7 manfaat kopi bagi kesehatan tubuh

Kopi adalah minuman paling populer di dunia dan mendapatkan tempat khusus di hati para penggemar minuman yang satu ini. Di beberapa negara bahkan kopi dijual dengan harga yang sangat mahal melebihi minuman pada umumnya. Di Indonesia sendiri minum kopi menjadi salah satu gaya hidup sebagian besar masyarakat kita, tengok saja di jalan-jalan ada banyak berjejeran warung kopi dengan berbagai fariasi rasa dan kelebihan masing-masing. Saya sendiri sebenarnya bukan pecinta minuman yang satu ini dan saya juga lebih banyak menghindarinya, sebenarnya saya sendiri juga tidak tahu apakah kopi memiliki dampak buruk ataukah justru memiliki manfaat bagi kesehatan. Dari informasi yang saya dapat berikut beberapa manfaat kopi:
manfaat kopi
Kopi
7 Manfaat Kopi bagi kesehatan
  1. Sumber antioksidan. kopi adalah sumber antioksidan yang sangat baik bahkan lebih baik daripada teh hijau dan coklat. Para ilmuwan berhasil menemukan ada sekitar 1.000 antioksidan dalam biji kopi mentah, dan ratusan lainnya berkembang selama proses pemanggangan. Antioksidan adalah komponen yang sangat penting untuk mencegah dari berbagai macam penyakit berbahaya. cari tau sumber antioksidan lainnya di 12 manfaat teh hijau bagi kesehatan

  2. Mencegah penyakit kardiovaskular. Penyakit kardiovaskular adalah gangguan kesehatan yang melibatkan fungsi sistem kardiovaskular (jantung dan pembuluh darah). Orang yang minum setidaknya satu atau dua cangkir kopi per hari memiliki resiko  lebih kecil terkena penyakit kardiovaskular. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di negara Jepang dengan peserta sekitar  76.000, pria yang mengkonsumsi 1 sampai 2 cangkir kopi setiap hari mengurangi resiko  kematian akibat penyakit kardiovaskular hingga 38%.  

  3. Meningkatkan daya ingat. Manfaat kopi yang satu ini tampaknya tidak banyak diketahui orang, dan mungkin anda juga baru mengetahuinya.  Para peneliti dari Austria menemukan bahwa beberapa orang yang  minum satu cangkir kopi dengan dosis 100 miligram (mg) kafein memiliki lonjakan aktivitas otak  yang lebih tinggi saat diukur dengan citra resonansi magnetik fungsional (fMRI), Para peneliti mencatat bahwa kemampuan memori dan waktu reaksi mereka yang minum secangkir kopi juga meningkat jika dibandingkan dengan orang yang tidak minum kopi. 

  4. Mengurangi resiko diabetes tipe II. Bagi anda yang memiliki resiko tinggi mengalami diabetes ada baiknya mulai dari sekarang rutin minum kopi, pasalnya Minum dua cangkir kopi ekstra setiap hari bisa mengurangi resiko  diabetes tipe II. Temuan ini didasarkan pada Sebuah penelitian pada tahun 2014 lalu yang diikuti lebih dari satu juta orang. Penelitian tersebut  menunjukkan ada penurunan resiko  sekitar 12% pada orang yang mendapatkan tambahan dua cangkir kopi perhari. 

  5. Mengurangi resiko kematian. Dalam sebuah studi yang didanai oleh National Institutes of Health dan diterbitkan dalam New England Journal of Medicine, para peneliti berfokus pada hubungan antara minum kopi dan resiko  kematian. Penelitian ini melibatkan sekitar 229.000 pria dan 173.000 wanita dengan rata-rata usia 50-71 tahun. Para peneliti berhasil menemukan bahwa resiko  kematian dapat berkurang secara signifikan bagi mereka yang minum kopi dibandingkan mereka yang tidak. 

  6. Mencegah penyakit hati. Sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2006 lalu dengan peserta sekitar  125.000 orang selama 22 tahun menunjukkan bahwa orang yang minum setidaknya satu cangkir kopi perhari  memiliki 20 persen lebih sedikit untuk mengembangkan sirosis hati.  penyakit ini umumnya disebabkan oleh konsumsi alkohol yang berlebihan sehingga  menyebabkan gagal hati dan kanker. Penulis utama studi tersebut, Arthur L Klatsky mengatakan Mengkonsumsi kopi tampaknya memiliki beberapa manfaat perlindungan terhadap sirosis alkoholik. 

  7. Meningkatkan energi. Majalah terkenal The New York Times melansir bahwa banyak atlet terkenal yang rutin minum secangkir kopi sebelum bertanding untuk menambah stamina mereka.  Hal ini dikarenakan Kafein mampu meningkatkan jumlah asam lemak dalam aliran darah, yang memungkinkan otot-otot atlet untuk menyerap dan membakar lemak sebagai bahan bakar, sehingga dapat menghemat cadangan karbohidrat untuk disimpan dalam latihan.
Terlepas dari apakah kopi lebih banyak memiliki manfaat atau dampak negatif bagi kesehatan, sebaiknya anda harus berhati-hati dan mengkonsumsinya dalam jumlah yang tidak berlebihan, usahakan untuk tidak minum lebih dari dua cangkir kopi perhari.
loading...