Tuesday, February 24, 2015

7 Efek buruk minuman bersoda

Minuman bersoda memang sangat menyegarkan terutama saat diminum dalam cuaca panas atau setelah berolahraga. Tapi tahukah anda dibalik rasanya yang manis dan menyegarkan minuman bersoda ternyata menyimpan bahaya tersendiri bagi kesehatan? menurut laporan dari Academy of Nutrition and Dietetics. Kelebihan kalori dan gula (seperti terdapat dalam minuman bersoda) dapat menjadi pemicu sejumlah efek kesehatan yang merugikan.
gambar minuman bersoda
minuman bersoda

1. Menyebabkan obesitas. Minuman bersoda mengandung tinggi kalori berupa pemanis yang bisa memicu obesitas dan masalah kesehatan lainnya. Untuk itu bagi anda yang ingin menurunkan berat bedan sebaiknya benar-benar mengurangi minuman yang satu ini.

2. Diabetes. Satu kaleng minuman bersoda mengandung sekitar 10 sendok teh gula dalam bentuk cair. Konsumsi minuman bersoda secara terus menerus akan mendorong lonjakan gula darah secara signifikan karena menyebabkan reaksi insulin dalam tubuh. Jika hal ini terus berlajut maka tidak menutup kemungkinan akan menyebabkan diabetes atau resistensi insulin.

3. Osteoporosis. Minuman bersoda umumnya mengandung asam fosfat, yang dapat menghambat tubuh menyerap kalsium sehingga akan menyebabkan osteoporosis, pengeroposan gigi dan pelunakan tulang. selain itu Asam fosfat tersebut juga bisa menimbulkan masalah pada lambung, memperlambat pencernaan dan menghalangi penyerapan nutrisi.

4. Penyakit jantung. Minuman bersoda memiliki rasa manis karena mengandung pemanis buatan yang sangat berbahaya bagi kesehatan. Dalam sebuah studi yang dilakukan selama dua dekade denga peserta 40.000 pria dan wanita menemukan orang yang minum minuman manis setiap hari memiliki 20 persen peningkatan risiko serangan jantung. Untuk alasan tersebut sebaiknya anda mengurangi konsumsi minuman bersoda sebagai langkah pencegahan penyakit jantung.

5. Menghambat penyerapan nutrisi. Kandungan kafein yang tinggi dalam minuman bersoda dapat mengganggu penyerapan nutrisi seperti vitamin C, Vitamin B, zat besi, seng, dan kalium. Perlu kita ketahui bersama jika semua nutrisi tersebut sangat dibutuhkan oleh tubuh.

6. Bahaya bagi ibu hamil. Tidak bisa kita bantah jika Kebanyakan minuman bersoda mengandung kafein. Kafein dikenal menjadi penghalang plasenta dan mencapai pertumbuhan bayi. Sebenarnya Dalam dosis kecil kafein tidak membahayakan bayi, tapi kelebihan kafein bisa menurunkan aliran darah ke plasenta dan mempengaruhi pertumbuhan bayi. Selain itu kandungan gulanya yang tinggi juga dapat memicu diabetes pada bayi.

7. Berbahaya bagi ginjal. Minuman bersoda mengandung pewarna buatan, kafein, dan asam fosfat yang dapat menurunkan kerja ginjal bahkan juga merusaknya jika dikonsumsi secara terus menerus.

Nah,,demikian tadi 7 efek buruk minuman bersoda bagi kesehatan, jika anda ingin minum-minuman bersoda sebaiknya jangan berlebihan usahakan tidak lebih dari 1 minggu sekali.
loading...