Makanan yang berbahaya bagi kesehatan

Tanpa kita sadari ternyata ada banyak makanan yang kita konsumsi dapat membahayakan bagi kesehatan, hal ini umumnya disebabkan bukan karena makanannya tetapi cara pengolahannya, campuran bahannya dsb. Untuk itu sangat penting bagi kita untuk memilih makanan yang sehat dan pastinya aman bagi kesehatan. Berikut daftar makanan yang berbahaya bagi kesehatan:  
Gambar Makanan yang berbahaya
Ilustrasi makanan berbahaya
  1. Minuman/makanan berpewarna. Di zaman sekarang ini banyak kita jumpai berbagai makanan/minuman dengan beragam warna mulai dari minuman jus, jajanan anak-anak sampai makanan tradisional. Pewarnaan pada makanan pada dasarnya digunakan untuk membuat makanan terlihat lebih menarik dan menjadi identitas dari makanan itu sendiri. Yang perlu kita ketahui adalah pewarnaan pada makanan yang tidak sesuai aturan ternyata dapat memicu penyakit berbahaya termasuk kanker. Penggunaan Pewarna tidak sesuai seperti pewarna sintetis dapat menyebabkan gangguan kesehatan terutama pada fungsi hati dalam tubuh kita. 

  2. Makanan berpengawet. Untuk menghindari makanan berpengawet tampaknya sangat sulit bagi kita, karena hampir semua makanan ringan seperti biskuit dan minuman kemasan semuanya menggunakan bahan pengawet agar tidak cepat rusak atau busuk. Ada beberapa makanan yang kadar bahan pengawetnya masih diperbolehkan oleh BPOM dan dianggap masih aman, meskipun demikian bukan berarti makanan tersebut 100% aman karena jika sering dikonsumsi dan dalam jangkan waktu yang lama bisa saja sangat berbahaya bagi kesehatan seperti memicu gangguan hati, jantung, pencernaan, kanker dan ginjal. 

  3. Makanan berformalin dan boraks. Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan kedua zat terebut. Seringnya pemberitaan di televisi mengenai makanan berformalin dan boraks membuat kita semakin ngeri jika ingin membeli jajanan atau sayuran. Faktanya kedua zat tersebut memang sangat berbahaya bagi kesehatan jika tertelan, tidak tanggung-tanggung boraks dan formalin dapat memicu gangguan kesehatan serius diantarnya muntah-muntah, nafsu makan menurun, anemia, diare bahkan penyakit kanker. 

  4. Makanan yang terkontaminasi pestisida. Jika anda gemar mengkonsumsi buah dan sayur tampaknya harus berhati-hati karena keduanya merupakan makanan yang paling tinggi terkontaminasi pestisida. Buah dan sayur sejatinya merupakan makanan sehat yang mengandung tinggi nutrisi berupa vitamin, mineral dan serat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, akan tetapi jika anda tidak waspada makanan yang seharusnya menyehatkan ini bisa berubah menjadi sangat berbahaya bagi kesehatan karena sudah tercemar pestisida. Dampak bahan kimia bisa bermacam-macam, tergantung jenis bahan kimia yang digunakan. Secara garis besar ada beberapa efek berbahaya yakni menimbulkan kanker, mengganggu sistem hormonal, memengaruhi sistem saraf hingga terganggunya pertumbuhan serta fungsi reproduksi. Untuk informasi lebih rinci anda bisa membaca 10 makanan yang harus dihindari
loading...