Sunday, January 25, 2015

Makanan yang mengandung tinggi vitamin A

Vitamin A merupakan nutrisi yang sangat penting bagi tubuh terutama untuk kesehatan mata, selain bermanfaat untuk mata vitamin A juga memiliki fungsi lain bagi tubuh yaitu sebagai pelindung tubuh dari serangan mikroorganisme dari luar. Vitamin ini biasanya terdapat pada buah-buahan dan sayur yang memiliki warna orange menyala seperti wortel dan ubi jalar, untuk lebih lengkapnya mari kita simak daftar makanan yang mengandung tinggi vitamin A.
gambar makanan yang mengandung vitamin A
vitamin A

  1. Wortel. Sayur yang satu ini memang sudah terkenal sejak lama karena dianggap sebagai sumber vitamin A yang sangat baik. faktanya memang banyak mengkonsumsi wortel dapat memperbaiki penglihatan anda. Selain vitamin A wortel juga memiliki kandungan nutrisi lainnya seperti vitamin C, K, dan B, ditambah magnesium dan serat. Dalam 1 wortel ukuran sedang mengandung 10.191 IU vitamin A (204% DV), 25 kalori. 10 Manfaat jus wortel bagi kesehatan

  2. Paprika. Sayur yang satu ini biasanya digunakan dalam masakan Amerika Selatan, India, dan Spanyol, akan tetapi di Indonesia paprika sudah sering dijadikan sebagai pelengkap masakan jadi sudah tidak asing lagi bagi beberapa orang. Paprika meskipun memiliki bentuk seperti tomat tetapi sebenarnya tidak ada hubungan kekerabatan sama sekali dengan tomat karena paprika sebenarnya masuk dalam keluarga cabai. Cobalah memasukkan makanan ini ke dalam masakan anda untuk memenuhi kebutuhan vitamin A karena dalam Satu sendok paprika mengandung 69% dari jumlah vitamin A yang anda butuhkan perhari. 

  3. Buah mangga. Mangga adalah salah satu buah yang memiliki rasa manis dan menyegarkan sehingga banyak orang menyukainya. Buah mangga sangat  cocok dikonsumsi saat diet karena mengandung tinggi serat dan vitamin, selain vitamin C vitamin A merupakan unggulan buah ini. Dalam Satu cangkir irisan buah mangga mengandung sekitar 36% dari jumlah kebutuhan vitamin A yang disarankan. 

  4. Ubi jalar. Kandungan vitamin A dalam ubi jalar cukup tinggi yaitu sekitar 438% (ubi jalar berukuran sedang). Selain itu Ubi jalar juga relatif rendah kalori karena hanya mengandung 103 kalori. 

  5. Tomat. Tomat adalah salah satu jenis buah yang sering dipakai sayur sehingga banyak orang menganggap tomat adalah sayur. Terlepas apakah tomat buah atau sayur dia merupakan sumber yang sangat baik dari vitamin A. Satu Tomat berukuran sedang menyediakan sekitar 20% dari kebutuhan vitamin A harian Anda. Selain itu tomat juga merupakan sumber yang sangat baik dari vitamin C dan lycopene.
Makanan lain yang mengandung tinggi vitamin A diantaranya:

  • Buah naga 
  • Buah pepaya 
  • Bayam ungu 
  • Buah anggur 
  • Buah jeruk
loading...