Cara menggunakan dan merawat lensa kontak

Advertisement
Lensa kontak bisa dikatakan adalah cara yang praktis untuk mengatasi masalah kesehatan mata, dibandingkan dengan kacamata, lesna kontak lebih praktis dan tidak banyak mengganggu teruatama saat kita beraktivitas fisik seperti olahraga, membungkuk dsb, selain itu lensa kontak juga tidak akan mengganggu penampilan anda bahkan mungkin sebaliknya. Namun beberapa orang tidak memperhatikan bagaiaman merawat dan memakai lensa kontak yang benar dan sesuai aturan, hal ini penting dilakukan karena jika pemakaian lensa kontak tidak sesuai petunjuk akan berbahaya bahkan menyebabkan masalah serius bagi mata. Bagi anda yang menggunakan lensa kontak ada baiknya membaca tips berikut:
 
merawat lensa kontak
 lensa kontak
  • Sebelum menggunakan lensa kontak sebaiknya cuci tangan anda sampai bersih dengan air hangat dan pastikan tidak ada sisa sabun yang menempel. Keringkan tangan anda dengan handuk terlebih dahulu sebelum memegang atau memakai lensa kontak.
  • Tempatkan lensa kontak ke jari telunjuk (pastikan menempel pada kulit bukan pada kuku).
  • Lihat ke atas kemudian Tarik kelopak mata anda secara perlahan dan masukkan lensa kontak dengan hati-hati menggunakan jari tengah.
  • Ulangi cara yang sama pada bagian mata yang satunya lagi.
Hal-hal yang harus anda lakukan berhubungan dengan lensa kontak 
  • Menjaga kebersihan lensa kontak, Bagi para pemakai lensa kontak ada baiknya untuk berhati-hati dan memeperhatikan kebersihan lensa kontak mereka karena jika tidak itu bisa berbahaya bagi kesehatan mata.
  • Bersihkan tangan anda sebelum memakai lensa kontak, hal ini penting untuk mencegah kotoran masuk ke mata anda melalui lensa kontak tersebut, pastikan juga tangan anda kering dan tidak lembab.
  • Ganti lensa kontak anda secara berkala, Sebaiknya sebelum memakai lensa kontak anda membaca dulu seberapa lama lensa kontak terebut baik untuk dipakai atau anda dapat bertanya langsung ke dokter mata.
  • Pilihlah cairan lensa kontak yang aman dan sesuai rekomendasi dokter mata.
  • Selalu simpan lensa kontak dalam larutan khusus lensa kontak, kecuali jika Anda memakai lensa kontak yang hanya sekali pakai.
Hal hal yang tidak boleh anda lakukan berhubungan dengan lensa kontak
  • Jangan memakai lensa kontak yang sudah dipakai orang lain karena dapat  menyebarkan infeksi.
  • Hindari pemakaian lensa kontak saat tidur karena hal ini dapat berbahaya bagi mata, kecuali jika dokter mata anda membolehkannya karena beberapa jenis lensa kontak dirancang untuk bisa dipakai sepanjang waktu.
  • Jangan mencuci lensa kontak dengan air keran atau sabun karena dapat mempermudah penyebaran bakteri.
  • Lepas lensa kontak sebelum anda berendam dengan air hangat atau berenang di kolam renang.
  • Hindari menempatkan lensa kontak pada tempat yang panas atau hangat seperti di atas televisi atau sejenisnya.
Carilah informasi yang sebanyak-banyaknya mengenai cara pemakaian dan juga tips merawat lensa kontak yang mungkin tidak tersedia di blog ini, dengan demikian anda akan mendapatkan informasi yang kaya agar terhindar dari bahaya pemakaian lensa kontak. Semoga bermanfaat.  
loading...

Share this

9 Tips menjaga kesehatan mata anda

Advertisement
Mata adalah salah satu organ tubuh yang memiliki fungsi sangat penting bagi kehidupan manusia dan perlu dijaga kesehatannya. Menurut data dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia pada tahun 1996, ada sekitar 1,5 juta penduduk di Indonesia mengalami kebutaan, jumlah ini merupakan yang tertinggi di kawasan Asia tenggara. Di Amerika sendiri yang merupakan negara maju Lebih dari 8 juta penduduknya mengalami masalah penglihatan seperti degenerasi makula terkait usia. Degenerasi makula adalah penyebab utama kebutaan pada orang di atas usia 60 tahun yang tanda-tanda awalnya sangat sulit diketahui.

gambar mata sehat
mata sehat
9 Tips menjaga kesehatan mata anda
  1. Mengkonsumsi makanan sehat untuk mata. Salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk menjaga agar mata kita tetap sehat adalah dengan banyak mengkonsumsi makanan sehat terutama yang mengandung tinggi vitamin A dan antioksidan. Beberapa makanan tersebut diantaranya wortel, buah naga, buah anggur, blueberry dan buah jeruk. 

  2. Berhenti merokok. Bagi anda yang ingin menjaga kesehatan mata sebaiknya mulai dari sekarang berhenti merokok, pasalnya Merokok menempatkan seseorang pada resiko tinggi untuk mengalami katarak, kerusakan saraf optik, dan degenerasi makula. Selain itu rokok juga memiliki dampak buruk yang sangat banyak bagi kesehatan seperti memicu penyakit jantung dan kanker. 

  3. Jaga jarak pandang. Saat anda membaca buku sebaiknya perhatikan jarak ideal antara mata dan buku, ini sangat penting untuk menghindari mata dari kerusakan. Jarak ideal antara mata dan buku kurang lebih sekitar  30cm terlalu dekat atau pun terlalu jauh akan mengakibatkan mata anda sakit dan menimbulkan masalah kesehatam pada mata seperti rabun dekat. Selain memperhatikan jarak pandang hindari juga membaca buku sambil tidur. 

