8 Makanan yang dapat meringankan stres

Makanan bisa memberikan bantuan kepada seseorang untuk mengatasi stres terutama yang megandung tiggi antioksidan seperti vitamin C. Beberapa buah dan sayur adalah pilihan yang baik untuk memberikan anda manfaat bagi kesehatan terutama kesehatan mental. Makanan memang hanya sebagai tambahan dan bukan cara utama, untuk itu sangat penting bagi anda memperhatikan faktor lain seperti hubungan anda dengan keluarga dan orang-orang disekitar terlebih lagi dengan sanga maha pencipta. 

Makanan yang dapat meringankan stres
Makanan yang dapat meringankan stres

8 Makanan yang dapat meringankan stres 
  1. Buah alpukat. Buah alpukat diperkaya dengan glutathione, suatu zat yang secara khusus dapat memblok penyerapan lemak di usus tertentu yang menyebabkan kerusakan oksidatif, alpukat juga mengandung lutein, beta-karoten, vitamin E, dan asam folat lebih tinggi jika dibandingkan jenis buah lainnya. Satu porsi alpukat memberikan tinggi vitamin B.  

  2. Wortel dan ubi jalar.  Makanan yang berasal dari akar seperti ubi jalar dan wortel adalah sumber mineral, serat dan karbohidrat yang baik sehingga dapat membantu meningkatkan produksi serotonin. Serotonin diknela sebagai zat yang mempengaruhi suasana hati dan mood seseorang. Mencukupi kebutuhan serotonin dapat dikaitkan dengan penurunan tingkat stres seseorang. Selain itu Ubi jalar dan wortel juga merupakan sumber vitamin dan mineral yang baik khususnya vitamin A, karena mereka mengandung tinggi betakaroten yang membantu pembentukan vitamin A. 

  3. Blueberry. Manfaat Blueberry sangat mengagumkan bagi kesehatan karena mengandung tinggi antioksidan seperti anthocyanin, antioksidan ini telah dikaitkan dengan  penurunan tingkat oksidasi yang disebabkan oleh radikal bebas.  Kandungan vitamin C yang tinggi dalam buah ini membuatnya dapat membantu memerangi stres. Penelitian di Jerman yang melibatkan 120 orang menunjukkan hasil yang positif mengenai manfaat vitamin C dalam mengurangi tingkat stres dengan cara menurunkan tekanan darah. Dalam penelitian tersebut 120 orang diminta berpidato kemudian menyelesaikan soal matematika yang sulit. Hasilnya Mereka yang telah diberi vitamin C memiliki tekanan darah dan stres lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak. 

  4. Ikan salmon. Makanan yang mengandung tinggi omega-3 selain baik untuk meningkatkan kecerdasan otak juga dapat membantu meringankan stres. Asam lemak Omega 3 ini membantu meningkatkan produksi serotonin sehingga dapat mengurangi tingkat kecemasan dan mengembalikan mood seseorang pada tingkat yang lebih baik. Selain itu DHA (asam docosahexanoic) di Omega 3 juga bermanfaat memberikan dorongan kesehatan kepada otak sekaligus mengurangi hormon stres. 

  5. Cokelat hitam. Penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi cokelat secara rutin mampu mengatasi stres ringan. Cokelat saat dikonsumsi dalam jumlah yang tepat bisa sebagai salah satu makanan untuk mengurangi stres. Cokelat hitam telah ditemukan mampu meningkatkan mood dengan mendorong serotonin dan endorphin di otak. Menurut hasil dari sebuah penelitian yang dipublikasikan pada tahun 2009 lalu di jurnal "Proteome Research" dan dilansir "The Huffington Post", makan setidaknya 1,4 ons cokelat hitam setiap hari selama kurang lebih dua minggu dikaitkan dengan rendahnya tingkat hormon stres kortisol. Bahkan "Psychology Today" melaporkan jika wanita hamil yang mengkonsumsi lebih banyak cokelat selama kehamilan melahirkan bayi lebih bebas stres. 

  6. Bawang putih. Antioksidan dalam bawang putih menetralisir radikal bebas (partikel yang merusak sel-sel kita, menyebabkan penyakit, dan menyebabkan penuaan). Di antara senyawa dalam bawang putih adalah allicin, yang telah dikaitkan dengan penurunan resiko penyakit jantung dan kanker. Stres akan melemahkan sistem imun kita sedangkan Bawang putih bekerja menguatkan sistem imun karena mengandung antioksidan.  

  7. Sayur bayam. Bayam adalah makanan ajaib yang bisa memberikan kita manfaat luar biasa. Anda pasti taukan kenapa Popeye menjadi lebih kuat? Yup,,karena dia memakan bayam. Meskipun dilebih-lebihkan tujuan dari film tersebut menunjukkn betapa pentingnya mengkonsumsi sayuran terutama bayam. Bayam mengandung magnesium, mineral yang membantu menciptakan rasa tenang dan rileks. Bayam juga diperkaya serat yang mengoptimalkan kerja pencernaan.  

  8. Oat meal. Oatmeal diperkaya karbohidrat kompleks yang membantu meningkatkan produksi serotonin. Di dalam  Oat meal juga terdapat beberapa mineral seperti magnesium dan kalium, yang telah terbukti membantu menurunkan tekanan darah. Para ahli juga merekomendasikan sarapan dengan oat meal yang diberi kayu manis untuk kesehatan jantung dan menghindari stres.
loading...