Thursday, February 5, 2015

10 Efek negatif minum kopi bagi kesehatan

Efek samping kopi mungkin bisa bervariasi dan tidak selalu sama tergantung tingkat ketahanan tubuh dan kondisi biologis masing-masing orang. Contohnya Bagi orang dengan penyakit maag atau gangguan pencernaan mungkin akan dilarang oleh dokter untuk mengkonsumsi kopi karena dapat mengiritasi lambung mereka tapi bagi meraka yang tidak memiliki masalah tersebut boleh-boleh saja. Walaupun demikian secara garis besar kopi bisa memberikan beberapa efek negatif bagi kesehatan terutama saat dikonsumsi secara berlebihan. Beberapa efek tersebut diantaranya:
gambar untuk Efek negatif kopi
Gambar kopi
  1. Meningkatkan resiko osteoporosis. Konsumsi kopi yang berlebihan lebih dari tiga cangkir per hari selama bertahun-tahun dapat meningkatkan hilangnya kepadatan mineral tulang sehingga akan memperbesar resiko osteoporosis. Kafein merupakan diuretik ringan, yang dapat mempercepat siklus buang air kecil sekaligus juga mencuri kalsium melalui urin. Jadi anda harus berhati-hati dalam mengkonsumsi kopi jangan sampai berlebihan usahakan minum tidak lebih dari dua gelas kopi perhari. 

  2. Menyebabkan gangguan tidur. Anda pasti sudah mendengar jika minum kopi menyebabkan susah tidur kan? Hal ini dikarenakan kopi mengandung kafein yang dapat menstimulasi pergerakan saraf sehingga mampu menimbulkan peningkatan energi ekstra, nah inilah sebenarnya yang membuat minum kopi mengakibatkan susah tidur. Padahal Tidur adalah aktivitas yang sangat penting bagi makhluk hidup untuk pemulihan fungsi tubuh. Kekurangan kualitas dan kuantitas tidur ini akan mengakibatkan banyak gangguan kesehatan mulai yang ringan sampai yang berat. 

  3. Menyebabkan kecanduan. Bagi orang yang menyukai kopi pasti tidak akan bisa jika sehari saja tidak minum. Kafein dalam kopi dan dalam minuman lainnya diketahui dapat menyebabkan suatu kecanduan kimiawi di dalam otak. Hal inilah yang menyebabkan orang yang terbiasa minum kopi atau minuman bersoda saat mereka berhenti meminumnya akan menciptakan gejala seperti sakit kepala, mudah mengantuk, cepat marah dan cemas. 

  4. Meningkatkan resiko penyakit jantung. Minum kopi dalam jumlah yang cukup dapat memberikan manfaat bagi kesehatan, akan tetapi sebaliknya jika diminum dalam jumlah yang berlebih maka akan membahayakan kesehatan. Hal inilah yang menyebabkan ada orang mengatakan kopi dapat membunuh anda. Minum kopi secara berlebih akan membuat jantung berdetak tidak terkendali sehingga dapat pemicu serangan jantung. 

  5. Memicu maag. Kandungan kafein dan berbagai asam lainnya yang ditemukan dalam biji kopi dapat mengiritasi perut dan lapisan usus kecil sehingga dapat memicu penyakit maag. Maka dari itu kebanyakan dokter menyarankan agar penderita maag untuk menghindari kopi.  

  6. Menyebabkan mulas. Kopi tampaknya mempromosikan peningkatan pengosongan lambung, dimana isi perut dengan cepat masuk ke usus kecil. Dalam keadaan ini makanan akan dicerna sebagian sehingga membuat nutrisi lebih sulit untuk diserap tubuh sehingga akan meningkatkan kemungkinan iritasi dan peradangan di dalam saluran pencernaan. 

  7. Mengurangi kesuburan bagi wanita. Bagi para wanita sebaiknya hati-hati mengkonsumsi minuman berkafein seperti kopi dan minuman bersoda karena kafein diketahui dapat mengurangi kesuburan pada wanita. Sebuah studi dari University of Nevada School of Medicine menunjukkan bahwa kafein dapat mengurangi kemungkinan seorang wanita untuk hamil sekitar 27%. 

  8. Meningkatkan tekanan darah. Di atas sudah disinggung jika minum kopi berkafein dapat membuat detak jantung menjadi lebih cepat dan tidak teratur sehingga bisa menyebabkan tekanan darah tinggi. Sebenarnya ini hanya sementara saja, akan tetapi jika anda berlebihan dalam mengkonsumsinya dan dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan tekanan darah tinggi permanen. 

  9. Menyebabkan dehidrasi. Fakta menunjukkan bahwa kopi dapat menyebabkan dehidrasi  yang akan mengakibatkan sakit kepala dan mual. Saat anda banyak minum kopi berarti anda juga harus mengimbanginya dengan banyak mengkonsumsi buah dan sayur yang memiliki kandungan air tinggi untuk mencegah dehidrasi seperti buah semangka, jeruk dan pepaya. baca 7 makanan untuk mengatasi dehirasi

  10. Stres dan kecemasan. Terlalu banyak dosis kafein di dalam tubuh hingga 600 mg/hari bisa menjadi penyebab sindrom yang ditandai oleh kecemasan, gelisah, dan gangguan tidur. Jika keadaan ini terus berlanjut dan kronis bahkan bisa memicu depresi.
Yang perlu diketahui adalah kebanyakan efek buruk dari kopi disebabkan karena terlalu banyak mengkonsumsinya, jadi jika kita minum kopi dalam jumlah yang sedang dan tidak berlebih maka mungkin tidak akan mengakibatkan masalah kesehatan. Sebagai penyeimbang informasi anda bisa baca 7 manfaat kopi bagi kesehatan
loading...