  4. Hati-hati memakai lensa kontak. Bagi anda yang memakai lensa kontak sebaiknya berhati-hati dan mulai memperhatiakn pemakaiannya. Lensa kontak pada asalanya memiliki fungsi yang sama dengan kaca mata konvensional yaitu untuk membantu mereka yang memiliki masalah penglihatan, berbeda dengan kacamata lensa kontak lebih praktis dan juga tidak mengganggu penampilan. Walaupun demikian Pemakaian lensa kontak sebenarnya memiliki risiko yang lebih tinggi terkena penyakit mata dibandingkan dengan pemakai kacamata. Salah satu penyebabnya adalah kurangnya suplay oksigen pada mata yang dapat mengakibatkan rusaknya pada jaringan permukaan mata. Untuk mengetahui cara yang benar menggunakan lensa kontak silahkan baca cara menggunakan dan merawat lensa kontak

  5. Istirahatkan mata anda. Setiap bagian dalam tubuh manusia pasti membutuhkan waktu istirahat tidak terkecuali mata kita. Jika anda adalah seorang pekerja yang mengharuskan berada di depan komputer dalam waktu yang lama pastikan mata anda mendapatkan waktu istirahat yang cukup seperti berhenti sejenak selama 20 menit sekali selama kurang lebih 1 menit, hal ini bertujuan menghindari ketegangan pada mata saat di depan komputer. Selain itu mengatur tingkat keredupan layar LCD/monitor juga sangat diperlukan untuk mengurangi cahaya berlebihan yang dapat merusak mata. 

  6. Rutin pergi ke dokter mata. Kebanyakan orang termasuk saya mungkin akan malas pergi ke dokter mata karena kita merasa tidak memiliki masalah penglihatan. Padahal  Pemeriksaan mata bukan hanya untuk orang-orang yang mengalami gangguan penglihatan saja melainkan bagi orang dengan penglihatan normal pun dianjurkan untuk pergi ke dokter mata secara rutin. Tujuannya adalah mendeteksi perubahan kesehatan mata yang mungkin tidak kita sadari dan lama-kelamaan akan menimbulkan penyakit.  

  7. Gunakan pelindung mata. Pelindung mata sangat diperluakan saat kita melakukan aktivitas yang dirasa membahayakan mata kita seperti bekerja dibengkel las. Selain itu penggunaan helem saat berkendara juga bisa dilakukan agar mata kita terhindar dari debu dan serangga yang mungkin masuk ke mata kita. 

  8. Jaga kebersihan mata anda. Mata yang bersih adalah mata yang sehat untuk itu menjaga kebersihan mata adalah cara terbaik agar mata tetap sehat dan berfungsi optimal. Gunakan bahan pembersih yang aman bagi mata, anda bisa berkonsultasi dengan dokter mengenai cara aman untuk membersihkan mata atau memilih penggunaan bahan yang boleh dipakai membersihkan mata. 

  9. Hindari mengucek mata. Saat mata terasa gatal jangan mengucek mata anda kerena itu akan mengakibatkan mata perih dan memerah yang bisa memicu iritasi pada mata. Jika kemasukan kotoran atau serangga bersihkan dengan bahan yang aman seperti menggunakan air daun sirih.
Demikian tadi beberapa tips menjaga kesehatan mata yang bisa anda lakukan, mengingat mata adalah organ yang sangat sensitif pastikan anda benar-benar berhati-hati dalam melakukan perawatan.
loading...

Share this

5 manfaat jagung manis bagi kesehatan

Advertisement
Anda suka ngemil? Jagung manis mungkin merupakan pilihan yang sangat tepat. Jagung manis adalah salah satu makanan padat yang menyediakan nilai gizi cukup melimpah mulai dari vitamin serat dan mineral. Ada banyak orang yang bertanya kenapa jagung manis memiliki rasa manis dibandingkan jagung biasa, hal ini dikarenakan Jagung manis merupakan hasil dari mutasi resesif yang terjadi secara alami dalam gen yang mengendalikan konversi gula pati dalam endosperm dari kernel jagung.  Selain rasanya yang manis ternyata jagung manis juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan berikut daftar manfaat jagung manis:
manfaat jagung manis
 jagung manis
  1. Mengandung serat. Jagung manis merupakan sayuran yang menjadi sumber serat makanan terbaik. Dalam  100 gram memberikan sekitar 2 gram atau 5% dari kebutuhan serat harian kita. Jumlah serat yang tercukupi dalam diet akan membantu mengatur lonjakan kadar gula darah. Namun, sama seperti nasi, kentang jagung manis tidak boleh dikonsumsi dalam jumlah yang banyak oleh pasien penderita diabetes karena tinggi indeks glikemik. 

  2. Mencegah penuaan. Anda ingin terlihat awet muda? Mengkonsumsi jagung manis mungkin bisa menjadi pilihan yang bisa anda coba, jagung manis mengandung tinggi antioksidan yang bermanfaat menghambat proses penuaan terutama pada kulit. Selain itu kandungan Vitamin C dan likopen dalam jagung manis akan membantu memperkuat rambut sehingga dapat mengatasi rambut rontok. 

  3. Sumber asam folat (vitamin B9). Jagung manis merupakan sumber folat yang sangat baik. Menurut natural-homeremedies.org, mencukupi kebutuhan asam folat cukup efektif dalam menurunkan kadar homosistein dalam tubuh. Homosistein merupakan asam amino merugikan yang dapat merusak pembuluh darah. Meningkatnya kadar homosistein dalam tubuh dapat secara langsung memicu serangan jantung, stroke dan penyakit pembuluh darah perifer. Untuk mengurangi resiko penyakit tersebut kita disarankan memenuhi kebutuhan asam folat harian kita. 

  4. Meningkatkan fungsi otak. Kandungan tiamin yang tinggi dalam Jagung manis dapat mendukung kinerja otak. Menurut whfoods.org, tiamin merupakan nutrisi penting yang bermanfaat meningkatkan fungsi kognitif otak. Selain itu mencukupi kebutuhan  tiamin juga diperlukan untuk meningkatkan kerja memori otak dengan membantu memproduksi asetilkolin. Rendahnya tingkat asetilkolin ini sering diakitkan dengan tingginya resiko penyakit Alzheimer. 

