkan anda dari kanker usus besar. 

  3. Sebagai buah untuk diet. Buah yang menyegarkan ini memang mengandung rendah kalori  dan memiliki tinggi serat sehingga sangat baik dijadikan sebagai buah untuk diet. Kandungan karbohidratnya juga membantu lebih kenyang tanpa membuat anda menjadi lebih gemuk. Untuk itu Bagi anda yang ingin menurunkan berat badan tidak ada salahnya rutin mengkonsumsi buah belimbing. 

  4. Menjaga metabolisme tubuh. Buah Belimbing atau yang biasa disebut starfruit ini juga mengandung tiamin, riboflavin, dan niasin. Nutrisi  tersebut walaupun dalam jumlah yang kecil dapat membantu menjaga kestabilan dan kekuatan metabolisme tubuh. Selain itu ketiganya juga dibutuhkan Rambut untuk melanjutkan proses pertumbuhan folikel. 

  5. Kaya nutrisi. Buah belimbing mengandung sejumlah kecil kalium yang membantu mengatur kestabilan tekanan darah, zat besi untuk pembentukan sel darah merah, kalsium dan magnesium membantu dalam memperkuat tulang sehingga akan memperkecil resiko osteoporosis. 

  6. Mengatasi masalah kulit. Kandungan Seng yang ditemukan dalam buah belimbing juga dikatakan sebagai obat alami untuk membersihkan jerawat dan mengatasi kulit berminyak ketika dioleskan pada kulit. 

  7. Menurunkan kolesterol. The Linus Pauling Institute melaporkan bahwa Asam pantotenat, yang dikenal sebagai vitamin B5, dapat membantu memerangi kolesterol dan mempercepat penyembuhan luka. Kandungan  Folat dalam buah belimbing juga diperlukan untuk mencegah cacat pada bayi saat dikonsumsi selama masa kehamilan. 

  8. Menurunkan demam. Orang india biasanya menggunakan buah belimbing yang sudah masak sebagai obat tradisional untuk menurunkan demam. Buah belimbing yang dikeringkan juga bisa digunakan untuk menurunkan demam karena memiliki sifat antiscorbutic. Bahkan  di India sendiri buah belimbing dianggap sebagai salah satu obat pendingin yang terbaik.
Perlu diperhatikan: Orang yang memiliki masalah pada ginjalnya sebaiknya menghindari buah belimbing ini karena diketahui mengandung asam oxalat. Selain itu Orang yang menderita diabetes juga harus menghindari buah ini, karena kandungan gulanya yang cukup  tinggi.  Tapi bagi anda yang tidak memiliki masalah pada kesehatan tidak perlu khawatir untuk mengkonsumsi buah belimbing selama tidak berlebihan.
loading...

Share this

8 Manfaat kubis bagi kesehatan tubuh

Advertisement
8 Manfaat kubis bagi kesehatan tubuh anda. Kubis adalah sayuran yang masuk dalam keluarga Brassica termasuk juga brokoli, kale, dan kembang kol. Pada umumnya kubis dapat tumbuh pada daerah yang memiliki tanah subur dan pada suhu udara sekitar 10-24 derajat C dengan suhu optimum 17 derajat C. Sayuran yang satu ini biasanya dibuat menjadi soup atau lalapan sebagai teman makan nasi. Untuk tau lebih banyak mengenai manfaat kubis mari perhatikan:
Gambar Manfaat kubis
Gambar: Kubis
8 Manfaat Kubis bagi kesehatan tubuh
  1. Nutrisi untuk otak. Mengkonsumsi kubis juga sering dikaitkan dengan meningkatnya kerja otak karena kubis mengandung tinggi vitamin K dan antosianin yang membantu meningkatkan  konsentrasi. Kedua nutrisi tersebut juga dapat mencegah kerusakan pada saraf, mengurangi resiko penyakit Alzheimer, dan demensia. Pilihlah kubis yang berwarna ungu karena  memiliki jumlah nutrisi yang lebih tinggi. 

  2. Untuk daya tahan tubuh yang kuat. Vitamin E yang terdapat dalam kubis bermanfaat untuk memperlancar metabolisme dan meningkatkan lebih banyak antibodi. Selain itu kandungan vitamin E dalam kubis juga merupakan elemen penting untuk memperbaiki kerusakan sel dan jaringan dalam tubuh. 

  3. Membuat awet muda. Memperbanyak Konsumsi sayur dan buah-buahan merupakan cara yang baik untuk membuat anda menjadi lebih awet muda.  kubis adalah salah satu diantara sayur yang memiliki manfaat cukup banyak untuk kesehatan karena mengandung banyak nutrisi. Seperti kebanyakan sayur lainnya kubis memiliki manfaat anti-penuaan pada kulit. Jumlah kaya vitamin C dalam sayuran ini membuat kulit awet muda dan menunda proses penuaan. Selain itu, vitamin A dalam kubis bekerja sama dengan vitamin D untuk membuat kulit Anda lebih sehat sekaligus melindungi  kerusakan sel-sel kulit akibat sinar ultraviolet. 

  4. Merangsang pertumbuhan rambut. Selain baik untuk mata Vitamin A dalam kubis bekerja sebagai  antioksidan yang merangsang pertumbuhan rambut, yang itu artinya dapat membantu anda mengatasi rambut rontok. Cara pembuatannya adalah:  ambil ½ cangkir kubis rebus dan 1/8 cangkir jus lemon segar. Blender sampai kedua bahan tadi benar-benar halus. Kemudian Pijatkan ramuan yang sudah anda buat tadi pada kulit kepala Anda, biarkan selama 30 menit setelah itu bersihkan seperti saat anda keramas. 

  5. Sebagai agen Anti-inflamasi. Kubis dikenal kaya akan kadmium yang merupakan salah satu komponen utama glutamin. Glutamin adalah agen anti-inflamasi yang kuat, sehingga mengkonsumsi kubis dapat mengurangi efek dari berbagai jenis peradangan, iritasi, alergi, nyeri sendi, demam, dan berbagai gangguan kulit. 

  6. Membantu mengeluarkan racun. Kubis juga bisa dikatakan sebagai makanan pembersih racun dalam tubuh karena mengandung vitamin C dan sulfur yang berfungsi untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh anda. untuk itu mengkonsumsi kubis secara rutin juga bisa dikaitkan dengan pencegahan penyakit asam urat, rematik, radang sendi, batu ginjal, penyakit kulit, dan eksim. 

  7. Baik untuk penderita maag. Bagi anda yang memiliki masalah dengan penyakit maag tidak ada salahnya mencoba mengkonsumsi kubis karena pada sebuah penelitian di Stanford University School of Medicine menemukan bahwa minum jus kubis segar sangat efektif untuk mengobati maag. Hal tersebut dikarenakan kubis memiliki kandungan glutamine yang bersifat anti-radang. 

  8. Bermanfaat untuk mata. Semakin banyak anda mengkonsumsi kubis semakin baik pula kesehatan mata anda. Kubis diperkaya dengan beta-karoten yang sangat baik untuk mata. Kubis dapat mengurangi resiko degenerasi makula terkait usia, degenerasi makula merupakan penyakit kebutaan yang biasanya dialami pada seseorang yang memasuki usia senja.
loading...

Share this