7 Makanan untuk mengatasi dehidrasi

Dehidrasi merupakan keadaan yang terjadi saat tubuh kita mengalami kekurangan cairan hingga 5 persen dari berat badan. Kondisi tersebut jika sering terjadi maka akan menimbulkan masalah kesehatan seperti mudah kehilngan konsentrasi, terhambatnya pengiriman nutrisi dan oksigen ke sel-sel tubuh sampai yang terberat dapat mengakibatkan kematian. Saat kita mengalami dehidrasi pastinya tubuh kita memerlukan pasokan cairan tubuh yang berasal dari luar seperti air putih, selain air putih ada beberapa makanan dan minuman yang dapat dengan cepat mengatasi dehidrasi seperti:

Makanan untuk mengatasi dehidrasi
Makanan untuk dehidrasi
  1. Air kelapa. Air kelapa merupakan salah satu minuman alami yang berasal dari buah kelapa. Air kelapa mirip dengan cairan tubuh sehingga dapat dengan cepat membantu mengatasi dehidrasi dengan menggantikan cairan tubuh yang hilang. Selain itu air kelapa terutama kelapa hijau juga sangat baik diminum untuk mencegah dehidrasi saat kita hendak melakukan aktivitas fisik yang menguras tenaga. 

  2. Buah semangka. Buah dengan warna umum merah ini memang sudah dikenal sejak lama memiliki khasiat mengembalikan cairan tubuh yang hilang dengan cepat, hal terebut dikarenakan buah semangka memiliki kandungan air yang sangat tinggi hingga 92 persen. Buah semangka bisa menjadi pilihan yang tepat bagi anda saat mengalami dehidrasi. Selain kandungan airnya yang tinggi buah semangka juga diperkaya dengan vitamin dan mineral yang kedua nutirisi tersebut sangat dibutuhkan saat seseorang mengalami dehidrasi. 

  3. Blewah. Buah yang satu ini memang saat terkenal saat memasuki bulan puasa, bahkan ketenarannya melecit bak artis yang sedang naik daun. Blewah memang sering dicari oleh orang yang sedang berpuasa untuk dijadikan menu berbuka karena sangat menyegarkan dan mampu dengan cepat mengatasi dehidrasi. Blewah juga baik bagi penderita asam urat karena memiliki kandungan air yang cukup tinggi sehingga akan membantu pengeluaran asam urat dari dalam tubuh. 

  4. Buah jeruk. Buah memang menjadi pilihan yang sangat baik untuk mengatasi dehidrasi karena mengandung multi vitamin dan mineral, buah jeruk contohnya selain memiliki rasa asam manis yang menyegarkan buah jeruk juga diperkaya dengan vitamin C yang bisa membantu memperkuat sel imun tubuh. 

  5. Mentimun. Sayur yang satu ini memang mengandung tinggi kandungan air hingga 95 persen. Secangkir irisan mentimun hampir sama dengan segelas air. Mentimun juga mengandung sejumlah serat dan beberapa vitamin C yang membuat anda tetap terhidrasi. 

  6. Buah strawberry. Strawberry adalah buah dengan kandungan vitamin C sangat tinggi bahkan lebih tinggi dari buah jeruk. Buah ini mengandung 91 persen air sehingga dapat memberikan asupan air bagi tubuh anda.  

  7. Buah pepaya. Buah ini terkenal karena kandungan vitamin A nya yang cukup tinggi sehingga dapat mempertajam penglihatan. Buah pepaya diketahui juga memiliki kandungan air dan serat yang cukup tinggi sehingga sangat baik dikonsumsi setelah aktivitas fisik yang menguras banyak tenaga.
Beberapa makanan dia atas mungkin dapat membantu anda untuk mengatasi dehidrasi ringan saja, karena saat anda mengalami dehidrasi berat yang ditandai dengan penurunan cairan tubuh lebih dari 10 persen dari berat badan maka anda memerlukan penanganan medis. baca juga artikel mengnai 12 makanan sehat untuk kulit cerah alami
loading...