  5. Mencegah berbagai macam penyakit. Jagung manis mengandung asam ferulat lebih banyak dibandingkan buah atau sayuran lainnya tentunya ini menjadi salah satu kelebihan tersendiri dari jagung manis. Penelitian menunjukkan bahwa asam ferulic dapat menangkal penyakit kanker, diabetes, penyakit jantung dan penyakit neurodegeneratif seperti penyakit Alzheimer.
loading...

Share this

10 Makanan penambah energi terbaik

Advertisement
Anda seorang pekerja keras dan membutuhkan banyak energi untuk beraktivitas? Jika iya hal pertama yang harus anda lakukan adalah mempersiapkan menu sarapan yang sehat dan bisa menyediakan banyak energi. Makanan bisa dikatakan adalah bahan bakar utama tubuh yang membuatnya tetap bisa beraktivitas. Pada dasarnya setiap makanan memiliki fungsi yang hampir sama yaitu memberikan energi dan nutrisi bagi tubuh anda, akan tetapi mungkin beberapa jenis makanan hanya memberikan nutrisi yang lebih sedikit dan lebih banyak zat yang tidak berguna karena setiap makanan pasti ada bagian yang tidak diperlukan oleh tubuh. Untuk itu sangat penting bagi anda dalam memilih makanan yang padat akan nutrisi sehingga anda tidak perlu banyak mengkonsumsinya tapi kebutuhan tubuh anda sudah terpenuhi. Beberapa makanan sehat yang padat nutrisi terebut diantaranya:
Makanan penambah energi
Makanan penambah energi

  1. Buah Pisang. Buah yang satu ini harus anda masukkan ke dalam menu makanan sehat anda karena memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Pisang mengandung berbagai macam vitamin, mineral dan karbohidrat yang dengan cepat bisa diakumulasi sebagai energi oleh tubuh. Para atlet sering mengkonsumsi pisang sebelum mereka terjun ke lapangan untuk mendongkrak stamina mereka, bahkan Dalam sebuah olimpiade seorang atlet lari asal Jamaikan yang bernama Yohan Blake dikabarkan mengkonsumsi sekitar 16 buah pisang perhari untuk menambah tenaganya saat berlari. Silahkan anda baca selengkapnya di 15 manfaat buah pisang dan kandungan nutrisinya

  2. Yogurt. Untuk mendapatkan energi yang melimpah kita membutuhkan makanan yang mengandung tinggi karbohidrat tapi usahakan juga memiliki rendah lemak agar tidak menimbulkan masalah kesehatan seperti melonjkanya berat badan. Yogurt rendah lemak adalah makanan yang cukup ideal dalam menyediakan energi bagia anda karena mengandung tinggi karbohidrat, protein sekaligus  rendah lemak.  

  3. Jenis kacang-kacangan. Kacang-kacangan merupakan sumber protein yang sangat baik ditambah denga serat, dan nutrisi penting lainnya sehingga membuat anda lebih kenyang dan bertenaga. Satu sendok selai kacang pada roti gandum bisa memberikan energi yang melimpah bagi anda terutama jika anda memiliki aktivitas yang padat. 

  4. Coklat hitam. Pada asalnya semua jenis coklat menyediakan tinggi kandungan karbohidrat yang itu merupakan sumber energi tubuh, akan tetapi coklat hitam jauh lebih baik, kenapa? Karena coklat hitam mengandung tinggi antioksidan sekaligus rendah lemak, ingat coklat yang banyak kita temui di pasaran sudah dicampur dengan gula, bahkan mungkin pemanis buatan sehingga membuatnya tidak baik bagi kesehatan. Selain itu Coklat hitam juga menawarkan manfaat yang sangat banyak untuk kesehatan seperti membantu menghilangkan stres, meningkatkan konsentrasi sampai menjaga kesehatan jantung. 

  5. Madu. Satu sendok madu setara dengan minuman energi, tapi dibandingkan minuman energi madu tentu jauh lebih baik bukan hanya dalam hal memberikan pasokan energi melainkan dari efek yang ditimbulkan untuk kesehatan. Madu memiliki rendah indeks glikemik, karena mengandung pemanis alami yang bisa dengan mudah diubah oleh tubuh sebagai tenaga.  

  6. Buah apel. Apel merupakan makanan camilan yang sempurna bagi anda  karena mengandung vitamin, serat dan karbohdirat. Kandungan serat yang tinggi dalam buah apel juga bisa membuat anda menjadi kenyang lebih lama dan memberikan cadangan energi saat anda membutuhkan. Anda juga tidak perlu khawatir mengenai kandungan lemak dalam buah yang satu ini karena buah apel memiliki rendah lemak sehingga tidak akan membuat anda menjadi gemuk. 

  7. Telur. Makanan yang satu ini adalah sumber protein melimpah karena telur menyediakan 30% dari kebutuhan protein harian anda. Protein sangat dibutuhkan oleh tubuh dalam pembentukan otot dan menjaga kekuatan tulang. Selain itu kandungan lemak baik dalam telur juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung dan mencegah stroke. 

  8. Buah anggur. Buah manis dengan tampilan menawan ini merupakan salah satu idola banyak orang di dunia karena buah anggur dianggap sebagai simbol kemewahan dan merupakan makanan para raja pada zaman kuno. Ada banyak alasan mengapa buah yang satu ini menjadi begitu istimewa dan alasan yang paling utama adalah manfaat buah anggur bagi kesehatan. Anggur bukan hanya menyediakan energi yang melimpah bagi kita melainkan juga mencegah berbagai macam penyakit berbahaya seperti katarak, jantung sampai kenker. 

  9. Sayur-sayuran. Ada banyak sayur-sayuran yang memberikan manfaat bagi kesehatan sekaligus menyediakan sumber energi bagi kita seperti bayam, brokoli, dan wortel. Meskipun sayur bukan menjadi sumber energi utama tapi anda tidak bisa meremahkannya karena sayur adalah sumber terbaik dari vitamin, antioksidan, karbohidrat dan juga mineral, dan yang paling penting sayur-sayuran juga mengandung rendah lemak sehingga sangat cocok dijadikan makanan untuk diet sehat. 

