Tuesday, March 31, 2015

10 Makanan untuk diet sehat

Dalam menjalani diet memilih makanan sehat yang kaya nutrisi tentunya menjadi suatu keharusan. Makanan menjadi komponen yang sangat penting untuk mensukseskan program diet, bahkan bisa menjadi penentu tingkat keberhasilan diet anda. Jika selama menjalani diet anda berhasil mengatur pola makan maka hal ini juga menjadi indikasi keberhasilan anda dalam menurunkan berat badan.

1. Kacang almond. Kebanyakan jenis kacang-kacangan mengandung tinggi protein dan serat yang membantu anda merasa kenyang lebih lama. Untuk menurunkan berat badan anda harus mencukupi keduanya, serat diperlukan tubuh untuk membantu proses pencernaan sedangkan protein berfungsi membangun kekuatan otot. Kacang almond juga mengandung magnesium untuk mengatur kadar gula darah.

gambar Makanan untuk diet sehat
Gambar: Makanan untuk diet

2. Buah Apel. Sebuah studi dalam Journal of Nutrition pada tahun 2003 lalu menemukan bahwa wanita dengan berat badan berlebih yang mengkonsumsi tiga buah apel atau pir setiap hari selama tiga bulan mengaalmi penurunan berat badan lebih baik dibandingkan mereka yang makan diet oat. Buah apel berukuran besar mengandung lima gram serat, 85 persen air, yang membantu Anda merasa kenyang.

3. Ikan salmon. Ikan rendah lemak ini sangat baik dikonsumsi selama anda menjalani diet. Ikan salmon dikenal karena mengandung aam lemak omega 3, lemak sehat ini dapat membantu pembakaran lemak dengan meningkatkan metabolisme tubuh. Penelitian di Australia menemukan bahwa orang yang memiliki berat badan berlebih saat makan ikan setiap hari mengalami peningkatan respon glukosa insulin mereka.

4. Buah berry. Beberapa jenis keluarga berry seperti strawberry dan blueberry mengandung rendah lemak dan tinggi vitamin C. Vitamin C berfungsi merangsang sekresi saliva dan cairan lambung, yang pada gilirannya dapat meningkatkan pencernaan.

5. Kentang. Sebagai sumber karbohidrat kentang memiliki kandungan gula lebih sedikit dibandingkan dengan nasi sehingga bisa menjadi pilihan menu diet sehat. Selain itu kandungan serat dalam kentang juga cukup tinggi untuk mempromosikan kesehatan pencernaan anda.

6. Ubi jalar. Ubi jalar mengandung serat hampir 7 gram per porsinya, jumlah ini cukup tinggi diantara sumber serat lainnya. selain rendah kalori ubi jalar juga mengandung beberapa nutrisi penting seperti vitamin A, B, C dan E yang sangat diperkukan selama anda menjalani diet.

7. Sayur sayuran. Sayur adalah makanan sehat yang mengandung rendah kalori dan lemak. Mengkonsumsi sayur-sayuran sangat direkomendasikan oleh pakar nutrisi karena sangat baik bagi kesehatan. Beberapa jenis sayur diketahui sangat baik dikonsumsi selama diet karena mengandung tinggi vitamin, mineral dan beberapa protein seperti brokoli, bayam dan asparagus.

8. Ikan tuna. Ikan tuna sangat terkenal di kalangan binaragawan karena ikan ini rendah kalori dan tinggi protein. Mengkonsumsi ikan tuna sebagai sumber energi dapat membantu anda menurunkan berat badan karena sangat rendah lemak jika dibandingkan sumber protein heani lainnya. Pastikan anda mendapatkan ikan tuna segar agar kandungan nutrisinya tetap terjaga.

9. Buah alpukat. Buah yang satu ini sangat tinggi lemak tak jenuh tunggal asam oleat, jenis lemak yang juga ditemukan dalam minyak zaitun. Meskipun alpukat mengandung tinggi lemak tetapi sebagaian besar adalah jenis lemak baik. Penelitian menunjukkan bahwa lemak di dalamnya dapat meningkatkan serapan hara dari sayuran 2,6-15 kali lipat. Alpukat juga mengandung banyak nutrisi penting, termasuk serat dan potasium.

10. Telur. Sebagian kita terutama yang menjalani diet sangat takut mengkonsumsi telur karena dianggap mengandung tinggi lemak. Sebaiknya anda harus mulai mengubah persepsi tersebut, sebenarnya tidak ada hubungan antara mengkonsumsi telur dengan naiknya berat badan. bahkan telur mengandung nutrisi yang kita butuhkan seperti protein, lemak sehat, dan sangat rendah kalori. Studi terbaru juga menunjukkan bahwa telur tidak mempengaruhi kolesterol darah dan tidak pula menyebabkan serangan jantung. Ini menepis anggapan bahwa lemak dalam telur dapat berdampak buruk pada kesehatan jantung. 
loading...