10 Manfaat madu dan kayu manis untuk kesehatan

Madu dan kayu manis adalah kedua bahan yang sangat terkenal sebagai obat karena keduanya sama-sama memiliki sifat penyembuahan. Selain digunakan sebagai obat, madu dan kayu manis juga sering dimanfaatkan sebagai bahan perawatan kecantikan sehingga tidak heran jika banyak produk kosmetik yang menggunakan keduanya. Untuk mengetahui lebih banyak mengenai manfaat madu dan kayu manis mari kita simak:
gambar madu dan kayu manis
 madu dan kayu manis

1. Menurunkan kolesterol. Perpaduan antara Madu dan kayu manis biasa digunakan sebagai ramuan untuk menurunkan kadar kolesterol darah, hal ini akan membantu menjaga kesehatan jantung. Tingginya kolesterol jahat dapat menyebabkan aterosklerosis atau penumpukan plak di dinding arteri dan pembuluh darah, sehingga meningkatkan resiko serangan jantung dan stroke.

2. Arthritis. Manfaat Madu dan kayu manis juga dapat memberikan bantuan arthritis. Rutin mengkonsumsi madu dan kayu manis bisa membantu menjaga kesehatan tulang dan mengurangi nyeri sendi. Cara membuat ramuan dari madu dan kayu manis cukup mencampurkan kedua bahan tadi dengan air hangat, setelah itu minum selagi masih hangat untuk meningkatkan kesehatan tulang dan meredakan nyeri sendi.

3. Menurunkan berat badan. Madu dan kayu manis adalah perpaduan sempurna sebagai bahan menurunkan berat badan. Madu dan kayu manis dapat mengurangi berat badan dengan cara mempercepat metabolisme tubuh yang membantu membakar lemak berlebih. Selain itu kayu manis bermanfaat menstabilkan kadar gula darah dan meningkatkan metabolisme glukosa. Kadar gula darah yang tinggi dapat menyebabkan peningkatan penyimpanan lemak, kayu manis dapat mencegah hal ini dengan meningkatkan fungsi insulin.

4. Meningkatkan energi. Madu dan kayu manis bisa dijadikan sebagai suplemen alami sebelum dan sesudah melakukan aktivitas fisik seperti olahraga. Madu mengandung gula alami yang dapat memberikan energi bagai anda, selain itu kandungan vitamin dalam madu sangat melimpah sehingga dapat mengembalikan tenaga anda pasca latihan. Sedangkan kayu manis memiliki kemampuan meningkatkan metabolisme tubuh.

5. Mencegah kanker dan tumor. Madu diketahui cukup efektif menekan pertumbuhan tumor dan kanker. The journal “Molecules” pada bulan Februari 2014 kemarin menemukan bahwa madu dapat memberikan perlindungan terhadap kanker dengan menghambat proliferasi sel kanker, mengurangi peradangan, membunuh sel-sel kanker dan mencegah pembentukan pembuluh darah baru yang menjadi pendorong pertumbuhan kanker. Tidak berbeda jauh dengan madu kayu manis juga cukup efektif menekan pertumbuhan sel kanker, jurnal Nutrition and Cancer melansir sebuah Penelitian yang dilakukan di University of Texas Amerika serikat, berhasil mengungkap bahwa kayu manis memiliki kemampuan dalam mengurangi proliferasi sel kanker sehinga dapat mencegah penyakit kanker.

6. Meningkatkan imunitas. Cuaca yang tidak menentu dapat mengakibatkan tubuh kita sangat rentan terhadapat penyakit, apalagi jika kita kurang memperhatikan kebersihan lingkuan. Ada ramuan ampuh yang dapat membantu anda menigkatkan imunitas tubuh yaitu campuran kayu manis dan madu murni. Caranya campur dua sendok makan madu dengan satu sendok teh kayu manis dengan air hangat dan minum setiap pagi. Madu dan kayu manis memiliki manfaat memerangi virus dan bakteri sekaligus memberikan nutrisi penting seperti vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh.

7. Menyembuhkan Infeksi Kulit. Madu dan kayu manis sudah digunakan sejak lama sebagai bahan perawatan kulit alami karena memiliki sifat penyembuhan yang luar biasa. Keduanya memiliki sifat antibakteri dan antijamur sehingga sangat efektif mengatasi berbagai macam masalah kulit seperti Kurap dan eksim.

8. Mengatasi jerawat. Salah satu manfaat madu untuk kecantikan adalah kemampuannya dalam menhilangkan jerawat. Caranya adalah: buatlah pasta dengan tiga sendok makan madu dan satu sendok teh bubuk kayu manis. Oleskan pasta tadi pada jerawat sebelum tidur kemudian cuci keesokan harinya dengan air hangat. Bila anda menggunakan cara ini setiap hari selama dua minggu insya Allah jerawat anda akan hilang.

9. Meningkatkan vitalitas tubuh. Studi terbaru menunjukkan bahwa kandungan gula dalam madu lebih bermanfaat dari pada memberikan efek negatif. Seorang peneliti bernama Dr Milton, mengatakan bahwa campuran setengah sendok makan madu, air hangat dan kayu manis dapat mengembalikan vitalitas tubuh setelah mengalami kelelahan (jika dikonsumsi secara rutin).

10. Meredakan flu. Anda mengalami flu? Cobalah ramuan berikut: Ambil satu sendok makan madu dan 1/4 sendok teh bubuk kayu manis masukkan kedua bahan tadi ke dalam air hangat, minum setiap hari selama tiga hari. Ramuan tadi akan membantu menyembuhkan beberapa gangguan kesehatan diantaranya batuk kronis, flu, masuk angin, dan membersihkan sinus.
loading...