  10. Gandum. Makanan padat ini bisa dijadikan sebagai menu sarapan yang sempurna karena mengandung tinggi karbohidrat. Gandum dan kebanyakan biji-bijian adalah makanan sumber energi terbaik yang bisa anda coba sebagai alternatif pengganti nasi.
loading...

Share this

Khasiat dan Manfaat propolis bagi manusia

Advertisement
Propolis adalah zat yang dikumpulkan oleh lebah untuk melekatkan dan menambal sarang mereka. Propolis selain berfungsi sebagai pelekat ternyata juga digunakan sebagai bahan pertahanan lebah terhadap serangan virus dan bakteri yang berasal dari luar sarang. Seiring berkembangya teknologi dan ilmu pengetahuan moderen ada banyak penelitian yang mencoba mengungkap manfaat propolis bagi manusia, termasuk juga menjawab pertanyaan mengapa propolis sudah digunakan oleh beberapa bangsa kuno seperti mesir sebagai obat. Untuk mengetahui berbagai penelitian terkait manfaat propolis bagi manusia mari kita perhatikan:
Manfaat propolis
Manfaat propolis
5 Manfaat propolis bagi manusia
  1. Melawan infeksi. Propolis mengandung antibakteri dan antivirus sehingga membuatnya sangat efektif untuk mengobati infeksi dan meredakan nyeri. Propolis bisa digunakan pada luka, memar, sakit tenggorokan, sakit perut dan lecet. Penggunaan propolis secara teratur dapat membantu mengatasi masalah kesehatan kronis dan gangguan alergi persisten.

  2. Mengobati sariawan. Sariawan adalah kondisi di mana terdapat bercak putih pada daerah sekitar mulut yang dibarengi dengan rasa sakit. Penyebab utama sariawan adalah bakteri yang umumnya dikarenakan kita kurang memperhatikan kebersihan mulut. Propolis adalah salah satu obat yang cukup ampuh untuk mengatasi sariawan karena memiliki kemampuan membunuh bakteri penyebab sariawan. Caranya anda bisa mencampurkan propolis dengan air dan menggunakan sebagai obat kumur. 

  3. Kaya antioksidan. Propolis mengandung berbagai macam zat-zat yang sangat menguntungkan bagi kesehatan seperti asam amino, bioflavonoid, mineral dan vitamin. Bioflavonoid ini adalah antioksidan kuat yang bermanfaat bagi kesehatan terutama dalam meningkatkan sistem imun tubuh untuk membantu melawan radikal bebas yang merusak sel-sel darah merah.  

  4. Anti-inflamasi. Hasil dari sebuah penelitian yang diterbitkan dalam PubMed.gov, menyimpulkan bahwa propolis bermanfaat mempercepat penyembuhan luka pada diabetes, penelitian ini didasarkan pada percobaan dengan hewan tikus. Apa sebenarnya yang membuat propolis bisa melakukannya? Hal ini dikarenakan Propolis kaya akan bioflavenoids yang telah terbukti memiliki sifat anti-inflamasi. Menurut Medline Plus, propolis dapat menjadi bahan pengobatan untuk peradangan vagina, namun penelitian lebih lanjut perlu dilakukan untuk mengklaim hal ini. 

  5. Menghilangkan kutil. Pada sebuah penelitian yang menguji tingkat efektivitas Propolis dan Echinacea dalam mengobati berbagai jenis kutil mengungkap bahwa propolis ternyata lebih efektif dalam menjadi obat kutil. Dalam penelitian tersebut, yang dilakukan secara acak 3-bulan percobaan, 135 pasien dengan berbagai jenis kutil mendapatkan pengobatan Propolis, Echinacea, atau plasebo. Pada pasien dengan kutil  yang diobati dengan Propolis memiliki hasil jauh lebih baik daripada pengobatan menggunakan Echinacea atau plasebo.
loading...

Share this

9 makanan pencegah penyakit kanker

Advertisement
Ada banyak faktor yang dapat memicu penyakit kanker dan yang paling utama adalah gaya hidup, meliputi pola makan, kebiasaan buruk, kurangnya aktivitas fisik dsb. Walaupun penyakit kanker sering dipicu oleh makanan akan tetapi beberapa makanan justru diketahui dapat mencegah penyakit  kanker seperti buah dan sayur. Nah, dari pada penasaran mari kita simak makanan yang dapat mencegah pneyakit kanker:
makanan pencegah kanker
makanan pencegah kanker
  1. Brokoli. Brokoli selain lezat saat dijadikan sayur ternyata juga memiliki manfaat untuk mencegah kanker. Brokoli ditemukan mengandung indole-3-carbinol yang bermanfaat mencegah kanker. Senyawa tersebut bekerja sebagai anti-oksidan  untuk melawan sel kanker di dalam tubuh. Untuk informasi selangkapnya anda bisa simak di 10 manfaat brokoli bagi kesehatan

  2. Bawang putih. Garlic atau bawang putih mengandung senyawa sulfur yang dapat merangsang  sistem kekebalan tubuh terhadap serangan kanker, dan mungkin memiliki potensi untuk mengurangi pertumbuhan tumor. Anda dapat memanfaatkan bawang putih sebagai bumbu masakan atau tambahan bahan membuat sambal, jika anda menginginkan yang lebih praktis kapsul bawang putih mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat. 

  3. Buah blueberrry. Buah yang satu ini memnag cukup terkenal karena kandungan antioksidannya yang sangat tinggi sehingga dipercaya cukup ampuh sebagai makanan untuk mencegah kanker.  Antioksidan dalam buah blueberry bekerja menangkal efek buruk radikal bebas, yang merupakan senyawa tidak stabil yang dapat merusak sel dan menyebabkan berbagai macam penyakit termasuk kanker. Usahakan Carilah buah blueberry organic yang tidak tercemar oleh pestisida, jika sulit menemukan pastikan anda mencucinya sampai benar-benar bersih sebelum dikonsumsi untuk meminimalisir kandungan pestisida di dalam buah blueberry tersebut. 

