10 manfaat buah leci dan kandungan nutrisinya

Manfaat buah leci sudah di kenal sejak lama oleh masyarakat cina melalui legenda turun temurun. Diyakini Kaisar Tang mengirimkan penjaga kerajaan sekitar 600 mil hanya untuk memilih leci terbaik sebagai bahan merayu selir favoritnya. Akibat dari legenda ini, di Cina buah leci dianggap sebagai simbol romantisme dan cinta. Meskipun itu hanya sebuah legenda belaka tapi rasa manis dan juga daging buah yang harum membuatnya begitu istimewa bahkan tanpa adanya legenda tersebut.
manfaat buah leci
Gambar buah leci

10 manfaat buah leci dan kandungan nutrisinya

1.  Mencegah pertumbuhan sel kanker. Penyakit Kanker bisa terjadi di mana sel-sel yang tidak teratur terpisah tanpa kontrol. Mengkonsumsi buah leci secara teratur dapat membantu mencegah perkembangan sel kanker, mempertahankan quercetin flavon serta kaempferol zat efektif dalam mengurangi perluasan sel-sel kanker. hal Ini akan membantu mencegah kanker payudara dan kanker prostat.

2.  Mencegah penyakit jantung. The Journal of Nutrition melansir bahwa buah leci menempati peringkat ke dua buah dengan tinggi polifenol. Polifenol ini diketahui sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung. Buah Leci mengandung hampir 15% lebih banyak polifenol dibandingkan dengan buah anggur (yang dianggap sebagai sumber utama polifenol).

3.  Sumber vitamin C. Fungsi dan manfaat vitamin C sangat banyak sekali bagi tubuh kita diantaranya sebagai antioksidan, mencegah penyakit kanker dan memperkuat imunitas. Buah Leci diperkaya dengan vitamin C dengan 71,5 mg per 100 gramnya. Dengan jumlah tersebut membuat buah leci menjadi sumber vitamin C yang sangat baik. di dalam tubuh vitamin C bekerja sebagai antioksidan kuat untuk meningkatkan fungsi kekebalan tubuh kita sehingga akan menjauhkan kita dari penyakit seperti batuk, pilek dan flu. Memenuhi kebutuhan vitamin C sangat dianjurkan terutama bagi anak-anak yang sangat rentan terhadap infeksi dan dingin.

4.  Meningkatkan metabolisme. Buah Leci mengandung serat dan vitamin B kompleks yang bermanfaat meningkatkan metabolisme tubuh. Metabolisme diperlukan untuk mengasimilasi, menyerap dan membuang kelebihan nutrisi dari tubuh kita seperti lemak, protein, gula dan karbohidrat. Metabolisme yang buruk juga dapat menyebabkan penyakit diabetes karena tidak dapat membuang kelebihan gula. Meskipun demikian bagi para penderita diabetes sebaiknya berhati-hati mengkonsumsi buah leci karena kandungan gulanya cukup tinggi.

5.  Membantu proses pencernaan. Buah leci mempromosikan pencernaan yang sehat, mempertahankan kebersihan perut, meningkatkan nafsu makan dan meringankan mulas. Buah leci juga mengandung serat larut yang mengontrol masalah usus dan menjaga perut dari senyawa beracun sekaligus membantu membersihkan usus besar.

6.  Menjaga kesehatan kulit. Buah Leci adalah salah satu makanan sehat untuk kulit karena mengandung niacin, tembaga dan Thiamin. Nutrisi tersebut membantu tubuh dalam metabolisme lemak dan protein untuk kesehatan kulit. Niacin berfungsi mempertahankan kelembaban kulit, sementara tembaga dalam jumlah kecil membantu mempercepat penyembuhan kulit dari kerusakan.

7.  Mencegah Anemia. Kekurangan darah merah atau anemia sangat mengganggu aktivitas kita karena penyakit ini ditandai dengan pusing, lemas, dan mudah lelah. Konsumsi rutin buah leci dapat meringankan gejala anemia. Buah ini memiliki sejumlah mineral penting termasuk zat besi, folat, tembaga, mangan dan magnesium. Mineral tersebut memainkan peran penting dalam pembentukan sel-sel darah merah. Selain itu buah Leci juga merupakan sumber vitamin C untuk mempermudah penyerapan zat besi oleh tubuh.

8.  Menjaga kepadatan tulang. Mengkonsumsi leci secara teratur dapat mencegah penyakit degeneratif tulang seperti osteoporosis. Seperti yang sudah kita ketahui di atas bahwa Buah leci adalah sumber mineral penting seperti fosfor, zat besi, mangan, seng, tembaga dan magnesium (nutrisi penting bagi tulang). Terpenuhinya kebutuhan mineral ini sangat penting untuk mendukung kesehatan tulang.

9.  Mengontrol detak jantung. Buah leci mengandung sejumlah mineral seperti kalium dan tembaga. Kalium merupakan mineral penting yang membantu mengontrol detak jantung dan tekanan darah. Sehingga memberikan perlindungan tubuh dari penyakit jantung dan stroke. Selain itu Tembaga juga dibutuhkan dalam produksi sel darah merah dalam tubuh.

10.  Sumber energi. 1 cangkir buah leci segar memiliki 126 kalori, 2,5 gram serat, 28 gram gula alami satu gram lemak dan protein. Kandungan air dalam buah leci cukup tinggi sehingga buah ini menyegarkan ketika dikonsumsi saat cuaca panas. Karena kandungan gula dan airnya cukup tinggi membuat buah leci sangat baik dikonsumsi bagi mereka yang memiliki aktivitas padat. Gula alami memberikan pasokan energi sedangkan air membuat tubuh tetap terhidrasi.
loading...