Wednesday, February 11, 2015

11 Makanan untuk meningkatkan kecerdasan otak

 Untuk meraih prestasi selain giat belajar anda juga membutuhkan asupan nutrisi untuk otak. Nutrisi sangat dibutuhkan sebagai bahan bakar dan juga meningkatkan fungsi otak. Selain itu nutrisi berupa makanan juga sangat dibutuhkan untuk mencegah kerusakan pada organ-organ penting di dalam tubuh seperti otak, jantung, hati dan ginjal. Berikut 11 makanan untuk meningkatkan kecerdaskan otak: 
gambar Makanan meningkatkan kecerdasan otak
makanan sehat untuk otak

  1. Ikan salmon. Ikan salmon memiliki harga yang cukup mahal karena memiliki manfaat yang sangat banyak bagi kesehatan, utamanya untuk meningkatkan kecerasan otak. Ikan salmon mengandung tinggi asam lemak omega-3 yang penting untuk meningkatkan fungsi otak. Omega-3 juga mengandung zat anti-inflamasi yang mungkin dapat mencegah penyakit alzheimer. Selain ikan salmon beberapa jenis ikan seperti ikan sarden dan herring juga baik untuk kesehatan otak. Untuk mendapatkan manfaat yang optimal para ahli merekomendasikan mengkonsumsi 4 ons ikan dalam dua sampai tiga kali seminggu. lebih lengkap baca Kandungan nutrisi serta 7 manfaat ikan salmon

  2. Kacang almond. Kacang almond diketahui memiliki kandungan vitamin E yang bermanfaat bagi otak. Sebuah studi yang diterbitkan dalam American Journal of Epidemiology menemukan bahwa asupan tinggi vitamin E dapat membantu mencegah penurunan kognitif otak, terutama pada orang tua. Seperti halnya kacang almond beberapa jenis kacang-kacangan lain juga sumber vitamin E, pastikan anda memilih jenis kacang yang rendah lemak. 

  3. Buah alpukat. Buah alpukat memiliki tekstur lembut dikarenakan kandungan lemak yang dimilikinya. Meskipun tinggi lemak akan tetapi tidak membahayakan bagi kesehatan karena lemak dalam buah alpukat adalah jenis lemak baik. Salah satu asam lemak yang dimiliki alpukat adalah asam oleat, yang membantu membangun lapisan isolasi, yang dikenal sebagai mielin (yang ditemukan dalam putih otak.) Myelin ini berfungsi membantu pengiriman informasi pada kecepatan hingga 200 mil per jam. Kekurangan mielin tersebut dapat memprlambat  proses pengiriman informasi sehingga membuat seseorang lambat dalam berfikir. Kita bisa mendapatkan asam oleat dari beberapa makanan yang mengandug tinggi lemak baik dan buah alpukat adalah salah satu yang terbaik. 

  4. Sayur bayam. Sayur berdaun hijau gelap ini mengandung tinggi antioksidan dan sejumlah nutrisi untuk otak. Bayam kaya akan vitamin B9 atau lebih dikenal dengan aam folat  yang bermanfaat membantu kecerdasan otak. Folat juga membantu menjaga sirkulasi otak dengan mencegah penumpukan plak.  Fungsi lain dari asam Folat yaitu membantu membentuk neurotransmitter yang dibutuhkan selama berfikir. Selama masa kehamilan sang ibu juga diharuskan memenuhi kebutuhan asam folat untuk mencegah cacat tabung saraf pada bayi. 

  5. Telur. Pernah mendengar orang tua mengatakan makan telur membuat kita menjadi lebih pintar ? orang tua kita benar faktanya mengkonsumsi telur memang dapat meningkatkan kecerdasan otak karena mengandung tinggi kolin. Dalam satu telur berukuran sedang mengandung sekitar 28% dari kebutuhan kolin bagi wanita hamil. Kolin sangat dibutuhkan bagi anak-anak yang dalam masa pertumbuhan untuk meningkatkan kerja otak. 

  6. Ubi jalar. Manfaat ubi jalar sangat banyak bagi kesehatan karena mengandung betakaroten cukup tinggi. Betakaroten adalah salah satu antioksidan penting untuk mencegah kerusakan pada sel-sel otak dan juga sel-sel penting lainnya di dalam tubuh. Sleian itu karotenoid juga membantu pembentukan vitamin A, yang penting dalam membantu pertumbuhan neuron baru dan membantu neuron menemukan jaringan di otak.  

  7. Tomat. Tomat adalah sumber yang baik dari likopen (yang merupakan antioksidan kuat) likopen bekerja dalam melindungi otak dan organ lain dari kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas. Asupan tinggi likopen juga sering dikaitkan dengan menurunnya resiko penyakit Alzheimer (penyakit penurunan daya ingat). 

  8. Biji-bijian. Biji-bijian diperkaya karbohidrat kompleks, serat, dan beberapa asam lemak omega 3 yang melindungi jantung dan otak dari kerusakan. Biji-bijian juga mengandung vitamin B yang bermanfaat meningkatkan sirkulasi darah ke otak dan memperbaiki suasana hati. 

  9. Wortel. Wortel memiliki senyawa yang disebut luteolin, yang bisa mengurangi defisit memori di otak terkait usia. Menurut hasil dari sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2010 dalam journal of Nutrition. Dalam studi tersebut berhasil diketahui bahwa tikus yang diberikan dosis 20 miligram luteolin memiliki kemungkinan kecil mengalami peradangan di otak.  

  10. Teh hijau dan kopi. Kafein dalam jumlah yang cukup bisa memberikan manfaat bagi kesehatan. Teh hijau dan kopi adalah sumber kafein yang cukup tinggi. Konsumsi keduanya secara rutin dalam jumlah yang tidak berlebihan dapat meningkatkan kerja otak dan mengurangi resiko penyakit alzheimer. 

  11. Susu. Susu adalah nutrisi bagi otak karena mengadnung multi vitamin dan mineral penting. Hasil dari sebuah penelitian di nternational Dairy Journal menunjukkan bahwa orang dewasa yang mengkonsumsi susu secara ruitn memiliki daya ingat yang lebih baik dibandingkan mereka yang tidak.

Makanan merupakan salah satu dari beberapa cara kita meningkatkan kecerdasan otak, tentunya selain makanan masih banyak hal yang harus kita perhatikan seperti melatih otak dengan sering berfikir. Penelitian mengungkap dokter dan guru merupakan dua jenis profesi yang membuat kinerja otak menjadi lebih baik karena sering menggunkan otak untuk berfikir. Semoga informasi mengenai 11 makanan untuk meningkatkan kecerdasan otak di atas bisa bermanfaat.
loading...