  4. Sayur Wortel. Wortel menyediakan sejumlah antioksidan kuat yang mendorong sistem kekebalan tubuh anda bekerja lebih baik. Konsumsilah wortel selagi masih mentah untuk menjaga kandungan vitamin yang dimilikinya, cara termudah menyajikan wortel adalah dengan cara dijus, tapi pastikan juga anda menghindari  penambahan pemanis atau gula.  Selain antioksidan wortel juga mengandung sejumlah mineral dan serat  yang kesemuanya dibutuhkan untuk pencegahan kanker. 

  5. Ikan salmon. 1 ons ikan Salmon mengandung setidaknya lebih dari 100IU vitamin D. Vitamin D telah terbukti menjadi faktor penting dalam mencegah peradangan seklaigus menurunkan risiko beberapa jenis kanker, termasuk kanker payudara, kanker  prostat, dan kanker kolorektal. Selain vitamin D kandungan asam lemak omega 3 dalam ikan salmon juga membantu menghindarkan anda dari resiko penyakit kanker. 

  6. Buah delima. Manfaat buah delima sangat luar biasa untuk kesehatan, mulai dari mencegah osteoporosis, menurunkan  tekanan darah sampai pencegahan penyakit kanker. Dalam studi laboratorium asam ellagic dalam buah delima telah terbukti dapat menghambat pertumbuhan sel kanker dan menonaktifkan senyawa penyebab kanker. Buah-buahan lain yang kaya akan asam ellagic diantaranya blackberry, strawberry dan anggur. 

  7. Ubi jalar. Salah satu kandungan nutrisi yang dimiliki ubi jalar adalah Beta-karoten. Penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang mengkonsumsi makanan yang menagndung tinggi beta-karoten meliputi sayuran berwarna oranye dan sayuran hijau memiliki penurunan risiko kanker, terutama paru-paru, usus besar, dan perut dibandingkan mereka yang tidak. Ternyata bukan hanya betakaroten saja nutrisi dalam ubi jalar yang dapat mencegah kanker, studi menunjukkan wanita yang dalam premenopause ketika makan lebih banyak makanan dengan tinggi beta-karoten, folat, vitamin C, dan serat seperti ubi jalar akan mengurangi risiko kanker payudara hingga 50%. 

  8. Buah anggur. Resveratrol adalah salah satu anti-oksidan kuat yang terdapat dalam buah anggur. Antioksidan ini bekerja dalam melindungi tubuh tdari beberapa jenis penyakit seperti kanker usus besar, kanker prostat, penyakit jantung koroner, penyakit saraf degeneratif dan penyakit Alzheimer. Bukan hanya itu saja buah anggur juga mengandung beberapa serat dan vitamin yang berperan dalam mencegah penyakit kanker. 

  9. Makanan dengan tinggi vitamin C. Beberapa jenis buah seperti jeruk, markisa, kiwi dan strawberry diketahui cukup ampuh dalam mencegah penyakit kanker karena kandungan vitamin C yang dimilikinya. Vitamin C adalah anti-oksidan kuat untuk melawan sel kanker dan meningkatkan sistem imun tubuh.
loading...

Share this

Kandungan nutrisi serta 7 manfaat ikan salmon

Advertisement
Ikan salmon adalah salah satu jenis ikan yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan karena kandungan nutrisinya yang lengkap. Ikan salmon merupakan ikan yang hidup di laut tapi lahir di perairan air tawar kemudian bermigrasi ke laut dan kembali lagi ke air tawar hanya untuk bereproduksi. Terdapat suatu kepercayaan bahwa saat bereproduksi ikan salmon selalu kembali ke tempat yang sama saat dia dilahirkan, walaupun alasan kenapa ikan salmon melakukan itu masih menjadi misteri akan tetapi Penelitian menunjukkan demikian.

Ikan salmon terkenal karena merupakan sumber yang sangat baik dari protein yang mudah dicerna atau asam amino dan asam lemak seperti Omega-3 dalam bentuk trigliserida, serta vitamin seperti vitamin-D, vitamin-A dan beberapa jenis vitamin B. Selain itu ikan salmon juga menyediakan beberapa jensi mineral penting diantaranya selenium, zinc, fosfor, kalsium dan zat besi.





Kandungan nutrisi serta manfaat ikan salmon
  1. Membantu mengatasi susah tidur. Tidak terpenuhinya kebutuhan tidur seseorang akan mengakibatkan banyak masalah kesehatan yang serius, seperti deprsei, penyakit jantung bahkan kanker. Ikan salmon dengan kandungan triptofan yang dimilikinya berperan sebagai obat penenang alami untuk mengatasi susah tidur. 

  2. Meningkatkan fungsi otak. Sudah tidak diragukan lagi jika ikan salmon merupakan sumber yang baik dari asam lemak omega-3. Asam lemak omega-3 ini adalah salah satu nutrisi penting untuk meningkatkan fungsi otak terutama pada anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan. Ikan salmon juga baik dikonsumsi oleh ibu hamil karena kecukupan asam lemak omega-3 selama masa kehamilan sangat diperlukan bagi sang bayi. 

  3. Mencegah penyakit alzheimer. Seiring manfaat ikan salmon dalam meningkatkan fungsi otak penelitian menunjukkan bahwa memenuhi kebutuhan asam lemak omega-3 juga diketahui dapat menurunkan risiko kematian akibat jantung koroner, stroke dan penyakit Alzheimer. Selain itu  asam lemak omega-3 dalam ikan salmon juga membantu mencegah degenerasi makula, penyebab utama kebutaan pada orang tua. 

  4. Menstabilkan kadar gula darah. Perpaduan antara asam lemak omega-3 vitamin D dan selenium dalam ikan salmon bermanfaat membantu mengelola kadar insulin dalam  tubuh, sehingga memfasilitasi penyerapan gula yang pada akhirnya akan menurunkan kadar gula darah.

  5.  Pencegahan kanker. Vitamin D telah terbukti memainkan peran penting dalam menurunkan risiko beberapa jenis kanker, termasuk kanker payudara, prostat, dan kanker kolorektal. Ikan Salmon mengandung tinggi vitamin D dan selenium yang menjadi senjata ampuh dalam melawan beberapa jenis kanker tersebut. 

