10 manfaat ubi jalar dan kandungan nutrisinya

 Ubi jalar atau di desa lebih dikenal dengan ketela rambat (Ipomoea batatas L.) adalah sejenis tanaman yang diamanfaatkan akarnya sebagai makanan. Ubi jalar mengandung tinggi karbohidrat dan serat sehingga dibeberapa negara seperi Afrika, ubi jalar menjadi salah satu sumber makanan pokok. Di Indonesia selain dimanfaatkan umbinya, daun muda ubi jalar juga bisa dibuat sayuran. Beruntung bagi anda yang menyukai makanan yang satu ini karena ubi jalar ternyata memiliki manfaat yang sangat banyak bagi kesehatan.
gambar untuk manfaat ubi jalar
Gambar ubi jalar

10 manfaat ubi jalar dan kandungan nutrisinya
  1. Mengandung tinggi zat besi. Zat besi merupkan salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh dalam pembentukan sel darah merah. Kekurangan zat besi juga bisa mengakibatkan anemia yang ditandai dengan lemas, lesu dan pusing. Ubi jalar adalah sumber zat besi yang sangat baik yang bisa anda coba. 

  2. Mengandung tinggi vitamin A. Makanan yang mengandung tinggi vitamin A  biasanya ditandai dengan warna oranye menyala seperti wortel dan ubi jalar. Karotenoid berfungsi membantu mempertajam penglihatan dan meningkatkan kekebalan tubuh dalam melawan penyakit, selain itu vitamin A juga berperan sebagai antioksidan kuat yang membantu mencegah kanker dan memperlambat proses penuaan. Studi di Harvard University yang melibatkan lebih dari 124.000 orang menunjukkan orang yang makan banyak karetenoid seperti ubi jalar memiliki 32 persen risiko kanker paru-paru lebih sedikit. 

  3. Sumber kalium. Menurut University School of Public Health Harvard, Kalium memiliki manfaat  untuk pengerasan pembuluh darah dan arteri. Ubi jalar mengandung tinggi kalium sehingga bermanfaat untuk kesehatan jantung Anda karena dapat menurunkan tekanan darah dengan menjaga keseimbangan cairan seperti yang dijelaskan oleh American Heart Association. 

  4. Rendah indeks glikemik. Meskipun ubi jalar memiliki rasa manis akan tetapi anda tidak perlu khawatir untuk mengkonsumsinya, karena diketahui ubi jalar ternyata memiliki indeks glikemik yang rendah, rasa manis yang dihasilkan oleh ubi jalar tidak seperti makanan bertepung lainnya yang mengangkat gula darah dengan cepat setelah dikonsumsi karena metabolisme mereka menjadi gula akan membantu menstabilkan kadar gula darah. Jadi mengkonsumsi ubi jalar tidak akan menaikkan kadar gula darah sekaligus membuat anda menjadi gemuk. 

  5. Kaya akan vitamin E dan C. Ternyata vitamin A bukan satu-satunya vitamin yang dimiliki ubi jalar, makanan menyehatkan ini juga mengandung vitamin lain yang bermanfaat bagi kesehatan yaitu C dan E. Keduanya dikenal sebagai antioksidan kuat yang mampu melawan berbagai macam penyakit berbahaya. Selain itu vitamin E dan C dalam ubi jalar juga bisa membantu menjaga kesehatan kulit anda sekaligus menunda proses penuaan. 

  6. Baik untuk kesehatan pencernaan. Ubi jalar memiliki kandungan serat hampir 7 gram per porsinya sehingga sangat baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan pencernaan. Selain dapat menjaga kesehatan sistem pencernaan, serat juga bermanfaat untuk  memberikan pasokan energi karena serat dalam karbohidrat lebih lambat dan efisien saat dicerna. 

  7. Bermanfat bagi perokok. Vitamin A bukan hanya menguntungkan untuk kesehatan mata saja akan tetapi juga bisa bermanfaat untuk kesehatan paru-paru kita sehingga akan membantu para perokok membersihkan racun di paru-paru mereka. 

  8. Mengandung asam folat. Asam folat  atau vitamin B9 sering dikenal sebagai nutrisi ibu hamil, hal ini dikarenakan asam folat sangat dibutuhkan selama masa kehamilan untuk mencegah cacat lahir pada bayi. Ubi jalar merupakan sumber asam folat yang sangat baik sehingga bagi para ibu hamil bisa mencoba makanan yangs satu ini. 

  9. Mencegah Stres. Kandungan kalium yang tinggi dalam ubi jalar juga bisa membantu meringankan stres. Kalium berfungsi untuk menstabilkan detak jantung  sehingga akan mengurangi tingkat stres. Selain itu kalium juga bermanfaat untuk memberikan suplay oksigen ke otak dan mengatur keseimbangan cairan tubuh. 

  10. Mengandung protein nabati. Protein nabati memberikan beberapa keuntungan tersendiri jika dibandingkan dengan protein hewani karena tidak menyebabkan alergi, meskipun demikian anda tetap membutuhkan protein dari hewan sebagai penyeimbang nutrisi. Sebagai tambahan ubi jalar juga sangat rendah kalori sehingga sangat cocok dijadikan menu diet sehat.
Bagaimana apakah anda tertarik untuk rutin mengkonsumsi ubi jalar? Semoga informasi mengenai 10 manfaat ubi jalar di atas bermanfaat bagi para pembaca.
loading...