15 manfaat minum air putih bagi tubuh

Air adalah sumber kehidupan yang memiliki banyak peran penting di dalam tubuh kita. Tanpa air tidak akan ada kehidupan karena air diperlukan semua makhluk hidup yang berada di bumi. Karena alasan inilah mencukupi kebutuhan air sangat penting untuk menjaga keseimbangan tubuh dan membuat organ-organ penting bisa bekerja dengan baik.

Di zaman sekarang, peran air putih sudah banyak digantikan dengan berbagai macam minuman izotonik, jus dan juga minuman bersoda. Tengok saja diberbagai warung ataupun rumah makan sangat jarang orang memesan air putih sebagai teman makan, ya mungkin hal ini disebabkan air putih terlalu banyak di rumah. Meskipun mereka adalah air akan tetapi komponennya sudah tidak sama lagi dan manfaatnya bagi kesehatan tentunya juga sangat berbeda. Untuk membuat anda tetap mengutamakan minum air putih dibandingkan minuman lainnya berikut saya informasikan mengenai manfaat minum air putih bagi kesehatan:

gambar manfaat air putih
air putih
1. Mengatasi dehidrasi. Mengkonsumsi air setelah melakukan aktivitas fisik yang berat merupakan cara bagi kita untuk memulihkan tenaga. Air akan dengan cepat menggantikan cairan tubuh yang hilang melalui keringat. Kurangnya konsumsi air putih membuat organ-organ dalam tubuh tidak bisa bekerja secara optimal.

2. Meningkatkan mood. Minum air putih diketahui dapat meningkatkan mood seseorang dengan cara membuat tubuh tetap terhidrasi. Penelitian menunjukkan bahwa dehidrasi ringan dapat mempengaruhi suasana hati dan kemampuan berpikir seseorang, dehirasi ringan ditandai kekurangan cairan hingga 5 persen dari berat badan. Sebuah studi yang melibatkan 25 wanita dan diterbitkan dalam Journal of Nutrition menemukan bahwa dehidrasi dapat mempengaruhi suasan hati dan fungsi kognitif otak.

3. Meningkatkan daya pikir. Otak kita sebagian besar terdiri dari air, jadi otak sangat membutuhkan suplay air agar dapat bekerja lebih optimal. Mencukupi kebutuhan air akan membantu kita lebih fokus, meningkatkan konsentrasi dan bahkan mungkin meningkatkan kecerdasan otak.

4. Mengeluarkan racun. Seiring bertambahnya waktu, racun di dalam tubuh kita semakin menumpuk melalui polusi udara dan makanan yang kita konsumsi. Hal ini akan menyebabkan kita menjadi lebih mudah lelah. Ginjal kita membutuhkan cairan dari air untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh sehingga mencukupi kebutuhan air putih akan membantu mengeluarkan racun.

5. Meredakan nyeri sendi. Sendi merupakan bagian tubuh yang memerlukan banyak air sebagai pelumas alami agar dapat berfungsi dengan baik. Air yang membentuk cairan di dalam dan sekitar sendi dapat membantu mencegah gesekan berlebih sehingga mempermudah dalam melakukan gerakan. Minum air putih dapat mengurangi rasa sakit pada sendi Anda dengan menjaga kelembutan tulang rawan.

6. Menurunkan berat badan. Air putih dapat Membantu menurunkan berat badan dengan cara membakar lemak dari dalam tubuh. Ini lah yang menjadi alasan kenapa saat diet Ada diharuskan mengkonsumi lebih bayak air putih. Manfaat lain dari air putih adalah menekan nafsu makan sehingga membuat berat badan anda terkontrol.

7. Membangun otot. Salah satu Manfaat minum air putih adalah membuat otot-otot Anda lebih kuat karena air membawa oksigen ke sel-sel dalam tubuh termasuk otot. Minum lebih banyak air putih akan membuat otot-otot bekerja lebih baik dan lebih lama.

8. Mencegah kulit kering. Salah satu faktor penyebab kulit kering adalah kurangnya kebutuhan air di dalam tubuh kita. Hal ini akan menyebabkan kulit menjadi lebih kering dan bahkan mungkin menimbulkan jerawat. Kulit anda membutuhkan cairan dari air yang kita minum untuk membuatnya tetap lembab.

9. Membantu Metabolisme. Air memiliki peran penting di dalam tubuh kita seperti membawa oksigen, nutrisi, dan hormon ke seluluruh bagian tubuh. Selain itu air juga membantu menghilangkan racun dan sel-sel mati sehingga memenuhi kebutuhan air putih adalah hal yang wajib dilakukan.

10. Membantu pencernaan. Air adalah biokimia penting karena berpartisipasi dalam banyak reaksi kimia penting dalam organisme biologis. Seperti proses pencernaan, mengahncurkan makanan, terutama yang berhubungan dengan pencernaan kimia. Minum banyak air putih akan membantu kelancaran BAB karena saat proses akhir pencernaan membutuhkan air yang cukup. Cairan yang tidak mencukupi dalam saluran pencernaan dapat menyebabkan sembelit dan gangguan pencernaan lainnya.

11. Menjaga temperatur tubuh. Sebagian besar tubuh makhluk hidup terdiri dari air, oleh sebab itulah manfaat minum air putih sangat banyak bagi kesehatan. Salah satu fungsi Air di dalam tubuh yaitu mengatur suhu tubuh. Ini menjawab pertanyaan kenapa saat cuaca panas kita akan lebih membutuhkan banyak air dibaningkan musim dingin.

12. Mencegah batu ginjal. Kita setidaknya dianjurkan minum sekitar 8-10 gelas air setiap harinya (tergantung berat badan) untuk menjaga kesehatan ginjal. manfaat minum air putih untuk ginjal adalah sebagai pelarut garam dan mineral sebelum menjadi batu ginjal. Garam akan diencerkan oleh urin sebelum mencapai ginjal.

13. Mengatasi insomnia dan mengurangi stres. Memenuhi kebutuhan air putih setiap hari dapat membantu mengatasi susah tidur dan memberikan banyak manfaat kesehatan mental. Kurangnya air putih dapat mempengaruhi saraf dan emosi kita dengan cara yang halus. Penelitian telah membuktikan bahwa minum air putih dapat membantu mengurangi tingkat stres pada seseorang, serta perasaan cemas dan depresi.

14. Membantu menormalkan hormon. Air bermanfaat mengatur produksi semua hormon dalam tubuh. Menjaga tubuh terhidrasi akan mencegah banyak ketidakseimbangan hormon, terutama bagi wanita saat mengalami menstruasi, kehamilan dan menopause.

15. Memberikan energi. Saat dalam keadaan dehidrasi tubuh akan menyedot energi dan membuat kita merasa cepat lelah. karenanya sebelum dan sesudah melakukan aktivitas fisik sebaiknya kita minum lebih banyak air putih.
loading...