9 Manfaat susu kedelai yang luar biasa

Susu kedelai adalah salah satu produk makanan organik yang kaya akan nilai gizi. Susu kedelai terbuat dari kedelai yang ditumbuk kemudian diambil sari patinya. Minuman yang satu ini semakin terkenal seiring kandungan nutrisinya yang sangat banyak sehingga orang menyebut susu kedelai dapat menjadi pengganti susu sapi. Meskipun susu kedelai memiliki manfaat yang sangat banyak bagi kesehatan akan tetapi perlu diingat susu dari hewani seperti sapi dan kambing tetap dibutuhkan sebagi penyeimbang nutrisi.
Gambar Manfaat susu kedelai
Gambar Susu kedelai

1. Tidak menyebabkan alergi. Bagi anda yang ingin mendapatkan asupan nutrisi terutama protein nabati susu kedelai adalah pilihan yang sangat tepat. Berbeda dengan susu sapi susu kedelai tidak akan menyebabkan alergi khususnya pada anak-anak. Ada sekitar 2.5% anak-anak yang alergi dengan susu sapi tapi hanya sekitar 0.5% saja yang elergi dengan susu kedelai.

2. Kaya antioksidan. Susu kedelai dikenal karena mengandung isoflavon yang dikaitkan dengan penurunan kolesterol jahat (LDL). Penelitian telah mengungkap bahwa laki-laki yang menkonsumi makanan tinggi  isoflavon memiliki penurunan tingkat LDL.

3. Mengandung antioksidan. Susu kedelai memiliki antioksidan yang disebut isoflavon yang bermanfaat untuk mencegah penyakit seperti kanker. Selain dari makanan, penyakit kanker biasanya disebabkan karena efek buruk radikal bebas dari udara sekitar, dan antioksidan merupakan komponen penting untuk melawan radikal bebas tersebut.

4. Mengandung Vitamin B12. Susu Kedelai mengandung senyawa yang mirip dengan vitamin B12 yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh, sehingga mengkonsumsi susu kedelai dapat memberikan pasokan B12, terutama di kalangan vegetarian. Manfaat vitamin B12 anatara lai membantu pengaturan sistem saraf, mengurangi tingkat depresi, stres, dan mencegah penyusutan otak.

5. Membantu menurunkan berat badan. Berbeda dengan susu sapi yang relatif mengandung tinggi lemak susu kedelai sangat rendah lemak sehingga dapat membantu menurunkan berat badan, selain itu susu kedelai juga rendah gula sehingga kadar gula darah anda akan terkontrol.

6. Mencegah penyakit diabetes dan ginjal. Sejumlah studi menunjukkan bahwa makan kedelai dapat membantu mencegah diabetes dan penyakit ginjal. Susu kedelai memiliki indeks glikemik yang sangat rendah, sehingga bagi orang yang sedang menjalankan diet gula bisa tetap mendapatkan nutrisi pengganti susu sapi.

7. Mengurangi resiko kanker payudara. Dalam edisi Desember 2010 "The Journal of Nutrition" mempublikasikan temuan bahwa wanita yang mengkonsumsi kedelai secara rutin dalam hidup mereka memiliki risiko kanker payudara lebih rendah dibanding wanita yang tidak mengkonsumsi kedelai.

8. Melindungi pembuluh darah dari pendarahan. Pendarahan adalah suatu kondisi di mana ada debit berlebihan darah dari pembuluh darah. Hal ini akan menyebabkan tekanan darah rendah dan sirkulasi oksigen yang buruk ke organ vital, seperti jantung dan otak sehingga akan mengakibatkan kerusakan organ, atau bahkan kematian organ. Antioksidan dan asam lemak dalam susu kedelai akan membantu melindungi kerusakan pembuluh darah tersebut.

9. Menjaga kesehatan pencernaan. Pencernaan yang sehat adalah komponen penting untuk memulai hidup sehat. Susu kedelai adalah sumber serat yang baik, sementara mungkin anda tidak akan mendapatkannya dari susu sapi . Susu kedelai mengandung hingga dua gram serat per porsi. Serat sangat penting untuk membantu proses pencernaan dan dan mendukung kesehatan saluran pencernaan.
loading...