  6. Menjaga kesehatan kulit dan rambut. Kandungan Omega-3 yang ditemukan dalam ikan salmon dapat mendorong kesehatan kulit dan rambut . Untuk kulit ikan salmon akan mendorong produksi kolagen dan elastin yang dapat membuat kulit menjadi lebih lembab alami sekaligus tampak lebih muda. Omega-3 juga telah lama dikenal memiliki kemampuan mengurangi peradangan pada kulit dan membuat rambut lebih sehat berkilau. Manfaat ikan almon untuk perawatan yang lain adalah membantu mengatasi kulit kering, menjaga kelembaban kulit, mengatasi rambut rontok  sekaligus mendorong pertumbuhan rambut. 

  7. Anti peradangan. Penelitian menunjukkan bahwa aam lemak omega-3 yang ditemukan pada ikan salmon dapat dikonversi oleh tubuh menjadi tiga jenis senyawa yang mencegah peradangan kronis. Selain itu Penelitian terbaru juga menunjukkan adanya peptida bioaktif dalam salmon yang dapat mendukung pertumbuhan tulang rawan dan sendi yang sehat
Perhatian : penelitian yang diterbitkan di Science melaporkan bahwa beberapa jenis ikan salmon mengandung tinggi bahan kimia penyebab kanker yang disebut PCB. Ini berasal dari makanan yang diberikan kepada ikan salmon dipertambakan. Untuk itu sebaiknya anda berhati-hati dalam memilih ikan salmon yang segar dan tidak mengandung bahan kimia tersebut jadi utamakan memilih ikan salmon liar karena memiliki kemungkinan tercemar bahan kimia lebih kecil.
loading...

Share this

7 Manfaat kacang almond bagi kesehatan

Advertisement
Kacang Almond merupakan bagian dari subkeluarga Prunoidae dari keluarga Rosaceae. Tumbuhan ini masih di klasifikasikan dengan persik dalam subgenus Amygdalus di dalam Prunus.  Kacang almond cukup terkenal di seluruh dunia dan sering digunakan sebagai bahan tambahan pembuatan coklat, pasta, kue dan es krim. Seiring terungkapnya manfaat kacang almond yang sangat banyak untuk kesehatan membuatnya semakin dikenal di seluruh dunia termasuk juga Indonesia. Langsung saja untuk mengetahui manfaat tersembunyi dari kacang almond mari kita simak:
gambar manfaat kacang almond
Kacang almond
 

7 Manfaat kacang almond bagi kesehatan

  1. Meningkatkan fungsi otak. Kacang Almond mengandung riboflavin dan L-carnitine, nutrisi yang bermanfaat meningkatkan fungsi  otak sekaligus mengurangi risiko penyakit Alzheimer (penyakit hilangnya ingatan pada lansia). 

  2. Anti-Peradangan. Kebanyakan orang mengira  bahwa lemak berarti buruk untuk kesehatan, padahal kenyataannya tidak demikain, tidak semua lemak itu merugikan untuk kesehatan. Asam lemak tertentu bahkan sangat penting dan bermanfaat bagi kesehatan secara keseluruhan. Tubuh kita tidak dapat menciptakan asam lemak sendiri, itulah sebabnya sangat penting bagi kita mendapatkannya dari makanan. Kacang Almond memiliki dua asam lemak sekaligus yang sangat penting, baik linoleat dan asam linolenat. Asam lemak dalam kacang almond dapat membantu mengurangi peradangan di seluruh tubuh. Selain itu Asam lemak tersebut juga membantu mengurangi kadar kolesterol "jahat" (LDL) sekaligus juga mendorong kesehatan kulit dan rambut. 

  3. Baik bagi wanita hamil. Kacang Almond mengandung sejumlah asam folat, yang membantu mengurangi resiko cacat lahir pada bayi. Asam folat berfungsi  merangsang pertumbuhan sel sehat dan pembentukan jaringan. Kekurangan asam folat selama masa kehamilan dapat memicu Cacat tabung saraf yang merupakan kondisi di mana tabung mengalami keterbelakangan. Kacang Almond memiliki asam folat yang cukup untuk memenuhi kebutuhan sang ibu selama masa kehamilan. 

  4. Menurunkan kolesterol jahat. Kacang almond adalah sumber yang baik dari lemak tak jenuh tunggal seperti oleat, dan asam palmitoleic yang membantu menurunkan LDL atau "kolesterol jahat" dan meningkatkan HDL atau "kolesterol baik" dalam tubuh manusia. Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi makanan yang mengandung asam lemak tak jenuh tunggal dapat membantu mencegah penyakit arteri koroner dan stroke dengan mendukung profil lipid darah yang sehat. 

  5. Sumber vitamin E. Vitamin E adalah nutrisi penting untuk menjaga kesehatan kulit anda. Beberapa jenis kacang-kacangan diketahui merupakan sumber vitamin E yang sangat baik terutama kacang almond. Saat kita mengkkonsumsi 100g kacang almond maka kita akan mendapatkan sekitar 25 g vitamin E, yang jumlah tersebut sudah melebihi kebutuhan vitamin E harian kita. 

  6. Tinggi kandungan serat. Serat adalah nutrisi yang sering ditemukan dalam beragam makanan nabati, termasuk kacang almond. Serat memiliki banyak fungsi di dalam tubuh kita seperti menjaga kesehatan pencernaan, mencegah kanker usus besar, menurunkan kadar kolesterol sampai memperpanjang usia. Sebuah penelitian telah membuktikan bahwa seseorang yang rutin memenuhi kebutuhan serat memiliki kemungkinan hidup hingga  9 tahun lebih panjang daripada mereka yang tidak memenuhi kebutuhan serat. 

  7. Menguatkan tulang. Ada banyak mineral penting yang dimiliki kacang almond diantaranya kalsium, magnesium dan fosfor. Nutrisi tersebut sangat dibutuhkan untuk menjaga kekuatan tulang dan gigi yang sehat. Dalam 1 ons kacang almond sudah memenuhi 8 persen dari kebutuhan kalium, 20 persen dari kebutuhan magnesium dan 14 persen kebutuhan fosfor. Kekurangan nutrisi tersebut bisa berakibat buruk bagi kesehatan tulang seperti menyebabkan osteoporosis.
loading...

