4 Manfaat menguap bagi kesehatan

Menguap merupakan keadaan umum yang dialami oleh semua orang termasuk bayi dan orang dewasa dalam hidup mereka. Menguap adalah indikasi kelelahan, bosan atau mengantuk. Ada fakta menarik tentang menguap yaitu jika Anda melihat seseorang menguap maka anda akan menguap pula. Banyak orang menganggap menguap hanya sinyal jika kita sedang capek atau mengantuk akan tetapi tidak banyak yang tau jika menguap ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan.
Manfaat menguap
ilustrasi menguap
  1. Mendinginkan Otak. Siapa yang menyangka aktivitas Menguap ternyata bermanfaat untuk otak. Fakta menunjukkan jika menguap dapat membantu menenangkan dan mendinginkan otak. Menurut keterangan Peneliti dari Princeton University dan University of Arizona, bahwa menguap berfungsi sebagai 'termostat' alami ketika kepala kita mulai memanas. menguap akan memasukkan udara dingin ke dalam tubuh sehingga otak kita kembali ke suhu normal. Penelitian tersebut juga menemukan bahwa di musim dingin orang menguap 2 kali lebih banyak daripada musim panas karena suhu tubuh yang lebih tinggi dibandingkan dengan udara di sekitar mereka. 

  2. Meningkatkan suplay oksigen. Alasan mengapa kita menguap adalah untuk membawa lebih banyak oksigen ke dalam tubuh. Saat kita menguap, maka paru-paru akan terisi oksigen dari luar sekaligus membuang penumpukan karbondioksida. Hal ini mungkin menjelaskan kenapa kita lebih sering menguap saat kita berada dengan banyak orang di tempat tertutup, karena hal tersebut akan membuat karbondioksida lebih banyak sehingga tubuh lebih banyak membutuhkan oksigen. 

  3. Membantu peregangan otot. Menguap ternyata juga bermanfaat membantu peregangan gendang telinga, otot-otot wajah dan dada. Dengan demikian, kita akan lebih rileks karena akan meningkatkan jumlah oksigen. Saat kita menguap maka akan terjadi peregangan gendang telinga yang akan membantu fungsi pendengaran sehingga dapat bekerja lebih baik. 

  4. Meningkatkan empati. Hal ini bukan berarti orang yang jahat dengan banyak menguap akan menjadi lebih baik, akan tetapi paling tidak sebuah penelitian memberitahukan kepada kita jika menguap akan merangsang bagian otak yang bertanggung jawab menghasilkan perasaan empati, kasih sayang, dan kepedulian sosial terhadap orang lain. Jadi intinya menguap secara tidak lansung bisa meningkatkan kepedulian kita kepada orang lain.
Sebenarnya ahli saraf berhasil mengungkap bahwa setidaknya ada 12 manfaat neurologis yang akan kita dapat saat menguap termasuk meningkatkan fungsi intelektual, penurunan toksisitas dalam pikiran melatih refleksi dan meningkatkan memori. Akan tetapi hanya 4 manfaat di atas yang bisa saya bagi karena minimnya informasi yang saya dapat, semoga bermanfaat bagi pembaca.
loading...