Share this

10 makanan sehat untuk jantung

Advertisement
Penyakit jantung merupakan penyakit yang paling ditakuti oleh banyak orang di dunia karena merupakan salah satu penyebab tertinggi dari angka kematian yang diakibatkan oleh penyakit.  Salah satu penyebab utama penyakit jantung adalah pola makan yang tidak sehat dengan banyak mengkonsumsi makanan berlemak dengan tidak diimbangi konsumsi buah dan sayur.  Beberapa makanan di bawah ini diketahui dapat memberikan bantuan kepada anda untuk memperkecil resiko penyakit jantung:
makanan sehat untuk jantung
makanan sehat untuk jantung

 10 makanan sehat untuk jantung

  1. Anggur Merah. Manfaat buah Anggur sangat banyak sekali untuk kesehatan terutama untuk kesehatan jantung. Buah anggur berperan sebagai pengencer darah, yang akan mencegah pembentukan bekuan darah. Anggur juga mengandung tanin yang merupakan senyawa polifenol kuat untuk mengurangi peradangan dan melindungi tubuh dari stres. Selain itu buah anggur juga memiliki kandungan alkohol yang akan meningkatkan jumlah estrogen dalam tubuh. Kekurangan tingkat estrogen telah dikaitkan dengan resiko penyakit jantung pada wanita terutama pasca-menopause.  

  2. Coklat hitam. Senada dengan buah anggur coklat hitam memiliki kemampuan mencegah pembekuan darah sehingga mengurangi resiko stroke, hal ini dikarenakan coklat hitam kaya akan flavonol. Selain itu kandungan epicatechin ditemukan dalam cokelat hitam mampu menurunkan tekanan darah sekaligus meningkatkan kesehatan pembuluh darah dengan meningkatkan kadar oksida nitrat, sebuah senyawa yang sangat penting bagi sistem kesehatan jantung. Selengkapnya baca 7 manfaat coklat hitam untuk kesehatan. 

  3. Oatmeal. Untuk mencegah penyakit jantung makanan yang satu ini bisa menjadi pilihan yang baik bagi anda. Oatmeal mengandung tinggi serat dan asam lemak omega-3 yang membantu menurunkan kolesterol jahat atau LDL. Sudah kita ketahui bersama bahwa tingginya kandungan kolesterol dalam darah merupakan faktor utama serangan jantung. 

  4. Ikan salmon. Ikan Salmon adalah salah satu ikan yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan karena mengandung asam lemak omega-3. Mengkonsumsi  ikan salmon secara teratur diketahui cukup efektif dalam mengurangi tekanan darah dan mengurangi risiko kematian akibat serangan jantung hingga 30%. Ahli jantung Stephen T. Mengatakan bahwa ikan salmon mengandung astaxanthin karotenoid, yang merupakan antioksidan kuat untuk melawan penyakit jantung. Pastikan anda memilih ikan salmon liar dan bukan yang berasal dari tambak untuk mengantisipasi pencemaran logam berat dan pestisida pada ikan salmon. 

  5. Buah alpukat. Jika kita bicara tentang makanan sehat untuk jantung pasti kita tidak akan terlepas dari makanan yang dapat menurunkan kolesterol. Buah alpukat adalah buah yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan karena dapat miengkatkan HDL (lemak sehat) plus juga menurunkan LDL(lemak jahat). Selain itu buah alpukat  memungkinkan penyerapan karotenoid terutama  betakaroten dan lycopene yang penting untuk kesehatan jantung. 

  6. Kacang-kacangan. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition menyarankan mengkonsumsi hanya 1/2 cangkir kacang pinto dimasak setiap hari untuk menurunkan kolesterol. Seperti halnya semua makanan yang kaya serat larut, kacang membantu menurunkan kolesterol serta mengikat dan menjaga agar tidak diserap oleh usus. Kacang mengandung berbagai senyawa kimia termasuk flavonoid yang juga ditemukan dalam buah anggur dan cokelat. Senyawa tersebut  mampu menghambat adhesi trombosit dalam darah sehingga akan membantu menurunkan risiko serangan jantung dan stroke. 

  7. Sayur-sayuran. Beberapa sayur seperti Bayam, brokoli dan kale merupakan sumber nutrisi terbaik yang menyediakan berbagai macam mineral dan vitamin, termasuk potasium, vitamin B, kalsium, serta serat makanan dan berbagai senyawa antioksidan. Kombinasi dari nutrisia tersebut cukup ampuh membantu menurunkan tekanan darah, mengurangi peradangan, dan melindungi dari stres oksidatif. 

  8. Minyak zaitun. Sebuah studi yang dilakukan di Spanyol menemukan bahwa minyak zaitun membantu melawan faktor-faktor penyebab penyakit jantung. Para peneliti menyimpulkan bahwa mengkonsumsi minyak zaitun dapat memberikan efek yang menguntungkan pada pasien dengan penyakit jantung koroner sebagai  tambahan untuk pengobatan farmakologis. 

  9. Buah delima. Michael Aviram, profesor biokimia di Technion Israel Institute of Technology di Haifa, menemukan bahwa jus buah delima, dengan antioksidan unik yang dimilikinya dapat memblokir perkembangan plak pada dinding arteri. Bagaimana buah delima melakukannya? Dalam studi lanjutan, Dr. Aviram menemukan bahwa buah delima mengaktifkan enzim yang memecah kolesterol teroksidasi. Selengkapnya anda bisa membaca 10 manfaat buah delima dan kandungan nutrisinya 

  10. Teh hijau. Senyawa  flavonol yang ditemukan dalam teh hijau bekerja sebagai antioksidan yang baik untuk mengurangi penyakit kronis dan meningkatkan metabolisme tubuhsehingga akan berefek pada meningkatnya kesehatan jantung anda. Penelitian juga menunjukkan bahwa tingginya konsumsi teh hijau dalam diet dapat mengurangi kemungkinan bagi seseorang untuk mengalami serangan jantung hingga 50%.

Dalam rangkan mencegah penyakit jantung Selain mengkonsumsi makanan sehat di atas, menghindari kebiasaan buruk seperti merokok dan minuman beralkohol serta meningkatkan frekuensi aktivitas fisik juga sangat penting.
loading...

Share this

10 manfaat jus wortel bagi kesehatan

Advertisement
10 manfaat jus wortel yang mengagumkan untuk kesehatan anda. Wortel merupakan salah satu tanaman yang memiliki banyak khasiat untuk penyembuhan. Sayuran yang memiliki warna orange ini memang terkenal karena kandungan betakarotennya yang cukup tinggi sehinga sangat baik dikonsumsi untuk meningkatkan fungsi mata. Selain vitamin A ada banyak nutrisi lain yang dikandung oleh wortel antara lain vitamin B1, B2, B3, B6, B9, dan C, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, dan sodium.  Untuk mengetahui lebih banyak mengenai manfaat jus wortel mari kita perhatikan:
manfaat jus wortel
Jus Wortel

10 manfaat jus wortel bagi kesehatan
  1. Menstabilkan gula darah. Jus wortel mengandung gula alami yang mudah berasimilasi. Jus wortel segar memiliki jumlah indeks glikemik 80 yang masih pada batas normal. Selain itu Kandungan karotenoid dalam jus wortel juga dapat membantu keseimbangan gula darah anda. 

  2. Pencegahan kanker. Kandungan karetenoid dalam wortel selain dapat menyeimbangkan kadar gula darah juga bermanfaat  mengurangi resiko beberapa jenis kanker mematikan seperti kanekr prostat, kanker usus besar dan kanker payudara. Penelitian di University of Newcastle telah menunjukkan bahwa kandungan falcarinol dalam  jus wortel bermanfaat menghancurkan sel-sel pra-kanker pada tumor. 

  3. Baik untuk kesehatan mata. Kandungan vitamin A yang tinggi dalam jus wortel merupakan alasan nyata mengapa jus wortel sangat baik dikonsumsi untuk meningkatkan fungsi mata. Vitamin A juga merupakan antioksidan untuk melawan radikal bebas yang dapat mengakibatkan penyakit kebutaan seperti katarak dan degenerasi makula. 

  4. Memperlambat penuaan. Penuaan merupakan proses alami dan pasti terjadi akan tetapi bisa diperlambat dengan cara banyak mengkonsumsi buah dan sayur yang mengandung tinggi vitamin. Beta-karotenoid dalam jus wortel yang masuk dalam tubuh kita akan berubah menjadi vitamin A dan mengurangi degenerasi sel dengan demikian memperlambat penuaan tubuh. Hal tersebut akan meningkatkan jumlah kolagen di kulit dan membantu dalam menjaga elastisitas sehingga mengurangi tanda-tanda penuaan seperti kulit kendur dan keriput. 

  5. Menjaga kesehatan Ginjal. Jus wortel memiliki sifat penyembuhan untuk membantu membersihkan dan menyaring ginjal. Meskipun ahli jus banyak mengatakan bahwa orang-orang dengan gagal ginjal tidak boleh minum jus paling tidak jus wortel bisa anda konsumsi sebagai langkah pencegahan. 

  6. Menurunkan tekanan darah tinggi. Banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi kalium seperti wortel merupakan cara efektif untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Jus wortel bekerja mengurangi ketegangan pada pembuluh darah dan arteri, sehingga memperlancar aliran darah dan meningkatkan fungsi organ di seluruh tubuh. Hal ini penting untuk mengurangi stres pada sistem kardiovaskular. Tekanan darah tinggi juga dapat memicu stroke dan serangan jantung, jadi ini merupakan satu lagi dari manfaat jus wortel bagi kesehatan jantung anda. 

  7. Sumber vitamin C dan B-6. Minum segelas jus wortel akan meningkatkan asupan vitamin C dan B-6. Kedua nutrisi tersebut sangat penting untuk membantu Anda menghasilkan neurotransmiter ( bahan kimia penting untuk fungsi otak). Selain itu Vitamin C juga membantu menjaga kesehatan pembuluh darah, gigi dan tulang, sedangkan vitamin B-6 memiliki manfaat mendukung sintesis hormon dan fungsi sel darah merah. Dalam satu porsi jus wortel mengandung setidaknya 20 miligram vitamin C dan 0,5 miligram vitamin B-6, yang itu artinya akan memenuhi sekitar 38 persen kebutuhan vitamin B-6 harian anda, serta 27 persen kebutuhan vitamin C. 

  8. Menurunkan kadar kolesterol. Tingginya kandungan Kolesterol dalam tubuh merupakan faktor utama pemicu penyakit jantung. Para ilmuwan Swedia menemukan bahwa sayuran yang berasal dari akar seperti wortel dapat mengurangi resiko serangan jantung. Sebuah studi yang dilakukan di Mario Negri Institut di Italia menemukan bahwa orang yang rajin minum jus wortel memiliki resiko 1/3 lebih kecil mengalami serangan jantung dibandingkan orang yang tidak minum jus wortel. 

  9. Menjaga kesehatan kulit. Nutrisi berupa vitamin sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan kulit anda termasuk mencegahnya dari penuaan. Jus wortel dapat membantu anda mengatasi kulit kering dan membuatnya lebih lembab alami. Bukan hanya itu saja, karena kandungan nutrisinya yang melimpah jus wortel juga dapat membantu menghilangkan bekas luka, dan mencegah garis-garis halus dan kerutan pada kulit wajah. 

  10. Meningkatkan sistem kekebalan. Jus Wortel mengandung antiseptik dan antibakteri yang membuatnya sangat baik dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Bukan hanya itu saja kandungan vitamin C dalam jus wortel juga akan merangsang aktivitas sel-sel darah putih sehingga akan membantu mempercepat penyembuhan luka.
Demikian pembahasan mengenai 10 manfaat jus wortel bagi kesehatan. Selain dibuat jus anda juga dapat menikmati wortel dengan memakannya secara langsung atau menambahkannya ke dalam masakan. Semoga bermanfaat.
loading...

Share this